Rekomendasi curug di halimun salak

Gundana

Pesona Alam dengan keindahan air terjun dengan mudah anda dapatkan di daerah Bogor. Jika traveller ingin menikmati air terjun nan indah datanglah ke Taman nasional Gunung Halimun salak Endah. Disini traveller akan di suguhi air terjun yang mempesona, tentunya dengan gemercik air jernih berwarna kehijauan. Penasaran dengan curug-curug tersebut, berikut 8 curug cantik yang dapat traveller nikmati bila berada di taman nasional Gunung halimun.

  1. Curug Cihurang

curug cihurang 2

Curug ini merupakan curug yang paling dekat dengan pintu gerabang TNGH Salak Endah. Untuk memasuki curug ini kami membeli tiket seharga Rp.5000/orang dan parkir motor Rp 5000. Curug ini terletak sekitar 150 meter dari pintu masuk Curug, kita hanya beberapa menit saja jalan sudah terlihat curugnya. Di curug ini juga di jadikan tempat untuk ngecamp bagi yang akan menginap. masih bisa di jumpai beberapa monyet di curug cihurang. Curug Cihurang tidak terlalu tinggi, keunikan ya adalah ada dua aliran curug yang dapat kita nikmati. Disini juga terdapat perosotan untuk anak-anak yang sudah di sediakan bila mau menikmati kesegaran air curug.

Selengkapnya: http://backpackerjakarta.com/curug-cihurang-taman-nasional-gunung-halimun/

2. Curug Ngumpet 1

curug ngumpet

Curug Ngumpet 1 tak jauh dari curug Cihurang,  tiket masuknya 15.000 untuk 2 orang. Hanya butuh beberapa menit traveller akan  disuguhi Indahnya Curug Ngumpet 1, Curug dengan ketinggian sekitar 45 meter ini nampak berbeda dengan curug lainya, ada keunikan tersendiri yaitu adanya dua air terjun yang jatuh ke satu muara, pesona curug ngumpet membuat kami bertahan lama disini. Kami belum berminat untuk basah-basahan menikmati sejuknya air curug ngumpet 1.

selengkapnya : http://backpackerjakarta.com/curug-ngumpet-1-taman-nasional-halimun/

3. Curug  Pangeran

curug pangeran 3

menuju curug pangeran traveller harus masuk lebih dalam dari jalan utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak Endah, jalan yang menanjak membuat anda harus berhati-hati. Tak lebih dari 10 menit kamipun tiba di parkiran Curug Pangeran. Tiket untuk memasuki Curug ini seharga Rp. 7.500/orang, dengan parkir motor Rp. 5000. Menuju curug ini harus melakukan treking dengan  menyusuri jalan setapak. Tak lama sampailah di Curug Pangeran. Curug Ini tak setinggi Curug Ngumpet 1 tetapi warna muara Curug Ijo toska yang menjadi daya tarik tersendiri.

selengkapnya  http://backpackerjakarta.com/curug-pangeran-taman-nasional-gunung-halimun/

4. Curug Ngumpet 2 atau Curug kondang

curug kondang 2

Curug ngumpet 2 atau di sebut juga curug Kondang, untuk mencapai Curug Ngumpet II kita harus membayar tiket seharga Rp. 5000 dengan biaya parkir Rp. 5000. Traveller harus  melakukan treking sejauh sekitar 200 meter saja kita sudah dapat menikmati keindahan Curug Ngumpet. Banyak wisatawan yang berkunjung di curug ini, aliran sungai dari muara curug sudah di penuhi wisatawa, Muara yang berwarna hijau toska merupakan daya tarik tersendiri di curug ini

selengkapnya  http://backpackerjakarta.com/pesona-curug-kondang/

5. Curug Cigamea

curug cigamea 3

Tiket menuju curug Cigema lebih mahal di banding curug yang lainya seharga Rp. 10.000. Perjalanan menuju curug banyak di jumpai gerombolan kera traveller harus berhati-hati, tetapi jangan khawatir kera-kera di sini sudah jinak asal tidak di ganggu. Keindahan Curug ini sudah terlihat dari kejauhan, Curug yang menawan dan memikat, curug dengan aliran yang berundak membuat kami ingin segera mencapai muaranya. Sekitar 10 menit kami melangkah sampai juga ahirnya di Curug Cigamea Dua buah Curug yang berbeda sungguh mempesona, ingin rasanya mendekat ke jatuhnya air tetapi tali pembatas membuat niat pun kami urungkan. Banyak wisatawan yang datang di hari minggu ini, mereka menikmati pesona dua curug yang disuguhkan.

BACA JUGA:   Wisata edukasi di bantul

6. Curug Sawer

Curug sawer merupakan curug pembuka jika traveller akan melakukan perjalanan ke Curug seribu. Aliran air yang indah menjadikan rasa lelah berkurang setelah menjalani treking yang luar biasa. Debit air yang kecil dan air yang jernih dan tak bermuara menjadikan penghibur dan pereda lelah. Setelah beberapa menit berhenti dan menikmati pesona curg sawer perjalanan ke curug seribupun di lanjutkan .

7. Curug seribu

curug seribu bogor 2

Curug seribu berjarak sekitar 1 km dari tempat pembelian tiket, curug dengan ketinggian sekitar 100 meter bisa anda nikmati setelah melakukan treking yang luar biasa. keindahan dan pesona curug ini dapat menghapus rasa lelah setelah melakukan treking. Deburan curug dengan percikan embunya menyaapa setiap pengunjung yangdatang. Bebatuan besar berwarna kuning keemasan dengan aliran sungai berwarna kehijauan menjadikan curug ini sangat mempesona.

8. curug Muara herang

Curug yang baru di buka beberapa tahun yang lalu merupakan curug yang satu lokasi dengan curug seribu. Jika ke curug seribu ke arah kanan, curug muara herang mengambil jalur lurus dari pintu masuk  dengan treking sekitar 750 meter. Curug dengan ketinggian lebih dari 50 meter ini dapat anda nikmati dengan menyusuri jalanan bebatuan. Pesonan curug ini akan membuat anda betah berlama-lama di sini.

itulah 8 curug yang rekomnded bila anda melakukan perjalanan ke Taman Nasional Gunung Halimun. Jadi kapan nih kalian ke TKP?? ingat yaaa sampah jangan di tinggal kasihn ajak kembali sampahmu ke atas OK

Sumber : jalantraveller.blogspot.com

jejak tak berujung

 

Hits: 28247

Tiga dari 7 curug di Gunung Salak ini punya kolam alami yang asyik untuk berendam. Yakin tak ingin mencoba sensasinya?

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Curug atau banyak orang menyebutnya air terjun memang selalu menawan. Apalagi yang punya ketinggian dan debit air besar, curug akan terlihat lebih indah dan menakjubkan. Biasanya curug ini banyak ditemukan di kaki-kaki gunung, termasuk juga salah satunya di kaki Gunung Salak. Tak kurang dari lima curug di Gunung Salak yang bisa jadi tujuan wisata para pendaki setelah naik ke Puncak Salak.

BACA JUGA:   Wisata edukasi anak paud di bandung

Berikut adalah beberapa daftar curug di Gunung Salak dan sekitarnya yang bisa dieksplor wisatawan maupun pendaki:

1. Curug Seribu, curug tertinggi di kaki Gunung Salak

curug di gunung salak

Curug Seribu memiliki tinggi sekitar 100 meter dan berada di ketinggian 1.050 mdpl. Salah satu curug di Gunung Salak ini menjadi favorit karena memiliki pemandangan yang cantik dan cukup menantang untuk kegiatan trekking. Berada di Kecamatan Pamijahan akses menuju ke curug ini memang cukup sulit. Wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 5 km dengan trek menanjak yang cukup tinggi.

Kondisi jalan yang licin juga harus diperhatikan oleh wisatawan. Apalagi saat musim hujan area di sekitar curug rawan longsor. Jadi pastikan untuk lebih berhati-hati saat berkunjung ke Curug Seribu di musim penghujan.

2. Curug Ngumpet dengan kolam alami di bagian bawahnya

curug di gunung salak

Curug Ngumpet merupakan salah satu curug di Gunung Salak yang juga berada di Kecamatan Pamijahan, lebih tepatnya di daerah Desa Gunungsari. Curug Ngumpet memliki ketinggian 45 meter dengan debit air yang cukup besar. Berbeda dari Curug Seribu yang berlokasi 5km dari pintu masuk, Curug Ngumpet ini hanya berjarak sekitar 2oo meter saja. Butuh waktu sekitar 15 menit dengan berjalan kaki untuk menuju curug ini.

Yang menarik dari Curug Ngumpet adalah adanya sebuah kolam alami tepat di bawah air terjunnya. Kolam ini kerap kali dijadikan sebagai tempat berenang dan berendam para wisatawan. Airnya yang jernih dan segar memang membuat siapapun betah berendam lama-lama di sini. Namun perlu hati-hati juga jika ingin berendam di Curug Ngumpet apalagi disaat musim hujan, karena kemungkinan banjir kiriman akan sangat mungkin terjadi.

3. Curug Cihurang yang dekat dengan area camping

curug di gunung salak

Curug Cihurang berada tak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Meski curug ini tidak terlalu tinggi namun yang menarik perhatian adalah keberadaan hutan pinus di sekitar curug yang membuat udara di curug ini makin sejuk. Pastinya pemandangan yang tercipta juga makin indah. Asyiknya lagi di sekitar Curug Cihurang ini terdapat area camping. Sehingga wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun atau hutan pinus lebih lama bisa menginap dengan mendirikan tenda.

Curug di Gunung Salak ini memang tidak memiliki kolam seperti Curug Ngumpet, namun tetap seru untuk bermain air dan berbasah-basahan. Kondisi aliran air yang tidak terlalu deras juga cukup aman untuk anak-anak. Jadi bisa dibilang Curug Cihurang ini cocok untuk keluarga yang ingin mengajak anak-anak lebih dekat dengan alam terbuka.

BACA JUGA:   Terbaik Panorama Tabek Patah Dengan 13 Foto

4. Curug Cigamea yang lebih mudah diakses oleh wisatawan

curug di gunung salak

Curug Cigamea Gunung Salak berada sekitar 2 km dari Curug Ngumpet. Karakter kedua curug ini hampir sama, yaitu memiliki kolam alami di bagian bawah air  terjunnya. Maka tak heran kalau banyak wisatawan yang datang ke curug ini untuk tujuan berenang dan berendam. Meski ketinggiannya hanya 40 meter namun justru ini membuat curug ini makin asyik untuk tempat berendam dan bersantai.

Akses untuk menuju Curug Cigamea Gunung Salak cukup mudah dan tidak sesulit Curug Seribu. Jarak dari pintu masuk sekitar 700 meter dengan kondisi jalanan berupa paving, sehingga lebih aman saat musim hujan. Curug ini selalu ramai saat musim liburan. Jadi kalau ingin menikmati curug ini dalam suasana tenang mungkin harus mengatur waktu selain musim liburan. Cuti sejenak bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Curug Luhur dengan fasilitas lengkap dan cocok untuk wisata keluarga

curug di gunung salak

Curug Luhur merupakan salah satu curug di Gunung Salak yang sudah dikelola dengan baik, bahkan sudah dilengkapi berbagai fasilitas. Terdapat kolam renang yang berada tak jauh dari lokasi air terjun. Untuk keluarga yang tak ingin mengajak anak-anak berenang di bawah curug langsung, bisa memanfaatkan kolam renang buatan ini. Tak hanya kolam renang saja, pengelola juga menyediakan berbagai mainan air.

Curug yang terletak di Desa Gunung Malang, Kecamatan Ciomas ini juga menyediakan tempat makan dan tempat bermain khusus untuk anak-anak. Jadi Curug Luhur ini memang cocok untuk destinasi wisata keluarga.

6. Curug Pangeran dengan rute yang cukup terjal

curug di gunung salak

Curug Pangeran juga termasuk dalam satu curug di Gunung Salak yang memiliki kolam alami di bawah air terjunnya. Kedalaman kolam bahkan mencapai 5 meter, jadi untuk wisatawan yang ingin berenang atau melakukan aksi jumping dari atas harus benar-benar bisa berenang agar tidak berbahaya. Selain memiliki kolam alami, Curug Pangeran juga memiliki area camping untuk wisatawan yang ingin menghabiskan malam ditemani suara gemericik air terjun.

Rute jalanan untuk mencapai Curug Pangeran ini memang cukup terjal. Wisatawan akan menemui jalur menanjak sejauh 200 meter, jadi pastikan untuk menyiapkan fisik yang bagus sebelum berkunjung ke Curug Pangeran ini.

7. Curug Nangka yang dilengkapi dengan gardu pandang

curug di gunung salak

Berada di kaki Gunung Salak tepatnya di ketinggian 750 mdpl, Curug Nangka cukup banyak menarik perhatian wisatawan. Curug ini memang tidak terlalu tinggi, namun fasilitas lengkap dan dua air terjun tersembunyi lainnya membuat curug ini jadi incaran wisatawan. Karena memang selain Curug Nangka terdapat juga Curug Daun dan urug Kawung. Tak hanya itu, di sekitaran Curug Nangka juga dilengkapi dengan gardu pandang, cocok untuk wisatawan yang tak ingin berbasah-basahan dan lebih memilih menikmati keindahan curug dari kejauhan.

Untuk mencapai Curug Nangka, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 400 meter dari area parkir kendaraan. Harus berhati-hati terutama saat musim hujan karena kondisi jalan yang licin.

SHARE :

Also Read

Bagikan: