Sejarah Olahraga Selam

Ian Pranowo

Olahraga selam merupakan olahraga yang mungkin tidak terdengar begitu populer di kalangan orang awam, tetapi selam memang memegang tempat penting di hati para penggemarnya. Olahraga selam telah menjadi ajang paling terkenal untuk mengeksplorasi keindahan dunia bawah laut. Tapi apakah Anda tahu asal mula olahraga selam itu berasal dari mana?

Awal Mula Selam

Sejarah selam berasal dari abad ke-19 ketika seorang pelaut berkebangsaan Prancis bernama Freminet, menggunakan helm kaca dan pipa untuk bisa mencapai kedalaman yang lebih dalam ketika memperbaiki kapal yang terdampar. Kemudian pada tahun 1837, Augustus Siebe dan temannya Gorman menciptakan baju besi selam dengan helm logam dan mulut udara.

Namun, seiring perkembangan teknologi, peralatan selam juga ikut berkembang. Saat ini teknologi yang digunakan di olahraga selam terus meningkat. Alat penunjang selam seperti tabung oksigen, regulator, wetsuit, dan banyak lagi baju besi selam terbaru, semuanya diciptakan guna memudahkan para penyelam saat berada di dalam air. Olahraga selam modern sekarang terbagi menjadi 2 jenis, yakni selam permukaan dan selam scuba.

Selam Permukaan

Selam permukaan adalah jenis selam yang paling umum dilakukan di antara keduanya. Para penyelam menggunakan snorkel atau mulut udara untuk membantu bernapas saat mendekati permukaan air. Selam permukaan umum dilakukan untuk olahraga, rekreasi, dan bahkan penelitian.

Selam Scuba

Selam scuba, atau Self Contained Underwater Breathing Apparatus, adalah rakitan peralatan yang memungkinkan seseorang untuk bernapas di bawah air dalam jangka waktu yang lebih lama, dan untuk mengeksplorasi kedalaman yang lebih dalam. Peralatan ini meliputi tabung oksigen, regulator, baju besi selam dan kacamata selam. Selam scuba adalah jenis selam yang lebih intensif dan dirancang untuk para penyelam yang mahir.

BACA JUGA:   20 Gambar Danau Toba Kering

Keamanan Selama Selam

Ketika berbicara tentang keselamatan selam, persiapan dan pengetahuan sebelum selam menjadi hal penting. Seoranmg penyelam harus melakukan persiapan tubuh, seperti tidak makan dan minum banyak sebelum selam, dan tidak melakukan kegiatan berat sebelum selam. Selain itu, para penyelam harus mempelajari teknik pernapasan yang benar, dan juga teknik selam yang aman, seperti memperhatikan penggunaan alat, pengontrolan kecepatan saat turun dan naik, serta berkomunikasi dengan teman penyelam.

Kesimpulan

Kita telah menemukan bahwa sejarah selam sudah sangat panjang, dan peralatan selam terus berkembang. Olahraga selam menjadi salah satu cara terbaik untuk berdekatan dengan alam bawah laut, dan para penyelam akan menemukan kepuasan dalam mengeksplorasi laut serta keindahannya. Keselamatan sendiri menjadi aspek yang paling penting dalam olahraga selam ini. Jadi, jika Anda ingin merasakan pengalaman selam yang mengagumkan, mulai mencari kursus selam yang kredibel dan jalani latihannya. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan: