Rumah Pintar Surabaya

Gundana

Liburan Murah Meriah di Sidoarjo: Kunjungi Rumah Pintar Juanda Cendekia

Berlibur memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan mengisi kembali energi positif dalam tubuh. Meskipun demikian, banyak orang yang masih merasa kesulitan untuk menemukan tempat liburan yang cocok dengan budget mereka. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi jika kamu berada di Sidoarjo, karena di sini terdapat tempat liburan murah meriah yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, yaitu Rumah Pintar Juanda Cendekia.

Mengenal Rumah Pintar Juanda Cendekia

Rumah Pintar Juanda Cendekia merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda dari tempat wisata pada umumnya. Tempat ini berlokasi di Jalan Cokroaminoto No. 1, Kelurahan Kupang Krajan, Kecamatan Sidoarjo, Jawa Timur. Dengan lokasinya yang sangat mudah dijangkau, kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Rumah Pintar Juanda Cendekia merupakan sebuah bangunan yang didesain dengan konsep yang menarik, berbentuk seperti kapal laut yang siap melaju ke dunia pengetahuan. Di dalam bangunan tersebut, terdapat berbagai wahana edukasi yang sangat menarik dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain itu, fasilitas yang ada di Rumah Pintar Juanda Cendekia juga sangat lengkap dan memadai, mulai dari area parkir yang luas, toilet yang bersih, hingga tempat makan dan minum yang tersedia di dalam area tempat wisata tersebut.

BACA JUGA:   Tempat wisata keluarga wonosobo
rumah pintar juanda cendekia

Kawasan Militer Tempat Rumah Pintar Juanda Cendekia

Di Indonesia mungkin sudah banyak tempat wisata berbasis edukasi yang menggunakan nama “Rumah Pintar” di beberapa daerah. Salah satu tempat wisata tersebut berada di kota Sidoarjo, bernama lengkap Rumah Pintar Juanda Cendekia. Dinamakan demikian karena memang lokasi dari rumah pintar ini berada di dekat Bandara Internasional Juanda dan masih berada dalam satu kawasan dengan markas militer Puspenerbal TNI-AL.

Rumah Pintar Juanda Cendekia ini diresmikan pada akhir tahun 2009 dan berada dalam naungan dari Pusat Penerbangan TNI-AL (Puspenerbal). Dekat dengan kawasan Bandara membuat tempat wisata ini sangat mudah untuk dikunjungi, belum lagi lokasinya yang berada di perbatasan antara Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo membuat Rumah Pintar Juanda Cendekia menjadi salah satu alternatif liburan keluarga yang murah meriah di akhir pekan.

rumah pintar 2

Suasana Rumah Pintar Juanda Cendekia

Berada di dalam kawasan militer ternyata tetap membuat rumah pintar ini nyaman untuk dikunjungi oleh pihak umum maupun sipil. Rumah Pintar Juanda Cendekia ini dikelilingi banyak pohon rindang yang sepintas mirip seperti area taman bermain. Pada bagian gapura masuknya yang berwarna kekuningan terdapat tulisarn “Rumah Pintar” jadi para pengunjung yang akan mendatangi tempat ini sangat mudah untuk menemukannya. Untuk masuk ke dalam area rumah pintar tersebut pengunjung akan dikenakan tariff sebesar Rp5.000/orang. Di akhir pekan kawasan ini seringkali digunakan sebagai kawasan berlibur maupun untuk berolahraga karena tepat di depan lokasi rumah pintar ini terdapat semacam Jogging Track.

Terdapat Monumen Pesawat Latih TNI-AL

Salah satu daya tarik dari Rumah Pintar Juanda Cendekia ini adalah sebuah monument hidup pesawat latih yang pernah digunakan oleh TNI-AL. Pesawat Jenis Socata TB-10 buatan Negara Prancis ini pernah digunakan sebagai sarana latih pilot pesawat di Puspenerbal TNI-AL. Meskipun beberapa pesawat masih ada yang beroperasi dalam jumlah kecil hingga kini, akan tetapi telah digantikan dengan pesawat latih baru yang lebih modern.

BACA JUGA:   Objek Wisata Edukasi di Bali
rumah pintar 1

Pesawat yang berukuran kecil ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung khususnya para anak-anak. Pengunjung bebas berfoto di dekat area pesawat tersebut sembari menikmati suasana sejuk di Rumah Pintar Juanda Cendekia.

Satwa Jinak Hingga Fasilitas Outbound

 Fasilitas lainnya yang berada di Rumah Pintar ini yakni adanya beberapa arena outbound yang dapat dipergunakan oleh anak-akan. Ada sebuah wahana flying fox dapat digunakan untuk anak-anak hanya dengan membayar uang sebesar Rp 10.000/orang. Selain itu pihak rumah pintar juga menyediakan paket outbound yang berisi beragam arena ketangkasan dengan membayar uang sebesar Rp100.000/paket.

Di area Rumah Pintar Juanda Cendekia ini juga terdapat beberapa satwa jinak mulai dari beberapa jenis burung, kelinci dan marmot yang diletakkan di Rabbit House dan beberapa kura-kura yang menjadi penghuni kolam kura-kura. Selain itu lazimnya area bermain anak, juga terdapat beberapa fasilitas bermain anak yang dapat digunakan secara gratis. Di rumah pintar ini juga terdapat beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti gazebo, kantin umum, musholla dan toilet.

rumah pintar 4

Lokasi dan Akomodasi

Rumah Pintar Juanda Cendekia ini berada di daerah Jalan Raya Bandara Juanda, Kepuh, Betro, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Bagi Kawan Jalan yang ingin mengunjungi tempat ini dapat mengambil rute dari Jalan Raya Waru, jika dari arah Surabaya kemudian belok ke kiri memasuki Jalan Raya Bandara Juanda-Waru. Lalu lurus saja kurang lebih sekitar 5 km, kemudian berbelok memutar diantara monument pesawat Fairey Gannet yang tepat berada diantara gerbang masuk markas militer. Lokasi Rumah Pintar Juanda Cendekia ini tepat berada di sisi kiri jalan setelah putar balik.

Bagi kamu yang memerlukan akomodasi dapat menginap di Hotel Sinar 1 yang terletak di Jalan Raya Bandara Juanda No.36-40, Dukuh, Sedati Agung, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Untuk biaya per malamnya mulai dari Rp250.000/malam.

BACA JUGA:   Gedung oval taman pintar yogyakarta

Also Read

Bagikan: