Pilih Tempat Camping Terbaik di Pantai Santolo

Gundana

Banyak orang yang bilang bahwa camping adalah hobi yang mahal dan ribet. Memang, beberapa tempat mematok tarif yang cukup mahal untuk camping. Apalagi, jika kamu memilih konsep glamping. Harganya tentu hampir sama dengan tarif menginap di hotel.

Namun, tidak semua camping ground mahal, kok! Nyatanya, di Garut, kamu bisa menemukan banyak lokasi camping harga terjangkau, ditambah pemandangan cantik! Bahagia tak harus selalu mahal, kan? Tertarik untuk mencoba camping di Garut? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Garut yang budget-friendly:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Santolo

Tempat Camping Di Garut Pantai SantoloArea camping di Pantai Santolo, Garut (sumber: The Hobah Family)LokasiPamalayan, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga tiket masukTiket masuk: Rp7.000,00TeleponRute menuju lokasi camping dari kota Garut1 jam 5 menit (28.5 km) via Jl. Raya CisompetObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPulau, perahu, warung makan

Hamparan pasir pantai yang putih akan menyambutmu begitu kamu datang ke Pantai Santolo. Sementara itu, di dekatmu terdengar suara ombak yang memecah batuan karang. Seperti hiasan, begitulah kesan yang kamu tangkap saat melihat pantai ini.

Jika kamu ingin memaksimalkan harimu untuk menikmati pesona Pantai Santolo, sebaiknya kamu coba berkemah di sana. Di dekat bibir Pantai Santolo, terdapat area camping ground yang bisa kamu manfaatkan untuk berkemah. Lokasi berkemah ideal adalah di tepi pantai dan di pulau kecil dengan nama yang sama: Santolo.

Sebetulnya, terdapat jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau. Hanya saja, jembatan ini sudah rusak. Jadi, tidak aman berjalan dari pantai ke sana. Untuk itu, disediakanlah beberapa perahu. Perahu yang dikemudikan oleh nelayan setempat ini akan mengantarmu dengan selamat sampai ke pulau.

Suasana pulau cukup sepi, sehingga cocok untuk kamu yang mencari ketenangan. Di malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun sambil mendengar debur ombak dan suara gemeresik dedaunan. Karena minim polusi, langit di atas pun terlihat cerah, sehingga kamu bisa melihat bintang-bintang.

Berkemah di pulau cocok untuk kamu yang mencari ketenangan. Namun, kalau kamu ingin camping ceria untuk seru-seruan, kamu bisa berkemah di bagian pantainya. Dengan berkemah di dekat pantai, kamu bisa mengakses fasilitas wisata dengan mudah.

Harga sewa camping ground sangat bersahabat, terutama untuk kantong mahasiswa. Jadi, kamu nggak perlu pusing bakal kehabisan budget, hehe.

2. Puncak GUHA Bungbulang

Tempat Camping Di Garut Puncak Guha BungbulangArea camping di Puncak GUHA Bungbulang, Garut (sumber: Bodink Artventure)LokasiSinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga tiket masukTiket masuk: Rp5.000,00TeleponRute menuju lokasi camping dari kota Garut1 jam 40 menit (56.1 km) via Jl. Raya CisompetObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan laut dari tebing

Biasanya, laut dan darat selalu dibatasi oleh pantai berpasir. Namun, Puncak GUHA Bungbulang sedikit berbeda. Puncak GUHA Bungbulang adalah pembatas antara darat dan laut yang berupa tebing tinggi. Suasananya terkesan dramatis. Gemuruh ombak yang memecah dasar tebing pun terdengar keras. Namun, banyak orang yang menyukai suasana ini.

Dari Puncak GUHA Bungbulang, jarak pandang laut begitu luas sekali. Sehingga, kamu pun bisa secara khidmat menikmati mahakarya Yang Maha Kuasa. Dan, jika satu atau dua jam tak cukup buatmu, mengapa tidak menginap?

Emangnya boleh camping di Puncak GUHA Bungbulang? Boleh. Selain sebagai objek wisata, Puncak GUHA juga difungsikan sebagai camping ground.

Di bawah beberapa pohonnya yang rindang, kamu dapat mendirikan tenda. Rasakan sensasi sunyi yang terkadang dipecahkan oleh suara ombak. Sepaket suasana itu jarang kamu temui di tempat lain. Dan pada pagi harinya, bersiaplah dibangunkan oleh suara ombak dan sinar matahari terbit. Cantik, bukan?

Untuk bisa berkemah di Puncak GUHA, kamu cukup membayar Rp20.000,00. Harga ini sudah termasuk tiket masuk. Tak jauh dari camping ground, terdapat warung-warung makan. Namun, pada beberapa waktu, warung ini kerap tutup. Biasanya, warung ini buka saat ramai pengunjung, di akhir minggu.

Walaupun hanya ada fasilitas dasar untuk campers, tetapi Puncak GUHA kerap ramai akan pengunjung. Bahkan, saat weekend, kamu bisa kesulitan mencari tempat jika terlambat ke sana.

BACA JUGA:   Tempat Camping di Pantai Menganti: Pilihan Liburan Paling Seru!

Sambil berkemah, kamu bisa melihat sunset atau turun ke bawah bermain di pantai. Rasanya asyik mendirikan tenda bersama campers lain, menyalakan api unggun, dan melihat langit malam.

3. Karacak Valley

Tempat Camping Di Garut Karacak ValleyArea camping ground di Karacak Valley, Garut (sumber: instagram.com/karacak_valley/)LokasiJalan Karacak Valley Margawati, Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga paket campingTiket masuk: Rp10.000,00 (dewasa) Rp5.000,00 (anak-anak) Sewa lahan berkemah: Rp15.000,00Telepon+62262541858Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 50 menit(78.0 km) via Jl. Raya Garut – CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSaung, warung makan, air terjun

Karacak Valley atau Lembah Karacak merupakan lembah dari Gunung Karacak. Sehingga, begitu banyak kamu temui pepohonan rimbun di sana, termasuk pinus-pinus. Di mana, ada deretan pinus, maka di situlah ada banyak wisatawan yang mencari tempat selfie dan tempat camping.

Pinus-pinus yang tinggi memunculkan kesan magis pada lembah. Para pengunjung sering menggantungkan hammock dengan batang-batang pinus. Bersantai sembari menikmati alam di Lembah Karacak memang sangat menyenangkan. Bahkan, di siang hari pun udaranya sejuk.

Buat berkemah, Lembah Karacak juga oke, lho. Area berkemahnya mampu menampung sekitar 1.000 tenda. Jadi, tidak masalah mau ramai-ramai camping di sana. Terlebih, keamanan wisata alam milik Perhutani ini juga terjamin. Sangat cocok buat campers pemula!

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas penunjang yang membuat camping semakin asyik, antara lain:

  • Musala.
  • Saung-saung.
  • Warung makan.
  • Air terjun.

Berada di dataran yang tinggi, udaranya memang menggigil di malam hari. Untuk itu, jangan lupa membawa baju yang hangat dan tebal, ya! Kamu juga bisa menyalakan api unggun guna menghangatkan badan.

Baca terus: 10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Cianjur yang Lagi Hits (2022) »

4. Papandayan Camping Ground

Tempat Camping Di Garut Papandayan Camping GroundPapandayan Camping Ground, Garut (sumber: Obie Savana)LokasiNangklak Jl. Kawah Papandayan, Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat  (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 08.30-17.00 WIB (kecuali Kamis, buka 24 jam)Harga paket campingTreehouse  Rp. 500.000/Malam Cabin Rp. 300.000/MalamTenda Dome Rp. 250.000/Malam  Telepon+6282317269717Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 5 menit (55.6 km) via Jl. CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingRumah pohon, spot selfie, rumah hobbit, jembatan, tempat makan, tower, saung

Untuk kamu yang ingin merasakan kemewahan berkemah, maka di sinilah tempatnya. Papandayan Camping Ground adalah lokasi glamping untuk keluarga. Cottage untuk glamping terletak di atas pohon bak rumah pohon. Fasilitas di dalamnya meliputi kamar mandi dalam, tempat tidur, dan teras.

Fasilitas di Papandayan Camping Ground tergolong cukup lengkap. Terdapat beberapa warung makanan sederhana yang menjual kopi, mie, dan gorengan.

Selain itu, ada beberapa wahana wisata menarik di sana, antara lain:

  • Jembatan Oyang.
  • Spot selfie.
  • Rumah Hobbit.
  • Tebing Nangklak.
  • Sky bike.
  • Tower Panyuwangan.
  • Saung Botram.

Udara di malam hari cukup dingin. Dalam kondisi ekstrem, bahkan mencapai 10-15° Celsius. Untuk itu, jangan lupa membawa baju tebal serta jaket, ya!

Berbeda dengan camping ground lain di Garut yang diperuntukkan bagi pendaki profesional/orang dewasa, Papandayan ditujukan untuk keluarga. Walau konsepnya glamping, tetapi harganya cenderung terjangkau, kok!

5. Pondok Saladah

Tempat Camping Di Garut Pondok SaladahArea camping di Pondok Saladah, Garut (sumber: instagram.com/baharudinima/)LokasiJl. Kawah Papandayan, Sirnajaya, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 07.00-18.00 WIBHarga tiket masukTiket weekdays: Rp20.000,00 Tiket weekend: Rp30.000,00 Sewa lahan kemah: Rp35.000,00  Telepon–Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 19 menit (59.7 km) via Jl. CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan alam

Pondok Saladah adalah lokasi camping pendaki yang akan ke Papandayan. Saladah sendiri diambil dari nama tanaman yang tumbuh di selokan-selokannya. Saladah biasa dimanfaatkan sebagai makanan pelengkap. Rasanya seperti taoge dan teksturnya renyah.

Pondok Saladah cocok dijadikan lokasi berlatih para pendaki pemula. Dari Camp David (tempat parkir), jaraknya hanya 2-3 jam perjalanan. Jalannya pun tidak terlalu terjal sehingga mudah dilalui.

Untuk berkemah di sana, kamu hanya perlu membayar tiket masuk saja. Pondok Saladah sendiri cukup luas hingga dapat menampung ratusan tenda. Meski begitu, kamu memang harus datang lebih awal di waktu-waktu tertentu. Misalnya, saat musim libur panjang atau akhir minggu. Karena, akan ada banyak orang yang mendirikan tenda di sana.

Fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus), juga cukup baik. Ketersediaan air melimpah dan terdapat banyak unit toilet. Sehingga, kamu tidak perlu bingung saat harus mandi atau membuang hajat. Namun, hati-hati dengan masalah suhu saat mandi di sana. Airnya dingin, terutama pada waktu subuh.

BACA JUGA:   Pemandian air panas yang mengandung belerang

Di Pondok Saladah, kamu akan menemukan keelokan alam yang begitu natural. Salah satu spot favorit penghibur campers adalah Bukit Bunga. Bunga-bunga dengan warna soft tumbuh subur di sana. Berbaring di sana, menatap langit yang biru, di antara bunga-bunga cantik, nikmatnya tiada tara, bukan?

Selain camping ground dan fasilitas dasar, tidak banyak wahana hiburan yang bisa kamu temui di sana. Namun, terkadang kamu butuh menepi untuk bisa menemukan dirimu sendiri. Dan, Pondok Saladah adalah tempat yang tepat.

6. Cilopang Adventure Camp

Tempat Camping Di Garut Cilopang Adventure Camp 1Cilopang Adventure Camp, Garut (sumber: instagram.com/idadgrind_104/)LokasiRancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga paket campingRp15.000,00  Telepon0821-2645-0270Rute menuju lokasi camping dari kota Garut1 jam 39 menit (60.4 km) via Jl. Garut – TasikmalayaObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSewa perahu

Cilopang Adventure Camp menyajikan perkemahan dengan nuansa bak Amerika Utara. Sejauh mata memandang adalah hamparan rumput. Sementara itu, di kejauhan terdapat pemandangan gunung yang menjulang.

Keindahan rumput ilalang dan beberapa pepohonan di belakangnya adalah daya tarik pemburu swafoto. Foto-foto yang dihasilkan terlihat estetik dengan nuansa dramatis. Selain itu, terdapat pula danau seluas satu hektar sebagai daya tarik wisata.

Di danau ini, pengunjung bisa menyewa perahu, mendayungnya sambil bersantai. Udara sejuk menemani dan sesekali angin bersiul menggoyangkan perahu. Sungguh sebuah suasana yang menentramkan hati.

Di Cilopang, sebetulnya ada dua cara untuk menginap. Yang pertama adalah dengan menyewa vila. Yang kedua, di camping ground. Dari vila, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Guntur dan camping ground. Kamu juga bisa bakar-bakaran di halaman belakang.

Namun, jumlah vila terbatas sehingga banyak orang yang memilih untuk camping. Lagi pula, suasana di camping ground cantik. Lokasinya berada dekat dengan tempat outbound serta danau, dan tentu saja harganya terjangkau.

Malam harinya, hamparan langit berbintang membentang di atas Cilopang. Ini adalah privilege tersendiri bagi para campers. Beberapa pengunjung bahkan tidur hanya beralaskan sleeping bag agar bisa lebih tak berjarak dengan alam.

7. Camping Ground – Situ Cibeureum

Tempat Camping Di Garut Camping Ground Situ CibeureumCamping Ground – Situ Cibeureum, Garut (sumber: instagram.com/backpacker.garut.id/)LokasiSarimukti, Pasirwangi, Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga paket campingRp30.000,00  Telepon–Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 45 menit (76.6 km) via Jl. Raya Garut – CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSumber mata air, hutan pinus

Sesuai dengan namanya, daya tarik dari tempat ini adalah situ alias danaunya. Nah, apa yang menarik di sana? Danau Cibeureum tersembunyi di dalam hutan pinus. Ini membuatnya terlihat seperti site hutan ajaib di film-film fantasi.

Di lokasi ini, juga ada tujuh mata air. Mata-mata air itu antara lain Gunung Ampel, Gunung Masigit, Curug Campaka, Gunung Hileud, Cikole, Cibuni Larang, dan Cibeureum. Ketujuh mata air itu memegang peranan penting bagi area persawahan di empat desa. Debit airnya cukup tinggi, lho, yakni mencapai 1.500 liter/detik.

Kamu bisa berkemah di antara pinus-pinus tersebut dan merasakan hilir mudik sejuknya udara. Karena keberadaan pinus-pinus ini, bahkan pada siang hari, udara terasa segar. Atau, kamu juga bisa berkemah di dekat danau. Pada malam hari, pesona danau menampilkan pantulan langit malam yang berbintang.

Selain untuk camping, Situ Cibeureum rupanya merupakan salah satu arboretum penting di Indonesia. Keanekaragaman flora dan faunanya merupakan tempat ideal untuk penelitian tumbuh-tumbuhan. Selaku pengunjung, kamu dapat menikmati keindahan tanaman dan keanekaragaman hewan di dalamnya. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaganya, ya!

Pengelola Situ Cibeureum memberikan beberapa fasilitas penunjang untuk pengunjung, antara lain:

  • Toilet.
  • Saung.
  • Area outbound.
  • Jalur trekking sepeda.

Jalanan menuju ke  camping ground memang cukup terjal dan kurang apik. Itulah sebabnya tidak banyak keluarga yang berkemah di sana. Biasanya, yang mendirikan tenda di Situ Cibeureum hanyalah anak muda. Selain itu, unit toiletnya juga kurang banyak. Hal inilah yang kerap dikeluhkan oleh para wisatawan.

Namun, walaupun jalanannya kurang bagus, kamu bisa membawa mobil sampai ke dekat camping ground. Jadi, tempatnya cukup sesuai buat kamu yang membawa banyak barang bawaan.

8. Hutan Mati Gunung Papandayan

Tempat Camping Di Garut Hutan Mati Gunung PapandayanHutan Mati Gunung Papandayan, Garut (sumber: instagram.com/mountainhabit.id/)LokasiKaramat Wangi, Cisurupan, Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga paket campingTiket masuk: Rp30.000,00 Tiket camping: Rp35.000,00  Telepon–Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 20 menit (59.7 km) via Jl. CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan dramatis, jembatan

BACA JUGA:   Playground di bandung indah plaza

Namanya terdengar mengerikan? Tunggu sampai kamu datang ke sana!

Istilah “hutan mati” disematkan lantaran dulu, area ini terbakar hebat oleh letusan gunung maha dahsyat. Kemudian, tumbuhlah pohon-pohon cantigi di sana. Keberadaan pepohonan cantigi berbatang hitam memberikan kesan gothic sekaligus dramatis di sana. Warnanya kontras dengan tanah yang berwarna putih.

Di dekat pepohonan, terdapat jembatan buatan dari batu. Jembatan ini kerap dipakai sebagai lokasi swafoto. Jembatan ini juga tersambung ke tangga yang menghubungkan kamu dengan bukit yang lebih tinggi.

Untuk menuju ke sana, kamu memang membutuhkan effort yang tinggi. Bahkan, beberapa pendaki menyewa orang untuk membawakan barang. Para porter ini biasa menggunakan motor trail untuk membawa barang.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan eksotisme ini lebih lama, kamu bisa berkemah.

Ada dua spot berkemah yang bisa kamu pilih di area hutan mati. Yang pertama adalah Pondok Saladah. Pondok Saladah adalah tempat berkemah yang paling terkenal di area itu. Fasilitas dasar cukup lengkap dan dapat memuat hingga seratus tenda.

Yang kedua adalah pos Gubber Hood. Lokasinya agak tersembunyi di balik pepohonan. Memang, area ini bukan area favorit berkemah layaknya Pondok Saladah. Bahkan, Gubber Hood hanya dapat menampung sekitar dua puluhan tenda. Namun, Gubber Hood bisa menjadi opsi kalau Pondok Saladah ramai atau jika kamu ingin mencari suasana yang beda.

9. Dano Cilopang Garut

Tempat Camping Di Garut Dano CilopangDano Cilopang, Garut (sumber: instagram.com/antonwiraatmadja/)LokasiRancabango, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaKok ini nggak diisi?Harga paket campingRp15.000,00  Telepon–Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 38 menit (70.8 km) via Jl. Raya Garut – CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingDanau, perahu

Beberapa waktu lalu, Danau Cilopang sempat ramai diperbincangkan karena menjadi wisata pilihan Wulan Guritno. Aktris tenar tahun 2000an itu mengunggah fotonya saat duduk beralas tikar di pinggir danau.

Apa sih, yang istimewa dari tempat ini, sampai-sampai didatangi selebritas?

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya, danau ini memiliki luas hingga satu hektar. Nuansanya tenang dan sejuk, karena ia berada di atas bukit. Pengunjung juga dapat menyewa perahu untuk menjelajahi danau ini.

Di dekat danau, pengunjung juga dapat mendirikan tenda. Pantulan malam terlihat jelas dari permukaan danau. Dan, dari camping ground, kamu dapat menikmatinya. Sungguh malam yang berbeda dan indah.

Di area Cilopang, memang ada banyak spot untuk camping. Bahkan, banyak keluarga yang membawa anak. Lokasinya memang cukup strategis. Medannya aman. Nah, area danau merupakan salah satu lokasi favorit untuk berkemah.

Area danau tidak jauh dari lokasi outbound. Lagi pula, camping ground-nya cukup luas. Untuk itu, selain wisatawan, spot ini juga kerap didatangi oleh pegiat pramuka dari berbagai sekolahan.  

Meskipun keindahan danau ini memukau, berhati-hatilah jika kamu suka berenang. Pasalnya, danau ini cukup dalam dan tidak dianjurkan bagi mereka yang kurang mahir berenang. Sebaiknya, nikmati keindahannya dari atas, ya!

10. Buffalo Hill

Tempat Camping Di Garut Buffalo HillBuffalo Hill, Garut (sumber: instagram.com/sitynrftmh_/)LokasiJl. Cigangsa Situsari, Situsari, Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)Jam bukaSetiap hari, 24 jamHarga paket campingRp40.000,00  Telepon+6285223855005Rute menuju lokasi camping dari kota Garut2 jam 16 menit (60.8 km) via Jl. Raya Garut – CikajangObyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPerkebunan,

Tegal Munding atau Buffalo Hill pada dasarnya adalah tempat pengangonan kerbau di kawasan Gunung Kendang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Gunung Papandayan. Bahkan, ia merupakan salah satu pos pendakian, lho.

Area sabana ini ditumbuhi oleh rerumputan yang berwarna hijau, membuatnya seperti permadani. Dari sana, kamu bisa melihat gunung berkabut dengan jelas. Pemandangan cantik inilah yang membuatnya dijadikan lokasi camping favorit.

Dari basecamp, kamu bisa menanjak hingga ke puncak untuk melihat pemandangan yang lebih cantik. Jarak tempuhnya sekitar 2 jam. Pada saat menanjak, kamu akan menemukan banyak perkebunan warga. Jadi, perjalanan itu tak akan terasa lelahnya.

Buffalo Hill menawarkan area yang luas untuk berkemah. Jika sedang beruntung, kamu bisa memilih lokasi kemah yang sesuai keinginanmu. Daerah utara biasa dijadikan opsi pertama karena pemandangannya terlihat cantik. Dari sana, kamu bisa melihat city light view dengan jelas.

Namun, daerah lain juga tak kalah ideal, kok. Pada dasarnya, camping ground Buffalo Hill bersahabat bahkan bagi campers pemula. Kontur tanahnya nyaman untuk mendirikan tenda. Selain itu, terdapat fasilitas MCK yang dapat menunjang kenyamanan para campers.

Pemandangan alam yang asri membuat Garut memiliki banyak opsi ideal untuk berkemah. Mulai dari hutan, pantai, sampai gunung, pilihannya beragam. Harganya pun terjangkau dan cocok untuk anak muda. Ditemani kesejukan asli udara khas dataran tinggi, tentu ada banyak cerita manis yang akan kamu dapatkan.

Also Read

Bagikan: