Taman wisata di jakarta timur

Gundana

KOMPAS.com – Jakarta memiliki banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata air, wisata anak hingga wisata sejarah.

Masyarakat ibukota tidak perlu jauh-jauh untuk sekedar jalan-jalan atau ingin menambah koleksi foto di sosial media.

Di Jakarta Timur misalnya, ada belasan tempat yang bisa menjadi rekomendasi destinasi wisata Jakarta. Beberapa di antaranya bahkan memiliki banyak spot foto estetik.

Tidak hanya itu, tempat wisata berikut ini juga tidak memerlukan biaya yang besar untuk masuk ke dalamnya. Berikut ini tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa dikunjungi.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih menjadi primadona wisata di Jakarta Timur. Di sana terkenal dengan berbagai museum yang menjadi daya tarik pengunjung.

Museum-museum di TMII yang bisa dikunjungi yakni Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka,
Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru dan Museum Telekomunikasi. 

Selain itu ada pula Museum Penerangan, Museum Olahraga, Museum Asmat, Museum Komodo dan Taman Reptil, Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu, Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Museum Minyak dan Gas Bumi serta Museum Timor Timur.

Namun apabila ingin mengajak anak ke ruang terbuka, Anda bisa membawanya ke anjungan atau area seperti di area De Park TMII atau di Green Skate TMII.

Saat ini kawasan TMII masih ditutup sementara dalam tahap revitalisasi. Informasi lebih lanjut bisa dicek di sosial media resminya.

  • Lokasi: Ceger, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 06.00-18.00 WIB (Gerbang Utama), 09.00-15.00 (Jam operasional museum)
  • Tiket Masuk:
    • Tiket Masuk Gerbang Utama: Rp 25.000
    • Tiket Masuk Sepeda: Rp 5.000
    • Tiket Masuk Motor: Rp 15.000
    • Tiket Masuk Mobil: Rp 20.000
    • Tiket Masuk Bus: Rp 40.000

AEON Jakarta Garden City

- J-Sky Ferris Wheel di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta menjadi wahana permainan Bianglala tertinggi di Indonesia. Wahana bianglala tersebut telah diresmikan dan dibuka untuk umum pada Sabtu (7/10/2017).

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO

– J-Sky Ferris Wheel di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta menjadi wahana permainan Bianglala tertinggi di Indonesia. Wahana bianglala tersebut telah diresmikan dan dibuka untuk umum pada Sabtu (7/10/2017).

– J-Sky Ferris Wheel di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta menjadi wahana permainan Bianglala tertinggi di Indonesia. Wahana bianglala tersebut telah diresmikan dan dibuka untuk umum pada Sabtu (7/10/2017).

Mal memang menjadi salah satu tempat yang banyak diminati masyarakat. Namun jika ingin mencari hal lain, Anda bisa mengunjungi AEON Jakarta Garden City. 

Di sini ada wahana permainan di lantai tiga AEON Mall Jakarta Garden City. Salah satu yang populer yaitu, bianglala bernama J-SKY Ferris Wheel. Bianglala ini yang tingginya lebih dari 100 meter dari permukaan tanah ini menjadi favorit pengunjung. 

BACA JUGA:   Memukau 11 Foto Wisata Kearifan Lokal Masyarakat Adat Merauke

Selain bianglala, di mal ini juga ada banyak kafe, restoran hingga toko yang menjual berbagai kebutuhan. 

  • Lokasi: Cakung, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Pukul 10.00-22.00 WIB
  • Tiket Bianglala
    • Reguler Rp 50.000 per orang
    • Couple Rp 150.000 per gondola
    • VIP Rp 300.000 per gondola

Buperta Cibubur

Buperta Cibubur

Get Lost ID – Home

Buperta Cibubur

Buperta Cibubur

Bumi perkemahan dan Graha Wisata Cibubur atau Buperta Cibubur bisa menjadi pilihan wisata outdoor di Jakarta Timur. Anda juga bisa mengajak anak-anak berkemah di sini.

Kawasan ini juga masih asri dikelilingi oleh hutan pinus. Selain itu rerumputan dan juga udara yang sejuk menambah keasrian di tempat ini. Di dalamnya juga terdapat danau dan tersedia sepeda bebek bagi Pengunjung.

  • Lokasi: Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Tiket Masuk:
    • Gerbang Utama: Rp 10.000 per orang
    • Pramuka Rp 5.000
    • Mobil Rp 15.000
    • Motor Rp 10.000
    • Sepeda Rp 5.000
    • Bus Rp 20.000

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Devoyage, Tempat Wisata ala Eropa di Bogor

Taman Agrowisata Cilangkap

Parks Agro Tourism Cilangkap

https://www.infocilangkap.com/

Parks Agro Tourism Cilangkap

Parks Agro Tourism Cilangkap

Jika ingin memancing atau sekedar jalan-jalan santai, maka Taman Agro Wisata Cilangkap bisa menjadi pilihan. Di sini ada Danau Sabit yang terdapat pemancingan di dalamnya.

Selain itu ada juga area playground yang diperuntukan bagi anak-anak dan juga ada area jogging track untuk berolahraga. 

Pengunjung juga bisa melihat koleksi tanaman hidroponik di sini. Ada banyak jenisnya seperti budidaya anggrek salah satunya. 

  • Lokasi: Cilangkap, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Pukul 06.00-18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Cibugary

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

 

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh CIBUGARY (@cibugary)

Tempat satu ini cocok bagi orangtua yang ingin mengajak anaknya bermain sambil belajar di ruang terbuka. Selain bisa melihat langsung peternakan sapi, di Cibugary Farm anak-anak juga bisa belajar memerah susu sapi.

Oh ya, Pengunjung juga bisa langsung mendapatkan minuman olahan susu di sini. Jika ingin membawa oleh-oleh, Pengunjung juga bisa mampir ke outlet souvenir di sana. Tersedia aneka olahan susu seperti kue, permen, minuman, dan lain-lain.

  • Lokasi: Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Pukul 09.00-17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Mulai dari Rp 50.000 termasuk susu gratis. 

Taman Waduk Ria Rio

Suasana asri di Taman Waduk Ria Rio Pulomas, Jakarta Timur.

KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN

Suasana asri di Taman Waduk Ria Rio Pulomas, Jakarta Timur.

BACA JUGA:   Memukau 7 Foto Menarik Wisata Di Yogyakarta

Suasana asri di Taman Waduk Ria Rio Pulomas, Jakarta Timur.

Jika ingin ke tempat yang tenang, Waduk Ria Rio bisa menjadi pilihan. Anda bisa mengajak keluarga berjalan-jalan santai sambil melihat pemandangan Waduk Ria Rio. Tamannya juga masih asri dan sejuk.

Daya tarik selain waduknya di sini yaitu pohon baobab raksasa yang di datangkan langsung dari Afrika. Pohon ini tentunya menambah kesejukan di sana. 

  • Lokasi: Jalan Pulo Mas, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB
  • Tiket Masuk: Gratis

Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur DOK. Shutterstock Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur DOK. Shutterstock

Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur DOK. Shutterstock

Jika ingin wisata sambil edukasi, maka tempat ini bisa menjadi pilihan. Monumen Pancasila Sakti menyediakan wisata sejarah mengenai penumpasan G30S versi Orde Baru.

Di tempat ini juga ada replika sumur tempat pembuangan tujuh Pahlawan Revolusi. 

  • Lokasi: Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu pukul 10.00-21.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp 5.000 per orang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

SuaraJakarta.id – Wisata di Jakarta Timur banyak menawarkan tempat yang memberikan ruang untuk berinteraksi dengan keluarga. Tempat wisata di Jakarta Timur sangat banyak.

Namun paling tidak ada 10 tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa Anda kunjungi. Jakarta Timurmerupakan kota administrasi di bagian timur DKI Jakarta.

Jakarta Timur berbatasan dengan kota administrasi Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Sebelah timur berbatasan dengan Bekasi dan di bagian selatannya berbatasan dengan Depok.

Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan kota administrasi Jakarta Selatan.

Baca Juga:Daftar Tempat Bermain Anak di Jakarta

Kawasan yang terletak jauh dari alam, namun masih memiliki ruang terbuka hijau yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata.

Berikut tempat wisata di Jakarta Timur:

1. Kampung China Kota Wisata Cibubur

Komplek perumahan seluas delapan hektar, dan memiliki fasilitas hiburan yang unik dan menyenangkan, salah satunya yaitu wisata belanja kampung China Kota Wisata Cibubur.

Dibangun dengan nuansa China dan menjual berbagai barang khas China dengan harga murah.

Baca Juga:Tangkap 5 Simpatisan Rizieq Jelang Sidang Tuntutan, Polisi: Takut Undang Massa Lainnya

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Suasana di Taman Legenda Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (14/10/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]Suasana di Taman Legenda Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (14/10/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Taman dengan tema budaya ini memiliki beragam anjungan dari beberapa daerah di Indonesia, selain itu juga terdapat beberapa macam museum.

BACA JUGA:   Taman pintar buka jam berapa

Selain itu kamu juga dapat mencoba kereta gantung dengan pemandangan danau di bawahnya. TMII juga bisa menjadi salah satu alternatif wisata edukasi.

3. Telaga Arwana Cibubur (TAC)

Letak Telaga Arwana yang berada di dalam, membuat tempat wisata ini kurang terkenal atau diketahui oleh orang.

Telaga Arwana sendiri sudah dilengkapi fasilitas yang menunjang liburan anda seperti, restoran dengan nuansa pedesaan, permainan tangkap ikan, permainan floating donut, flying fox dan lainnya.

4. Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur (Buperta Cibubur)

Suasana di Buperta ini sangat asri, sejuk, hijau dan alami dan terdapat danau, sarana dan fasilitas yang ditawarkan di sini seperti Paintball, lapangan sepak bola, kolam renang, pemancingan, permainan air di danau dan lainnya.

5. Bursa Batu Aji dan Batu Permata (Jakarta Gems Center)

Bagi kamu yang senang dengan pernak pernik perhiasan, boleh mencoba mengunjungi tempat satu ini.

Tak hanya masyarakat lokal yang banyak mengunjungi tempat satu ini tetapi juga dari wisatawan mancanegara. Jakarta Gems Center ini terletak di kawasan Jatinegara

6. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti atau Museum Lubang Buaya (Antara)Monumen Pancasila Sakti atau Museum Lubang Buaya (Antara)

Berwisata sembari mengingat sejarah, monumen Pancasila Sakti terletak di Jl.Lubang Buaya, Jakarta Timur. Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa G30S/PKI.

7. Cibubur Garden Dairy (Cibugary)

Cibugary merupakan salah satu tempat wisata edukatif yang ada di Jakarta Timur tepatnya di Pondok Ranggon Cipayung, karena di sana kamu dapat melihat peroses pemerahan susu sapi dan pengolaha susunya.

Kamu juga dapat merasakan sensasi memandikan sapi , memeberi makan sapi, hingga memerah susu sapi. Jika kamu datang bersama anak jangan khawatir karena disedikan fasilitas bermain anak dan saung untuk beristirahat.

8. Taman Bambu Jakarta Timur

Terletak di Jl. Rw. Binong Blk Jacky No.60 Kelurahan Setu, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Jakarta. Tempat yang cukup asri dan penduduk lokal yang ramah membuat kamu harus singgah sebentar di taman satu ini.

Taman Bambu Jakarta Timur juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi, wahana permainan anak, dan masih banyak lagi

9. Indraloka Family Park

Indraloka Family park berada di Jl.Mandor Hasan No45, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Taman ini merupakan milik pribadi mantan kepala BIN, Jend. (purn) AM Hendropriyono.

Terdapat berberapa wahana rekreasi edukasi dan permainan seperti, Indoor waterpark, semi olympic pool, Griya anti narkoba, diorama dan mini zoo.

10. Taman Wiladatika Jakarta Timur

Terletak di Jl.Jambore 1, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.Di sini terdapat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatmas) dengan halaman hijau yang luas dan biasa digunakan untuk berkemah

Itulah tempat- tempat wisata yang bisa dijadikan refrensi jika kamu sedang di Jakarta atau sekitar Jakarta Timur.

Kontributor : Kiki Oktaliani

Also Read

Bagikan: