Tempat kuliner di surabaya utara

Gundana

KOMPAS.com – Tak lengkap rasanya, kalau belum mencicipi kuliner Surabaya saat berkunjung ke sana.

Terkenal dengan masakan bercita rasa pedas menggigit lidah, tempat makan di Surabaya banyak yang terkenal dan legendaris

Simak rekomendasi tempat kuliner di Surabaya dengan harga yang tak membuat dompet tipis. 

Baca juga: Resep Bebek Goreng Surabaya, Hasilnya Garing dan Empuk

1. Sego Sambel Mak Yeye

Buka sejak tahun 1982, kuliner khas Surabaya ini menyajikan menu penyetan sederhana. Ada banyak pilihan lauk pauk yang bisa kamu pilih, mulai dari tempe, tahu, telur, hingga ikan pari.

Per porsi menu makannya dibanderol mulai dari harga Rp 15.000. Kalau kamu berniat untuk mencicipi kuliner pedas Surabaya ini, kamu harus bersabar untuk mengantri panjang.

Berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor10, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Sego Sambel Mak Yeye buka dari pukul 21.00 WIB sampai habis.

2. Nasi Babat Pegirian

Kamu termasuk pencinta jeroan sapi? Coba mampir ke Nasi Babat Pegirian yang buka mulai dari pukul 17.00 WIB.

Kuliner pedas Surabaya ini menyajikan babat dan paru sapi yang diolah dengan cara digoreng. Spesialnya lagi, menu babat goreng disajikan dengan nasi jagung yang gurih.

Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 untuk satu piring nasi babat paru goreng. Langsung saja, mampir di Jalan Nyamplungan, Ampel, Semampir.

3. Bebek Goreng Purnama

Ilustrasi bebek goreng lengkap dengan sayuran dan sambal.

SHUTTERSTOCK/HARYANTA P

Ilustrasi bebek goreng lengkap dengan sayuran dan sambal.

Ilustrasi bebek goreng lengkap dengan sayuran dan sambal.

Berlokasi di Jalan Dinoyo Nomor 4, Keputran, Surabaya, Bebek Goreng Purnama sudah buka sejak tahun 1992 dan tidak buka cabang.

Keistimewaan dari kuliner Surabaya yang satu ini adalah serundeng kelapanya yang melimpah.

Serundeng bisa kamu nikmati dengan bebek goreng, lalapan, sambal, dan nasi putih yang hangat.

Baca juga: Resep Sambal Pencit, Sambal Bebek Goreng Surabaya

Harga per porsinya dibanderol mulai dari Rp 12.000. Selain bebek goreng, ada jeroan ayam goreng yang bisa dinikmati sebagai pelengkap makan.

Bebek Goreng Purnama buka dari pukul 16.00 WIB sampai habis.

4. Warung Kongde Mbak May

Warung Kongde Mbak May menawarkan menu nasi cumi hitam dengan lauk paru goreng, telur bumbu bali, peyek udang, dan sambal pencit.

Kalau kamu ingin menikmati menu rumahan seperti lodeh tewel, tumis buncis, dan sop juga tersedia di sana. Namun yang spesial tetap cumi bumbu hitam yang disajikan melimpah.

Lokasinya berada di Jalan Bubutan II, Alun-alun Contong, Bubutan. Buka dari pukul 07.00-15.00 WIB.

Baca juga: 5 Tempat Makan Buka 24 Jam di Surabaya, untuk yang Lapar Tengah Malam

5. Warung Tempe Penyet Mbak Noer

Masih dengan menu penyetan, kamu juga bisa mampir ke Warung Tempe Penyet Mbak Noer yang berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Nomor 120, Jagir. Buka dari pukul 07.00-02.00 WIB.

Warung ini menawarkan menu nasi penyet beragam lauk pilihan seperti jeroan, telur, tempe, tahu, ayam, bebek, dan masih banyak lagi. Istimewanya lagi, kamu bisa menikmati aneka lauk dengan rebusan sayur mayur.

Harga per porsi menu berbeda-beda sesuai dengan lauk yang dipilih, tapi kamu bisa menikmati masakan pedas ini dari harga Rp 11.000.

6. Lontong Balap Asli Pak Gendut

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Dok. Facebook/Lontong Balap Asli Pak Gendut Surabaya

Lontong Balap Asli Pak Gendut

BACA JUGA:   Cafe hits jogja tempat nongkrong asik

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Tak lengkap rasanya, kalau berkunjung ke Surabaya tidak mencicipi menu masakan dengan bumbu petis. Salah satu yang bisa kamu coba mampir adalah Lontong Balap Asli Pak Gendut.

Berlokasi di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo Nomor 11, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari pukul 09.00-21.00 WIB.

Baca juga: Resep Lontong Balap, Makanan untuk Lepas Kangen ke Surabaya

Lontong balap diracik dengan petis udang sebagai bumbu kuahnya. Isiannya terdiri dari tahu, lentho, lontong, taoge, dan bawang goreng.

Tambah dengan sate kerang untuk menambah kenikmatan isi lotong balap. Harga per porsinya sekitar Rp 15.000.

7. Tahu Telor Pak Jayen

Masih dengan masakan berbumbu petis hitam, Tahu Telor Pak Jayen menyajikan tahu, telur, taoge pendek, kentang, dan kerupuk yang disiram dengan bumbu petis pedas.

Kamu bisa nambah irisan lontong agar lebih mengenyangkan. Harga per porsi tahu telur hanya Rp 15.000, kalau nambah lontong kamu hanya perlu nambah uang Rp 2.000.

Lokasinya berada di Jalan Dharmahusada No.112, Mojo, Gubeng. Buka dari 17.00-23.00 WIB.

Baca juga: 10 Tempat Kuliner di Pasar Atom Surabaya, Ada yang Buka 24 Jam

8. Lontong Kupang Pak H.Woko

Kupang merupakan hewan laut yang berukuran kecil. Kupang diolah dengan petis, lontong, dan lentho singkong di Surabaya.

Salah satu tempat kuliner di Surabaya yang bisa kamu kunjungi adalah Lontong Kupang Pak H. Woko. Kuah petis dari lontong kupang di sini terasa gurih sehingga membuat ketagihan.

Pesan juga segelas es degan untuk menambah rasa segar pengalaman makan lontong kupang. Harga per porsinya sekitar Rp 15 ribu saja.

Lokasinya berada di Jalan Kalasan Nomor 30, Pacar Keling, Tambaksari. Jam buka mulai dari 09.30-17.00 WIB.

9. Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan jadi kuliner favoritnya orang Surabaya. Menawarkan menu berkuah yang berisikan daging sandung lamur, tahu, irisan selada, dan mi kuning basah.

Spesialnya lagi ada kerupuk melimpah yang enak dimakan bersamaan dengan kuah tahu campur. Sepiring menu tahu campur dibanderol dengan harga mulai dari Rp 25.000.

Lokasinya berada di Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari pukul 10.30-21.30 WIB.

10. Semanggi Suroboyo

Lokasi dari Semanggi Suroboyo berada di sepanjang Jalan Alas Malang Nomor 3, Sememi, Benowo. Buka dari pukul 06.00-16.00 WIB.

Kamu bisa menikmati menu masakan khas Jawa Timur yang menyajikan daun semanggi kukus. Disiram dengan bumbu pecel yang terbuat dari ketela rambat, gula merah, dan kacang tanah.

Tambah dengan kerupuk puli yang terbuat dari nasi, bawang putih, dan garam. Satu porsi pecel semanggi dijual dengan harga mulai Rp 10.000.

Baca juga: 8 Tempat Bebek Goreng di Surabaya, Ada Bebek Purnama dan Sinjay

11. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih sudah ada sejak tahun 1945. Keunikan dari sate ini adalah daging ayam dan sapi yang dibaluri dengan kelapa parut berbumbu.

Disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan cabai rawit. Kamu bisa minta tambah lontong atau nasi agar lebih mengenyangkan.

Selain sate daging ayam dan sapi, kamu bisa memilih sate otot, usus, dan sumsum. Harga per 10 tusuk sate dijual dengan harga mulai Rp 20.000.

Lokasinya berada di Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya. Buka dari 07.00-23.00 WIB.

12. Bubur Madura

Tak hanya kuliner bercita rasa pedas, Surabaya juga punya kuliner bercita rasa manis. Kunjungi Pasar Atom yang berlokasi di Jalan Bunguran Nomor 45, Bongkaran, Pabean Cantian.

Kamu bisa membeli bubur madura yang berisikan bubur sum sum, bubur mutiara, lopis, dan klanting yang disiram dengan gula merah cair.

Harga per porsinya dipatok dari harga Rp 10.000. Kamu bisa membungkus satu porsi bubur madura untuk dimakan di rumah.

Baca juga: 5 Tempat Makan Soto Sekitar Stasiun Gubeng Surabaya

13. Rujak Cingur Genteng Durasim

Buka sejak tahun 1943, Rujak Cingur Genteng Durasim menyajikan olahan cingur sapi dengan buah dan sayur yang disiram dengan bumbu kacang dan petis.

Cingur sapi yang disajikan memiliki tekstur yang empuk dan gurih. Kamu bisa meminta tingkat kepedasan dari bumbu rujaknya. Tambah dengan kerupuk biar makin nikmat.

Lokasi Rujak Cingur Genteng Durasim di Jalan Genteng Durasim Nomor 29, Genteng. Buka dari 10.30-18.30 WIB.

BACA JUGA:   Wisata religi di grabag magelang

14. Es Coklat Tambah Umur 1950

Kurang lengkap rasanya kalau hanya berkunjung ke tempat makan di Surabaya saja. Kamu wajib mampir ke kedai minuman legendaris, Es Coklat Tambah Umur 1950.

Menjual es cokelat dengan roti sobek. Es coklat disajikan dalam gelas stainless steel agar dinginnya lebih lama.

Di sana juga menjual aneka gorengan. Kamu perlu membayar uang seharga Rp 8.000 dan roti sobek sebesar Rp 2.000 saja.

Lokasinya berada di Jalan Simokerto Nomor 49, Simokerto. Buka dari jam 08.30-16.00 WIB.

15. Es Teler Pacarkeling Pak No

Masih dengan menu menyegarkan, kamu juga wajib mengunjungi Es Teler Pacarkeling Pak No. Berlokasi di Jalan Penataran Nomor 2, Pacar Keling, Tambaksari. Buka dari 10.00-22.00 WIB.

Baca juga: Resep Es Kelapa Jeruk Nipis, Bisa Dibekukan Jadi Es Mambo

Es teler yang disajikan di sana, menggunakan buah segar dan melimpah untuk isiannya. Masih ada siraman susu kental manis dan kelapa muda serut untuk menambah kenikmatan.

Buat kamu pencinta durian juga bisa mampir karena ada tambahan sirup durian di semangkuk es teler. Harga per porsi es teler sebesar Rp 18.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

KOMPAS.com – Di kota Surabaya, kamu bisa menemukan ada banyak tempat makan keluarga dengan gaya lesehan yang bisa kamu kunjungi.

Beberapa tempat makan lesehan di Surabaya ini menyajikan aneka menu makan Nusantara yang khas hingga hidangan Internasional.

Simak rekomendasi 15 tempat makan keluarga di Surabaya saat berkunjung ke kota Pahlawan ini.

Baca juga:

1. Warung Lesehan Rumadi

Warung Lesehan Rumadi merupakan tempat makan lesehan di Surabaya yang cukup terkenal. Lokasinya berada di Jalan Raya Lidah Wetan Nomor 26, Lidah Kulon, Lakarsantri. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

Kamu bisa menikmati aneka olahan seafood sambil duduk lesehan. Selain itu, kamu juga bisa pilih tempat duduk di kursi dan meja.

Sajian menu yang ditawarkan, ada ayam goreng yang dihargai mulai dari Rp 60.000 per ekornya.

Selain itu, ada menu seafood, seperti gurami asam manis, bandeng bakar, patin goreng, lele penyet, dan kepiting asam manis. Harganya mulai dari Rp 30.000-75.000.

2. Zona Alam Resto & Café

Zona Alam Resto & Café berlokasi di Jalan Kuwukan Gang Langgar, Lontar, Sambikerep. Buka dari pukul 13.00-21.00 WIB.

Kamu bisa menikmati aneka menu masakan Nusantara yang khas dengan pemandangan sungai yang berangin. Cocok untuk tempat makan bersama keluarga di akhir pekan.

Salah satu menu yang disajikan ada aneka olahan ayam. Ada ayam pedas blambangan, ayam bakar banyuwangi, hingga ayam bakar bumbu rujak. Disajikan per ekor dengan harga sekitar Rp 85.000.

Ilustrasi ayam bakar mentega.

Dok. Sajian Sedap

Ilustrasi ayam bakar mentega.

Ilustrasi ayam bakar mentega.

3. Lembah Rolak

Masih dengan tempat makan lesehan di Surabaya yang menyajikan pemandangan sungai yang berangin. Lembah Rolak juga menawarkan sensasi makan yang sama.

Aneka sambelan seafood bisa kamu nikmati di sini. Dari gurami, bandeng, lele, patin, hingga belut. Semuanya disajikan dengan sambal. Harga per porsinya mulai dari Rp 16.000.

Lokasi Lembah Rolak berada di Jalan Ketintang Barat Nomor 1A, Karah, Jambangan. Buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Baca juga:

4. Pondok Dahar

Pondok Dahar menawarkan sensasi makan di gubug lesehan. Ada pun menu makan yang ditawarkan tidak jauh dari olahan seafood, seperti dorang bakar, kakap asam amnis, dan gurami mentega.

Selain itu, ada menu Chinese food seperti kwetiau, bihun, dan capcay. Harganya sekitar Rp 16.000. Sementara untuk menu olahan seafood dihargai sekitar Rp 20.000 per porsinya.

Lokasi Pondok Dahar berada di Jalan Rolak Gunung Sari, Karah, Jambangan. Buka dari pukul 12.00-21.00 WIB.

5. SAS Cafe N Resto

SAS Cafe N Resto berlokasi di Jalan Baskara Sawah Nomor 30, Kalisari, Mulyorejo. Buka dari pukul 09.00-22.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati olahan seafood dengan duduk lesehan di pinggir sungai. Olahan unggas dan seafood bisa kamu nikmati dengan bumbu khas Nusantara. Seperti saus padang dan bumbu rica-rica.

BACA JUGA:   Masuk pik 2 pasir putih bayar berapa

Harga per menu makan seperti ayam, bebek, dan gurami dihargai mulai dari Rp 20.000-80.000.

 

Ilustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring.

SHUTTERSTOCK/REEZKY PRADATA

Ilustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring.

Ilustrasi ikan gurame bakar, sambal, dan lalapan di atas piring.

6. Warung Apung Rahmawati

Warung Apung Rahmawati berlokasi di Jalan Lontar Baru Nomor 109, Lontar, Sambikerep. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

Kamu bisa pilih makan dengan duduk lesehan atau di kursi. Tempat makan keluarga di Surabaya ini menyajikan aneka olahan ayam, kepiting, gurami, patin, cumi, bandeng, dan udang dengan resep tradisional yang khas.

Harga per menu makannya dihargai mulai dari Rp 30.000-80.000 untuk menu spesial yaitu ayam telur asin satu ekor.

7. Pondok Gandrung

Pondok Gandrung berlokasi di Jalan Ketintang Madya Nomor 61, Ketintang, Gayungan. Buka dari pukul 10.00-21.00 WIB.

Pondok Gandrung menawarkan makan duduk di kursi atau lesahan. Di dalam restorannya terdapat kolam renang.

Ada banyak menu paket spesial olahan ayam atau seafood. Salah satunya, ada paket spesial ayam bakar atau goreng dengan harga Rp 85.000.

Baca juga:

8. Lesehan Om BUDI SOTO dan Penyetan

Lesehan Om BUDI SOTO dan Penyetan berlokasi di Jalan Karang Menjangan Nomor 25B, Mojo, Gubeng. Buka dari pukul 07.00-04.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati aneka penyetan yang nasi dan sambalnya bisa ambil sendiri. Selain itu, ada menu semangkuk soto ayam hangat yang bisa kamu pesan di saat cuaca sedang dingin.

9. Warung dan Kolam Pancing Mbah Kaji

Di Warung dan Kolam Pancing Mbah Kaji, kamu bisa mancing sekaligus makan hasil pancingan secara langsung di sini. Tentu saja, hasil olahan seafood ini masih terasa segar.

Tempat makan lesehan di Surabaya ini juga menghadirkan playground untuk anak-anak. Harga yang dibanderol sekitar Rp 25.000-30.000 per kilogram hasil tangkapan dengan bumbu khas.

Lokasi Warung dan Kolam Pancing Mbah Kaji berada di Jalan Pakal Madya Nomor 95, Pakal. Buka dari pukul 00.00-21.00 WIB.

10. LATAROMBO RIVERSIDE CAFÉ

LATAROMBO RIVERSIDE CAFÉ berlokasi di Jalan Ketintang Barat Nomor 3A, Karah, Jambangan. Buka dari pukul 13.00-00.00 WIB.

Di sini, kamu bisa nongkrong dengan duduk lesehan bersama teman.

Sama seperti kafe pada umumnya, di sini kamu bisa memesan menu minuman kopi, thai tea, jus, smoothies, hingga minuman tradisional seperti sinom, beras kencur, dan kunyit asam.

Menu makan yang bisa kamu pilih ada olahan seafood dan ayam, seperti ayam bakar, chicken wings asam manis, dan ayam saos inggris.

Harga per menu minum dihargai mulai dari Rp 7.000. Untuk menu makannya dihargai mulai dari Rp 17.000.

 

11. Kahyangan Resto

Kahyangan Resto berlokasi di Jalan Puri Widya Kencana, Lidah Kulon, Lakarsantri. Buka dari pukul 11.00-21.00 WIB.

Kamu bisa menikmati aneka menu seafood dengan bumbu khas di gubug lesehan yang eksklusif. Salah satu menu makan yang bisa kamu pesan adalah kerapu telur asin sambal matah dengan harga Rp 25.000 per ons.

12. Warung Sumberjo

Warung Sumberjo berlokasi di Jalan Barata Jaya Nomor 7, Baratajaya, Gubeng. Buka dari pukul 08.00-02.00 WIB.

Warung makan ini menawarkan sensasi makan duduk lesehan. Menu yang ditawarkan ada olahan bebek dan ayam. Seperti nasi bebek goreng dan nasi bebek bakar. Harganya sekitar Rp 18.000.

Baca juga:

13. Ayam Bakar Pak D’

Ayam Bakar Pak D’ menawarkan 20 menu penyetan yang bisa kamu pesan. Ada menu paket ayam broiler dengan nasi putih, sambal, dan lalapan sekitar Rp 13.000.

Kalau menu paket komplit, ada ayam kampung/bebek/gurami yang disajikan dengan cah kangkung, nari putih, sambal, dan lalapan dengan harga Rp 28.000.

Salah satu lokasi Ayam Bakar Pak D’ di Surabaya berlokasi di Jalan Siwalankerto Nomor 241, Siwalankerto, Wonocolo. Buka dari pukul 10.00-22.00 WIB.

14. Kedai Lesehan Sumber Sari

Kedai Lesehan Sumber Sari berlokasi di Jalan Kemlaten Baru Utara Nomor 23, Kebraon, Karang Pilang. Buka dari pukul 07.00-21.00 WIB.

Tempat makan lesehan di Surabaya ini menawarkan menu olahan ikan laut, cumi, udang, dan ikan tawar dengan harga mulai dari Rp 30.000. Sebagai pendampingnya, ada menu urap sayur dan cah kangkung yang bisa kamu pesan.

15. Warung Lesehan Endang

Ada Warung Lesehan Endang yang berada di Jalan Raya Pagesangan Nomor 39, Pagesangan, Jambangan. Buka dari pukul 12.00-03.00 WIB.

Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu masakan seperti ayam, bebek, bandeng, mujaer, dan lele. Semua disajikan dalam hidangan goreng yang nikmat. Harganya cukup terjangkau di kantong mahasiswa yaitu mulai dari Rp 15.000.

Baca juga:

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

https://www.youtube.com/watch?v=5W3QF3YY2rM

Also Read

Bagikan: