Pusat Snorkeling di Bali: Menyelam ke Dunia Bawah Laut

Dwi Mustofa

Pengenalan

Bali adalah pulau yang diapit oleh samudra Hindia dan Selat Bali. Keindahan alam bawah lautnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Terlebih, Bali juga terkenal sebagai pusat snorkeling terbaik di dunia. Berikut adalah beberapa lokasi pusat snorkeling di Bali yang wajib dikunjungi jika anda ingin menikmati keindahan bawah laut yang spektakuler.

Lokasi Pusat Snorkeling di Bali

1. Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau yang letaknya di lepas pantai Bali, dan jaraknya sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kapal cepat dari pelabuhan Sanur. Maskapai pelayaran dan kapal wisata menyediakan perjalanan pulang-pergi ke Nusa Penida dengan harga yang terjangkau. Di Nusa Penida, anda akan menemukan banyak lokasi snorkeling seperti Crystal Bay, Toya Pakeh, dan Manta Point yang terkenal dengan kerumunan pari manta.

2. Tulamben

Tulamben terletak di pesisir timur Bali dan menawarkan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Di sini, anda dapat menikmati pemandangan hutan bakau dan hamparan pasir hitam bersih. Selain itu, Tulamben juga terkenal dengan lokasi snorkeling Liberty Kapal Karam, yang merupakan kapal milik Amerika yang karam di akhir masa perang dunia kedua.

3. Amed

Amed adalah daerah wisata yang terletak di sebelah timur Bali. Amed terkenal dengan pantai karang yang indah, pasir putih dan sinar matahari terbit yang mempesona. Di sini, anda akan menemukan banyak lokasi snorkeling seperti Jemeluk Bay, Bunutan, dan Lipah Bay. Anda juga dapat menyewa peralatan snorkeling atau menawar harga dengan vendor yang terdapat di tepi pantai.

BACA JUGA:   25 Wisata Pantai Goa Cemara Jogja 2022

4. Menjangan Island

Menjangan Island terletak sekitar 10 km sebelah barat laut Pulau Bali dan dapat dicapai dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana. Lokasi ini menyediakan pemandangan terumbu karang dan koleksi ikan yang akan memanjakan mata para snorkeler. Menjangan Island juga dikenal dengan lokasi “jungkir balik” yang terkenal di dunia snorkeling.

Persiapan Snorkeling

Sesuai dengan namanya, snorkeling adalah olahraga yang menggunakan alat snorkel. Namun, bukan berarti anda dapat langsung melompat ke laut dan mulai menggunakan alat tersebut. Pastikan kondisi fisik anda baik-baik saja sebelum memulai olahraga snorkeling. Selain itu, anda juga harus membawa sejumlah persiapan, seperti baju renang, sunblock, dan handuk. Pastikan juga anda sudah memahami tata cara penggunaan alat snorkel dengan benar.

Kesimpulan

Bali memberikan pengalaman snorkeling yang berbeda dari daerah lain, sangat mengesankan dengan keindahan bawah lautnya. Anda dapat menikmati keindahan hidup bawah laut yang belum pernah anda bayangkan sebelumnya. Pastikan bahwa anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum snorkeling, dan selamat menikmati bawah laut Bali yang luar biasa cantik itu!

Also Read

Bagikan: