Taman dalam ruangan minimalis

Gundana

Punya rumah yang sederhana tidak masalah, yang penting terlihat indah. Salah satu cara menambah keindahan rumah berlahan sempit adalah dengan membuat taman mungil yang minimalis di dalamnya, biasanya di dekat dapur.

Istilah modernnya adalah indoor garden, tanaman yang dipilihpun harus cocok untuk ditempatkan di dalam rumah, karena taman model ini tidak terkena full sinar matahari.

Saat ini sudah ada banyak pilihan tanaman dan bunga yang bisa ditaruh di dalam ruangan, desain dan modelnya pun semakin bervariasi, bisa disesuaikan dengan potnya.

Tanaman-tanaman ini memang didesain untuk di dalam ruangan, bentuk dan warnanya cukup banyak dan cantik-cantik. Konsep indoor garden atau taman di dalam rumah ini memang menarik.

Temonggo.com telah mengumpulkan berbagai macam contoh desain minimalis taman mungil di dalam rumah yang modelnya pas untuk rumah Anda yang berlahan sempit. Berikut pilihan yang bisa Anda coba.

Daftar Isi Artikel

1. Dengan menambah atap, Anda bisa memfungsikan bagian belakang rumah menjadi taman sekaligus jemuran

2. Pilih tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak cahaya matahari, karena memang khusus untuk di tempatkan di indoor

3. Belakang rumah bisa berfungsi untuk kamar mandi, taman, dan jemuran. Ini bisa dijadikan konsep desain interior rumah mungil yang berlahan sempit

4. Tidak membutuhkan lahan banyak, cukup temptakan beberapa tanaman untuk menampilkan gaya taman minimalis di dalam rumah

5. Semakin sejuk dan indah, cocok untuk bersantai ria bersama keluarga atapun tamu yang berkunjung di rumah

6. Santai di ruang keluarga sambil melihat penghijauan dapat menambah suasana nyaman, apalagi sambil ngopi ditemani oleh anak dan istri

7. Dengan pemilihan model pot bunga untuk tanaman indoor garden yang pas akan menambah suasana yang meriah di taman

8. Keluar kamar mandi terasa lebih fress karena melewati penghijauan, menyiram tanaman juga cukup mudah karena berdekatan dengan sumber air

9. Tempatkan beberapa pohon penghias taman indoor untuk menampilkan kesan modern minimalis di rumah Anda

10. Membuat taman di dekat dapur akan meningkatkan selera makan karena suasana di dalam rumah semakin sejuk dan segar

11. Serasa berada di taman kanak-kanak ketika ada arena bermain anak di dalam rumah

12. Santai di belakang rumah sambil menikmati penghijauan, Anda bisa menambahkan atap supaya tidak terlalu panas.

13. Menempatkan gazebo di taman akan mempercantik keindahan rumah Anda, ini juga bisa mengesankan konsep modern

14. Tidak perlu banyak tanaman, cukup beberapa bunga dan rumput bisa manjadikan tampilan terkesan minimalis meskipun sederhana

15. Menambahkan jemuran yang bagus juga dapat mempercantik taman

16. Semakin instimewa dengan menambahkan banyak macam tanaman untuk taman mungil di dalam rumah. Tetap Indah meskipun berlahan sempit dan kecil

Cakep kan? silahkan dipilih yang cocok dengan selera Anda, tentunya harus didiskusikan dulu bersama keluarga di rumah sebelum memutuskan untuk membangun taman mungil di dalamnya.

BACA JUGA:   12 Foto Menarik Wisata Kabupaten Sumedang

Siapa yang tidak ingin punya taman cantik di rumah? Bayangkan bila duduk bersantai sambil menyeruput kopi pada sore hari dan ditemani oleh pemandangan hijau, serta alunan musik di taman, pasti menyenangkan sekali, bukan?

Tidak perlu bingung kalau kamu memiliki lahan sempit. Soalnya, taman minimalis dapat menjadi solusi yang tepat. Memang, mendesain sebuah taman di lahan sempit memang menantang, tetapi ini juga bisa menjadi keunggulan dibanding taman besar biasa.

Karena areanya yang terbatas, biaya taman minimalis pun cukup minim. Selain itu, kita bisa menambah kesejukan di dalam rumah, lho.

Lantas, Seperti Apa Ide Taman Minimalis di Rumah Mungil?

Daripada bingung, kami punya beberapa ide taman minimalis paling menawan seperti berikut.

1. Manfaatkan Sisa Space di Samping Rumah

Rumah minimalis memang berdiri di atas lahan sempit. Untuk itu, kita harus pintar-pintar memanfaatkan sisa space. Coba kamu tengok halaman kecil di samping dapur atau ruang keluarga. Bila ada sisa ruang, bisa kamu sulap jadi taman mungil nan cantik.

Cukup tambahkan kursi santai dan meja taman kecil seperti inspirasi di bawah ini.

2. Buat Taman Minimalis di Balkon

Masih tentang pemanfaatan space, kita juga bisa membuat taman di balkon lantai dua atau lantai tiga rumahmu. Memang, salah satu karakteristik rumah minimalis adalah arsitekturnya yang tidak melebar melainkan meninggi ke atas.

Daripada balkon lantai atas dibiarkan menganggur, kita bisa menyulapnya menjadi taman kecil. Cukup letakkan pot mengelilingi balkon, kemudian, tambahkan kursi ayun di sudut balkon, seperti contoh berikut ini.

3. Manfaatkan Teras Rumah

Agar area taman tampak lebih luas dan lega, kamu bisa mendesain taman seperti yang satu ini. Kuncinya adalah meletakkan lantai kayu di atas teras rumah. Lalu, tambahkan kursi taman dengan warna gelap, seperti inspirasi di bawah ini.

BACA JUGA:   Lotek & gado-gado bu bagyo colombo kota yogyakarta menu

4. Siasati dengan Penempatan Pot Semen Minimalis

Menanam tumbuhan langsung pada tanah halaman terkadang dapat menimbulkan kesan berantakan. Untuk itu, letakkan tanaman secara berderet  di dalam pot semen minimalis untuk menyesuaikan bentuk ruang yang tersedia. Jadinya, taman terlihat lebih luas.

taman minimalis dengan pot semen

5. Taman Imut di Sudut Teras

Lahan yang sempit bukanlah alasan untuk sebuah taman minimalis. Kita juga bisa memanfaatkan sudut teras rumah dan mengubahnya menjadi sebuah taman dengan bunga warna-warni. Meskipun kecil, taman ini tetap menambah kesegaran di rumah, lho.

taman minimalis sudut teras

6. Taman Minimalis di Tangga Teras

Tidak jarang bagian utama rumah dibuat lebih tinggi daripada bagian teras dan halamannya.  Nah, kita bisa memanfaatkan area tangga sebagai taman kecil yang menawan, seperti inpsirasi di bawah ini.

taman minimalis sela tangga

7. Padukan dengan Kerikil dan Bebatuan

Penempatan tanaman yang berlebihan akan memberikan kesan berantakan. Oleh karena itu, kita harus mengatur komposisi taman agar tampak pas dengan lahan yang tersedia. Salah satu caranya dengan menambahkan kerikil dan bebatuan supaya lebih estetik.

8. Tambahkan Elemen Air

Di tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan, suara gemericik air yang alami mampu membangkitkan ketenangan jiwa dan pikiran. Oleh sebab itu, menambahkan sebuah kolam dan air mancur kecil akan memberikan makna lebih pada taman minimalis di rumah.

taman minimalis kolam

9. Jadikan Taman Fungsional

Konsep dasar minimalisme adalah menjunjung kesederhaan dan mengutamakan fungsi. Sebuah taman dengan grass bed adalah contoh model taman minimalis fungsional. Kamu bisa bersantai di kasur alami yang terbuat dari rumput, tanpa menambahkan kursi santai.

10. Roof Gardening

Masih ingat karakteristik rumah minimalis? Ya, atapnya bukan berbentuk segitiga melainkan datar. Nah, atap ini bisa kamu fungsikan untuk roof gardening alias taman di atas atap. Nikmati pagi dan sore kamu dengan bersantai di rooftop.

BACA JUGA:   Tempat wisata keluarga batu

11. Taman Minimalis Bergaya Oriental

Taman minimalis satu ini bisa menjadi ide taman yang cukup unik. Dipadukan dengan unsur bambu dan kendi batu, kamu dapat merasakan suasana upacara minum teh di Jepang.

12. Menyatu dengan Empat Elemen Alam

Ide taman minimalis ini mengedepankan empat utama bumi, yaitu air, api, udara, dan tanah. Ini bisa ditunjukkan dari pemilihan warna furnitur teras dan penempatan taman di ruangan terbuka. Dijamin kamu akan sepenuhnya merasa menyatu dengan alam.

13. Taman Minimalis dengan Pencahayaan Apik

Selain mempercantik visual taman di malam hari, pencahayaan yang tepat juga dapat menyiasati lahan taman yang sempit agar tampak lebih lapang dan lega. Gunakan lampu downlight LED untuk mendapatkan cahaya buatan terbaik bagi taman rumah.

14. Keep It Simple

Sederhana tetapi bermakna, itulah inti dari konsep minimalis. Konsep taman yang  simpel ini bisa menjadi pelengkap terindah pada teras atau halaman belakang rumah. Cukup tambahkan satu kursi yang nyaman di dekat tanaman hias sebagai area buat duduk santai.

15. Taman Minimalis Vertikal

Sudah tidak punya sisa lahan datar untuk taman minimalis kamu? Tenang, kamu bisa mencontoh ide taman vertikal yang satu ini. Dengan efisiensi ruang secara optimal, taman minimalis vertikal tidak kalah cantik dari taman biasa, lho!

16. Taman Minimalis dengan Perabot Vertikal

Siapa bilang hanya tanaman saja yang bisa ditempatkan secara vertikal? Agar terlihat  anti-mainstream, kamu bisa membuat sofa vertikal yang menempel pada dinding. Ide ini cocok untuk lahan yang terbatas, tapi masih ingin duduk santai di bangku yang empuk.

17. Piknik di Tengah Ragam Pot Unik

Kalau kamu merasa kesulitan merawat lahan dengan tanah gembur, kamu bisa mencoba alternatif yang satu ini.

Tempatkanlah semua tanaman pada beragam pot unik dan susun secara merapat. Dengan begitu, taman akan tampak rindang dan cocok digunakan sebagai tempat piknik.

18. Pohon Berbuah Pot dan Bunga

Nah, ide yang satu ini adalah konsep taman vertikal lainnya yang akan membuat taman minimalis vertikalmu tampak sangat unik. Konsepnya adalah memanfaatkan semacam ‘rak’ berbentuk pohon dengan beberapa ring untuk menempatkan pot.

Sekali tanam, dapat pohon yang bisa berbuah pot dan bunga. Unik sekali, kan?

19. Taman Wall Painting 3D

Untuk kamu anak-anak artsy, sebuah taman estetik dapat lahir dari tangan kreatif kamu. Bayangkan saja dinding belakang rumah sebagai sebuah kanvas kosong, lalu mulailah melukis taman sesuai imajinasi kamu.

Terakhir, berilah tanaman di beberapa bagian untuk menampilkan taman 3D, seperti berikut ini.

taman minimalis

20. Putih Bersih Futuristik

Taman minimalis satu ini hanya menggunakan beberapa petak tanah sebagai area bertanam. Lalu, tambahkan set meja taman dengan dudukan yang empuk agar terlihat lebih elegan, dan modern.

21. Taman Minimalis di Dalam Rumah

Sudah ratusan purnama mencoba membuat taman, tetapi tidak bisa karena lahan depan rumah terlalu sempit? Tidak ada salahnya membuat taman minimalis r di dalam rumahmu. Namun, pastikan taman dibuat dengan jendela agar tanaman memperoleh cukup cahaya.

22. Gunakan Sisa Ruang di Bawah Tangga

Jika space bawah tangga dalam Harry Potter diubah menjadi sebuah kamar, space bawah tangga rumah kamu juga tidak boleh kalah menarik. Kamu bisa mengubahnya menjadi sebuah taman minimalis. Cukup tambahkan lampu sorot agar taman terlihat menawan.

23. Cermin Persegi untuk Ilusi Taman Lebih Luas

Cobalah memasang cermin berbentuk persegi panjang pada dinding taman. Dijamin taman kamu pun akan tampak 2x lebih lega dan terang. Cukup tambahkan meja taman berbentuk bulat dan kursi yang nyaman supaya suasana tampak lebih hangat.

 

Dengan lebih dari 20 ide kreasi taman minimalis di atas, pastinya kamu sudah tidak bingung lagi ingin membuat taman seperti apa.

Lahan sempit tak lagi masalah. Sebab, semua dapat ditangani dengan cara yang tepat. Hasilnya? Keasrian pun akan lahir di tengah keterbatasan.

Nah, untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perabot taman, kamu bisa langsung mengunjungi ruparupa.com.

Kamu juga bisa menemukan peralatan rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi melalui situs belanja ini. Yuk, mulai bergerak untuk mewujudkan taman impian kamu di rumah.

Also Read

Bagikan: