Taman bermain anak terdekat dari lokasi saya

Gundana

KOMPAS.com – Bekasi mempunyai sejumlah tempat wisata untuk anak yang pas dikunjungi saat libur sekolah seperti sekarang ini. Obyek wisata tersebut tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang ramah anak.

Tempat wisata di Bekasi untuk anak tersebut beragam, antara lain waterpark, taman bermain, wisata alam, dan lainnya. Berikut 13 tempat wisata di Bekasi untuk anak yang dihimpun Kompas.com. 

Baca juga: 10 Wisata Bekasi yang Wajib Dikunjungi, Ada Tempat Main Salju

1. Go! Wet Waterpark 

Go! Wet Waterpark mempunyai banyak wahana permainan air yang pastinya sangat menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa merasakan keseruan aneka wahana di Go! Wet Waterpark. 

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://www.gowet-grandwisata.com

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Berdiri di lahan seluas sekitar 7,5 hektar, pengunjung dapat menikmati bermacam-macam permainan air. Mengutip dari situs Go! Wet Waterpark, sejumlah wahana air tersebut antara lain Go!Round, Go!Challenge, Go! Fast, Go! Speed, Go! Sprint, Go! Flash, Go! Twist, dan sebagainya. 

Pengunjung bisa merasakan sensasi meluncur dengan cepat sambil berputar 360 derajat di dalam cawan air, hingga menara air penuh dengan petualangan untuk anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Southern Boulevard Kavling 1, Grand Wisata Bekasi.  

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bekasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

2. Transera Waterpark

Wahana permainan air lainnya yang tidak kalah seru adalah Transera Waterpark. Mengutip situs Transera Waterpark, keunikan obyek wisata ini adalah menyediakan dua zona berbeda dalam satu kawasan, yakni waterpark dan drypark. 

Jadi, anak-anak dapat bermainan air maupun wahana permainan lainnya. Terdapat kurang lebih 23 wahana beserta fasilitas pendukungnya di Transera Waterpark. 

Transera Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://www.transerawaterpark.co.id/

Transera Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Transera Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Konsep tempat wisata di Bekasi ini adalah nuansa alam Afrika yang eksotis. Tak hanya anak-anak, Transera Waterpark juga menyediakan berbagai wahana seru bagi orang dewasa. 

Sejumlah wahana tersebut meliputi, Cango Slide, Turkana Pool, Zambezi River Expedition, Crazy Cone, dan lainnya. Lokasinya berada di Kota Harapan Indah Boulevard Kavling V Sektor VI, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Muaragembong Bekasi, Bisa ke Mana Saja?

3. Rainbow Garden 

Rainbow Garden merupakan sebuah area playground sehingga cocok untuk dikunjungi anak-anak maupun keluarga. Berdasarkan informasi dari situs Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sejumlah permainan di lokasi ini antara lain mobil-mobilan, kereta api, trampolin, dan sebagainya. 

Baca juga: Buka Lagi, Transera Waterpark di Bekasi Tawarkan Promo Rp 30.000

Rainbow Garden salah satu obyek wisata di Bekasi Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7066 Rainbow Garden salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7066 Rainbow Garden salah satu obyek wisata di Bekasi

Sementara itu, orangtua dapat bersantai di saung-saung yang telah disediakan sembari memantau buah hati. Rainbow Garden juga dilengkapi dengan kolam air mancur, spot foto Instagramable, dan fasilitas umum lainnya. 

Lokasinya berada di Jalan Harapan Indah Boulevard, Tarumajaya, Bekasi. 

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://www.gowet-grandwisata.com

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

4. Kidzoona

Jika orangtua ingin berbelanja sambil mengajak anak bermain, maka Kidzoona bisa menjadi salah satu alternatif. Tempat permainan anak ini berada di Grand Galaxy Park, Bekasi Selatan. 

BACA JUGA:   Taman air percut sei tuan

Serupa dengan tempat bermain indoor pada umumnya, Kidzoona  menawarkan berbagai macam permainan mengasyikkan. Mulai dari kolam bola, tembakan air, panjat dinding, dan sebagainya. 

Baca juga: Paket Murah di Waterpark Baru Area Bekasi, Ini Syaratnya…

5. Trans Snow World

Ingin mengajak anak-anak bermain salju? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena terdapat obyek wisata yang menawarkan permainan salju di Bekasi. 

Trans Snow World Bekasi

https://bekasi.transsnowworld.com

Trans Snow World Bekasi

Trans Snow World Bekasi

Namun, tentunya salju tersebut hanyalah salju buatan. Salah satu obyek wisata yang menawarkan pengalaman bermain salju adalah Trans Snow World. 

Anak-anak dapat bermain aneka wahana salju di Trans Snow World, mulai dari snow, ski, dan sliding. Lokasinya Trans Snow World berada di Jalan Ir. H.Juanda No 180 Margahayu, Bekasi. 

6. Snow World Revo Town

Destinasi wisata lainnya yang menghadirkan permainan salju di Bekasi adalah Snow World Revo Town. Obyek wisata ini juga dikenal sebagai Dunia Salju lantaran menghadirkan aneka permainan salju. 

Baca juga: Weekend di Waterpark Baru Area Bekasi, Coba 10 Wahana Berikut

Snow World Revo Town Bekasi, salah satu obyek wisata di Bekasi Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7056 Snow World Revo Town Bekasi, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7056 Snow World Revo Town Bekasi, salah satu obyek wisata di Bekasi

Mengutip situ Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pengunjung dapat menemukan kereta salju, boneka salju, seluncuran salju, dan berbagai macam hewan yang terbuat dari balok es.

Meskipun hanya rekayasa, namun wisatawan dapat merasakan sensasi berada di wilayah bersalu karena suhunya sangat dingin mencapai di bawah nol derajat celcius. Lokasi Snow World Revo Town berada di Jalan Jendral Ahmad Yani Kavling 1, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi. 

7. Columbus Waterpark

Columbus Waterpark merupakan waterpark yang mengusung konsep unik. Pengunjung dapat melihat replika kapal yang digunakan oleh Christopher Columbus saat menemukan Benua Amerika.

Waterpark ini menyediakan sejumlah wahana permainan air yang dapat digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari Sandy Beach, De Magma, Creek Island, dan sebagainya.

Lokasinya berada di Perumahan Mutiara Gading Timur RT.013, Jalan Mutiara Gading Timur nomor 7, RT 013/RW 028, Mustika Jaya, Bekasi

8. Alun-alun Kota Bekasi 

Mengisi libur sekolah, tak harus mengeluarkan budget mahal. Orangtua bisa mengajak anak berlibur ke tempat wisata ramah kantong, seperti Alun-alun Kota Bekasi. 

Baca juga: 5 Camilan Renyah Khas Bekasi, Cocok Buat Oleh-Oleh

Monumen Tugu di Alun-alun Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Jumat (14/8/2020).

KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA

Monumen Tugu di Alun-alun Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Jumat (14/8/2020).

Monumen Tugu di Alun-alun Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Jumat (14/8/2020).

Mengutip Kompas.com (13/2/2022), banyak permainan anak yang tersedia di Alun-alun Kota Bekasi, antara lain odong-odong, mobil-mobilan, gelembung balon, dan lainnya. 

Menjelang malam, banyak pedagang kaki lima yang membuka warung kuliner di sekitar alun-alun. Tak heran, Alun-alun Kota Bekasi merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat karena ramah di kantong serta memiliki sejumlah fasilitas publik.

 

 

Sirkus Waterplay Bekasi

Dok. https://www.sirkuswaterplay.com

Sirkus Waterplay Bekasi

Sirkus Waterplay Bekasi

9. Taman Kota Bekasi 

Wisata ramah kantong lainnya adalah Taman Kota Bekasi. Taman ini cocok bagi para orangtua yang ingin mengajak anak-anak berlibur ke tempat yang jauh dari keramaian. 

Fasilitas taman kota Bekasi semakin ditingkatkan. Seiring dengan itu jumlah pengunjung semakin meningkat, karena kenyamanan yang dihasilkan.

KOMPAS.COM/Rachmat Ogie Kurniawan

Fasilitas taman kota Bekasi semakin ditingkatkan. Seiring dengan itu jumlah pengunjung semakin meningkat, karena kenyamanan yang dihasilkan.

Fasilitas taman kota Bekasi semakin ditingkatkan. Seiring dengan itu jumlah pengunjung semakin meningkat, karena kenyamanan yang dihasilkan.

Orangtua dan anak-anak dapat bersantai di taman sambil menikmati pepohonan rindang. Terdapat sejumlah fasilitas di Taman Kota Bekasi seperti gazebo, area jogging, area bermain anak, tempat olahraga, dan lainnya. 

Selain itu, banyak pedagang yang menjajakan aneka kuliner di sekitar taman. Lokasinya berada di Jalan Veteran Nomor 46, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

10. Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk mengenalkan anak-anak dengan rusa. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberi makan rusa-rusa tersebut. 

BACA JUGA:   Wisata Makam Sunan Gunung Jati Wikipedia yang Berisi Informasi Menarik

Taman ini juga dilengkapi dengan wisata aneka kuliner yang tersedia bagi pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Niaga Raya Blok. C Nomor 3, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Bojong Rawalumbu, Bekasi. 

Baca juga: Menengok Hok Lay Kiong, Salah Satu Kelenteng Tertua di Bekasi

11. Situ Cibeureum

Orangtua bisa mengajak anak-anak mengisi waktu libur ke tempat wisata alam di Bekasi. Salah satunya adalah Situ Cibeureum. 

Situ Cibeureum

Shutterstock

Situ Cibeureum

Situ Cibeureum

Mengutip Kompas.com (12/2/2022), ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan di Situ Cibeureum bersama dengan anak-anak. Sebut saja, memancing, bersepeda, atau sekadar santai menghirup udara segar. 

Selain itu, banyak pedagang kuliner di sekitar danau yang tersedia bagi pengunjung. Lokasinya berada di Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. 

12. Situ Rawa Gede

Selain Situ Cibeureum, alternatif wisata danau lainnya adalah Situ Rawa Gede. Pada danau seluas tujuh hektar ini, pengunjung bisa menikmati wahana seperti perahu dayung. 

Selain itu, tersedia area piknik sekitar danau. Adapula pedagang yang menyajikan beragam kuliner di Situ Rawa Gede.

Baca juga: 8 Panduan Penting Sebelum Datang ke Curug Parigi di Bekasi

Area danau dikelilingi dengan pepohonan hijau, sehingga suasananya cukup rindang. Lokasinya berada di Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kabupaten Bekasi. 

13. Sirkus Waterplay

Sirkus Waterplay merupakan waterpark yang berada di dalam ruangan (indoor). Mengutip situs Sirkus Waterplay, obyek wisata ini mengusung konsep ala pertunjukan sirkus, sehingga cocok untuk anak-anak. 

Baca juga: 5 Obyek Wisata Tersembunyi di Bekasi

Sirkus Waterplay BekasiDok. https://www.sirkuswaterplay.com Sirkus Waterplay Bekasi

Dok. https://www.sirkuswaterplay.com Sirkus Waterplay Bekasi

Wahana di Sirkus Waterplay antara lain kolam air panas, landing pool, semi olympic, kiddy pool, baby pool, spiral slide, race slide, waters-plash, dan lainnya. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan sauna, spa bayi dan ibu, area pijat refleksi, restoran, dan sebagainya. 

Keuntungan waterpark indoor adalah melindungi anak-anak dari panas dan hujan sehingga mereka dapat bermain dengan nyaman. Lokasi Sirkus Waterplay berada di Jalan Wibawa Mukti II No.4, Kec. Jatiasih, Kabupaten Bekasi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

KOMPAS.com – Jakarta memiliki sejumlah tempat yang ramah untuk anak. Seperti di wilayah Jakarta Timur yang memiliki tempat-tempat terbuka yang cocok untuk mengajak anak-anak.

Sebagian tempat tersebut merupakan ruang terbuka publik. Bahkan beberapa diantaranya terdapat playground yang memang direkomendasikan untuk pengunjung yang membawa anak. 

Di tempat-tempat ini ada yang gratis namun juga ada yang dikenakan biaya masuk. Berikut ini lokasinya. 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih menjadi primadona wisata di Jakarta Timur. Di sana terkenal dengan berbagai museum yang menjadi daya tarik pengunjung. 

Namun apabila ingin mengajak anak ke ruang terbuka maka tetap bisa membawanya ke TMII. Pengunjung bisa jalan-jalan santai mengelilingi TMII atau bermain di beberapa area seperti di area De Park TMII atau di Green Skate TMII.

Saat ini kawasan TMII masih ditutup sementara dalam tahap revitalisasi. Informasi lebih lanjut bisa dicek di sosial media resminya. 

  • Lokasi: Ceger, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB (Gerbang Utama)
  • Tiket Masuk
    • Tiket Masuk Gerbang Utama: Rp 25.000 
    • Tiket Masuk Sepeda: Rp 5.000
    • Tiket Masuk Motor: Rp 15.000
    • Tiket Masuk Mobil: Rp 20.000
    • Tiket Masuk Bus: Rp 40.000

Taman Mahoni

Taman terbuka di Jakarta Timur ini ramai dikunjungi orang terutama saat akhir pekan. Pengunjung bisa membawa anak-anak ke taman seluas 1 hektar ini karena terdapat arena playground di dalamnya. 

  • Lokasi: Jalan Raya PKP, Ciracas, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Pagi-22.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Delonix

Taman ini terbilang masih baru karena baru dibuka pada Januari tahun 2020 kemarin. Di taman seluas 8.250 meter persegi ini menawarkan banyak fasilitas yang ramah untuk anak dan juga pecinta olahraga.

BACA JUGA:   Wisata anak di lembang bandung

Ada joging track mengelilingi taman, bangku-bangku taman untuk santai, hingga arena playground untuk anak. Tamannya juga bersih dan terawat. 

Lokasi: Jalan Tipar, Pasar Rebo, Jakarta Timur

  • Jam Operasional: 06.00-19.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Apung

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

 

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Teman Taman Jakarta (@temantaman.jkt)

Taman Apung memiliki banyak fasilitas yang ramah untuk anak. Ada playground dan juga kolam ikan. Anak-anak bisa melihat ikan atau memberi makannya. 

  • Lokasi: Ciracas, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis, untuk memberi makan ikan Rp 2.500

Buperta Cibubur

Bumi perkemahan dan Graha Wisata Cibubur atau Buperta Cibubur bisa menjadi pilihan wisata anak outdoor di Jakarta Timur. Anda bisa mengajak anak-anak berkemah di sini.

Kawasan ini juga masih asri dikelilingi oleh hutan pinus. Dijamin anak-anak akan betah bermain di sini.

  • Lokasi: Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Tiket Masuk
    • Gerbang Utama: Rp 10.000 per orang
    • Pramuka Rp 5.000
    • Mobil Rp 15.000
    • Motor Rp 10.000
    • Sepeda Rp 5.000
    • Bus Rp 20.000

Velodrome

Velodrome merupakan salah satu gelanggang olahraga di Jakarta Timur. Gelanggang dengan seluas 9,5 hektar ini memiliki track sepeda, lapangan voli, bulu tangkis, dan futsal. 

  • Lokasi: Rawamangun, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Pukul 06.00-20.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Parks Agro Tourism Cilangkap

Parks Agro Tourism Cilangkap

https://www.infocilangkap.com/

Parks Agro Tourism Cilangkap

Parks Agro Tourism Cilangkap

Jika ingin mengajak anak memancing, Anda bisa membawanya ke Parks Agro Tourism Cilangkap. Di sini ada Danau Sabit yang terdapat pemancingan di dalamnya. Selain itu ada juga area playground. 

  • Lokasi: Cilangkap, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Pukul 06.00-18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Cagar Buah Condet

Cagar Buah Condet merupakan agrowisata tanaman-tanaman khas Betawi. Salah satunya yang dikembangkan yakni salak. 

  • Lokasi: Kramat jati, Condet, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 07.00-16.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Waduk Ria Rio

Jika ingin ke tempat yang tenang, Waduk Ria Rio bisa menjadi pilihan. Anda bisa mengajak anak berjalan-jalan santai smabil melihat pemandangan Waduk Ria Rio. Tamannya juga masih asri dan sejuk. 

  • Lokasi: Jalan Pulo Mas, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Baca juga: Wajah Baru Taman Ismail Marzuki, Ini Rute dan Akses Transportasi

Taman Kota Jakarta Garden City

Arena Playground di Taman Kota Jakarta Garden City

https://www.jakartagardencity.com/

Arena Playground di Taman Kota Jakarta Garden City

Arena Playground di Taman Kota Jakarta Garden City

Lokasinya tidak jauh dengan Mall AEON Jakarta Garden City. Di Taman ini, Pengunjung bisa mengajak anak-anak berjalan-jalan santai mengelilingi taman yang indah. Selain itu di tempat ini juga kerap diadakan event-event. 

  • Lokasi: Cakung, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Bambu

Di taman ini, Anda bisa mengajak anak-anak bermain di area playground seperti tangga-tanggaan, plosotan, main pasir dan lainnya. Selain itu taman ini juga instagrammable dan tersedia beberapa gazebo untuk beristirahat.

  • Lokasi: Rawa Binong, Bambu Apus, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman PPA

Taman ini merupakan salah satu taman yang lumayan sepi di Jakarta Timur. Jika ingin mengajak anak-anak juga bisa bermain di arena permainan di sana. Selain itu juga ada area kolam yang mempercantik taman. 

  • Lokasi: Bambu Apus, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Flamboyan

Taman Flamboyan Jakarta Timur

ayoketaman.com

Taman Flamboyan Jakarta Timur

Taman Flamboyan Jakarta Timur

Taman ini cukup nyaman untuk bermain anak-anak. Tempatnya juga terawat dan bersih. Didalam area taman ada joging track yang diperuntukan bagi yang ingin olahraga lari. 

  • Lokasi: Cilangkap, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 05.30-17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Piknik

Taman ini salah satu taman yang ramai dikunjungi. Letaknya berdekatan dengan tepi sungai. Di sana juga ada arena bermain untuk anak-anak dan juga kolam teratai yang indah. 

  • Lokasi: Cipinang, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 06.00-17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Taman Menteng Utama

Taman ini identik dengan icon patung bundaran di tengah taman. Di sini terdapat arena bermain anak. Sayangnya tempatnya tidak terlalu luas. 

  • Lokasi: Cakung, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 06.00-21.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Also Read

Bagikan: