Peninggalan Budaya Indonesia yang Telah Diakui UNESCO

Caraka Natsir

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya. Ada banyak peninggalan budaya Indonesia yang telah diakui dunia melalui UNESCO sebagai warisan dunia yang harus dijaga dan dilestarikan. Di antara banyaknya peninggalan budaya di Indonesia, ada beberapa yang paling populer dan menjadi daya tarik wisatawan yang ingin melihat warisan budaya yang luar biasa ini.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan merupakan salah satu peninggalan budaya Indonesia yang paling terkenal. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini dibangun pada abad ke-8 dan bertahan hingga sekarang. Candi Borobudur merupakan salah satu tujuan wisata populer di Indonesia dan menjadi ikon wisata Jawa Tengah.

Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah satu-satunya candi Hindu terbesar di Indonesia dan selalu menjadi dalah satu objek wisata populer di Jogja. Candi yang terletak di Klaten, Jawa Tengah ini dibangun pada abad ke-9 dan merupakan salah satu keajaiban arsitektur Indonesia. Candi Prambanan menjadi salah satu peninggalan budaya Indonesia yang diakui UNESCO pada tahun 1991.

Tarian Pendet

Tarian Pendet adalah salah satu tarian tradisional Bali yang paling terkenal dan diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya nonbendawi pada tahun 2015. Tarian ini dilakukan oleh sekelompok wanita Bali dengan membawa bokor yang diisi dengan bunga dan air suci. Tarian Pendet biasanya dipentaskan di Bali dalam rangka upacara adat atau acara keagamaan.

Wayang Kulit

Wayang Kulit adalah salah satu bentuk seni teater tradisional Indonesia yang sudah dikenal sejak lama. Wayang Kulit bercerita tentang tokoh-tokoh pewayangan yang legendaris dengan gambar-gambar yang diproyeksikan pada kain yang dipasang di panggung. Wayang Kulit diyakini menjadi salah satu bentuk teater paling tua di dunia. Wayang Kulit diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya pada tahun 2003.

BACA JUGA:   Bangunan Cagar Budaya di Yogyakarta

Batik

Batik adalah teknik pewarnaan kain yang telah menjadi ikonik Indonesia sejak lama. Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Batik sendiri adalah tradisi menyulam yang melibatkan pencelupan kain dalam warna-warna yang diinginkan. Batik menjadi salah satu produk seni dan budaya Indonesia yang sudah dikenal di seluruh dunia.

Pantun

Pantun adalah bentuk puisi tradisional yang sudah lama dikenal di Indonesia. Pantun biasanya terdiri dari empat baris dengan pola a-b-a-b. Inilah bentuk sastra Indonesia kuno yang masih dipertahankan sampai sekarang. UNESCO mengakui pentingnya pantun sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2015.


Itulah beberapa peninggalan budaya Indonesia yang sangat istimewa dan harus dipelihara dengan baik. Bagi para wisatawan yang mencintai warisan budaya, mengunjungi tempat-tempat ini pasti menjadi pengalaman yang akan dikenang seumur hidup. Jangan lupa untuk memberi penghargaan dan menjaga integritas budaya Indonesia yang menjadi ciri khas bangsa.

Also Read

Bagikan: