Tempat kuliner di surabaya malam hari

Gundana

Surabaya

Sebelum akhir pekan, Anda bisa menyempatkan diri untuk ‘hunting’ kuliner. Jika Anda berdomisili di Surabaya, tak perlu khawatir mencari kuliner malam. Ada beragam kuliner malam Surabaya yang bisa Anda coba.

Kuliner malam Surabaya tersebar di berbagai penjuru. Misalnya Rawon Kalkulator yang ada di sekitar Taman Bungkul, Surabaya pusat. Pecinta bebek juga bisa menikmati Bebek Tugu Pahlawan yang berlokasi di sekitar Tugu Pahlawan, Surabaya bagian utara.

Sebagian kuliner tersebut sangat legendaris karena kelezatannya. Terpenting, tidak akan menguras kantong.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Anda pun bisa mengajak serta keluarga, teman, atau pasangan Anda mencicipi kuliner-kuliner tersebut. Sembari menikmati suasana Surabaya pada malam hari yang indah.

Tak perlu bingung mencari kuliner malam di Surabaya. Tim detikJatim telah merangkumkannya untuk Anda. Berikut ulasannya.

15 Kuliner Malam Surabaya

1. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan berada di Jalan Tembaan 17F, Alun-alun Contong, Surabaya atau dekat Tugu Pahlawan. Kuliner kaki lima ini beroperasi pukul 17.30 hingga 22.30 WIB.

Jika mau mencicipi Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, pengunjung harus rela antre panjang dan berdesak-desakan. Ukuran bebeknya pun besar dan empuk. Saat dimakan, dagingnya terasa gurih dan juicy.

2. Rawon Kalkulator

Kuliner ini berlokasi di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya dan buka mulai pukul 10.00 hingga 03.00 WIB. Dijuluki kalkulator karena sang penjual memiliki kemampuan menghitung dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Rawon Kalkulator juga dianggap legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan tidak pernah sepi pengunjung. Menu rawon di sana dikenal sangat lezat. Bahkan, pengunjung juga dapat menambah lauk seperti perkedel, tempe, telor asin, atau paru.

3. Sego Sambel Mak Yeye

Warga Surabaya pasti tak asing dengan kuliner ‘Sego Sambel Mak Yeye’. Rumah makan ini masih menjadi buruan warga Surabaya yang ingin menikmati nasi dan lauk dengan sambal pedas di malam hari.

Lokasinya berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan 10 Surabaya. Sejak pandemi COVID-19, warung ini buka mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB. Penyetan sego sambelnya sangat menggugah selera, terutama bagi pecinta kuliner pedas.

4. Tahu Telur Pak Jayen

Kuliner Tahu Telur Pak Jayen disebut-sebut sebagai yang paling legendaris di Surabaya. Beberapa food vlogger dan influencer pernah berkunjung dan mencicipi makanan di sini.

Anda bisa menemukan kuliner ini di Jalan Dharmahusada 112, Surabaya. Tempat makan ini buka pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Harga seporsinya pun terbilang ramah di kantong, hanya Rp 11 ribu hingga Rp 18 ribu per porsi.

5. Pecel Suzanna Kertajaya

Meski namanya Suzanna, kuliner ini tak ada hubungannya dengan mendiang pemain film legendaris Indonesia. Kuliner ini dinamai Suzanna karena berlokasi di sebelah toko perlengkapan bayi Suzanna Jalan Kertajaya.

Pecel ini baru buka pada jam 02.00 WIB dan tutup pada 09.00 WIB. Kelezatan pecelnya juga diakui oleh banyak pecinta kuliner.

6. Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng

Apa jadinya jika nasi pecel dicampur dengan kuah rawon? Ketimbang penasaran, langsung saja cicipi Pecel Rawon Pucang yang legendaris ini.

Kuliner ini beralamat di Jalan Pucang Anom 17, Pucang Sewu, Surabaya. Buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 03.30 WIB.

7. Nasi Babat Kampung Malang

Pecinta kuliner jeroan merapat! Ada kuliner Nasi Babat Kampung Malang di Surabaya yang patut Anda coba.

Lokasinya di Jalan Kampung Malang Tengah I/4, Wonorejo, Tegalsari, Surabaya. Warung ini beroperasi pukul 12.00 WIB hingga 00.00 WIB.

BACA JUGA:   Taman al quran palembang

Baca kuliner malam Surabaya di halaman selanjutnya

Halaman

1 2 Selanjutnya

Liputan6.com, Jakarta Kota Surabaya menjadi kota terbesar nomor dua di Indonesia. Kota Surabaya ternyata tak hanya terkenal dengan pusat perbelanjaannya saja. Kota Pahlawan ini juga dikenal sebagai kota dengan sejuta kuliner. Kuliner Surabaya selalu menyenangkan. 

Selain jenis kuliner yang beragam, cita rasanya yang dimiliki pun sangat khas. Mau yang pedas, manis, ataupun gurih bisa ditemukan di kota ini. Wisata kuliner Surabaya pun bisa dinikmati lewat kuliner tradisionalnya, seperti rujak cingur, tahu campur, tahu tek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau kamu pecinta kuliner dan berkunjung ke Surabaya, tak perlu khawatir dan bingung untuk memilih makan. Apalagi untuk kamu yang suka berwisata kuliner di malam hari, Surabaya menawar banyak pilih untuk kamu.

Wisata kuliner Surabaya siap menggoyang lidah kamu dengan bermacam-macam kuliner unik dan enak. Berikut wisata kuliner malam Surabaya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (15/7/2019).

KOMPAS.com – Ada sederet kuliner malam surabaya yang bisa kamu nikmati untuk menghilangkan lapar. Terutama, kalau kamu sedang berada di dekat Tunjungan Plaza Surabaya.

Pasalnya, di sana ada beberapa tempat kuliner malam di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Di antaranya, legendaris dan terkenal enak.

Baca juga: 16 Tempat Sarapan di Surabaya, Ada Bubur Madura hingga Lontong Mie

1. Rawon Setan

Rawon Setan berlokasi di Jalan Embong Malang Nomor 78/I, Genteng, Surabaya. Buka dari pukul 08.00-23.00 WIB.

Kuliner malam enak di Surabaya ini sudah buka sejak 1990-an. Rawon Setan menyajikan kuah rawon yang punya cita rasa cenderung agak pedas.

Potongan daging sapinya cukup bervariasi, ada daging, lemak, hingga buntut sapi. Kamu bisa tambah telur asin dan kerupuk untuk melengkapi makan.

Harganya sekitar Rp 34.000 per porsinya.

Baca juga: Masak Rawon di Rumah, Apa Saja Tips Agar Rasa Maksimal?

2. Depot Legendaris Cak Kahar

Depot Legendaris Cak Kahar berjarak sekitar enam menit. Tepatnya berada di Jalan Embong Malang Nomor 78 H, Genteng, Surabaya. Buka dari pukul 16.30-00.00 WIB.

Tempat makan di Surabaya yang buka sampai malam hari ini menyajikan tahu campur, tahu tek-tek, dan tahu telor dengan harga mulai dari Rp 15.000 per porsinya.

Baca juga: 15 Rumah Makan Padang Enak di Surabaya, Ada yang Layani Pesan Antar

3. Rawon Setan Bu Sup

Rawon Setan Bu Sup berlokasi di Jalan Embong Malang Nomor 42 A, Genteng, Surabaya. Buka dari pukul 09.00-01.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati kuliner malam surabaya seperti nasi rawon, nasi bali, nasi campur, dan nasi usik yang mengenyangkan.

Baca juga: 15 Tempat Makan Bebek Goreng Terkenal di Surabaya, Harga Mulai dari Rp 17.000

4. RM Ikan Bakar Asia Baru

RM Ikan Bakar Asia Baru berlokasi di Jalan Embong Nomor 78M, Genteng, Tegalsari. Buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Ada menu ikan bakar dorang, ikan bakar bubara, ikan bakar bandeng, udang windu, dan cumi-cumi yang bisa kamu nikmati. Harga per menu seafoodnya dihargai mulai dari Rp 20.000.

Baca juga: 6 Tempat Makan Bakmi Jawa di Surabaya, Ada Bakmi Jogja Trunojoyo

5. Nasi Babat Kampung Malang

Nasi Babat Kampung Malang berjarak sekitar delapan menit menggunakan mobil dari Tunjungan Plaza. Tepatnya berada di Jalan Kampung Malang Tengah I Nomor 4, Wonorejo, Tegalsari, Surabaya. Buka 24 jam.

Kamu bisa menikmati seporsi menu nasi babat dengan harga sekitar Rp 10.000. Nasi babatnya memiliki cita rasa pedas yang cocok untuk pencinta pedas.

Baca juga: 7 Lontong Kupang Enak di Surabaya, Ada Lontong Kupang Bu Wito

6. Nasi Goreng Krengeseng

Nasi Goreng Krengsengan berjarak sekitar lima menit dengan berjalan kaki dari Tunjungan Plaza Surabaya. Kuliner malam surabaya ini menyajikan nasi goreng dengan telur dadar. Harga per porsinya sekitar Rp 18.000.

Baca juga: 4 Cara Membuat Nasi Goreng Kembang Kol, Peras Dulu Sebelum Masak

7. Bubur Ayam Mang Dudung

Bubur Ayam Mang Dudung berjarak sekitar satu kilometer dari Tunjungan Plaza Surabaya. Tepatnya berlokasi di Jalan Kedung Doro Nomor 107, Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya. Buka dari pukul 18.00-23.00 WIB.

Tempat makan enak di Surabaya ini menyajikan menu bubur ayam untuk makan malam. Lauk bubur ayamnya cukup beragam, ada telur ayam setengah matang, suwiran ayam, sate ati ampela, atau satu usus.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Baca juga: 7 Bubur Ayam di Surabaya, Ada yang Buka sampai Tengah Malam

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

KOMPAS.com – Tak lengkap rasanya, kalau belum mencicipi kuliner Surabaya saat berkunjung ke sana.

Terkenal dengan masakan bercita rasa pedas menggigit lidah, tempat makan di Surabaya banyak yang terkenal dan legendaris

Simak rekomendasi tempat kuliner di Surabaya dengan harga yang tak membuat dompet tipis. 

Baca juga: Resep Bebek Goreng Surabaya, Hasilnya Garing dan Empuk

1. Sego Sambel Mak Yeye

Buka sejak tahun 1982, kuliner khas Surabaya ini menyajikan menu penyetan sederhana. Ada banyak pilihan lauk pauk yang bisa kamu pilih, mulai dari tempe, tahu, telur, hingga ikan pari.

Per porsi menu makannya dibanderol mulai dari harga Rp 15.000. Kalau kamu berniat untuk mencicipi kuliner pedas Surabaya ini, kamu harus bersabar untuk mengantri panjang.

Berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor10, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Sego Sambel Mak Yeye buka dari pukul 21.00 WIB sampai habis.

2. Nasi Babat Pegirian

Kamu termasuk pencinta jeroan sapi? Coba mampir ke Nasi Babat Pegirian yang buka mulai dari pukul 17.00 WIB.

Kuliner pedas Surabaya ini menyajikan babat dan paru sapi yang diolah dengan cara digoreng. Spesialnya lagi, menu babat goreng disajikan dengan nasi jagung yang gurih.

Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk satu piring nasi babat paru goreng. Langsung saja, mampir di Jalan Nyamplungan, Ampel, Semampir.

3. Bebek Goreng Purnama

Ilustrasi bebek goreng lengkap dengan sayuran dan sambal.

SHUTTERSTOCK/HARYANTA P

Ilustrasi bebek goreng lengkap dengan sayuran dan sambal.

Ilustrasi bebek goreng lengkap dengan sayuran dan sambal.

Berlokasi di Jalan Dinoyo Nomor 4, Keputran, Surabaya, Bebek Goreng Purnama sudah buka sejak tahun 1992 dan tidak buka cabang.

Keistimewaan dari kuliner Surabaya yang satu ini adalah serundeng kelapanya yang melimpah.

Serundeng bisa kamu nikmati dengan bebek goreng, lalapan, sambal, dan nasi putih yang hangat.

Baca juga: Resep Sambal Pencit, Sambal Bebek Goreng Surabaya

Harga per porsinya dibanderol mulai dari Rp 12.000. Selain bebek goreng, ada jeroan ayam goreng yang bisa dinikmati sebagai pelengkap makan.

Bebek Goreng Purnama buka dari pukul 16.00 WIB sampai habis.

4. Warung Kongde Mbak May

Warung Kongde Mbak May menawarkan menu nasi cumi hitam dengan lauk paru goreng, telur bumbu bali, peyek udang, dan sambal pencit.

Kalau kamu ingin menikmati menu rumahan seperti lodeh tewel, tumis buncis, dan sop juga tersedia di sana. Namun yang spesial tetap cumi bumbu hitam yang disajikan melimpah.

Lokasinya berada di Jalan Bubutan II, Alun-alun Contong, Bubutan. Buka dari pukul 07.00-15.00 WIB.

Baca juga: 5 Tempat Makan Buka 24 Jam di Surabaya, untuk yang Lapar Tengah Malam

5. Warung Tempe Penyet Mbak Noer

Masih dengan menu penyetan, kamu juga bisa mampir ke Warung Tempe Penyet Mbak Noer yang berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Nomor 120, Jagir. Buka dari pukul 07.00-02.00 WIB.

Warung ini menawarkan menu nasi penyet beragam lauk pilihan seperti jeroan, telur, tempe, tahu, ayam, bebek, dan masih banyak lagi. Istimewanya lagi, kamu bisa menikmati aneka lauk dengan rebusan sayur mayur.

Harga per porsi menu berbeda-beda sesuai dengan lauk yang dipilih, tapi kamu bisa menikmati masakan pedas ini dari harga Rp 11.000.

6. Lontong Balap Asli Pak Gendut

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Dok. Facebook/Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabaya

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Tak lengkap rasanya, kalau berkunjung ke Surabaya tidak mencicipi menu masakan dengan bumbu petis. Salah satu yang bisa kamu coba mampir adalah Lontong Balap Asli Pak Gendut.

Berlokasi di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo Nomor 11, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Lengkong Kecil: Menikmati Kelezatan Makanan di Sudut Kota Bandung

Baca juga: Resep Lontong Balap, Makanan untuk Lepas Kangen ke Surabaya

Lontong balap diracik dengan petis udang sebagai bumbu kuahnya. Isiannya terdiri dari tahu, lentho, lontong, taoge, dan bawang goreng.

Tambah dengan sate kerang untuk menambah kenikmatan isi lotong balap. Harga per porsinya sekitar Rp 15.000.

7. Tahu Telor Pak Jayen

Masih dengan masakan berbumbu petis hitam, Tahu Telor Pak Jayen menyajikan tahu, telur, taoge pendek, kentang, dan kerupuk yang disiram dengan bumbu petis pedas.

Kamu bisa nambah irisan lontong agar lebih mengenyangkan. Harga per porsi tahu telur hanya Rp 15.000, kalau nambah lontong kamu hanya perlu nambah uang Rp 2.000.

Lokasinya berada di Jalan Dharmahusada No.112, Mojo, Gubeng. Buka dari 17.00-23.00 WIB.

Baca juga: 10 Tempat Kuliner di Pasar Atom Surabaya, Ada yang Buka 24 Jam

8. Lontong Kupang Pak H.Woko

Kupang merupakan hewan laut yang berukuran kecil. Kupang diolah dengan petis, lontong, dan lentho singkong di Surabaya.

Salah satu tempat kuliner di Surabaya yang bisa kamu kunjungi adalah Lontong Kupang Pak H. Woko. Kuah petis dari lontong kupang di sini terasa gurih sehingga membuat ketagihan.

Pesan juga segelas es degan untuk menambah rasa segar pengalaman makan lontong kupang. Harga per porsinya sekitar Rp 15 ribu saja.

Lokasinya berada di Jalan Kalasan Nomor 30, Pacar Keling, Tambaksari. Jam buka mulai dari 09.30-17.00 WIB.

9. Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan jadi kuliner favoritnya orang Surabaya. Menawarkan menu berkuah yang berisikan daging sandung lamur, tahu, irisan selada, dan mi kuning basah.

Spesialnya lagi ada kerupuk melimpah yang enak dimakan bersamaan dengan kuah tahu campur. Sepiring menu tahu campur dibanderol dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Lokasinya berada di Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari pukul 10.30-21.30 WIB.

10. Semanggi Suroboyo

Lokasi dari Semanggi Suroboyo berada di sepanjang Jalan Alas Malang Nomor 3, Sememi, Benowo. Buka dari pukul 06.00-16.00 WIB.

Kamu bisa menikmati menu masakan khas Jawa Timur yang menyajikan daun semanggi kukus. Disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari ketela rambat, gula merah, dan kacang tanah.

Tambah dengan kerupuk puli yang terbuat dari nasi, bawang putih, dan garam. Satu porsi pecel semanggi dijual dengan harga mulai Rp 10.000.

Baca juga: 8 Tempat Bebek Goreng di Surabaya, Ada Bebek Purnama dan Sinjay

11. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih sudah ada sejak tahun 1945. Keunikan dari sate ini adalah daging ayam dan sapi yang dibaluri dengan kelapa parut berbumbu.

Disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan cabai rawit. Kamu bisa minta tambah lontong atau nasi agar lebih mengenyangkan.

Selain sate daging ayam dan sapi, kamu bisa memilih sate otot, usus, dan sumsum. Harga per 10 tusuk sate dijual dengan harga mulai Rp 20.000.

Lokasinya berada di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya. Buka dari 07.00-23.00 WIB.

12. Bubur Madura

Tak hanya kuliner bercita rasa pedas, Surabaya juga punya kuliner bercita rasa manis. Kunjungi Pasar Atom yang berlokasi di Jalan Bunguran Nomor 45, Bongkaran, Pabean Cantian.

Kamu bisa membeli bubur madura yang berisikan bubur sum sum, bubur mutiara, lopis, dan klanting yang disiram dengan gula merah cair.

Harga per porsinya dipatok dari harga Rp 10.000. Kamu bisa membungkus satu porsi bubur madura untuk dimakan di rumah.

Baca juga: 5 Tempat Makan Soto Sekitar Stasiun Gubeng Surabaya

13. Rujak Cingur Genteng Durasim

Buka sejak tahun 1943, Rujak Cingur Genteng Durasim menyajikan olahan cingur sapi dengan buah dan sayur yang disiram dengan bumbu kacang dan petis.

Cingur sapi yang disajikan memiliki tekstur yang empuk dan gurih. Kamu bisa meminta tingkat kepedasan dari bumbu rujaknya. Tambah dengan kerupuk biar makin nikmat.

Lokasi Rujak Cingur Genteng Durasim di Jalan Genteng Durasim Nomor 29, Genteng. Buka dari 10.30-18.30 WIB.

14. Es Coklat Tambah Umur 1950

Kurang lengkap rasanya kalau hanya berkunjung ke tempat makan di Surabaya saja. Kamu wajib mampir ke kedai minuman legendaris, Es Coklat Tambah Umur 1950.

Menjual es cokelat dengan roti sobek. Es coklat disajikan dalam gelas stainless steel agar dinginnya lebih lama.

Di sana juga menjual aneka gorengan. Kamu perlu membayar uang seharga Rp 8.000 dan roti sobek sebesar Rp 2.000 saja.

Lokasinya berada di Jalan Simokerto Nomor 49, Simokerto. Buka dari jam 08.30-16.00 WIB.

15. Es Teler Pacarkeling Pak No

Masih dengan menu menyegarkan, kamu juga wajib mengunjungi Es Teler Pacarkeling Pak No. Berlokasi di Jalan Penataran Nomor 2, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari 10.00-22.00 WIB.

Baca juga: Resep Es Kelapa Jeruk Nipis, Bisa Dibekukan Jadi Es Mambo

Es teler yang disajikan di sana, menggunakan buah segar dan melimpah untuk isiannya. Masih ada siraman susu kental manis dan kelapa muda serut untuk menambah kenikmatan.

Buat kamu pencinta durian juga bisa mampir karena ada tambahan sirup durian di semangkuk es teler. Harga per porsi es teler sebesar Rp 18.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Also Read

Bagikan: