Simak Tips Memilih Sandal Gunung agar Nyaman saat Mendaki

Gundana

Pastikan Anda mengetahui kriteria sandal gunung yang sesuai dengan medan petualangan anda dan kenyamanan anda saat beraktivitas di luar ruangan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Ghozali Qodratullah

tips memilih sandal gunung

Sandal gunung atau sandal outdoor adalah salah satu perlengkapan pendakian yang wajib Anda bawa. Posisinya dalam daftar perlengkapan memang berada di bawah sepatu gunung, namun benda ini akan mempermudah kegiatan Anda ketika ada “panggilan alam”. Biasanya sandal gunung dipakai ketika tenda telah berdiri, sehingga keperluan mondar-mandir di sekitaran tenda lebih nyaman menggunakan sandal gunung. Tidak perlu mengencangkan atau melepas tapi setiap kali akan memakai dan melepaskannya.

Sangat disarankan sekali jangan menggunakan sandal gunung untuk mendaki gunung, pakailah sepatu gunung untuk pendakian Anda.

Kegiatan lain juga masih cocok jika menggunakan sandal gunung, misalnya ke pasar, kondangan, berjalan-jalan di kota, bermain pasir di pantai juga masih cocok. Sandal gunung merupakan sebuah alas kaki yang hampir bisa kita gunakan ketika kita keluar rumah.

Bahan dan bentuknya memang menjadikan sandal gunung adalah sandal dengan tingkat keawetan yang lama, saya masih memiliki sandal gunung merek eiger pembelian bulan maret 2011 dan masih dalam kondisi yang masih layak pakai untuk kegiatan harian.

Anda bisa menggunakan tips memilih sandal gunung berikut dalam memilih sandal gunung yang cocok dengan aktivitas dan gaya Anda perjalanan Anda.

1. Selop atau jepit?

Kita sering menemukan sandal gunung dengan dua jenis, yaitu model selop dan model jepit. Model selop akan membuat Anda bisa menggunakan kaos kaki apa saja, sela antara ibu jari kaki dan telunjuk tidak lecet, namun punggung kaki biasanya akan teras tertarik ada posisi-posisi tertentu.

Model jepit ketika dikenakan bersama kaos kaki membuat Anda harus menggunakan kaos kaki dengan bentuk ibu jadi yang terpisah, sela ibu jari kaki dan telunjuk juga akan terasa nyeri bagi yang tidak terbiasa ketika melintasi medan yang menurun.

2. Kekerasan

Carilah sandal gunung dengan alas yang cukup keras, karena sepengalaman saya ketika memakai sandal gunug yang empuk, kemudian membawa beban cukup berat, membuat langkah kaki terasa gontai. Mungkin semacam sistem suspensi kaki dan sandal tidak bisa senada dengan permukaan yang dilakui.

3. Penghubung antar webbing

tips memilih sandal gunung

Entah apa namanya, silahkan perhatikan pada gambar di atas. Pada bagian tersebut biasanya cukup menyiksa mata kaki ketika kita tidak memakai kaos kaki. Solusinya carilah sandal dengan bentuk bagian tersebut yang sesuai dengan kenyamanan mata kaki Anda.

4. Grip

tips memilih sandal gunung

Baliklah sandal gunung yang sedang Anda pilih, lihatlah bagian alasnya. Bagian grip sandal gunung terlihat diperuntukan untuk medan yang tidak rata. Carilah grip dengan bagian depan yang menghadap belakang, sedangkan bagian belakang menghadap ke depan.

Kegunaan arah grip ini adalah untuk melakukan pengereman ketika Anda merasakan selip pada medan yang Anda lalui. Ketika Anda sedang melewati medan yang naik, tekan bagian depan sandal gunung Anda untuk mencengkramkan grip tersebut pada permukaan yang Anda lalui. Ketika Anda menuruni sebuah jalan yang licin, tekan bagian belakang sandal gunung untuk membuat gaya gesekan semakin tinggi terhadap permukaan tanah. Cara seperti ini diperlukan kebiasaan, sehingga saat Anda terpeleset, maka dalam tubuh Anda sudah terekam sistem reflek untuk mengerem.

5. Ukuran

Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kaki Anda. Bila terlalu besar akan membuat Anda sering tersandung, sedangkan bila terlalu kecil akan membuat kaki Anda lecet karena tergesek dengan bahan sandal gunung tersebut.

6. Warna

Warna selain hitam memang sudah banyak beredar sekarang ini, merah, biru, bahkan merah mudah dan lain-lain. Saya lebih menyukai warna hitam karena tidak mudah terlihat kotor dan sedikit lebih cepat kering ketika dijemur.

7. Harga

Ada harga ada kualitas, bijaklah dalam menentukan pilihan sandal gunung dengan dana Anda. Lebih baik membeli dengan harga yang pantas untuk sebuah kualitas. Daripada Anda harus berganti-ganti sandal gunung karena rusak dalam pemakaian yang singkat.

***

Sandal gunung bukanlah perlengkapan yang baik untuk digunakan ketika melakukan pendakian. Namun akan sangat berguna ketika Anda menemukan kondisi dimana harus melepas dan memakai alas kaki dalam intensitas waktu yang pendek. Tetap gunakan sepatu gunung untuk mendaki, salam.

BACA JUGA:   Wisata Arum Jeram Soko Adventure Blitar, Nikmati Petualangan yang Tak Terlupakan

Baca Juga :

SHARE :

Lombok Tengah – Bukit Merese di Mandalika, Lombok, NTB menjadi spot favorit buat menikmati keindahan alam. Agar wisata ke sana lebih maksimal, simak dulu tips berikut ini.

Menyaksikan keindahan garis pantai di Lombok dari ketinggian, bisa dilakukan dari Bukit Merese. Bukit ini berdiri di pesisir pantai kawasan Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Dari atas, terlihat pemandangan Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung yang unik.

Buat traveler yang mau naik ke puncak Bukit Merese, sebaiknya simak dulu tips-tipsnya. Disusun detikTravel, Rabu (1/2/2017), berikut 6 tips mendaki Bukit Merese:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Waktu berkunjung

Bukit Merese sebenarnya bisa dikunjungi sepanjang tahun. Traveler tinggal memilih saja ingin datang ke sana kapan, sesuai ketersediaan waktu liburan.

Namun kalau berkunjung di musim kemarau sekitar pertengahan tahun, traveler mungkin bisa mendaki dengan lebih leluasa karena jarang hujan. Pemandangan di bukit juga eksotis dengan rerumputan yang menguning.

Jika datang ke sana di awal tahun saat musim hujan, pemandangan juga tak kalah indah dengan rerumputan yang menghijau dengan cantiknya, dan pengunjung bisa jadi tak seramai saat musim liburan pertengahan tahun. Namun memang terkadang pendakian jadi lebih sulit, seperti jalanan yang licin karena sering diguyur hujan.

Nah, kabarnya di atas bukit ini wisatawan bisa menikmati sunrise serta sunset. Jadi memang Bukit Merese tetap asyik dikunjungi baik pagi maupun sore. Tergantung keinginan saja ingin menyaksikan pesona sunrise atau sunset yang cantik.

2. Alas kaki yang tidak licin

Trek pendakian Bukit Merese cukup bersahabat. Mendaki sampai puncaknya pun menghabiskan waktu sekitar 15 menit, tak sampai 1 jam. Namun alas kaki juga harus diperhatikan.

Sebaiknya kenakan sepatu yang tidak licin atau anti slip untuk mengurangi resiko terpeleset saat menanjak atau pun turun bukit. Selain sepatu, sandal gunung juga menjadi pilihan tepat agar mendaki lebih nyaman.

3. Jelajah berbagai sisi bukit

Bukit Merese ini cukup luas. Setibanya di atas jangan hanya berdiam di satu sisi saja. Datangi saja berbagai sisi bukit karena memang semuanya menyajikan pemandangan indah yang sayang dilewatkan.

Ada salah satu sisi yang menawarkan panorama bukit dengan lekukan-lekukan pantai yang cantik. Di bagian lain, ada sisi bukit yang mendatar dan di ujungnya ada sebuah pohon yang sering disebut sebagai Pohon Galau.

Kabarnya pohon yang berdiri sendirian di tepi puncak bukit itu memang sengaja ditaruh sebagai properti dari sebuah film. Namun sampai sekarang dibiarkan tumbuh. Tak ayal, pohon itu sering dijadikan spot foto favorit traveler.

4. Sedia air minum

Pendakian memang tidak terlalu sulit, tapi juga lumayan menghabiskan tenaga. Air minum yang cukup perlu dibawa saat berkunjung kemari agar tidak dehidrasi. Terutama jika kamu mendaki saat mentai sedang terik-teriknya.

Tentunya sampah botol minum sebaiknya dibawa turun kembali sampai menemukan tempat sampah. Jangan buang sampah sembarangan agar Bukit Merese tetap lestari. Selain itu, yang tak kalah penting juga, jangan lupa bawa topi serta sunblock saat mendaki.

5. Persiapkan kamera

Setelah mendaki tentu sayang sekali jika tidak mengabadikan pemandangan indah di atas bukit ke dalam kamera. Jangan lupa bawalah ponsel serta kamera kamu, yang sudah di-charge penuh agar foto-foto atau nge-vlog bisa lebih puas. Kalau perlu bawalah baterai cadangan untuk kamera.

6. Jangan buang sampah sembarangan

Di puncak Bukit Merese, tidak ada tempat sampah. Jadi kalau kalian membawa botol minum, jangan dibuang sembarangan ya. Bawa kembali turun botol minum atau kemasan makanan lainnya.

Kalau semua turis membuang sampah sembarangan, lambat laun Bukit Merese akan penuh sampah. Sayang dong, bukit seindah itu sampai kotor. Ayo liburan ke Bukit Merese, tapi jaga kebersihan ya! (bnl/fay)

– Bukit Merese di Mandalika, Lombok, NTB menjadi spot favorit buat menikmati keindahan alam. Agar wisata ke sana lebih maksimal, simak dulu tips berikut ini.Menyaksikan keindahan garis pantai di Lombok dari ketinggian, bisa dilakukan dari Bukit Merese. Bukit ini berdiri di pesisir pantai kawasan Mandalika, Lombok Tengah, NTB. Dari atas, terlihat pemandangan Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung yang unik.Buat traveler yang mau naik ke puncak Bukit Merese, sebaiknya simak dulu tips-tipsnya. Disusun detikTravel, Rabu (1/2/2017), berikut 6 tips mendaki Bukit Merese:Bukit Merese sebenarnya bisa dikunjungi sepanjang tahun. Traveler tinggal memilih saja ingin datang ke sana kapan, sesuai ketersediaan waktu liburan.Namun kalau berkunjung di musim kemarau sekitar pertengahan tahun, traveler mungkin bisa mendaki dengan lebih leluasa karena jarang hujan. Pemandangan di bukit juga eksotis dengan rerumputan yang menguning.Jika datang ke sana di awal tahun saat musim hujan, pemandangan juga tak kalah indah dengan rerumputan yang menghijau dengan cantiknya, dan pengunjung bisa jadi tak seramai saat musim liburan pertengahan tahun. Namun memang terkadang pendakian jadi lebih sulit, seperti jalanan yang licin karena sering diguyur hujan.Nah, kabarnya di atas bukit ini wisatawan bisa menikmati sunrise serta sunset. Jadi memang Bukit Merese tetap asyik dikunjungi baik pagi maupun sore. Tergantung keinginan saja ingin menyaksikan pesona sunrise atau sunset yang cantik.Trek pendakian Bukit Merese cukup bersahabat. Mendaki sampai puncaknya pun menghabiskan waktu sekitar 15 menit, tak sampai 1 jam. Namun alas kaki juga harus diperhatikan.Sebaiknya kenakan sepatu yang tidak licin atau anti slip untuk mengurangi resiko terpeleset saat menanjak atau pun turun bukit. Selain sepatu, sandal gunung juga menjadi pilihan tepat agar mendaki lebih nyaman.Bukit Merese ini cukup luas. Setibanya di atas jangan hanya berdiam di satu sisi saja. Datangi saja berbagai sisi bukit karena memang semuanya menyajikan pemandangan indah yang sayang dilewatkan.Ada salah satu sisi yang menawarkan panorama bukit dengan lekukan-lekukan pantai yang cantik. Di bagian lain, ada sisi bukit yang mendatar dan di ujungnya ada sebuah pohon yang sering disebut sebagai Pohon Galau.Kabarnya pohon yang berdiri sendirian di tepi puncak bukit itu memang sengaja ditaruh sebagai properti dari sebuah film. Namun sampai sekarang dibiarkan tumbuh. Tak ayal, pohon itu sering dijadikan spot foto favorit traveler.Pendakian memang tidak terlalu sulit, tapi juga lumayan menghabiskan tenaga. Air minum yang cukup perlu dibawa saat berkunjung kemari agar tidak dehidrasi. Terutama jika kamu mendaki saat mentai sedang terik-teriknya.Tentunya sampah botol minum sebaiknya dibawa turun kembali sampai menemukan tempat sampah. Jangan buang sampah sembarangan agar Bukit Merese tetap lestari. Selain itu, yang tak kalah penting juga, jangan lupa bawa topi serta sunblock saat mendaki.Setelah mendaki tentu sayang sekali jika tidak mengabadikan pemandangan indah di atas bukit ke dalam kamera. Jangan lupa bawalah ponsel serta kamera kamu, yang sudah di-charge penuh agar foto-foto atau nge-vlog bisa lebih puas. Kalau perlu bawalah baterai cadangan untuk kamera.Di puncak Bukit Merese, tidak ada tempat sampah. Jadi kalau kalian membawa botol minum, jangan dibuang sembarangan ya. Bawa kembali turun botol minum atau kemasan makanan lainnya.Kalau semua turis membuang sampah sembarangan, lambat laun Bukit Merese akan penuh sampah. Sayang dong, bukit seindah itu sampai kotor. Ayo liburan ke Bukit Merese, tapi jaga kebersihan ya!

BACA JUGA:   Wisata air terjun di kalimantan selatan

Si kecil suka bermain di luar? Pemilihan sandal yang tepat untuk si kecil tentunya harus diperhatikan. Yuk, simak tips memilih sandal yang nyaman untuk si kecil. Simak juga rekomendasi sandal terbaik yang bisa jadi pilihan untuk si kecil dari BP-Guide.id di bawah ini.

Bagaimana Memilih Sandal yang Tepat untuk Anak?

Sumber gambar

www.parenting.com

Sandal untuk Anak sangat penting keberadaannya. Jika anak dibiarkan berjalan-jalan ke luar rumah tanpa sandal, maka sangat banyak resiko yang mungkin membahayakannya. Misalnya, kaki anak bisa terbakar karena aspal yang panas. Bisa juga terluka karena pecahan kaca kecil yang tidak terlihat.

Agar dapat menghindari hal-hal seperti itu, Anda perlu segera membeli sandal untuk anak. Sudah tahukah Anda apa saja tips memilih sandal anak yang nyaman? Lalu tahukah Anda mana saja sandal anak terbaik saat ini? Ayo simak penjelasannya di bawah ini ya!

Tips Memilih Sandal Anak yang Nyaman

Pilih Model yang Sesuai dengan Kegiatan

Sumber gambar

www.3benefitsof.com

Saat akan membeli sandal anak, tentu Anda sudah memiliki tujuan ke mana sandal itu akan digunakan. Jadi saat sedang memilih, pastikanlah semua kualitas dari sandal itu sudah sesuai dengan kegiatan yang akan dilakukan dengan anak. Jika kegiatan berkaitan dengan air, maka pilih sandal yang anti air. Jika untuk melintasi track mendaki, maka pilih sandal gunung yang nyaman di kaki.

Perhatikan Ukuran Sandal agar Pas

Sumber gambar

www.onmygg.com

Sandal dengan ukuran yang tidak pas akan membuat anak tidak nyaman saat mengenakannya. Bahkan lebih bahaya lagi, anak Anda bisa terjatuh dan terluka karena sandal yang tidak pas ini. Jadi pastikan agar tidak terlalu sempit atau terlalu besar ya.

Perhatikan Jenis Bahan Sandal

Sumber gambar

www.crocs.com

Bahan sandal yang akan Anda beli untuk si kecil juga harus sangat diperhatikan. Jika bahannya tidak fleksibel, maka kaki si kecil bisa mudah sakit karenanya. Perhatikan juga apakah anak Anda alergi terhadap bahan sandal tertentu. Agar tidak menimbulkan masalah di waktu berikutnya.

Jangan Pilih Sandal yang Solnya Keras

Sumber gambar

BACA JUGA:   Mendaki Gunung Ijen: Tantangan yang Memerlukan Kesiapan

nymag.com

Anak masih dalam proses pertumbuhan, jadi sebaiknya saat berjalan pun mengenakan sandal yang bahannya mendukung untuk pertumbuhan tersebut. Misalnya dalam hal bahan sandal. Sandal yang bahannya keras jangan Anda beli. Bahan itu akan membuat anak Anda sulit stabil saat berjalan. Artinya akan mudah jatuh.

Jangan Terlalu Mengikuti Tren

Sumber gambar

www.aliexpress.com

Saat memilih sandal untuk anak, sebagai orang tua Anda sebaiknya jangan terlalu mengikuti tren. Tidak semua tren sandal anak memang benar-benar nyaman untuk dikenakan.

Selalu pastikan apakah anak Anda membutuhkan jenis sandal tertentu dan bagaimana kualitasnya. Jika kurang bagus, maka jangan paksakan untuk anak kenakan hanya untuk mengikuti tren.

10 Sandal Anak Terbaik untuk Rekomendasi Anda

ADIDAS KIDS

Adidas mengeluarkan banyak seri sandal anak yang sangat bergaya dan nyaman dipakai. Seperti yang sudah Anda ketahui, Adidas adalah merek alas kaki yang ternama di seluruh dunia. Produk-produknya pun sudah diakui kualitas dan ketahanannya.

Produk sandal anaknya menggunakan bahan yang empuk sehingga saat digunakan berjalan jadi sangat nyaman. Satu lagi kualitas sandal anak Adidas yang akan sangat membantu anak Anda adalah anti selip. Tidak mudah tersandung dengan menggunakan sandal dari Adidas ini.

Harga

Rp. 150.000-350.000

BIRKENSTOCK

Anak Anda akan lebih nyaman berjalan dengan sandal yang alasnya mengikuti bentuk kontur kaki. Salah satu sandal anak yang didesain seperti itu adalah sandal dari Birkenstock. Bahan dari sandal ini pun nyaman untuk dipakai seharian juga tidak mudah rusak.

Soal desain dan pilihan warna, sama sekali tidak kampungan. Sandal anak dari Birkenstock benar-benar cocok untuk digunakan ke mana saja menemani langkah anak Anda.

Harga

Rp. 100.000-300.000

CARTER’S JELLY SANDAL

Anda ingin punya sandal yang anti air karena anak suka bermain air? Pilih sandal anak dari Carter’s saja. Carter’s memiliki banyak seri sandal anak yang terbuat dari karet jelly. Jadi aman bahkan untuk bermain di air dan di kolam renang.

Bahannya juga tidak licin dan membahayakan untuk digunakan oleh anak-anak. Pastinya, desain sandal yang transparan pun unik dan menarik dikenakan oleh kaki-kaki kecil anak-anak Anda.

Harga

Rp. 100.000-250.000

CROCS KID’S FUN CLOGS

Jika Anda ingin sandal yang tidak pengap dan tidak membuat kaki anak berjamur, maka Crocs adalah pilihan terbaik saat ini. Crocs memiliki seri untuk anak-anak juga. Bahkan seri untuk anak-anak banyak pilihan model dan desainnya.

Bahan dasar dari sandal Crocs juga sudah dikenal kenyamanannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika anak Anda menggunakan sandal Crocs ini di tempat becek sekalipun.

Harga

Rp. 200.000-500.000

HAVAIANAS KIDS

Merek sandal Havaianas sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Namun tahukah Anda bahwa Havaianas juga memiliki produk sandal anak? Produk sandal anak dari merek yang satu ini sangat lucu dan menggemaskan motifnya.

Walau desainnya adalah desain sandal jepit, tapi Anda tidak perlu khawatir dengan ketahanannya. Sandal Havaianas tahan lama dan karet penyusun talinya nyaman di kulit. Anak-anak pasti senang berjalan dengan sandal ini.

Harga

Rp. 200.000-500.000

HOMYPED KIDS

Salah satu merek sandal yang paling populer di Indonesia adalah Homyped. Merek ini juga memiliki seri sandal anak dengan desain yang kurang lebih mirip dengan sandal orang dewasa.

Banyak orang sudah mengakui bahwa sandal Homyped bahkan bisa digunakan bertahun-tahun. Bagian alasnya yang mengikuti bentuk kaki juga membuatnya sangat nyaman dipakai. Walau terlihat kokoh, ternyata Homyped sangat ringan untuk melangkah.

Harga

Rp. 200.000-600.000

ANDO KIDS

Pilihan sandal anak terbaik berikutnya adalah sandal dari Ando. Ando juga merek sandal yang sangat populer di Indonesia. Desain yang unik dan pilihan warna yang beragam, membuat sandal dari Ando sangat banyak diminati.

Ando juga memiliki seri sandal anak dengan pilihan gambar dan warna yang menarik. Ada juga seri yang berkolaborasi dengan karakter-karakter kartun yang sangat diminati anak-anak. Pasti si kecil suka pakai sandal dari Ando ini.

Harga

Rp. 100.000-150.000

NIKE KIDS

Nike juga memiliki produk sandal anak yang bisa menjadi pilihan Anda. Sandal anak dari Nike didesain dengan tali yang membuatnya tidak gampang lepas. Bahannya pun nyaman di kaki dan tidak basah terkena air.

Jadi aman untuk dipakai si kecil bereksplorasi ke berbagai tempat. Sandal anak dari Nike juga dilengkapi dengan desain tertutup yang membuat anak tidak mudah tersandung saat bermain menggunakan sandal ini.

Harga

Rp. 300.000-600.000

PYOPP

Pilihan desain sandal anak dari Pyopp adalah salah satu yang terbaik. Mulai dari sandal tahan air hingga sandal trendy untuk bepergian, Anda bisa menemukannya pada merek ini.

Sandal Pyopp juga sangat nyaman dikenakan karena bahannya yang tidak gerah dan tidak gatal. Pilihan ukuran dan warnanya pun sangat beragam untuk semua anak.

Harga

Rp. 300.000-500.000

RED APPLE

Ingin sandal yang ringan tapi tetap nyaman saat dikenakan anak? Pilih sandal anak dari Red Apple Kids saja. Sandal anak dari Red Apple dibuat dari bahan yang lentur dan fleksibel untuk menemani gerak si kecil.

Namun Anda disarankan membeli sandal anak ini dengan ukuran satu kali lebih besar. Pasalnya Red Apple Kids dijual dengan produk sandal yang memang ukurannya lebih kecil dari sandal anak pada umumnya.

Harga

Rp. 200.000-300.000

Also Read

Bagikan: