Tempat kuliner malam di surabaya

Posted on

Surabaya

Sebelum akhir pekan, Anda bisa menyempatkan diri untuk ‘hunting’ kuliner. Jika Anda berdomisili di Surabaya, tak perlu khawatir mencari kuliner malam. Ada beragam kuliner malam Surabaya yang bisa Anda coba.

Kuliner malam Surabaya tersebar di berbagai penjuru. Misalnya Rawon Kalkulator yang ada di sekitar Taman Bungkul, Surabaya pusat. Pecinta bebek juga bisa menikmati Bebek Tugu Pahlawan yang berlokasi di sekitar Tugu Pahlawan, Surabaya bagian utara.

Sebagian kuliner tersebut sangat legendaris karena kelezatannya. Terpenting, tidak akan menguras kantong.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Anda pun bisa mengajak serta keluarga, teman, atau pasangan Anda mencicipi kuliner-kuliner tersebut. Sembari menikmati suasana Surabaya pada malam hari yang indah.

Tak perlu bingung mencari kuliner malam di Surabaya. Tim detikJatim telah merangkumkannya untuk Anda. Berikut ulasannya.

15 Kuliner Malam Surabaya

1. Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan berada di Jalan Tembaan 17F, Alun-alun Contong, Surabaya atau dekat Tugu Pahlawan. Kuliner kaki lima ini beroperasi pukul 17.30 hingga 22.30 WIB.

Jika mau mencicipi Bebek Tugu Pahlawan Surabaya, pengunjung harus rela antre panjang dan berdesak-desakan. Ukuran bebeknya pun besar dan empuk. Saat dimakan, dagingnya terasa gurih dan juicy.

2. Rawon Kalkulator

Kuliner ini berlokasi di Sentra PKL Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Surabaya dan buka mulai pukul 10.00 hingga 03.00 WIB. Dijuluki kalkulator karena sang penjual memiliki kemampuan menghitung dengan sangat cepat tanpa kalkulator.

Rawon Kalkulator juga dianggap legendaris karena telah berdiri selama 35 tahun dan tidak pernah sepi pengunjung. Menu rawon di sana dikenal sangat lezat. Bahkan, pengunjung juga dapat menambah lauk seperti perkedel, tempe, telor asin, atau paru.

3. Sego Sambel Mak Yeye

Warga Surabaya pasti tak asing dengan kuliner ‘Sego Sambel Mak Yeye’. Rumah makan ini masih menjadi buruan warga Surabaya yang ingin menikmati nasi dan lauk dengan sambal pedas di malam hari.

Lokasinya berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan 10 Surabaya. Sejak pandemi COVID-19, warung ini buka mulai pukul 16.00 sampai 00.00 WIB. Penyetan sego sambelnya sangat menggugah selera, terutama bagi pecinta kuliner pedas.

4. Tahu Telur Pak Jayen

Kuliner Tahu Telur Pak Jayen disebut-sebut sebagai yang paling legendaris di Surabaya. Beberapa food vlogger dan influencer pernah berkunjung dan mencicipi makanan di sini.

Anda bisa menemukan kuliner ini di Jalan Dharmahusada 112, Surabaya. Tempat makan ini buka pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Harga seporsinya pun terbilang ramah di kantong, hanya Rp 11 ribu hingga Rp 18 ribu per porsi.

5. Pecel Suzanna Kertajaya

Meski namanya Suzanna, kuliner ini tak ada hubungannya dengan mendiang pemain film legendaris Indonesia. Kuliner ini dinamai Suzanna karena berlokasi di sebelah toko perlengkapan bayi Suzanna Jalan Kertajaya.

Pecel ini baru buka pada jam 02.00 WIB dan tutup pada 09.00 WIB. Kelezatan pecelnya juga diakui oleh banyak pecinta kuliner.

6. Nasi Pecel Rawon Pucang Moro Seneng

Apa jadinya jika nasi pecel dicampur dengan kuah rawon? Ketimbang penasaran, langsung saja cicipi Pecel Rawon Pucang yang legendaris ini.

Kuliner ini beralamat di Jalan Pucang Anom 17, Pucang Sewu, Surabaya. Buka mulai pukul 18.00 WIB hingga 03.30 WIB.

7. Nasi Babat Kampung Malang

Pecinta kuliner jeroan merapat! Ada kuliner Nasi Babat Kampung Malang di Surabaya yang patut Anda coba.

Lokasinya di Jalan Kampung Malang Tengah I/4, Wonorejo, Tegalsari, Surabaya. Warung ini beroperasi pukul 12.00 WIB hingga 00.00 WIB.

Baca kuliner malam Surabaya di halaman selanjutnya

Halaman

1 2 Selanjutnya

Wisata kuliner malam di Surabaya yang bikin ketagihan!

Setelah puas eksplorasi kuliner legendaris di Surabaya, jangan ketinggalan berbagai rekomendasi kuliner malam di Surabaya yang nggak kalah lezat, nih. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang buka selama 24 jam, lho.

Buat kamu yang sedang pergi atau lapar di malam hari, deretan kuliner malam di Surabaya ini bisa jadi jawaban tepat. Kapan lagi, kan, bisa coba makanan khas Surabaya yang menggoyang lidah di tengah malam?

Daftar Kuliner Malam di Surabaya yang Enak banget

kuliner malam surabayaSource: iTrip

Biar nggak makin ngiler dan penasaran, langsung intip saja, yuk, rekomendasi kuliner malam di Surabaya yang paling laris manis ini!

1. Rawon Setan

kuliner malam surabayaSource: KSMTour.com

Rasanya tak lengkap berlibur ke Surabaya tanpa menyantap kuliner khas Jawa Timur yakni rawon. Uniknya, cita rasa rawon di tempat makan satu ini cenderung agak pedas dan lebih gurih.

kuliner malam surabayaSource: AllIndonesiaTourism.com

Potongan daging sapi yang lembut dan empuk serta pilihan daging, lemak, hingga buntut sapi pasti akan membuat kamu puas dan ketagihan. Jangan lupa tambahkan telur asin dan kerupuk biar makin mantap! Rasanya nggak pernah berubah sejak tahun 1990-an, lho.

  • Harga: Rp34.000 per porsi
  • Alamat: Rawon Setan Jln. Embong Malang No. 78, Genteng, Surabaya, Jawa Timur

2. Sego Sambel Mak Yeye

kuliner malam surabayasource: puteramentari.com

Warung makan sego satu ini merupakan kuliner malam yang tak boleh kamu lewatkan ketika berada di Surabaya. Buka dari pukul 9 malam, kedai ini pasti akan langsung diserbu pengunjung karena ingin menyantap seporsi nasi dengan aneka lauk dan juga sambal yang nagih banget.

kuliner malam surabayaSource: Tribuntravel,ciom

Di sini, kamu bisa memilih sambal dengan berbagai level kepedasan, bahkan, ada juga sambal versi pedas manis. Untuk lauknya sendiri juga beragam, mulai dari telur dadar, tempe goreng, ikan, ayam, dan tentunya sambal yang juara banget, cocok untuk pencinta pedas!

  • Harga: Rp20.000 per porsi
  • Alamat: Sego Sambel Mak Yeye Jln. Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Surabaya, Jawa Timur

3. Penyetan Bang Ali

kuliner malam surabayaSource: 2Pos Asia

Kedai makan satu ini akan siap siaga menjadi solusi laparmu di berbagai waktu. Yap, Penyetan Bang Ali ini merupakan kedai makan yang buka selama 24 jam. Di sini kamu bisa makan beragam lauk yang disajikan di atas ulekan sambal.

kuliner malam surabayaSource: AVX Store

Serunya, kamu bisa memilih berbagai jenis sambal sesuai selera. Coba kenikmatan telur dadar, ayam goreng, ikan pe asap, cumi goreng. sate usus, tahu, tempe, pete goreng, kacang panjang, lalapan, dan lainnya. Ditambah dengan cobekan sambal di setiap gigitannya, pasti lidah dan perutmu langsung jadi happy!

  • Alamat: Penyetan Bang Ali Jln. Simpang Darmo Permai Utara No. 22, Lontar, Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur

BACA JUGA: 3 Intimate Wedding Package Jakarta 2022, Romantis dan Aesthetic!

4. Warung Sejedewe

kuliner malam surabayaSource: Instagram @warung_sejedewe

Jika kedai makan penyetan lain sangat familiar dengan lauk yang digoreng, di warung ini kamu wajib coba berbagai lauk bakarannya! Kamu bisa menyantap kenikmatan ayam, ikan, empal, dan lainnya.

Kedai penyetan ini sudah buka setiap pukul 4 sore. Untuk kamu yang sudah lelah seharian bekerja dan ngampus di sekitar Surabaya, kamu boleh isi perut kosongmu di sini dan pilih berbagai macam lauk seperti ikan, ayam, bebek, udang bahkan burung dara. 

Selain itu, ada juga pilihan lauk ala Chinese Restaurant cah kangkung, cumi penyet, cumi asam manis, udang lada hitam, kerang penyet dan sebagainya. Kamu paling tertarik coba yang mana, nih?

  • Alamat: Warung Sejedewe (depan SMPN 17) Jln. Raya Tenggilis Mejoyo No. 43, Surabaya

5. Nasi Goreng Krengseng Cak Tommy

kuliner malam surabayaSource: Shutterstock

Gerobak nasi goreng satu ini nggak pernah sepi pengunjung. Di sini kamu bisa mencoba menu andalan seperti Nasi Mawut, alias nasi dan juga mie goreng yang dimasak dan disantap berbarengan.

kuliner malam surabayaSource: GoTravelly

Serunya lagi, jika mampir langsung, kamu bisa melihat proses memasak nasi goreng yang berada di satu kuali yang besar dan juga panas. Bayangkan saja, satu kali masak bisa langsung 20 porsi?

Kalau ingin mencoba kenikmatan nasi goreng khas Surabaya ini, kamu bisa mampir mulai dari jam 7 malam, ya!

  • Harga: Mulai dari Rp12.000
  • Alamat: Nasi Goreng Krengseng Cak Tommy @ Taman Apsari Jln. Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya

6. Nasi Goreng Cumi Pak Gatot BBM Ubaya

kuliner malam surabayaSource: Phinemo.com

Nasi goreng satu ini berwarna hitam karena dimasak dengan tinta cumi yang lezat. Menggunakan bahan cumi sebagai campuran, aroma dan rasa nasi goreng ini akan terasa lebih gurih dan unik daripada nasi goreng biasanya!

kuliner malam surabayaSource: GoTravelly

Meski hanya berjualan di gerobak, tempat makan satu ini sangat populer dan selalu ramai pengunjung. Bahkan, tak jarang pengunjung bisa mengantre hingga satu jam demi makan seporsi nasi goreng cumi yang nikmatnya tak ada dua!

Tempat makan nasi goreng satu ini sudah buka dari pukul setengah 6 sore hingga pukul 10 malam. Jangan sampai kehabisan, ya!

  • Harga: Rp23.000 per porsi
  • Alamat: Nasi Goreng Cumi Pak Gatot BBM Ubaya Jln. Rungkut Mejoyo Selatan, Kali Rungkut, Surabaya, Jawa Timur

Wah, kuliner malam Surabaya mana, nih, yang paling bikin kamu penasaran untuk langsung coba? Kalau punya rekomendasi kuliner malam lainnya, langsung tulis saja di kolom komentar!

Kamu lagi cari-cari kost di Surabaya yang strategis, ekonomis, dan fasilitasnya serbaada? Rukita bisa jadi solusi untukmu, lho.

Semua kamar kost di Rukita sudah fully furnished dan dilengkapi fasilitas yang oke banget. Cukup bawa diri dan koper berisi baju, kamu langsung bisa tinggal di unit Rukita dengan nyaman!

Jangan lupa unduh aplikasi Rukita via Google Play Store atau App Store, bisa juga langsung hubungi Nikita (customer service Rukita) di +62 811-1546-477, atau kunjungi www.Rukita.co.

Follow juga akun Instagram Rukita di @Rukita_Indo dan Twitter di @Rukita_Id untuk berbagai info terkini serta promo menarik!

Categories

Tak Berkategori

Surabaya.. Surabaya oh Surabaya.. Penggalan lagu tersebut tentu mengingatkan Anda pada kota terbesar kedua di Indonesia ini. Kota Surabaya mungkin tidak segemerlap si kota metropolitan, Jakarta. Namun, dalam hal wisata kuliner, Surabaya siap bersaing dengan kota dan daerah lain yang ada di Indonesia.

Jika berkunjung ke Surabaya, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi berbagai tempat makan enak di sana. Salah satu yang wajib anda coba adalah kuliner malamnya.

Karena ini merupakan kuliner malam, tempat-tempat makan yang akan di review oleh Keluyuran ini hanya buka setelah petang. Bahkan, beberapa di antaranya hanya buka pada saat tengah malam.

Penasaran apa sajakah kuliner malam yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke ibukota Provinsi Jawa Timur ini? Nah, Berikut adalah 11 tempat kuliner malam di Surabaya yang paling recommended.

1. Sate Ayam Lisidu

Sangat mudah untuk menemukan kedai atau restoran yang menjual sate di Surabaya, tetapi ada sebuah rumah makan spesialis sate ayam yang sangat legendaris di Surabaya, yakni Sate Ayam Lisidu. Bahkan, Sate Ayam Lisidu ini pernah beberapa kali dipilih untuk menyajikan hidangan pada jamuan di Istana Kepresidenan setiap HUT Proklamasi Kemerdekaan.

Lantas, apa yang membuat Sate Ayam Lisidu ini spesial dan melegenda? Pertama, sate ini terbuat dari daging ayam kampung berkualitas. Hal ini sangat kontras dengan kedai atau restoran sate ayam lainnya yang cenderung menggunakan daging ayam negeri.

Tekstur daging ayam kampung yang diolah menjadi sate ini akan terasa sangat empuk, tetapi tidak terlalu lembek. Selain itu, kita juga bisa memilih hendak menyantap sate ayam bagian dada, paha, ampela, hati, atau kulit.

Sate Ayam Lisidu ini disajikan dengan bumbu kacang yang terpisah. Bahkan, ada anglo berisi arang di setiap meja yang berguna untuk menghangatkan sate. Jadi, kita bisa menyantap sate dalam keadaan hangat. Di samping itu, sate ini juga dibakar secara pas dan tidak terlalu gosong, sehingga sate ini lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, keistimewaan Sate Ayam Lisidu ini juga terdapat pada bumbu kacangnya. Ya, bumbu kacang sebagai pelengkap sate ayam ini memiliki tekstur dan rasa yang pas. Tekstur kacangnya tidak terlalu kasar, tapi juga tidak terlalu halus. Sementara itu, rasa bumbu kacangnya juga manis dan gurih. Hal tersebut disebabkan bumbu kacang ini terbuat dari kacang asli Tuban yang memiliki kualitas terbaik.

Untuk melengkapi santap malam Anda, jangan lupa untuk memesan salah satu menu andalan di tempat ini, yakni Garang Asem. Ini adalah potongan ayam kampung yang dimasak dengan kuah santan, potongan cabai, dan belimbing sayur. Kemudian, hidangan ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga daging ayamnya terasa empuk.

Kuah Garang Asem ini terasa segar dengan rasa asam dan pedas yang nendang. Hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih hangat.

Bingung mencari kuliner malam di Surabaya? Atau Anda penasaran dengan citarasa sate ayam legendaris yang terkenal di kota pahlawan ini?? Nah, Anda bisa segera melipir ke salah satu tempat makan di Wonokromo yaitu Sate Ayam Lisidu di Jalan Kutai No. 53-C, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

2. Sop Buntut Gelora Pancasila

Ketika Anda berada di Surabaya dan ingin mengisi perut pada saat larut malam, datang saja ke depot Sop Buntut Gelora Pancasila yang buka 24 jam. Ini adalah salah satu tempat makan yang menjual sop buntut paling enak di Surabaya. Anda pun dapat menikmati buntut bakar yang juga merupakan menu andalan dari depot ini.

Jika tidak ingin makan buntut, Anda bisa memesan sop iga atau iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi yang dijual di depot ini cukup besar. Jadi, harga dan porsinya memang sangat worth. Sop Buntut Gelora Pancasila berada di Jalan Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya.

3. Soto Madura Wawan

Salah satu depot soto legendaris di Surabaya adalah Soto Madura Wawan. Depot ini termasuk sebagai salah satu kuliner malam di Surabaya karena buka selama 24 jam penuh. Letaknya pun tidak jauh dari Sop Buntut Gelora Pancasila.

Yang membuat soto di sini terasa begitu spesial adalah pengunjung boleh memilih lauknya sendiri, seperti daging sapi, babat, paru, atau hati. Depot Soto Madura Wawan tidak pernah sepi pengunjung baik saat siang maupun malam hari. Ingin mecicipi kelezatan Soto Madura Wawan? Datang saja ke depotnya di Jalan Mayjen Sungkono No. 86, Surabaya.

4. Sego Sambel Mak Yeye

kuliner malam di surabaya Sego Sambel Mak Yeye

Sego sambel adalah nasi putih yang dihidangkan dengan sambel pedas dan aneka lauk. Di Surabaya sangat mudah menemukan warung yang menjual menu sego sambel. Namun, Sego Sambel Mak Yeye adalah warung yang paling terkenal.

Banyak orang yang rela mengantri panjang demi menikmati sepiring nasi putih yang disajikan dengan ikan pari (iwak pe), telur dadar, tempe goreng, dan sambal.

Hal yang membuat Sego Sambel Mak Yeye digemari banyak orang adalah rasa sambelnya yang super pedas dan khas. Jangan mengaku penggemar pedas jika belum mencoba Sego Sambel Mak Yeye.

Warung yang buka jam 10 malam ini terletak di Jalan Jagir Wonokromo Wetan nomor 12 dan berada di sebelah utara pusat perbelanjaan Darmo Trade Center (DTC).