Telaga batu gunung bunder

Gundana

Bogor

Taman Nasional Gunung Halimun Salak memang tak habis-habis menyuguhkan pesona keindahan alam. Ada pula nih Telaga Batu yang pas buat akhir pekan.

Telaga Batu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya Jalan Curug Pangeran, Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, ini cuma berjarak sekitar sekitar satu jam dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB). Cukup banyak rambu penunjuk arah ke Telaga Batu, jadi traveler yang baru kali pertama ke sana tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Untuk para traveler yang berasal dari luar Bogor dapat mengakses Tol JAGORAWI, kemudian beralih ke Tol Lingkar Luar Bogor, dan kemudian keluar di Pintu Tol Yasmin. Lalu, traveler hanya perlu mengikuti jalan ke arah Jalan Raya Leuwiliang sampai menemui rambu petunjuk jalan untuk masuk ke Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Telaga Batu Taman Nasional Gunung Halimun Salak BogorTelaga Batu Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor Foto: Instagram @frameofjndrl

Telaga Batu Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor Foto: Instagram @frameofjndrl

Penanda TN Gunung Halimun Salak sangat jelas dengan pintu gerbang masuk. Untuk memasuki kawasan taman nasional. traveler akan dikenai biaya sebesar Rp 20.000 untuk motor dan Rp. 30.000 untuk mobil. Banyak informasi yang beredar tentang biaya masuk ke kawasan ini, tetapi harga di atas berdasarkan pengalaman pribadi dan tentunya dapat berubah-ubah tergantung kondisi.

Traveler juga dimintai ongkos masuk di pintu gerbang wisata Telaga Batu. Tiket masuk telaga ini cuma Rp 10.000.

Telaga yang bersumber langsung dari aliran air Gunung Salak langsung menyambut anda dengan airnya yang jernih dan segarnya suasana alam sekitar serta pepohonan rindang yang hijau yang menyebar di tempat wisata.

Airnya yang jernih amat menggoda seolah memanggil traveler untuk berendam dan berenang ke telaga. Tetapi, karena berada di dataran tinggi maka udara di tempat ini juga terbilang dingin, begitu pula dengan air telaga ini. So, sangat direkomendasikan traveler berbekal jaket tebal.

Telaga Batu buka mulai 07.00 – 17.30 WIB, tetapi untuk waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah saat pagi hari. Sebabnya, udara juga masih sejuk dan segar. Selain itu, di sore hari kawasan ini kerap diguyur hujan dan akan membuat akses menjadi sulit dan juga kabut tebal akan menghalangi pemandangan dan pandangan traveler.

Telaga Batu Taman Nasional Gunung Halimun Salak BogorTelaga Batu Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor Foto: Instagram @frameofjndrl

Telaga Batu Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor Foto: Instagram @frameofjndrl

Selain menikmati segarnya air telaga, para traveler juga dapat berkemah di kawasan ini dengan mengeluarkan Rp 25.000. Tempat ini juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap. Di antaranya, kamar mandi yang bersih, tempat berkemah, saung-saung untuk berteduh saat hujan, warung yang menyediakan makanan dan minuman, dan juga aula yang disediakan jika ada
kegiatan.

Jangan lupa ya traveler, saat berkunjung di PPKM ini harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada, dan juga menjaga kebersihan di Telaga Batu.

BACA JUGA:   Favorit 11 Wisata Kebun Raya Banua Foto Yang Menakjubkan

Simak Video “

Jalan-jalan ke Bogor Fruit Garden, Cocok untuk Liburan Keluarga


[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)

Telaga Batu Harga Tiket Masuk : Rp10.000 – Rp35.000. Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB. Nomor Telepon : -. Alamat : Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Ada satu lagi tempat menarik di Bogor yang tepatnya berada di Desa Gunung Pincung. Namanya adalah Telaga Batu yang menyajikan wisata alam sangat menarik. Kawasan wisata yang di dalamnya terdapat sebuah kolam telaga dengan air yang jernih. Airnya sebening kaca akan membuat siapa saja akan terpesona ketika pertama kali melihat.

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi yang ingin berpetualang, berenang ataupun berkemah. Alam sekitarnya masih sangat asri dengan pepohonan tumbuh di sekelilingnya. Obyek wisata ini juga masih termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Areanya sangat tenang sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran dari rutinitas harian.

Harga Tiket Masuk Telaga Batu

Sebelum memasuki area wisata setiap wisatawan perlu membayar biaya masuk. Harga tiketnya tergolong murah. Meskipun ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan. Sementara bagi yang ingin berkemah akan ada tiketnya sendiri.

Harga Tiket Masuk Telaga BatuTiket Masuk WisataRp10.000Tiket CampingTiket Camping Weekdays (Senin-Jumat)Rp25.000Tiket Camping Weekend (Sabtu-Minggu)Rp35.000Sewa Alat CampSleeping BagRp25.000FlysheetRp35.000Tenda Kapasitas 4-5Rp130.000Tenda Kapasitas 8-10Rp250.000

Baca: Puncak Halimun Camp Tiket Masuk Murah Panorama 2 Gunung

Jam Buka Telaga Batu

Sementara untuk jam operasionalnya sendiri tempat ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun untuk wahana permainan dan fasilitas seperti café hanya buka dari pagi sampai sore. Waktu terbaik untuk kunjungan pada saat pagi hari. Karena di waktu tersebut udaranya terasa sangat menyegarkan.

Jam Buka Telaga BatuCamping24 JamWisata08.00 – 17.00

Wisata Alam dengan Kolam Jernih dan Area Berkemah

Wisata alam dengan kolam indah

Baru-baru ini obyek wisata Telaga Batu menjadi populer di Kota Bogor. Area wisata dengan kawasan perbukitan dan kolam buatan di tengahnya. Kolam tersebut menjadi daya tarik karena airnya yang sebening kaca. Wisatawan bisa mandi dan berenang merasakan kesegaran air yang langsung dari pegunungan.

Kawasannya sudah tertata dengan sangat rapi. Tak hanya kolam saja, beragam daya tarik lain juga dihadirkan.  Terdapat café dengan konsep pendopo-pendopo kayu yang sangat estetik. Sehingga sangat pas menjadi destinasi untuk sekedar bersantai. Alam sekitarnya juga cantik, pepohonan tinggi seakan memagari kawasan ini. Ditambah dengan wahana foto dan camping area menjadikan obyek wisata ini sangat lengkap.

Baca: TELAGA SAAT Puncak Tiket Masuk & Aktivitas

BACA JUGA:   Tiket masuk gunung mas puncak 2022

Berenang Di Kolam Sebening Kaca

Kolam dengan air yang jernih

Daya tarik utama dari tempat ini tentu saja adalah area kolamnya. Air yang jernih sebening kaca seakan menggoda wisatawan untuk segera menceburkan diri. Air yang terlihat berwarna biru kehijauan ini berasal langsung dari mata air pegunungan. Sehingga sangat jernih dan menyegarkan. Kolamnya sangat luas dengan suguhan pemandangan hutan hijau yang memanjakan.

Meski hanya satu namun kolam ini memiliki kedalaman yang bervariasi. Bagian paling dalam ada di area tengah yaitu sekitar 2 meter. Sementara di area tepian hanya sedada orang dewasa. wisatawan dapat berenang atau sekedar berendam di dalam air yang segar. Bagi yang membawa anak-anak terdapat penyewaan ban untuk si kecil.

Baca: TELAGA WARNA Puncak Tiket Masuk & Pesona

Berkemah di Telaga Batu

Penggemar aktivitas alam mungkin harus mencoba merasakan sensasi camping di Telaga Batu. Suasana khas pedesaan dengan udara yang bersih menjadi daya tarik tersendiri. Pepohonan rindang yang tumbuh membuat nuansa alam masih begitu terasa. Terdapat padang rumput yang cukup luas dan bisa memuat banyak tenda. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan tempat.

Wisatawan dapat memilih tempat mendirikan tenda. Bisa di tepi kolam atau sedikit naik ke bukit. Keduanya sama-sama memiliki pemandangan yang cantik. Pada saat malam hari suasananya sangat syahdu. Udara dingin dan kabut tipis menjadi perpaduan yang sangat pas. Wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan api unggun, memasak ataupun melakukan kegiatan lainnya.

Baca: Camping Gayatri Harga Murah Pemandangan Memesona

Pagi Yang Indah di Telaga Batu

Jika berkemah wisatawan berkesempatan melihat pemandangan indah ketika fajar tiba. Berada di area perbukitan, pesona pagi hari di kawasan ini sangat cantik. Dengan gugusan bukit dan pegunungan terlihat menawan.

Ada Café dan Taman Bunga

Nuansa alam yang sangat kental di Telaga Batu

Obyek wisata ini juga cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga. Karena di dalamnya dilengkapi dengan beragam fasilitas yang memanjakan. Terdapat sebuah taman bunga yang cantik tidak jauh dari area kolam. Bunga warna-warni dan berbagai tanaman hias tumbuh subur di taman. Areanya sudah tertata rapi dengan jalan setapak batu yang estetik.

Selain itu ada tempat ini menghadirkan pula fasilitas café. Konsep cafenya sangat menarik karena terdapat pendopo-pendopo berbentuk segitiga. Bangunannya terbuat dari kayu dan menciptakan nuansa tradisional. Wisatawan dapat bersantai di dalam pendopo sembari menikmati keindahan alam.

Wisata Terdekat: RANGGON HILLS Wisata Selfie Di Gunung Salak

Spot Foto Menarik

Tempat wisata yang sangat cocok untuk bersantai

Bagi penggemar fotografi jangan lupa untuk mengabadikan momen di tempat ini. Di tepian kolam banyak wahana menarik untuk berfoto ria. Salah satu yang jadi favorit adalah ayunan di tepi kolam. Ayunan tersebut tergantung di salah satu dahan pohon yang besar. selain itu masih ada banyak lagi spot foto lainnya. Ada air terjun mini, pohon beringin besar tepi kolam dan lain-lain.

Wisata Terdekat: CURUG PANGERAN Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Fasilitas Telaga Batu

Tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, tempat duduk bersantai, warung kuliner hingga musala.

BACA JUGA:   Youtube tempat wisata di bandung

Lokasi Telaga Batu

Obyek wisata alam yang satu ini beralamat di Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berjarak sekitar 20 Km4. dari pusat kota dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 34

Berikan Rating

PAMIJAHAN – Kabupaten Bogor memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya, salah satu destinasi wisata alam yang tersohor di kota hujan wilayah Bogor barat adalah wisata alam Gunung Bunder terletak di Kecamatan Pamijahan.

Salah satu tempat wisata yang mungkin dapat anda kunjungi di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang lagi ngehits adalah wisata alam Telaga Batu yang memiliki daya tariknya yaitu kolam renang dengan air alami pegunungan dari beberapa mata air pegunungan di sekitar telaga batu tersebut.

Selain kolam renang alami Kedalaman kolam Setengah hingga 2,5 meter, dilokasi itu juga menyediakan beberapa fasilitas untuk memanjakan para pengunjung diantaranya tiga gazebo yang masing-masing gazeebo itu dapat menampung sekitar 15 orang.

Di lahan sekitar 2500 meter itu juga menyediakan area camping ground, pengelola juga menyediakan penyewaan alat alat untuk berkemah mulai dari tenda hingga peralatan masah bagi pengunjung yang berkemah.

Untuk berwisata ke kawasan Talaga Batu ini, pengunjung akan dikenakan tarif parkir kendaraan roda dua Rp 5000 dan untuk Mobil 10 ribu.

Bagi pengunjung yang akan mendirikan tenda atau sewa lahan dikenakan tarif 35 ribu per orang di waktu weekand sedangan untuk hari-hari biasa dikenakan tarif 25 ribu per orang.

Bagi anda yang akan menyewa tenda untuk ukuran 4 orang dengan matras dipatok harga 150 ribu, sedangkan untuk ukuran 9-10 orang dengan harga 200 ribu per-malam.

Salah satu pengunjung asal Bekasi, Ical mengatakan, dirinya bersama dengan beberapa komunitasnya keluarga mengaku sudah empat kali berkunjung dan berkemah di Telaga Batu.

“Kalau untuk wisata alam Telaga Batunya saya rasa cukup nyaman yah, karena bagi orang tua yang membawa anak kecil juga nyaman, tapi saat berenang harus tetap dalam pengawasan orang tua,” ungkap Ical kepada wartawan pada, Sabtu (19/06/2021)

Hanya saja kata Ical, dirinya berharap untuk akses jalan masuk kawasan TNGHS untuk lebih ditingkatkan.

‘Kalau untuk tempat wisatanya sendiri sih sudah oke yah, hanya saja jalannya yang perlu diperbaiki,” harapnya.

Sementara, pengelola Telaga Batu Angga, menyampaikan, pemberian nama Telaga Batu ini memang pada saat pembuatannya terdapat banyak batu.

“Sehingga dibuatlah nama Telaga Batu Cold Spring tersebut,” katanya

Angga menambahkan, adanya penyekatan ganjil genap di wilayah Kota Bogor saat ini berdampak kepada penurunan pengunjung sekitar hampir mencapai 50 persen dari sebelumnya.

“Kalau untuk hanga berkunjung saja, pengunjung hanya dikenakan biaya 10 ribu sudah dapat menikmati fasilitas yang sudah disediakan,” tambahnya.

Angga Saputra menyampaikan, bahwa untuk protokol kesehatan, dirinya menyebut sudah menerapkan protokol kesehatan seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan rutin memberikan imbauan kepada pengunjung untuk tetap menjaga jarak antar pengunjung.

“Dari awal kita buka juga sudah terus kita imbau kepada para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

(Fahri/Cep Rendra)

Also Read

Bagikan: