Snorkeling di Pantai Amed: Menikmati Keindahan Bawah Laut Bali

Cawisadi Salahudin

Bali memang terkenal akan keindahan pantainya. Selain menawarkan pemandangan indah dan suasana yang tenang, banyak pantai di Bali juga menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Salah satu pantai yang menyuguhkan pengalaman snorkeling yang tak terlupakan adalah Pantai Amed.

Mengenal Pantai Amed

Pantai Amed terletak di sebelah timur laut Bali, sekitar 2,5 jam perjalanan dari bandara Ngurah Rai. Pantai ini termasuk wilayah Kabupaten Karangasem, sebuah destinasi yang makin diminati para wisatawan karena keindahan alamnya.

Pantai Amed memiliki garis pantai yang cukup panjang, sekitar 15 kilometer. Lebih dari itu, pantai ini juga dikelilingi oleh banyak bukit dan perbukitan yang membuat pemandangannya semakin indah. Pepohonan kelapa dan pohon-pohon tropis tumbuh di sepanjang pantai, memberikan atmosfer yang sangat alami dan cocok untuk bersantai.

Namun, keindahan Pantai Amed tidak hanya indah di atas permukaan lautnya saja. Bawah laut Pantai Amed pun tak kalah menawan dibandingkan destinasi snorkeling lainnya di Bali.

Menikmati Keindahan Bawah Laut Pantai Amed

Untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Amed, snorkeling adalah aktivitas yang paling direkomendasikan. Anda bisa menyelam ke laut dengan menggunakan peralatan snorkeling, atau menyewa jasa penyedia snorkeling yang berada di sekitar Pantai Amed.

Pantai Amed terkenal akan ragam terumbu karang yang tumbuh sangat indah di bawah lautnya. Terumbu karang mereka dikenal sangat memukau dan subur bahkan menjadikannya sebagai tempat yang sangat disukai oleh para snorkeler.

Selain terumbu karang, pengunjung yang berkunjung ke Pantai Amed juga bisa menemukan beragam spesies ikan yang berwarna-warni. Tak jarang pengunjung melihat ikan-ikan yang tumbuh dengan ukuran yang besar dan sangat langka hanya bisa ditemukan di perairan Pulau Bali dan sekitarnya.

BACA JUGA:   Pantai raja ampatnya pacitan

Area Terbaik untuk Snorkeling di Pantai Amed

Terdapat beberapa area yang paling direkomendasikan untuk snorkeling di Pantai Amed. Salah satunya adalah area yang terletak di antara Pantai Jemeluk dan Pantai Bunutan. Di area ini, terumbu karang tumbuh sangat indah, dan pengunjung bisa menemukan banyak spesies ikan yang beraneka ragam.

Jika anda lebih berpengalaman, Anda bisa snorkeling ke arah selatan ke daerah Pulau Gili Selang atau arah Utara ke perairan kerajaan Karangasem. Kedua tempat ini sangat ideal untuk melakukan snorkeling karena dilengkapi dengan fasilitas dan instruktur yang sangat profesional.

Tips Untuk Snorkeling di Pantai Amed

Agar pengalaman snorkeling di Pantai Amed semakin menyenangkan, ada beberapa tips yang perlu diingat:

  • Perhatikan cuaca. Meskipun mungkin terlihat tenang di permukaan laut, arus lepas pantai Pantai Amed cukup kuat. Pastikan untuk snorkeling ketika cuaca sedang baik-baik saja.

  • Gunakan peralatan snorkeling yang baik. Pastikan Anda menggunakan peralatan snorkeling yang baik dan berkualitas untuk menghindari masalah di bawah laut. Jangan malu untuk meminjam peralatan atur atau menyewanya dari penyedia snorkeling di sekitar tempat wisata.

  • Jangan membuang sampah. Salah satu hal yang bisa merusak ekosistem laut adalah membuang sampah di tempat yang bukan tempatnya. Pastikan untuk membuang sampah di tempat yang tepat atau membawanya kembali ke darat.

Kesimpulan

Pantai Amed menawarkan pengalaman snorkeling yang sangat menyenangkan dan sangat memukau pengunjung. Terumbu karang yang indah dan beragam spesies ikan yang menakjubkan membuat aktivitas snorkeling Anda menjadi lebih menyenangkan.

Dalam melakukan aktivitas snorkeling, pastikan agar memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan. Dengan begitu, liburan Anda di Pantai Amed akan menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Also Read

Bagikan: