Taman untuk anak anak

Gundana

KOMPAS.com – Bekasi mempunyai sejumlah tempat wisata untuk anak yang pas dikunjungi saat libur sekolah seperti sekarang ini. Obyek wisata tersebut tentunya dilengkapi dengan fasilitas yang ramah anak.

Tempat wisata di Bekasi untuk anak tersebut beragam, antara lain waterpark, taman bermain, wisata alam, dan lainnya. Berikut 13 tempat wisata di Bekasi untuk anak yang dihimpun Kompas.com. 

Baca juga: 10 Wisata Bekasi yang Wajib Dikunjungi, Ada Tempat Main Salju

1. Go! Wet Waterpark 

Go! Wet Waterpark mempunyai banyak wahana permainan air yang pastinya sangat menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa merasakan keseruan aneka wahana di Go! Wet Waterpark. 

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://www.gowet-grandwisata.com

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Berdiri di lahan seluas sekitar 7,5 hektar, pengunjung dapat menikmati bermacam-macam permainan air. Mengutip dari situs Go! Wet Waterpark, sejumlah wahana air tersebut antara lain Go!Round, Go!Challenge, Go! Fast, Go! Speed, Go! Sprint, Go! Flash, Go! Twist, dan sebagainya. 

Pengunjung bisa merasakan sensasi meluncur dengan cepat sambil berputar 360 derajat di dalam cawan air, hingga menara air penuh dengan petualangan untuk anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Southern Boulevard Kavling 1, Grand Wisata Bekasi.  

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Bekasi yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

2. Transera Waterpark

Wahana permainan air lainnya yang tidak kalah seru adalah Transera Waterpark. Mengutip situs Transera Waterpark, keunikan obyek wisata ini adalah menyediakan dua zona berbeda dalam satu kawasan, yakni waterpark dan drypark. 

Jadi, anak-anak dapat bermainan air maupun wahana permainan lainnya. Terdapat kurang lebih 23 wahana beserta fasilitas pendukungnya di Transera Waterpark. 

Transera Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://www.transerawaterpark.co.id/

Transera Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Transera Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Konsep tempat wisata di Bekasi ini adalah nuansa alam Afrika yang eksotis. Tak hanya anak-anak, Transera Waterpark juga menyediakan berbagai wahana seru bagi orang dewasa. 

Sejumlah wahana tersebut meliputi, Cango Slide, Turkana Pool, Zambezi River Expedition, Crazy Cone, dan lainnya. Lokasinya berada di Kota Harapan Indah Boulevard Kavling V Sektor VI, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. 

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Muaragembong Bekasi, Bisa ke Mana Saja?

3. Rainbow Garden 

Rainbow Garden merupakan sebuah area playground sehingga cocok untuk dikunjungi anak-anak maupun keluarga. Berdasarkan informasi dari situs Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sejumlah permainan di lokasi ini antara lain mobil-mobilan, kereta api, trampolin, dan sebagainya. 

Baca juga: Buka Lagi, Transera Waterpark di Bekasi Tawarkan Promo Rp 30.000

Rainbow Garden salah satu obyek wisata di Bekasi Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7066 Rainbow Garden salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7066 Rainbow Garden salah satu obyek wisata di Bekasi

Sementara itu, orangtua dapat bersantai di saung-saung yang telah disediakan sembari memantau buah hati. Rainbow Garden juga dilengkapi dengan kolam air mancur, spot foto Instagramable, dan fasilitas umum lainnya. 

Lokasinya berada di Jalan Harapan Indah Boulevard, Tarumajaya, Bekasi. 

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://www.gowet-grandwisata.com

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

BACA JUGA:   Taman wisata villa duren

Go! Wet Waterpark, salah satu obyek wisata di Bekasi

4. Kidzoona

Jika orangtua ingin berbelanja sambil mengajak anak bermain, maka Kidzoona bisa menjadi salah satu alternatif. Tempat permainan anak ini berada di Grand Galaxy Park, Bekasi Selatan. 

Serupa dengan tempat bermain indoor pada umumnya, Kidzoona  menawarkan berbagai macam permainan mengasyikkan. Mulai dari kolam bola, tembakan air, panjat dinding, dan sebagainya. 

Baca juga: Paket Murah di Waterpark Baru Area Bekasi, Ini Syaratnya…

5. Trans Snow World

Ingin mengajak anak-anak bermain salju? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena terdapat obyek wisata yang menawarkan permainan salju di Bekasi. 

Trans Snow World Bekasi

https://bekasi.transsnowworld.com

Trans Snow World Bekasi

Trans Snow World Bekasi

Namun, tentunya salju tersebut hanyalah salju buatan. Salah satu obyek wisata yang menawarkan pengalaman bermain salju adalah Trans Snow World. 

Anak-anak dapat bermain aneka wahana salju di Trans Snow World, mulai dari snow, ski, dan sliding. Lokasinya Trans Snow World berada di Jalan Ir. H.Juanda No 180 Margahayu, Bekasi. 

6. Snow World Revo Town

Destinasi wisata lainnya yang menghadirkan permainan salju di Bekasi adalah Snow World Revo Town. Obyek wisata ini juga dikenal sebagai Dunia Salju lantaran menghadirkan aneka permainan salju. 

Baca juga: Weekend di Waterpark Baru Area Bekasi, Coba 10 Wahana Berikut

Snow World Revo Town Bekasi, salah satu obyek wisata di Bekasi Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7056 Snow World Revo Town Bekasi, salah satu obyek wisata di Bekasi

Dok. https://direktoripariwisata.id/unit/7056 Snow World Revo Town Bekasi, salah satu obyek wisata di Bekasi

Mengutip situ Pesona Indonesia Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, para pengunjung dapat menemukan kereta salju, boneka salju, seluncuran salju, dan berbagai macam hewan yang terbuat dari balok es.

Meskipun hanya rekayasa, namun wisatawan dapat merasakan sensasi berada di wilayah bersalu karena suhunya sangat dingin mencapai di bawah nol derajat celcius. Lokasi Snow World Revo Town berada di Jalan Jendral Ahmad Yani Kavling 1, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi. 

7. Columbus Waterpark

Columbus Waterpark merupakan waterpark yang mengusung konsep unik. Pengunjung dapat melihat replika kapal yang digunakan oleh Christopher Columbus saat menemukan Benua Amerika.

Waterpark ini menyediakan sejumlah wahana permainan air yang dapat digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Mulai dari Sandy Beach, De Magma, Creek Island, dan sebagainya.

Lokasinya berada di Perumahan Mutiara Gading Timur RT.013, Jalan Mutiara Gading Timur nomor 7, RT 013/RW 028, Mustika Jaya, Bekasi

8. Alun-alun Kota Bekasi 

Mengisi libur sekolah, tak harus mengeluarkan budget mahal. Orangtua bisa mengajak anak berlibur ke tempat wisata ramah kantong, seperti Alun-alun Kota Bekasi. 

Baca juga: 5 Camilan Renyah Khas Bekasi, Cocok Buat Oleh-Oleh

Monumen Tugu di Alun-alun Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Jumat (14/8/2020).

KOMPAS.com/CYNTHIA LOVA

Monumen Tugu di Alun-alun Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Jumat (14/8/2020).

Monumen Tugu di Alun-alun Bekasi, Jalan Veteran, Kota Bekasi, Jumat (14/8/2020).

Mengutip Kompas.com (13/2/2022), banyak permainan anak yang tersedia di Alun-alun Kota Bekasi, antara lain odong-odong, mobil-mobilan, gelembung balon, dan lainnya. 

Menjelang malam, banyak pedagang kaki lima yang membuka warung kuliner di sekitar alun-alun. Tak heran, Alun-alun Kota Bekasi merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat karena ramah di kantong serta memiliki sejumlah fasilitas publik.

 

 

Sirkus Waterplay Bekasi

Dok. https://www.sirkuswaterplay.com

Sirkus Waterplay Bekasi

Sirkus Waterplay Bekasi

9. Taman Kota Bekasi 

Wisata ramah kantong lainnya adalah Taman Kota Bekasi. Taman ini cocok bagi para orangtua yang ingin mengajak anak-anak berlibur ke tempat yang jauh dari keramaian. 

Fasilitas taman kota Bekasi semakin ditingkatkan. Seiring dengan itu jumlah pengunjung semakin meningkat, karena kenyamanan yang dihasilkan.

KOMPAS.COM/Rachmat Ogie Kurniawan

Fasilitas taman kota Bekasi semakin ditingkatkan. Seiring dengan itu jumlah pengunjung semakin meningkat, karena kenyamanan yang dihasilkan.

BACA JUGA:   9 Foto Nusa Tenggara Timur Foto Yang Menakjubkan

Fasilitas taman kota Bekasi semakin ditingkatkan. Seiring dengan itu jumlah pengunjung semakin meningkat, karena kenyamanan yang dihasilkan.

Orangtua dan anak-anak dapat bersantai di taman sambil menikmati pepohonan rindang. Terdapat sejumlah fasilitas di Taman Kota Bekasi seperti gazebo, area jogging, area bermain anak, tempat olahraga, dan lainnya. 

Selain itu, banyak pedagang yang menjajakan aneka kuliner di sekitar taman. Lokasinya berada di Jalan Veteran Nomor 46, Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi. 

10. Taman Rusa Kemang Pratama

Taman Rusa Kemang Pratama bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk mengenalkan anak-anak dengan rusa. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan memberi makan rusa-rusa tersebut. 

Taman ini juga dilengkapi dengan wisata aneka kuliner yang tersedia bagi pengunjung. Lokasinya berada di Jalan Niaga Raya Blok. C Nomor 3, Sepanjang Jaya, Rawalumbu, Bojong Rawalumbu, Bekasi. 

Baca juga: Menengok Hok Lay Kiong, Salah Satu Kelenteng Tertua di Bekasi

11. Situ Cibeureum

Orangtua bisa mengajak anak-anak mengisi waktu libur ke tempat wisata alam di Bekasi. Salah satunya adalah Situ Cibeureum. 

Situ Cibeureum

Shutterstock

Situ Cibeureum

Situ Cibeureum

Mengutip Kompas.com (12/2/2022), ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan di Situ Cibeureum bersama dengan anak-anak. Sebut saja, memancing, bersepeda, atau sekadar santai menghirup udara segar. 

Selain itu, banyak pedagang kuliner di sekitar danau yang tersedia bagi pengunjung. Lokasinya berada di Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. 

12. Situ Rawa Gede

Selain Situ Cibeureum, alternatif wisata danau lainnya adalah Situ Rawa Gede. Pada danau seluas tujuh hektar ini, pengunjung bisa menikmati wahana seperti perahu dayung. 

Selain itu, tersedia area piknik sekitar danau. Adapula pedagang yang menyajikan beragam kuliner di Situ Rawa Gede.

Baca juga: 8 Panduan Penting Sebelum Datang ke Curug Parigi di Bekasi

Area danau dikelilingi dengan pepohonan hijau, sehingga suasananya cukup rindang. Lokasinya berada di Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kabupaten Bekasi. 

13. Sirkus Waterplay

Sirkus Waterplay merupakan waterpark yang berada di dalam ruangan (indoor). Mengutip situs Sirkus Waterplay, obyek wisata ini mengusung konsep ala pertunjukan sirkus, sehingga cocok untuk anak-anak. 

Baca juga: 5 Obyek Wisata Tersembunyi di Bekasi

Sirkus Waterplay BekasiDok. https://www.sirkuswaterplay.com Sirkus Waterplay Bekasi

Dok. https://www.sirkuswaterplay.com Sirkus Waterplay Bekasi

Wahana di Sirkus Waterplay antara lain kolam air panas, landing pool, semi olympic, kiddy pool, baby pool, spiral slide, race slide, waters-plash, dan lainnya. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan sauna, spa bayi dan ibu, area pijat refleksi, restoran, dan sebagainya. 

Keuntungan waterpark indoor adalah melindungi anak-anak dari panas dan hujan sehingga mereka dapat bermain dengan nyaman. Lokasi Sirkus Waterplay berada di Jalan Wibawa Mukti II No.4, Kec. Jatiasih, Kabupaten Bekasi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

JAKARTA, KOMPAS.COM – Ruang terbuka untuk tempat bermain anak di Jakarta dan sekitar tidak banyak tersedia.  

Kompas.com mencatat tujuh di antara tempat-tempat bermain yang sedikit itu yang berada di Jakarta, Tangerang, dan Depok. Tujuh tempat berikut merupakan ruang terbuka gratis yang bisa menjadi surga bermain anak-anak.

Yuk disimak.

1. RPTRA Kalijodo

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo terletak di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektar, RPTRA Kalijodo menjadi destinasi wisata favorit bagi anak-anak karena banyak fasilitas yang tersedia, mulai dari lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphiteatre, playground, perpustakaan mini, outdoor gym dan sebagainya.

BACA JUGA:   Taman mini aquarium air tawar

Ada pula tembok besar instagramable dengan coretan grafiti.

Setiap akhir pekan di tempat itu diadakan bazaar.  

Baca juga: Kirab Obor Asian Games 2018 di Jakbar Berakhir di RPTRA Kalijodo

Apabila ingin berkunjung, pengunjung dapat menggunakan Transjakarta dan turun di halte Jembatan Dua.

2. RPTRA Cililitan

RPTRA seluas 4000 meter persegi di Cililintan ini dilengkapi dengan fasilitas taman anak dan taman olahraga. Selain itu juga tersedia ampiteater, lapangan futsal dan ruang konseling untuk keluarga dan PKK Mart.

RPTRA Cililitan merupakan salah satu yang terbesar di Jakarta. RPTRA ini terletak di Jalan Buluh, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur.

3. RPTRA Sunter Jaya

RPTRA Sunter Jaya terletak di Jalan I Bentengan, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. RPTRA Sunter Jaya memiliki fasilitas seperti ruang ibu menyusui dan taman bermain anak-anak yang dilengkapi ayunan dan prosotan.

RPTRA ini memiliki banyak pohon sehingga suananya terasa teduh dan membuat pengunjung nyaman bermain. Di RPTRA ini juga terdapat ruangan terbuka yang tertutup atap untuk jika warga inggin menggelar acara.

TPTRA Akasia yang dibangun oleh Tanoto Foundation, diresmikan Jumat (21/10/2016).

Dok. Tanoto Foundation

TPTRA Akasia yang dibangun oleh Tanoto Foundation, diresmikan Jumat (21/10/2016).

TPTRA Akasia yang dibangun oleh Tanoto Foundation, diresmikan Jumat (21/10/2016).

4. RPTRA Akasia Tebet

Terletak di Jalan Tebet Barat III, Jakarta Selatan, RPTRA AkasiaTebet memiliki taman bermain dengan bentuk bulat dan di atasnya dipasangi prosotan, jungkat jungkit, gelantungan, panjat jaring dan sebagainya.

Di RPTRA ini dilengkapi kolam ikan yang di tengahnya dipasang air mancur. Selain itu disediakan juga area refleksi injak batu.

Selain sarana di luar ruangan, di RPTRA Akasia Tebet punya fasilitas perpustakaan, ruang latihan, ruang laktasi, toilet, PKK Mart, dan ruang pengelola.

5. RPTRA Duri Pulo

Ruang terbuka yang berada di Jalan  Petojo Barat, Duri Pulo, Jakarta Pusat ini memiliki fasilitas indoor dan outdoor.

Fasilitas indoor berupa ruang laktasi, ruang serba guna, ruang seni dan perpustakaan. Sementara fasilitas outdoor terdiri dari lapangan futsal, lapangan basket, taman bermain anak-anak, kolam gizi dan tempat duduk berbentuk huruf.

Karena lahan terbukanya yang sangat luas, RPTRA itu sering digunakan juga sebagai tempat acara oleh warga setempat.

6. Taman Lembah Mawar 

Salah satu ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Depok yakni Taman Lembah Mawar. Taman itu  terletak di Jalan Bangau, Pancoran Mas, Depok, tepatnya di depan SMPN 2 Depok.

Ada tiga spot foto mural yang sangat menarik perhatian karena warnanya yang sangat mencolok. Selain itu ada danau yang luas sebagai tempat pengunjung memancing atau sekedar bersantai.

Baca juga: Menengok Taman Lembah Mawar Depok yang Asri dan Instagramable

Di sini juga tersedia wifi gratis dan outdoor gym serta taman bermain anak. Warga bisa berinteraksi dan bersantai di bawah saung.

Suasana Taman Gajah Tunggal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Rabu (23/8/2017). Taman yang dibuat dari daur ulang limbah ban ini merupakan kontribusi dari PT Gajah Tunggal selaku perusahaan yang memproduksi ban, di mana perusahaan tersebut berbasis di Tangerang.

KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA

Suasana Taman Gajah Tunggal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Rabu (23/8/2017). Taman yang dibuat dari daur ulang limbah ban ini merupakan kontribusi dari PT Gajah Tunggal selaku perusahaan yang memproduksi ban, di mana perusahaan tersebut berbasis di Tangerang.

Suasana Taman Gajah Tunggal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang, Rabu (23/8/2017). Taman yang dibuat dari daur ulang limbah ban ini merupakan kontribusi dari PT Gajah Tunggal selaku perusahaan yang memproduksi ban, di mana perusahaan tersebut berbasis di Tangerang.

7. Taman Gajah Tunggal

Taman ini ditata perusahaan ban Gajah Tunggal. Taman ini cukup ikonik di Kota Tangerang karena kebanyakan tempat bermainnya terbuat dari ban.

Fasilitas bermainnya pun sangat lengkap, mulai dari ayunan, prosotan, jungkat jungkit, area outbond dan masih banyak lagi. Banyak warga berpiknik di taman ini.

Di taman ini juga tersedia tersedia kantin, toilet, mushala, dan tempat parkir. Taman ini terletak di samping kali Cisadane.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Also Read

Bagikan: