Tempat main anak di lembang

Posted on

3. RAINBOW GARDEN

Aneka macam bunga berwarna warni seperti pelangi yang disukai oleh anak anak, dapat dijadikan latar belakang spot photo yang bagus. Tempat wisata Lembang ini terdapat di dalam wahana Floating Market. 

Berbagai koleksi jenis bunga dapat dilihat dan dinikmati di area kawasan ini. 

5. ORCHID FOREST CIKOLE

Tempat wisata yang satu ini berthemakan wisata hutan. Cocok untuk program pengenalan alam dan lingkungan pada anak anak usia dini.

Grafika Cikole Lembang merupakan kawasan wisata outbound yang cukup lengkap di dareah Lembang Bandung. Berada di area seluas 9 HA, tempat wisata anak di Lembang ini memiliki berbagai sarana dan aktifitas seru untuk beraktiftas di alam terbuka.

7. DE RANCH LEMBANG

Konsep wisata dengan thema berkuda, bisa jadi salah satu pilihan untuk membangun kemandirian anak. Aktifitas dengan olah raga berkuda ini, bisa dicoba untuk menstimulasi kemampuan anak melalui aktifitas berkuda di De Ranch Lembang. 

9. DUSUN BAMBU

Ingat salah satu fim hobbit dengan rumah yang mungil ? Anak anak pasti akan senang saat bermain untuk bermain di rumah yang unik sekaligus berphoto selfi. 

TEMPAT WISATA ANAK DI LEMBANG | Penuh Dengan Muatan Edukasi
Tempat wisata yang cocok sebagai destinasi outbound anak ini memiliki atmosfer ala Eropa dengan banyaknya spot keren buat foto-foto. Anda bisa melakukan banyak hal di sini, seperti bermain di kandang hewan (biri-biri, landak, kelinci, sapi, burung, dan masih banyak lagi).

Anak anak bisa juga menyewa kostum ala Eropa yang dikenakan biaya 75.000/jam. Sedangkan untuk bisa masuk ke Farm House Anda perlu membayar 25.000 saja per orang. Farm House Susu Lembang berada di Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang.

  • Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat 
  • Nomor Telepon: (022) 4262815 
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-20.00 WIB 
  • Harga Tiket Masuk: Sekitar Rp 25.000 per orang

11. WONDER LAND LEMBANG

Ingin berwisata kuliner sambil berkegiatan wisata imaginasi? Kini di Lembang tersedia wahana baru berupa wisata ke negeri imaginasi WONDER LAND.
 TEMPAT WISATA ANAK DI LEMBANG | Penuh Dengan Muatan Edukasi alt
Aktiftas yang dapat dilakukan bersama keluarga ini, anak anak dapat bermain dan merasakan sensasi berada di negeri imaginasi, berphoto di Avatar, Negeri Liliput, dsb.

Kita juga akan merasakan sensasi di negeri bersalju serta suasana malam hari dengan lampu warna warni.  Sementara anak anak ber aktifitas, orang tua dapat menunggu sambil menikmati kuliner yang dijajakan di area Tahu Lembang.

Ingin mencoba merasakan sensasi di Wonder Land, negeri imaginasi ? Anda bisa masuk ke lokasi ini dengan Tiket sekitar Rp. 35.000,-/orang

  • Alamat : Jl Raya Lembang, kabupaten Bandung Barat
  • Jam OPerasional setiap haro 10.00- 21.00 WIB

12. THE GREAT ASIA AFRICA

Wahana wisata The Great Asia Africa, tergolong lokasi wisata anak terbaru di Lembang. Dengan mengadopsi sejarah Asia Africa, di lokasi wisata yang dekat dengan Farm House Susu Lembang ini, kita akan mengenal budaya negara negara Asia Africa
 TEMPAT WISATA ANAK DI LEMBANG | Penuh Dengan Muatan Edukasi alt

Ingin berwisata kuliner sambil berkegiatan wisata imaginasi? Kini di Lembang tersedia wahana baru berupa wisata ke negeri imaginasi WONDER LAND.Aktiftas yang dapat dilakukan bersama keluarga ini, anak anak dapat bermain dan merasakan sensasi berada di negeri imaginasi, berphoto di Avatar, Negeri Liliput, dsb.Kita juga akan merasakan sensasi di negeri bersalju serta suasana malam hari dengan lampu warna warni. Sementara anak anak ber aktifitas, orang tua dapat menunggu sambil menikmati kuliner yang dijajakan di area Tahu Lembang.Ingin mencoba merasakan sensasi di Wonder Land, negeri imaginasi ? Anda bisa masuk ke lokasi ini dengan Tiket sekitar Rp. 35.000,-/orangWahana wisata The Great Asia Africa, tergolong lokasi wisata anak terbaru di Lembang. Dengan mengadopsi sejarah Asia Africa, di lokasi wisata yang dekat dengan Farm House Susu Lembang ini, kita akan mengenal budaya negara negara Asia Africa

Di The Great Asia Africa Lembang, anak anak bisa menikmati liburan ke tujuh negara sekaligus Selain menampilkan bangunan ikonik dari tujuh negara yang ada di Benua Asia dan Afrika, The Great Asia Africa Lembang juga menyajikan budaya dan kuliner khas masing-masing negara.
Untuk masuk ke tempat wisata The Great Asia Africa, kalian akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 50.000,- / per orang.

  • Alamat : Jl Raya Lembang, kabupaten Bandung Barat
  • Jam Operasional setiap hari 08.00- 20.00 WIB

13. NATURAL HILL LEMBANG

Bila anda mencari tempat wisata di daerah Parongpong Lembang, anda bisa memilih Natural Hill sebagai salah satu alternatif untuk kegiatan outbound anak. Sebelumnya Natural Hill Lembang lebih dikenal dengan tempat retreat di Lembang. Kini area Natural Hill Lembang mulai berbenah dengan mengangkat thema tokoh kartun yang disukai anak – anak.
 TEMPAT WISATA ANAK DI LEMBANG | Penuh Dengan Muatan Edukasi alt
Icon dalam film kartun di buat di beberapa lokasi di area wisata berkonsep alam di Natural Hill Lembang, melengkapi fasilitas outbound lainnya yang cocok untuk outbound anak.

Untuk melengkapi aktifitas wisata anak anak, Natural Hill Lembang menyediakan kemasan program edukasi yang difasilitasi oleh EO Spinach Indonesia. Beberapa program yang disesuaikan dengan aktifitas outbound anak ini dikemas dalam bentuk paket Edukasi berupa harmonisasi angklung, tangkap ikan, belajar mencangkok kaktus hias, bermain dengan hamster, dsb. Untuk harga yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis paket yang akan diambil.

Tempat wisata Natural Hill Lembang, tersedia juga beberapa wahana outbound adventure khusus anak. Ingin mengajak wisata outbound  anak sekaligus berkegiatan outbound, pastikan Natural Hill sebagai pilihan Anda.

  • Alamat : Cisarua Lembang
  • Jam Operasional setiap hari 08.00-17.00 WIB

14. NEGERI LABU LEMBANG

Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri, karena rumah tersebut ada di Farm House Susu Lembang. Walapun belum lama dibangun, popularitas Farm House langsung melejit karena keantusiasan para pengunjung.Tempat wisata yang cocok sebagai destinasi outbound anak ini memiliki atmosfer ala Eropa dengan banyaknya spot keren buat foto-foto. Anda bisa melakukan banyak hal di sini, seperti bermain di kandang hewan (biri-biri, landak, kelinci, sapi, burung, dan masih banyak lagi).Anak anak bisa juga menyewa kostum ala Eropa yang dikenakan biaya 75.000/jam. Sedangkan untuk bisa masuk ke Farm House Anda perlu membayar 25.000 saja per orang. Farm House Susu Lembang berada di Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang.Tempat wisata di Lembang ini mulai dibuka pada akhir bulan November 2019 lalu dan sempat viral di media sosial. The Great Asia Africa Lembang sendiri merupakan tempat wisata di Lembang yang menggusung konsep edukasi budaya.Di The Great Asia Africa Lembang, anak anak bisa menikmati liburan ke tujuh negara sekaligus Selain menampilkan bangunan ikonik dari tujuh negara yang ada di Benua Asia dan Afrika, The Great Asia Africa Lembang juga menyajikan budaya dan kuliner khas masing-masing negara.Untuk masuk ke tempat wisata The Great Asia Africa, kalian akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 50.000,- / per orang.Bila anda mencari tempat wisata di daerah Parongpong Lembang, anda bisa memilih Natural Hill sebagai salah satu alternatif untuk kegiatan outbound anak. Sebelumnya Natural Hill Lembang lebih dikenal dengan tempat retreat di Lembang. Kini area Natural Hill Lembang mulai berbenah dengan mengangkat thema tokoh kartun yang disukai anak – anak.Icon dalam film kartun di buat di beberapa lokasi di area wisata berkonsep alam di Natural Hill Lembang, melengkapi fasilitas outbound lainnya yang cocok untuk outbound anak.Untuk melengkapi aktifitas wisata anak anak, Natural Hill Lembang menyediakan kemasan program edukasi yang difasilitasi oleh EO Spinach Indonesia. Beberapa program yang disesuaikan dengan aktifitas outbound anak ini dikemas dalam bentuk paket Edukasi berupa harmonisasi angklung, tangkap ikan, belajar mencangkok kaktus hias, bermain dengan hamster, dsb. Untuk harga yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis paket yang akan diambil.Tempat wisata Natural Hill Lembang, tersedia juga beberapa wahana outbound adventure khusus anak. Ingin mengajak wisata outbound anak sekaligus berkegiatan outbound, pastikan Natural Hill sebagai pilihan Anda.

KOMPAS.com – Bagi wisatawan yang suka berlibur ke Bandung, Jawa Barat, tentunya tidak asing dengan kawasan Lembang. Kota ini berada di dataran tinggi kawasan utara Bandung sehingga mempunyai udara sejuk khas pegunungan. 

Lembang juga mempunyai banyak destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan. Sejumlah wisata di Lembang itu ramah anak-anak sehingga bisa menjadi destinasi libur panjang bersama keluarga. 

Baca juga: 42 Tempat Wisata di Lembang, Lihat Pemandangan Kota dari Ketinggian

Berikut Kompas.com rekomendasikan 20 wisata Lembang untuk libur panjang, serta bisa mengajak anak-anak:

1. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo adalah kebun binatang yang dipadukan dengan konsep taman bermain. Luasnya mencapai 20 hektar. 

Terdapat sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo, lengkap dari berbagai jenis herbivora, karnivora, dan omnivora.

Dengan memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain, obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. 

Lembang Park & Zoo mempunyai banyak spot foto instagramable. Pengunjung sebaiknya jangan melewatkan untuk berfoto di Bird Aviary atau sangkar burung raksasa dan Restoran Mari Makan.

Baca juga: Harga Tiket Lembang Park & Zoo dan Rute Menuju ke Sana

Setelah lelah berkeliling, kamu dan keluarga bisa duduk santai menikmati kuliner di Neko Cat Cafe dan Quagga Green Cafe. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

2. Fairy Garden by The Lodge

Anak-anak pastinya menyukai suasana negeri dongeng. Nah, wisata Fairy Garden by The Lodge ini sangat cocok bagi anak-anak. 

Fairy Garden mengusung konsep negeri dongeng, sehingga  didesain menyerupai negeri para peri, mulai dari kostum petugas, bangunan kastel, properti, dan taman. 

Fairy Garden di Lembang, Bandung (Dok. Fairy Garden by The Lodge) Fairy Garden di Lembang, Bandung (Dok. Fairy Garden by The Lodge)

Fairy Garden di Lembang, Bandung (Dok. Fairy Garden by The Lodge)

Mengutip laman Fairy Garden by The Lodge, wisata mengajak anak belajar mengeksplorasi indera mereka dan menuangkan kreativitasnya dengan berbagai aktivitas. 

Fairy Garden mempunyai empat tema utama yang mengusung berbagai kegiatan yang berbeda-beda. Meliputi, seni dan kriya, belajar dan menghias tanaman, membaca buku dan mendengarkan dongeng, serta belajar memberi makan pada hewan. 

Baca juga: 5 Tempat Makan di Lembang dengan Pemandangan Alam

Lokasinya berada di Jalan Maribaya km 3, RW 9, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

3. Farm House Lembang

Destinasi wisata yang satu ini tentunya sangat familier di kalangan wisatawan. Farm House Lembang menyediakan paket komplet untuk wisata bersama keluarga termasuk anak-anak kecil. 

Farm House Lembang

Shutterstock

Farm House Lembang

Farm House Lembang

Mengutip Kompas.com, Senin (24/09/2018), Farm House Lembang menawarkan wisata edukasi dan bermain bersama satwa. Bagi yang suka berfoto, ada sejumlah spot Instagramable. 

Baca juga: Farmhouse Lembang Bandung: Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju ke Sana

Sebut saja, bangunan-bangunan bergaya Eropa dan rumah hobbit seperti di film The Lord of the Rings. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

4. Floating Market

Floating Market merupakan ikon wisata Lembang yang menyajikan pengalaman berbelanja di pasar terapung. 

Pengunjung menaiki sampan berkeliling danau di Floating Market Lembang, Selasa (13/12/20015)

KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN

Pengunjung menaiki sampan berkeliling danau di Floating Market Lembang, Selasa (13/12/20015)

Pengunjung menaiki sampan berkeliling danau di Floating Market Lembang, Selasa (13/12/20015)

Seperti namanya, dilansir Kompas.com, wisatawan dapat berbelanja berbagai sajian makanan yang dijajakan dari atas perahu. Selain itu, ada juga beragam fasilitas dan wahana yang dapat menghibur keluarga.

Floating Market ini menyediakan wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Floating Market Lembang, Bisa Berkuda

Jadi, wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi saat libur panjang bersama anak-anak kecil. Lokasinya berada Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

5. De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang mengusung konsep tempat wisata keluarga, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. De’Ranch Lembang menawarkan liburan dengan suasana perkampungan koboi di negara bagian barat. 

De?Ranch Lembang Lembang, Bandung (Dok. De?Ranch Lembang) De?Ranch Lembang Lembang, Bandung (Dok. De?Ranch Lembang)

De?Ranch Lembang Lembang, Bandung (Dok. De?Ranch Lembang)

Mengutip laman resminya, De’Ranch Lembang awalanya adalah  tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah. Tempat seluas 5 hektar ini akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Jika kamu mengajak si kecil, maka mereka bisa menunggangi kuda lengkap dengan kostum dan topi khas koboi.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Lembang Bandung ala Eropa, Foto ala Noni Belanda

De’Ranch Lembang juga memiliki berbagai wahana permainan dan rekreasi lain, seperti kolam pancing, panahan, dan restoran. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

6. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika mengajak pengunjung untuk ‘berkeliling’ ke tujuh negara tanpa harus harus keluar negeri. 

Mengutip Kompas.com, Minggu (19/07/2020), terdapat miniatur destinasi wisata terkenal dari tujuh negara di The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika rekomendasi tempat wisata di Bandung.

Instagram @thegreatasiaafrica.id

The Great Asia Afrika rekomendasi tempat wisata di Bandung.

The Great Asia Afrika rekomendasi tempat wisata di Bandung.

Adapun negara-negara yang ditampilkan berasal dari benua Asia dan Afrika. Sesuai namanya, pengunjung bisa melihat beberapa ikon terkenal dari Indonesia, Thailand, Korea Selatan, Jepang, India, serta negara dari benua Afrika dan kawasan Timur Tengah.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Lembang, Seru buat Liburan Bareng Keluarga

Selain itu, pengunjung bisa mencoba pakaian tradisional negara tersebut. Jadi selain melepas penat, kamu bisa mengajarkan kebudayaan berbagai negara di The Great Asia Afrika.

Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang-Bandung Nomor 71, Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang

7. Orchid Forest

Orchid Forest menawarkan pengalaman berlibur di tengah hutan pinus yang berjajar rapi. Sembari berwisata, kamu bisa mengenalkan anak-anak dengan alam. 

Orchid Forest Cikole bisa menjadi alternatif tempat wisata Lembang jika kamu berlibur ke Bandung.

Instagram @orchidforestcikole

Orchid Forest Cikole bisa menjadi alternatif tempat wisata Lembang jika kamu berlibur ke Bandung.

Orchid Forest Cikole bisa menjadi alternatif tempat wisata Lembang jika kamu berlibur ke Bandung.

Mengutip Kompas.com (20/1/2022), sda sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di Orchid Forest yang bisa dilakukan bersama buah hati.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Orchid Forest Cikole Lembang dan Jam Buka

Misalnya, mini golf, bermain bersama kelinci, dan menunggang kuda. Lokasinya berada di Genteng, Cikole, Kecamatan Lembang.

8. Lembang Wonderland

Lembang Wonderland menawarkan pengalaman bermain yang seru kepada anak-anak. Mengutip Kompas.com (11/8/2020), ada banyak wahana yang dapat dinikmati wisata. 

Tempat wisata Lembang Wonderland yang memiliki banyak spot Instagramable.

dok. Instagram Lembang Wonderland

Tempat wisata Lembang Wonderland yang memiliki banyak spot Instagramable.

Tempat wisata Lembang Wonderland yang memiliki banyak spot Instagramable.

Misalnya, Snow Village yang didesain sedemikian rupa sehingga wisatawan bisa merasakan seperti berada di Kutub Utara. Selain itu, wahana tak kalah uniknya adalah Sweet Field, Magic Forest, dan Taman Ice Cream. 

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Lembang Wonderland Terbaru

Tak hanya ramah anak-anak, wahana di Lembang Wonderland ini bisa menjadi latar belakang foto Instagramable. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang nomor 177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

9. The Lodge Maribaya

Jika ingin mendekatkan anak-anak dengan alam, kamu bisa menjajal wisata The Lodge Maribaya. Obyek wisata ini merupakan wisata alam yang menyediakan fasilitas berupa glamorous camping atau glamping. 

The Lodge Maribaya, Jawa Barat DOK. Thelodgemaribaya.com The Lodge Maribaya, Jawa Barat DOK. Thelodgemaribaya.com

The Lodge Maribaya, Jawa Barat DOK. Thelodgemaribaya.com

Mengutip Kompas.com (27/9/2021), selain glamping, The Lodge Maribaya juga memiliki wahana lain yang menarik untuk dicoba wisatawan.

Ada ayunan tinggi di wahana Valley Swing, Mountain Swing, dan Extreme Swing. Adapula wahana yang menantang adrenalin, yaitu Zip Bike dan Gantole. 

Baca juga: Main Seluncuran Gravitasi Tanpa Mesin di Lembang, Mau Coba?

Wisatawan juga bisa menaiki balon udara atau mencoba berjalan di atas jembatan kaca yang tinggi, maupun berfoto di  Sky Tree dan Bamboo Sky. Lokasinya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang. 

10. Jungle Milk Lembang

Jungle Milk Lembang merupakan tempat wisata alam yang menyediakan area camping luas. Kamu bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk bermalam di alam terbuka.

Jungle Milk Lembang

Instagram @ junglemilklembang

Jungle Milk Lembang

Jungle Milk Lembang

Mengutip Kompas.com (13/1/2022), obyek wisata ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain camping, Jungle Milk Lembang juga menyediakan fasilitas piknik di tengah hutan pinus. 

Baca juga: 11 Tips Wisata ke Jungle Milk agar Nyaman dan Menyenangkan

Uniknya, piknik di Jungle Milk Lembang akan ditemani kuda dan sapi terlatih yang dilepaskan di alam bebas. Lokasinya berada di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat. 

11. Dago Bakery Punclut 

Apa kamu ingin merasakan sensasi menyantap makanan dengan suasana Eropa klasik? Tak perlu jauh-jauh ke Benua Biru, kamu bisa mendapatkan pengalaman tersebut di Dago Bakery Punclut. 

Dago Bakery Lembang.

Dok. Dago Bakery

Dago Bakery Lembang.

Dago Bakery Lembang.

Mengutip laman Dago Bakery, restoran ini didesain menyerupai kastel Eropa bergaya klasik bak negeri dongeng. Bangunan kastel didominasi warna abu-abu tua, sehingga menambah kesan megah dan elegan. 

Baca juga: Panduan Wisata ke Dago Bakery Punclut, Menu Makanan hingga Rute

Selain bangunan kastel Eropa klasik, masih banyak spot foto Instagramable lainnya di Dago Bakery Punclut. Pengunjung bisa berfoto di ruang terbuka berlatar pemandangan Kota Bandung. 

Spot foto lainnya adalah dua lampu berbentuk menyerupai Supertree Grove di Gardens By The Bay, Singapura versi kecil dan anjungan kapal lengkap dengan roda kemudinya. Lokasinya berada di Jalan Pagermaneuh nomor 57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

12. Sarae Hills

Sarae Hills menawarkan pengalaman wisata ‘berkeliling’ dunia di area World of Wonders (WOW). Mengutip Kompas.com (1/3/2022), area  World of Wonders tersebut memiliki berbagai bangunan ikonik dari berbagai belahan dunia. 

Sarae Hills

Instagram @sarae.hills

Sarae Hills

Sarae Hills

Sebut saja, Arc de Triomphe, Menara Eiffel, Patung Liberty, Sphinx, Pyramid Giza, dan Amphitheatrum Flavium. Selain mengenalkan bangunan ikonik itu kepada anak-anak, tentunya wisatawan bisa menjadikannya latar belakang foto Instagramable. 

Baca juga: Itinerary Seharian di Lembang dan Sekitarnya, Wisata ke Tempat ala Luar Negeri

Jika ingin beristirahat, kamu bisa mampir sejenak ke kafe yang berkonsep ala Santorini. Bangunan kafe didesain menyerupai bangunan di Santorini, yaitu berwarna putih dan biru. Lokasinya berada di Jalan  Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang. 

13. Hutan Menyala 

Hutam Menyala sebetulnya adalah Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda yang bertransformasi menjadi area petualangan fantasi pada malam hari.

Hutan Menyala Disponsori oleh Bank BJB

Dok. Hutan Menyala Tahura Djuanda

Hutan Menyala Disponsori oleh Bank BJB

Hutan Menyala Disponsori oleh Bank BJB

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (20/12/2021), Tahura Djuanda merupakan sebuah hutan yang menjadi lokasi konservasi dan kebun raya di Bandung yang membentang dari wilayah Dago Pakar hingga Maribaya di Lembang.

Saat ini, Tahura Djuanda menjadi lokasi program wisata alam Hutan Menyala pada malam hari.

Obyek wisata ini menawarkan pengalaman audio visual di tengah hutan menggunakan hiasan lampu LED dan video mapping untuk menciptakan efek penuh warna.  

Baca juga: 5 Penginapan di Lembang dan Sekitarnya, Cocok untuk Akhir Pekan

Jadi, wisatawan bisa menjelajahi area hutan, sembari mendengar alunan musik. Lokasinya berada di Jalan Maribaya, Cibodas, Lembang. 

14. D’Dieuland

D’Dieuland menawarkan sejumlah fasilitas wisata kepada pengunjung. Mengutip Kompas.com (23/4/2022), ada spot foto Instagramable seperti jembatan hias lampung gantung yang berbentuk unik. 

D'dieuland di Lembang, Bandung.

Instagram @d.dieuland

D’dieuland di Lembang, Bandung.

D’dieuland di Lembang, Bandung.

Pengunjung juga bisa menikmati panorama Kota Bandung dari ketinggian serta hamparan perbukitan. Ada pula fasilitas outbond untuk anak-anak, seperti flying fox. 

Baca juga: 4 Aktivitas Menarik Saat Berkunjung ke Tenda Dibawah Bintang di Lembang

Lokasinya berada di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmanah, Lembang, Kabupaten Bandung

15. Lereng Anteng 

Obyek wisata ini masih berada di kawasan wisata Punclut. Wisatawan yang berkunjung bisa menikamti panorama pepohonan dan perbukitan hijau yang masih asri.

Lereng Anteng

https://www.instagram.com/lerenganteng/

Lereng Anteng

Lereng Anteng

Lereng Anteng juga menyediakan spot-spot Instagramable bagi pengunjung untuk berfoto. Lokasinya berada di Kampung Pageurmaneuh, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

16. Rumah Belanda

Rumah Belanda merupakan tempat wisata yang menawarkan sensasi pergi ke Belanda. Mengutip Kompas.com (15/11/2020), Rumah Belanda merupakan taman bunga, retoran, sekaligus tempat rekreasi yang mengusung konsep bergaya Negeri Kincir Angin. 

Rumah Belanda Bandung, Lembang, Bandung Barat

dok. Rumah Belanda

Rumah Belanda Bandung, Lembang, Bandung Barat

Rumah Belanda Bandung, Lembang, Bandung Barat

Dekorasi dibuat menyerupai Belanda seperti kincir angin, rumah klompen, dan patung sepatu klompen. Rumah Belanda ini sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. 

Baca juga: 5 Ide Tempat Wisata di Lembang yang Cocok Dikunjungi Bersama Anak-anak

Rumah Belanda menyediakan fasilitas seperti restoran, taman bunga, studio foto, toko suvenir Belanda, dan playground. Lokasinya di Jalan Raya Maribaya Sukamaju RT 03, RW 04, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

17. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu, atau lebih dikenal sebagai Tangkuban Perahu merupakan obyek wisata alam yang penuh pesona. Mengutip Kompas.com (27/7/2019), gunung dengan tinggi 2084 mdpl ini tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif. 

Tangkuban Perahu sangat dekat dengan legenda Sunda, yaitu Sangkuriang. Cerita ini mengisahkan terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu. 

Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat.

SHUTTERSTOCK/Raga Genta

Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat.

Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat.

Salah satu pesona gunung ini adalah memiliki sembilan kawah. Meliputi, Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak. 

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Gunung Tangkuban Parahu

Tiga kawah terbesar dengan diameter sekitar 500 meter menjadi tujuan utama wisata, yakni Kawah Ratu, Domas, dan Upas. Namun, terkadang kawah-kawah tersebut mengeluarkan gas beracun. Lokasinya berada di Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

18. Kebun Bunga Begonia 

Kebun Bunga Begonia menyajikan tanaman hias beraneka ragam. Tentunya, bunga begonia merupakan ikon utama obyek wisata ini.

Kebun Begonia, Lembang.

SHUTTERSTOCK/NIAICHI IMAGES

Kebun Begonia, Lembang.

Kebun Begonia, Lembang.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/10/2020), sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain flying fox, berkuda, memetik sayur, dan bermain paint ball.

Kebun Bunga Begonia juga memiliki fasilitas kebun sayur, restoran dan kafe, toko suvenir, area parkir, mushala, toilet, dan lainnya.

Baca juga: 5 Hotel di Lembang Harga di Bawah Rp 500.000, Cocok untuk Keluarga

Obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

19. Dago Dreampark

Dago Dreampark membawa konsep tiga kebudayaan sekaligus yaitu Jawa, Sunda dan Bali. Mengutip Kompas.com, (19/7/2020), obyek wisata seluas 13 hektar ini memiliki ragam fasilitas dan wahana menarik. 

Spot foto di Dago Dreampark yaitu Up House.

Dokumentasi Dago Dreampark

Spot foto di Dago Dreampark yaitu Up House.

Spot foto di Dago Dreampark yaitu Up House.

Ada aneka outbond, restoran, dan penginapan. Ada pula spot foto Instagrammable, yakni Jembatan Kupu-kupu, Aladdin Carpet, Kuda Kencana, Sky Tree, Up House, serta Spot Foto Gratis Bunga, Love Seat, Sky Bike, dan Magic Selfie Dago Dreampark. 

Baca juga: Aktivitas, Jam Buka, dan Tiket Masuk Dago Dreampark Bandung

Ada pula dua wahana lain yang menawarkan atraksi naik perahu di atas danau kecil, yaitu Battleship dan wahana Hover Kart, semacam sepeda kecil menyerupai mobil go-kart. 

20. Grafika Cikole

Wisata ini dikelilingi hutan pinus serta berada di dataran tinggi. Pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seru, seperti camping,  kuliner, dan outbound. 

Grafika Cikole Lembang

SHUTTERSTOCK/Casa nayafana

Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole Lembang

Kawasan ini cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak. Dengan suasana yang tenang dan sejuk, Grafika Cikole juga menjadi destinasi yang cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat. 

Baca juga: Lembang Wonderland, Tempat Wisata Hits dan Instagramable di Bandung

Lokasinya berada di Jalan Tangkuban Perahu km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.