Seni Tradisional Bale Seni Barli

Jamalia Wahyuni

Seni tradisional Indonesia kaya akan berbagai jenis seni yang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Salah satu seni tradisional yang masih dilakukan hingga saat ini adalah seni tari. Salah satunya adalah Bale Seni Barli yang menjadi salah satu seni tari tradisional yang berasal dari Bali. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang seni tradisional Bale Seni Barli dan bagaimana seni ini masih dipertahankan hingga saat ini.

Sejarah dan Asal Usul Bale Seni Barli

Bale Seni Barli merupakan seni tari tradisional yang berasal dari Bali. Seni tradisional ini awalnya ditarikan di halaman puri kerajaan oleh para keluarga kerajaan pada zaman dahulu kala. Nama Bale Seni Barli sendiri diambil dari nama seorang dewi kahyangan yang dianggap sebagai pelindung tari-tarian di Bali.

Dalam perkembangannya, seni tari Bale Seni Barli telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Bali. Seni tari ini sering dipertunjukkan pada upacara-upacara adat seperti pernikahan, piodalan, atau dalam rangkaian upacara keagamaan Hindu. Seni tari Bale Seni Barli juga telah menjadi bagian penting dari industri pariwisata Bali dan sering dipertunjukkan dalam berbagai festival seni di Bali.

Ciri Khas dan Tata Cara Penampilan Bale Seni Barli

Bale Seni Barli memiliki ciri khas yang unik dan mudah dikenali. Tari ini menggunakan gelungan kain atau kipas sebagai atribut tari. Selain itu, kostum yang digunakan oleh penari juga khas Bali, yaitu menggunakan kain "Songket Bali" yang dihiasi dengan payet dan manik-manik.

BACA JUGA:   Cagar Budaya yang Terletak di Srengseng: Wisata Sejarah yang Kaya Akan Budaya

Tari Bale Seni Barli ditampilkan oleh dua orang penari yang saling berpasangan. Gerakan tariannya dipenuhi oleh ekspresi muka dan gerakan kipas atau gelungan kain yang dikendalikan dengan indah. Gerakan yang tampil dalam tarian ini melambangkan keindahan alam dan kehidupan di Bali.

Tari Bale Seni Barli memerlukan kesiapan dan keseriusan dalam menarikannya. Prosedur pertunjukan Bale Seni Barli haruslah dilakukan dengan benar, yaitu dimulai dari mendirikan pendharmaan untuk memohon restu sesaji. Setelah itu, para penari memasangkan bunga ke kostum mereka sebelum akhirnya memulai tarian.

Peninggalan Budaya Bali yang Masih Dipertahankan

Seni tari Bale Seni Barli menjadi salah satu contoh seni tradisional Indonesia yang masih dipertahankan hingga saat ini. Seni tari ini memiliki sejarah dan nilai kebudayaan yang kuat bagi masyarakat Bali. Bale Seni Barli tidak hanya dijadikan sebagai hiburan semata, namun juga memiliki nilai filosofi dan keagamaan yang penting bagi masyarakat Bali.

Dalam perkembangan Bali yang modern sekarang ini, seni tradisional seperti Bale Seni Barli menjadi penting untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan adanya pengaruh teknologi dan globalisasi, seni tradisional Bali mulai terancam punah. Oleh karena itu, seni tari Bale Seni Barli dan seni tradisional lainnya menjadi bagian dari warisan budaya Bali yang masih harus dijaga dengan baik.

Kesimpulan

Seni tradisional Indonesia merupakan warisan budaya yang memerlukan perhatian khusus untuk dilestarikan dan dijaga. Salah satu seni tradisional yang masih dipertahankan hingga saat ini adalah seni tari Bale Seni Barli yang berasal dari Bali. Seni tari ini memiliki ciri khas dan pengaruh budaya Bali yang kental.

Dalam perkembangan Bali yang modern sekarang ini, seni tradisional seperti Bale Seni Barli menjadi penting untuk dijaga dan dilestarikan. Dengan cara ini, seni tradisional akan tetap menjadi bagian integral dari budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

Also Read

Bagikan: