Snorkeling dan Scuba: Perbedaan dan Manfaat Kedua Kegiatan

Ina Padmasari

Jika kamu mencari cara untuk mengeksplorasi keindahan bawah air, snorkeling dan scuba adalah dua pilihan populer yang dapat kamu pertimbangkan. Meskipun keduanya melibatkan kegiatan di bawah air, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci perbedaan antara snorkeling dan scuba, serta manfaat dari kedua kegiatan ini.

Perbedaan Snorkeling dan Scuba

Alat yang Digunakan

Salah satu perbedaan utama antara snorkeling dan scuba adalah alat yang digunakan. Saat snorkeling, snorkel (alat bantu pernapasan) dan kacamata renang adalah yang paling umum digunakan. Dalam beberapa kasus, seorang snorkeler juga menggunakan fin (sirip) untuk membantu mereka bergerak lebih efisien di dalam air.

Di sisi lain, scuba memungkinkan kamu untuk berada di bawah air untuk waktu yang lebih lama dengan bantuan tabung oksigen, regulator, dan selang yang menyalurkan udara dari tabung ke dalam mulut kamu. Scuba juga sering disertai dengan peralatan tambahan seperti BCD (vest pemompa udara), gauges dan computer untuk mengukur kedalaman penyelaman, dan lampu untuk melihat bawah air ketika kondisi cahaya rendah.

Kedalaman Penyelaman

Pada dasarnya, snorkeling lebih cocok untuk mengeksplorasi permukaan air. Biasanya, jarak penyelaman pada snorkeling terbatas pada 3-5 meter, dimana kamu bisa melihat keindahan permukaan laut. Sedangkan, penyelaman scuba memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kedalaman laut yang lebih jauh hingga 40 meter atau lebih.

Durasi Kegiatan

Karena snorkeling hanya mengandalkan bantuan snorkel dan kacamata renang, orang cenderung tidak memakainya untuk waktu yang lama. Kegiatan snorkeling cenderung hanya berlangsung selama satu atau dua jam. Sedangkan, scuba memungkinkan pengguna untuk berada di bawah air selama beberapa jam.

BACA JUGA:   Diving dan Snorkeling: Keindahan Dunia Bawah Laut yang Tidak Terlupakan

Keterampilan yang Dibutuhkan

Snorkeling adalah kegiatan yang mudah dipraktekan dan tidak membutuhkan banyak pelatihan. Namun, sebelum kamu melakukannya, ada baiknya memastikan bahwa kamu bisa berenang dengan baik. Di sisi lain, scuba membutuhkan sertifikasi dan pelatihan yang lengkap dan harus dijalani melalui penyedia sertifikasi scuba professional untuk memastikan keselamatan dan keamanan kamu di bawah air.

Manfaat Snorkeling dan Scuba

Kesehatan

Snorkeling dan scuba memiliki manfaat kesehatan yang sama-sama baik. Keduanya bisa membantu meningkatkan kondisi jantung, paru-paru, serta keseimbangan tubuh. Kegiatan bawah air juga terbukti mampu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

Eksplorasi Lingkungan

Snorkeling dan scuba memberikan kesempatan untuk mengalami keindahan dunia bawah laut. Kamu bisa melihat berbagai bentuk kehidupan laut, seperti terumbu karang, ikan, serta banyak hewan laut lainnya. Eksplorasi lingkungan bawah air juga memberikan kesempatan untuk belajar mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan merawat alam.

Kesenangan

Terakhir, snorkeling dan scuba adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bisa dinikmati oleh siapa saja. Kedua kegiatan ini memberi kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan laut dan memuaskan rasa ingin tahu kita tentang dunia bawah laut. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan orang baru dan bersosialisasi.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas secara rinci tentang perbedaan snorkeling dan scuba, serta manfaat dari kedua kegiatan ini. Meskipun ada perbedaan dalam hal pengalaman dan peralatan yang digunakan, snorkeling dan scuba keduanya menawarkan pengalaman unik dan beragam keuntungan kesehatan dan rekreasional. Tergantung pada ketersediaan waktu dan dana, kamu dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan minat kamu dan memulai petualangan bawah airmu.

Also Read

Bagikan: