Taman di jakarta untuk piknik

Posted on

Tempat Piknik di Jakarta – Menghabiskan waktu akhir pekan bersama orang tersayang memang menjadi idaman semua orang ya, sobat tiket. Buat kamu yang tinggal di Jakarta, pasti seringkali merasa bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, kan? Butuh inspirasi yang baru?

Pas banget, karena tiket.com mau menyarankan kamu untuk pergi piknik bersama yang tersayang! Tenang, kamu nggak akan kesulitan memilih tempat piknik kok. Karena tiket.com sudah menyiapkan 5 rekomendasi tempat piknik di Jakarta yang hits banget! Penasaran? Kuy, simak ulasan berikut ini!

Baca juga:

5 Rekomendasi Tempat Piknik di Jakarta yang Hits Abisss!

Sobat tiket yang butuh referensi tempat piknik di Jakarta bareng keluarga atau sahabat, buruan cek artikel di bawah ini. DIjamin kamu akan langsung mendapatkan rekomendasi tempat piknik yang hits dan asik banget!

1. Hutan Kota GBK, Sensasi Piknik Gaya Urban 

Tempat Piknik di Jakarta

Ada ruang terbuka hijau di tengah kota yang bisa dijadikan tempat untuk piknik nih, sobat tiket! Meskipun memiliki nama ‘hutan’ tapi Hutan Kota GBK ini bukan berupa lahan yang dipenuhi pepohonan lho. Yup, kamu akan menemukan hamparan rumput hijau di lahan yang luas dan sekaligus akan membawa kamu pada suasana bak di Central Park, New York.

Tempat Piknik di Jakarta

Oh iya, kamu tau nggak nih, sobat tiket? Ternyata, Hutan Kota GBK ini hasil kerjasama antara pengelola GBK dan Hotel Plataran. Pokoknya, asik banget deh buat piknik saat sore hari bersama orang tersayang. Ditambah lagi dengan pemandangan langit cerah dan gedung-gedung pencakar langit. Istilah kerennya sih… piknik gaya urban! Hihihi.

Selama piknik di sini, kamu bisa membawa perlengkapan kamu sendiri lho, seperti kain alas dan aneka minuman atau makanan. Fasilitas di sini sudah mencakup toilet, ruang ganti, kolam ikan, amphitheater, pos keamanan, hingga kios penjual makanan dan minuman. Kuy, rencanakan akhir pekan seru dan berbeda dengan piknik ke Hutan Kota GBK!

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 06.00-10.00 WIB & 15.00-18.00 WIB

Alamat: 1, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Central Jakarta City, Jakarta 10270 (Cek di Google Maps)

2. Taman Spathodea, Tempat Piknik Asik dengan Fasilitas Ciamik

Siapa bilang nggak bisa piknik di taman? Coba deh datang ke Taman Spathodea, khususnya buat kamu yang tinggal di kawasan Jagakarsa. Memiliki luas yang mencapai 1,5 hektar, Taman Spathodea memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Salah satu aktivitas seru yang bisa kamu lakukan adalah piknik!

Tempat Piknik di Jakarta

Taman ini juga berlokasi tidak jauh dari Taman Margasatwa Ragunan, lho. Jadi, kamu juga bisa sekalian mampir ke Ragunan deh untuk rekreasi. Oh iya, fasilitas di Taman Spathodea ini meliputi parkir, outdoor gym, kolam ikan, area bermain anak, waduk kecil, hingga tempat duduk yang tersebar.

Tempat Piknik di Jakarta

Dengan hamparan rumput yang luas, kamu bisa piknik asyik di taman ini nih, sobat tiket. Jangan lupa bawa semua perlengkapan untuk piknik, dan ambil foto sebanyak-banyaknya ya! 

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 05.00-18.00 WIB 

Alamat: Gg. Kriep No.13, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620 (Cek di Google Maps)

3. Tempat Piknik Paling Pas! Taman Suropati Dipenuhi Pepohonan Rindang & Udara Sejuk

Tempat Piknik di Jakarta

Sobat tiket tinggal di sekitar kawasan Menteng? Mau coba piknik di taman sambil foto-foto cantik? Kuy, datang ke Taman Suropati. Di sini, kamu bisa menemukan banyak banget jajanan enak yang bisa menemani momen piknik seru kamu. Dipenuhi pepohonan rindang membuat taman ini terasa teduh dan sejuk.

Tempat Piknik di Jakarta

Ditambah lagi, adanya fasilitas air mancur dan juga kandang burung merpati membuat taman ini menjadi tujuan wisata singkat keluarga. Biasanya saat malam tiba taman ini akan dipenuhi anak-anak muda untuk nongkrong nih, sobat tiket.

Ada juga komunitas dan musisi yang biasa menampilkan keahlian mereka untuk menghibur para pengunjung. Pokoknya, piknik di Taman Suropati bakal terasa banget deh serunya! Apalagi kalau kamu datang bareng pasangan atau teman-teman. Dijamin malam minggu kamu makin berwarna!

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310 (Cek di Google Maps)

4. Pantai Pasir Putih, PIK. Piknik di Tepi Pantai Pasir Putih & Ditemani Suara Deburan Ombak

Tempat Piknik di Jakarta

Sobat tiket pasti sudah familiar dong dengan tempat wisata yang satu ini? Kalau dari tadi kita udah bahas soal taman, ini saatnya beralih ke pantai. Sekarang, kamu nggak hanya bisa mengunjungi Pantai Ancol aja untuk bermain ke pantai di Kota Jakarta. Pantai dengan pasir putih yang halus ini juga bisa menjadi destinasi favorit selanjutnya.

Tempat Piknik di Jakarta

Aktivitas yang bisa kamu lakukan selama di Pantai Pasir Putih atau White Sand Beach ini diantaranya bermain pasir, bersantai di tepi pantai, dan piknik. Terbayang nggak sih serunya piknik di tepi pantai berpasir putih yang lembut? Ditambah lagi dengan pemandangan laut yang luas dan angin sepoi-sepoi.

Kawasan ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti toilet, musholla, area parkir, food court, dan live music. Pantai di PIK ini buka mulai dari pukul 3 sore hingga 9 malam, jadi kamu bisa menghabiskan malam minggu yang menyenangkan bersama orang tersayang di sini deh, sobat tiket! Pasti seru banget deh!

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 15.00-21.00 WIB

Alamat: Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470 (Cek di Google Maps)

5. Piknik di Taman Menteng, Melihat Bangunan Unik Rumah Kaca 

 Terakhir, tiket.com mau kasih kamu Taman Menteng sebagai rekomendasi tempat piknik di Jakarta. Taman yang satu ini sih sudah hits sejak zaman dulu deh, sobat tiket. Berada di kawasan Menteng dan strategis mendekatkan kamu juga dengan beberapa tempat populer di Jakarta, seperti Bundaran HI, Monas, dan sebagainya.

Biasanya, orang-orang mengunjungi Taman Menteng untuk melakukan olahraga luar ruangan. Mulai dari sepeda, basket, futsal, jogging, hingga skateboard. Namun, ada satu bangunan unik yang bisa dikatakan menjadi ikon dari taman satu ini nih. Yup, rumah kaca. Biasanya, rumah kaca ini dijadikan sebagai tempat untuk pameran lukisan atau pagelaran seni lainnya.

Tersedia juga area bermain anak yang membuat taman ini sangat diminati banyak keluarga untuk sekedar jalan-jalan sore. Belum lagi adanya jajanan kaki lima dengan aneka menu makanan lezat yang bisa memuaskan perut kamu saat lapar tiba. Bisa menjadi salah satu pilihan tempat piknik yang asik di Jakarta.

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Cek di Google Maps)

Jadi, Mau Piknik di Mana nih, sobat tiket?

Ke mana pun tujuan kamu untuk berakhir pekan, kalau perginya bareng orang tersayang pasti terasa istimewa ya, sobat tiket! Nah, supaya perjalanan kamu makin istimewa lagi, ini saatnya sewa mobil di tiket.com! Ada banyak tipe kendaraan, harga yang beragam, dan pilihan dengan sopir atau lepas kunci.

Jangan lupa juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, hand-sanitizer, dan jaga jarak aman saat berada di luar. Selamat berlibur, sobat tiket! 

mau ke mana? semua ada tiketnya!

 

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Table of Content

Taman menjadi salah satu upaya untuk melakukan penghijauan di Jakarta yang banyak terkena polusi. Taman di Jakarta sendiri sudah banyak mengalami revitalisasi, bahkan saat ini tercatat hingga lebih dari 2.000 Ruang Terbuka Hijau (RTH). Kawasan RTH ini bisa digunakan kamu sebagai warga Jakarta untuk mendapatkan ruang ketiga dan menjalani aktivitas seperti piknik, hangout, bahkan acara tertentu. Taman-taman tersebut tersebar hampir di seluruh wilayah Jakarta, loh! Tidak hanya di area perkotaan, tetapi juga di area pemukiman warga sehingga lebih mudah untuk dijangkau.

Buat kamu yang ingin main-main ke taman di Jakarta, berikut daftar taman yang populer, aksesibel, dan memiliki fasilitas mumpuni untuk kamu bersantai di area yang sejuk. Beberapa di antaranya pun punya desain instagramable. Cocok, deh, untuk foto-foto. Cek rekomendasi taman dari Cove berikut ini yuk!

Taman di Jakarta

Tebet Eco Park

Tebet Eco Park, photo by Bisnis

Tebet Eco Park merupakan salah satu taman yang cukup banyak dikunjungi masyarakat, terutama setelah pembangunannya selesai beberapa bulan lalu. Taman yang terletak di kawasan Tebet, Jakarta Selatan ini punya fasilitas keren yang bisa menunjang aktivitas bersantai kamu. Tak hanya itu, Tebet Eco Park diklaim sangat aksesibel untuk anak-anak, lansia, ibu hamil, serta penyandang disabilitas.

Taman yang dahulu bernama Taman Tebet memiliki luas area sebesar 7,3 hektare. Taman ini dibuat untuk berbagai tujuan, seperti meningkatkan kualitas lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Di Tebet Eco Park terdapat 8 zona berbeda yang bisa menjadi pilihan kamu berwisata, yakni Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Thematic Garden, dan Wetland Boardwalk. Kamu bisa manfaatkan area-area tersebut untuk piknik, bermain bersama anak-anak, berjalan santai, menghirup udara segar, atau berolahraga dengan fasilitas outdoor fitness. Fasilitas toilet dan mushalla pun sudah tersedia di taman ini.

Nah, kalau ingin berkunjung ke Tebet Eco Park ini, kamu disarankan menggunakan transportasi umum ya! Sebab, Tebet Eco Park tidak menyediakan fasilitas parkir untuk kendaraan pribadi. Kamu bisa, kok, menaiki transportasi seperti Mikrotrans, Transjakarta, atau KRL. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan diri sebelum berkunjung melalui aplikasi JAKI atau laman daftar masuk TEP agar tidak terjadi penumpukan ya!

Alamat: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet, Kota Jakarta Selatan 12820
Jam Operasional: Senin – Minggu Sesi 1 (07.00 – 11.00), Sesi 2 (13.00 – 17.00)

Taman Literasi Martha Tiahahu

Taman Literasi Blok M, photo by Liputan 6

Pecinta buku pasti akan senang dengan kehadiran taman baru satu ini. Yap. Taman Literasi Martha Tiahahu merupakan satu dari ribuan taman yang dibangun oleh Pemda DKI Jakarta. Terletak di kawasan Blok M, taman ini dekat dengan lokasi tempat hangout kawula muda, yakni M Bloc Space.

Desain unik berbentuk lingkaran dari Taman Literasi Martha Tiahahu ini cukup menarik perhatian. Pasalnya, bentuk seperti ini masuk ke dalam kategori kekinian ala anak muda. Kemudian, sejumlah fasilitas yang disediakan pun bertujuan untuk bikin para pengunjung Taman Literasi betah, seperti perpustakaan, paviliun literasi di lantai dua, plaza anak, plaza kalebrasi, plaza bunga, mushala, serta toilet. Ruang perpustakaannya pun dilengkapi dengan AC sehingga bisa bikin kamu semakin nyaman. Kamu pun bisa mengakses 2.000 buku secara digital. Sangat lengkap bukan? Tak jarang banyak yang memanfaatkan area perpustakaan ini untuk bekerja, loh!

Untuk berkunjung ke Taman Literasi Martha Tiahahu ini cukup mudah, kok. Apalagi jika menggunakan transportasi umum karena lokasinya berdekatan dengan stasiun MRT, Transjakarta, atau Mikrotrans. Ingin membawa kendaraan pribadi? Kamu bisa parkir di area pusat perbelanjaan terdekat seperti Blok M Square atau Blok M Plaza.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan 12160
Jam Operasional: Senin – Minggu (07.00 – 22.00)

Taman Langsat

Taman Langsat, photo by Salsa Wisata

Taman langsat ialah taman yang berlokasi di Jalan Gandaria Tengah tidak jauh dari Pasar Mayestik. Lokasinya cukup tersembunyi menjadikan taman satu ini sebagai hidden gem di tengah padatnya kota Jakarta. Taman seluas 3,6 hektare ini bisa kamu jadikan tempat healing di tengah hiruk-pikuk, loh!

Area hijaunya cocok sekali untuk kamu piknik bersama teman atau keluarga. Ditambah Taman Langsat memiliki lebih dari 500 jenis tanaman yang dapat kamu amati. Apalagi, spot danau kecil di area Taman Langsat yang kerap dijadikan tempat bersantai sambil menggelar tikar kecil di pinggirnya. Tak hanya untuk bersantai, keunikan dari taman ini terdapat area olahraga berupa jogging track dan outdoor fitness. Seru sekali kan olahraga di akhir pekan diiringi kesejukan Taman Langsat?

Alamat: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru Baru, Kota Jakarta Selatan 12130
Jam Operasional: Senin – Minggu (06.00 – 18.00)

Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng, photo by Infini Kreasi

Taman kota dengan standar internasional? Ada loh di Jakarta. Taman tersebut ialah Taman Lapangan Banteng dengan luas 5 hektare yang berada di pusat kota. Setelah vakum selama 2 tahun, Taman Lapangan Banteng hadir kembali dengan konsep lebih kekinian dan keren. Terbagi atas tiga zona berbeda, yakni zona berolahraga, zona monumen, dan zona hutan kota menjadikan lokasi ini cukup menarik untuk kamu datangi. Apalagi di Taman Lapangan Banteng kerap diadakan event-event seru.

Salah satu keunikan dari Taman Lapangan Banteng yang tidak kamu temui di taman lainnya ialah pertunjukkan air mancur. Pertunjukkan ini dapat kamu saksikan setiap weekend pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 yang berlangsung selama 15 menit. Kamu bisa duduk di kursi area pinggir danau sambil menikmati pertunjukkan air mancur menari.

Alamat: Jl. Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, 10710
Jam Operasional: Senin – Kamis (06.00 – 18.00), Jumat – Minggu (06.00 – 21.00)

Taman Menteng

Taman Menteng, photo by GNFI

Taman satu ini sudah melegenda dan familiar di tengah masyarakat. Pasalnya, taman menteng kerap menjadi tempat hangout kekinian baik bagi individu ataupun komunitas. Desain unik dari bangunan rumah kaca yang berada di area Taman Menteng pun sangat khas. Dahulunya bangunan rumah kaca diperuntukkan bagi tanaman-tanaman. Namun kini, bangunan tersebut dialihfungsikan sebagai area serbaguna untuk pameran atau pertunjukkan teater.

Pepohonan rindang di Taman Menteng menambah kesejukan tempat ini baik di siang atau malam hari. Selain itu, terdapat fasilitas untuk berolahraga, seperti lapangan dan jogging track. Ada juga area bermain anak-anak hingga area membaca buku di perpustakaan jalanan bookhive. Kalau malam hari, kamu bisa datang mencicipi kuliner malam di sekitar Taman Menteng.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat
Jam Operasional: Senin – Minggu (05.00 – 22.00)

Taman Sambas Asri

Taman Sambas Asri, photo by jpnn

Bermain di taman bareng keluarga? Bisa banget dong kamu lakukan di Taman Sambas Asri. Lokasi taman di Jakarta Selatan ini digadang-gadang memiliki fasilitas ramah anak serta area olahraga berupa lapangan. Luasnya sekitar 1.337 meter persegi dengan area parkir di dalamnya.

Area taman satu ini tidak seluas taman-taman lainnya, tetapi akses transportasi yang mudah dijangkau untuk menuju Taman Sambas Asri membuatnya tetap ramai. Ditambah berbagai permainan seru yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa datang ke Taman Sambas Asri dengan MRT, Transjakarta, atau Mikrotrans.

Alamat: Jl. Panglima Polim, RT.2/RW.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan 12130
Jam Operasional: Senin – Minggu (06.00 – 17.00)

Taman Delonix

Taman Delonix, photo by Get Lost

Salah satu taman yang terletak di pinggir Ibukota, Taman Delonix merupakan taman yang berada di kawasan Jakarta Timur. Jarang terdengar dibandingkan taman-taman lain karena lokasinya yang cukup tersembunyi di area pemukiman warga. Meski begitu, taman ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, loh!

Area Taman Delonix dilengkapi dengan fasilitas area bermain anak-anak, lapangan, area duduk, jogging track, dan toilet. Pengunjung dari taman seluas 8.250 meter persegi yang baru buka di tahun 2020 ini kebanyakan merupakan warga sekitar. Nah, kamu sudah tahu kan keberadaan taman satu ini, tertarik berkunjung?

Alamat: Jl. Tipar, RT.2/RW.7, Pekayon, Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur 13710
Jam Operasional: Senin – Minggu (06.00 – 17.00)

Taman Kota Jakarta Garden City

Taman Kota Jakarta Garden City, photo by Jakarta Garden City

Kawasan Jakarta Garden City pasti sudah familiar bagi yang kerap mendatangi mall di area tersebut. Tahukah kamu bahwa di area Jakarta Garden City, Cakung pun terdapat taman kota yang tak kalah ciamik? Yap, Taman Kota Jakarta Garden City berada di kawasan perumahan yang sama. Memiliki area seluas 1,2 hektare, di sini kamu bisa menikmati sejuknya udara sambil melihat pemandangan danau.

Di area ini kamu pun bisa sambil berolahraga, loh! Taman Kota Jakarta Garden City turut menyediakan jogging track sepanjang 400 meter. Kamu bisa juga berkunjung ke taman ini setelah mampir dari mallnya. Seru kan?

Alamat: Jl. Jakarta Garden City, Cakung Timur, Cakung, Kota Jakarta Timur
Jam Operasional: Senin – Minggu (06.00 – 17.00)

Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Hutan Kota Penjaringan, photo by Kompas

Bermain labirin sangat seru dan menantang bukan? Aktivitas ini bisa kamu lakukan saat berkunjung ke salah satu taman kota di kawasan Jakarta Utara. Taman Hutan Kota Penjaringan dilengkapi fasilitas berupa area taman, labirin, jogging track, dan toilet. Luasnya mencapai 14 hektare ini menjadikan Taman Hutan Kota Penjaringan direvitalisasi agar bisa menjadi area wisata seperti sekarang.

Untuk sampai ke Taman Hutan Kota Penjaringan, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi. Lahan parkir pun disediakan baik untuk motor ataupun mobil. Nah, sebelum datang ke sini, kamu disarankan untuk membawa makan dan minum sendiri ya karena tidak ada pedagang di area sekitar. Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Alamat: Jl. Kepanduan 2, RT.7/RW.16, Pejagalan, Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14450
Jam Operasional: Senin – Minggu (06.00 – 17.00)

Taman Cattleya

Taman Cattleya, photo by Native Indonesia

Taman di tengah kota bisa menjadi tempat refreshing pilihan untuk menghirup udara segar. Bagi kamu yang tinggal di kawasan Jakarta Barat, terdapat taman yang bisa kamu kunjungi, nih! Taman Cattleya memiliki lokasi cukup strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan. Lokasi ini pun dengan mudah kamu jangkau menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Ruang Terbuka Hijau (RTH) satu ini dilengkapi dengan jogging track, kolam memancing, dan area duduk tentunya. Kamu bisa piknik juga loh di Taman Cattleya. Selain itu, di sekitar area taman pun terdapat wisata kuliner yang dapat kamu jajal. Dijamin menyenangkan, deh!

Alamat: Jl. Letjen S. Parman, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat 11480
Jam Operasional: Senin – Minggu (08.00 – 18.30)

Ternyata Jakarta punya banyak taman bagus nan estetik yang dapat kamu kunjungi. Itu dia 10 taman dari ribuan taman yang ada di Jakarta. Jadi, di tengah kemacetan kota Jakarta dan hiruk pikuknya, kamu tetap bisa refreshing dengan piknik seru di area taman tersebut. Kira-kira taman mana aja, nih, yang ingin kamu datangi?