Perbedaan Antara Travelling dan Backpacker: Apa yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Perjalananmu?

Posted on

Apa Bedanya Traveling dan Backpacker?

Pendahuluan

Ada perbedaan yang signifikan antara travelling dan backpacking. Travelling lebih bersifat umum, sedangkan backpacking lebih condong ke pengalaman petualangan yang memerlukan ransel sebagai alat bantu. Namun, tidak semua traveller menyewa kendaraan atau menginap di hotel mewah, demikian juga tidak semua backpacker selalu berjalan kaki atau bermalam di tenda. Artikel ini akan membahas perbedaan dan persamaan penting antara travelling dan backpacking.

Travelling

Travelling, dalam arti yang paling sederhana, mengacu pada perjalanan yang dilakukan oleh seseorang. Orang tersebut bisa berjalan kaki, berkendara, atau naik pesawat untuk sampai ke lokasi tujuan. Travelling bisa dilakukan seorang diri, dengan keluarga, atau bahkan rombongan.

Terkadang travelling dilakukan untuk tujuan bisnis, seperti perjalanan ke luar kota untuk rapat atau kunjungan kerja. Namun biasanya, orang berkunjung ke tempat-tempat yang menarik dan berbeda, baik itu negara-negara asing maupun tempat-tempat di dalam negeri yang unik dan belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Orang yang melakukan travelling biasanya menikmati perjalanan mereka dalam kenyamanan dan gaya hidup yang layak. Mereka biasanya menginap di hotel, apartemen, atau akomodasi yang nyaman lainnya. Kendaraan yang digunakan juga biasanya lebih nyaman dan lebih besar, seperti mobil atau pesawat.

Backpacking

Backpacking mengacu pada jenis perjalanan yang lebih petualangan. Orang yang backpacking biasanya melakukan perjalanan dengan ransel kecil, dan terkadang juga tenda untuk bermalam. Mereka tidak bermaksud untuk mencari kenyamanan, tetapi mencari pengalaman baru dan petualangan.

Orang backpacker lebih suka mengikuti gaya hidup minimalis. Mereka merencanakan perjalanannya dengan hati-hati dan sering memutuskan lokasi tempat bermalam secara spontan dan tidak dipesan terlebih dahulu. Dalam hal transportasi, backpacker cenderung menggunakan kendaraan umum seperti bus atau kereta untuk menyeberang dari satu negara ke negara lain.

Backpacking biasanya lebih murah dibandingkan travelling. Ada banyak orang yang memilih backpacking ketimbang travelling, karena mereka bisa menghemat biaya perjalanan dan menikmati pengalaman yang lebih autentik. Backpacker biasanya bepergian sendiri atau dengan teman-teman yang memiliki tujuan yang sama.

Persamaan Penting antara Traveling dan Backpacking

Meski ada perbedaan signifikan antara travelling dan backpacking, ada beberapa persamaan penting antara dua jenis perjalanan itu.

Pertama, keduanya menawarkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat baru. Kedua jenis perjalanan ini biasanya dilakukan untuk mencari pengalaman baru dan mengeksplorasi keindahan alam.

Kedua, keduanya membutuhkan perencanaan yang matang. Baik itu travelling atau backpacking, kamu perlu menyetujui dan memperkirakan berbagai hal yang diperlukan seperti transportasi, akomodasi, dokumen penting, perlengkapan, dan anggaran.

Ketiga, keduanya melibatkan berbagai macam tantangan. Meski travelling biasanya dilakukan dalam kenyamanan yang relatif lebih tinggi, tetap ada berbagai tantangan yang dapat muncul. Balik lagi ke backpacking, kamu mungkin menghadapi tantangan seperti kelelahan fisik, cuaca buruk, dan kesulitan dalam mencari lokasi bermalam.

Keempat, keduanya seringkali menawarkan banyak kesempatan untuk bertemu dengan orang baru. Entah itu berkunjung ke restoran lokal atau berbicara dengan penduduk asli, kamu akan memperoleh banyak teman baru selama travelling atau backpacking. Ini adalah hal yang menyenangkan dan menyegarkan bagi kebanyakan orang.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa travelling dan backpacking memiliki persamaan dan perbedaan yang signifikan. Travelling lebih umum daripada backpacking, sementara backpacking lebih fokus pada pengalaman petualangan. Keduanya memiliki tantangan yang berbeda dan baik travelling atau backpacking, kamu selalu membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang.

Jadi, apakah kamu lebih memilih travelling atau backpacking sebagai jenis liburanmu berikutnya? Semua tergantung pada selera dan tujuanmu dalam berlibur. Tetapi satu hal yang pasti, baik travelling atau backpacking, kamu akan memperoleh banyak pengalaman baru yang tak terlupakan dan tak dapat dibandingkan dengan apapun.