Tempat wisata alam keluarga di jogja

Gundana

Bikin si kecil hepi dengan membawanya ke tempat wisata keluarga di Jogja ini!

Enggak hanya bagi orang dewasa, anak-anak pun bisa bahagia liburan di Jogja. Apalagi kalau mereka diajak ke salah satu dari sekian banyak tempat wisata keluarga di Jogja yang cocok untuk anak-anak, seperti taman hiburan dan museum interaktif!

Nah, kalau kamu berencana untuk liburan di Jogja dengan membawa anak-anak, sempatkan untuk mengunjungi salah satu tempat wisata keluarga Jogja di dalam daftar ini deh. Dijamin, anak-anak akan merasa bahagia dan betah liburan di Jogja!

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Jogja

  1. Sindu Kusuma Edupark

  2. Aqua Splash

  3. Taman Pelangi

  4. Kids Fun Parcs

  5. Yogya Gokart

  6. Funworld Arena

  7. Zooland by Terrazone

  8. Taman Pintar

  9. Jogja Bay Waterpark

Rental Mobil di Jogja Biar Liburan Keluarga Makin Nyaman

Kalau liburan di Jogja bersama keluarga, pastikan kamu memesan

rental mobil di Klook

agar keluarga bisa jalan-jalan dengan nyaman! Kamu bisa memesan rental mobil lepas kunci di Klook langsung lewat aplikasi di smartphone, tanpa perlu deposit.

Mobil bisa kamu bawa ke manapun di area Jogja dan sekitarnya, dengan jarak tempuh maksimal mencapai 600 km. Kamu pun bisa liburan dengan nyaman dan bebas karena menyetir sendiri dan satu mobil hanya diisi oleh keluargamu sendiri. Untuk informasi selengkapnya, baca artikel ini.

Kamu juga bisa sewa mobil dengan driver di Jogja, jika memang tidak ingin menyetir mobil sendiri. Klik link berikut ini untuk memesannya:

1. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark (SKE) adalah sebuah taman hiburan di Jogja yang mengangkat konsep taman bermain sekaligus edukasi di satu tempat. Ada banyak wahana permainan di sini, termasuk bianglalanya yang terkenal, Cakra Manggilingan, yang punya tinggi 48 meter.

Karena ketinggiannya ini, kamu bisa melihat gak cuma area SKE aja, tapi juga sebagian kota Jogja dan bahkan Gunung Merapi juga!

Selain itu, Sindu Kusuma Edupark juga punya berbagai wahana lain seperti Bioskop 8D, Montor Tumbur, Panggon Lunjak, Kursi Mabur, Taman Lampu, hingga House of Terror. SKE juga punya area edukasi seperti museum Omah Batik dan Omah Musik.

Harga tiket masuk Sindu Kusuma Edupark terbagi menjadi tiga jenis: tiket masuk saja, tiket masuk + Waterpark, dan Paket Lengkap atau tiket terusan. Klook sih sangat merekomendasikan Paket Lengkap karena dengan satu kali membayar saja, kamu bisa mengeksplor semua wahana di dalam Sindu Kusuma Edupark.

Jenis Tiket

Harga Tiket Normal

Harga Tiket di Klook

Tiket Masuk

Rp 20.000

Rp 15.000

Tiket Waterpark

Rp 33.000

Rp 30.000

Paket Lengkap

Rp 110.000

Rp 103.000

2. Kids Fun Parcs

Kids Fun Parcs adalah sebuah taman bermain di Piyungan, Bantul, yang punya beragam wahana permainan yang menyenangkan. Sesuai namanya, Kids Fun adalah tempat yang bakal bikin anak-anak bisa bermain dengan gembira, dari bumper car, komidi putar, hingga yang menantang seperti flying fox dan roller coaster!

Total ada 24 wahana reguler di Kids Fun, dan kamu bisa mencoba semuanya dengan satu tiket masuk saja. Anak-anak dijamin puas bermain di sini!

Oya, Kids Fun terletak di pinggir jalan raya Wonosari, jadi kamu bakal mudah banget menemukannya kok.

BACA JUGA:   13 Rekomendasi Wisata Ilomata River Camp

3. Aqua Splash

Aqua Splash adalah taman bermain air yang juga berada di area Kids Fun Parcs! Jadi jika anak-anak sudah puas bermain berbagai wahana di Kids Fun, mereka bisa langsung bermain air di Aqua Splash hanya dengan bergeser sedikit. Satu hari full di Kids Fun pun akan terasa menyenangkan buat mereka.

Harga tiket Aqua Splash juga relatif murah, kok, hanya Rp 25.000 untuk harga normal atau Rp 21.500 jika kamu membelinya lewat Klook. Tersedia juga paket tiket bundling Aqua Splash + Kids Fun Parcs dengan

harga yang super murah di Klook

4. Yogya Gokart

Enggak hanya Kids Fun Parcs dan Aqua Splash aja. Kids Fun juga punya area bermain

Yogya Gokart

yang berada di satu tempat yang sama di Jalan Wonosari KM 10. Inilah tempat di mana kamu dan keluarga bisa adu ketangkasan menyetir Gokart.

Untuk anak usia 6-12 tahun, bisa menggunakan Gokart Talon, sementara untuk anak yang lebih muda bisa naik Gokart Double bersama salah satu orang dewasa. Untuk usia 13 tahun ke atas, bisa mencoba Gokart Eagle yang max speednya mencapai 60km/jam.

Tiket masuk Yogya Gokart yang kamu beli sudah termasuk berbagai perlengkapan keselamatan yang memadai kok, jadi enggak perlu ragu untuk datang dan mencoba bermain Gokart.

5. Taman Pelangi

Taman Pelangi adalah sebuah taman hiburan yang dibangun di area Museum Monumen Yogya Kembali di Ring Road Utara. Uniknya, taman hiburan ini hanya buka sore hingga malam, karena memang daya tarik utamanya terletak pada paduan warna-warni lampu-lampu yang gemerlap di saat gelap, membuat area Monjali seperti pelangi di malam hari.

Enggak heran kalau taman hiburan ini pun jadi favorit banyak orang untuk mengambil berbagai foto cantik di malam hari. Tapi selain foto-foto, di sini kamu dan keluarga juga bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia kok, dari bola air, perahu dayung, rumah balon, trampoline, bom bom car, dan lainnya.

6. Taman Pintar

Foto: Aidil Akbar / Shutterstock.com

Agak berbeda dengan tempat lainnya di daftar ini, Taman Pintar adalah taman hiburan yang berbasis edukasi sains, yang dibangun dengan tujuan bukan hanya untuk menjadi tempat bermain anak-anak, tapi juga membangun ketertarikan mereka terhadap ilmu pengetahuan! 

Wahana-wahana di sini pun dibuat dengan peragaan-peragaan sains, misalnya saja Generator Van De Graaf yang bisa bikin rambut pengunjung seolah berdiri karena listrik statis yang dialirkan ke manusia. Eksperimen-eksperimen seperti ini bakal bikin anak-anak gak hanya terhibur, tapi juga jadi tertarik pada sains juga.

Di Taman Pintar, sains jadi terasa menyenangkan banget!

7. Jogja Bay Waterpark

Kredit Foto: Paramarta Bari / Shutterstock.com

Jogja Bay Waterpark adalah taman bermain air terbesar di Jogja, dengan luas mencapai 11 hektare dan mempunyai 19 wisata air. Taman ini juga punya tematik yang seru yaitu bajak laut, dengan berbagai unsur di dalamnya yang bakal bikin anak tertarik berlama-lama di sini.

Beberapa wahana yang seru di sini misalnya Memo Racer, perosotan di mana kamu bisa adu kecepatan dengan yang lain; Bekti Adventures, perosotan panjang yang membawa kamu ke banyak area Jogja Bay; dan Brando Boomeranggo yang bikin kamu meluncur dengan kecepatan tinggi.

Ingin yang lebih santai? Coba Mimi Family yang ramah anak banget, South Beach tempat ombak buatan bisa dirasakan setiap 1 jam sekali, atau susuri sungai di Donte Wild River.

8. Funworld Arena

Funworld Arena Jogja adalah taman bermain indoor di Hartono Mall Jogja, di mana anak-anak bisa bersenang-senang dengan berbagai wahana dan games yang tersedia. Ini adalah salah satu pilihan menghabiskan hari yang seru di dalam ruangan, apalagi games-games yang ada di Funworld enggak pernah membosankan.

Biar lebih hemat, kamu bisa membeli

BACA JUGA:   Taman keluarga tirta nirwana

voucher Funcard Top-up di Klook

, dengan harga hanya Rp 98.400 untuk top up sebesar Rp 125.000, dan Rp 200.000 untuk top-up sebesar Rp 250.000. Murah banget, kan?

Manfaatkan Kode Promo Spesial untuk Pengguna Baru Klook!

Bagi kamu yang baru akan menggunakan Klook untuk pertama kalinya, ada kabar gembira nih karena kamu bisa mendapatkan promo spesial untuk pengguna baru Klook!

Kamu bisa gunakan kode promo KLKBLOGNEW2021 untuk mendapatkan diskon 7% hingga Rp 50.000, tanpa minimal pembelian!

Kode promo ini hanya bisa digunakan oleh pengguna baru Klook yang belum pernah melakukan transaksi di Klook sebelumnya, dan terbatas hanya untuk 100 pengguna saja!

Jadi, segera

buat akun Klook kamu di sini

, lalu jangan lupa untuk gunakan kode promo di atas saat checkout untuk pertama kalinya.

Jakarta

Kota Sultan atau Kota Gudeg Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata. Berikut rekomendasi wisata alam Jogja yang menarik dan layak dikunjungi.

  • 1. Puncak Becici

    Tiket parkir Rp 3.000-Rp 10.000

Dari hutan pinus ini kamu bisa menyaksikan senja yang indah sekaligus romantis dan melihat pemandangan indahnya kota Yogyakarta dari ketinggian.

Kondisi Puncak Becici bulan Ramadhan 2019 yang cukup sepiPuncak Becici Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Puncak Becici Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom

Untuk memasuki kawasan ini, sini traveler hanya cukup membayar uang parkir saja Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 10.000 untuk mobil. Jangan lupa traveler mengabadikan moment liburan dari ketinggian ya.

Puncak Becici di Bantul pernah disinggahi Presiden AS Barack Obama 2017 silam. Puncak Becici berada di Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul atau 30 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Puncak Becici kamu bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Juga dari puncak kamu bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari atas sini. Kamu juga bisa menikmati kecantikan Candi Prambanan bagian utara dan pantai selatan di sini ya. Selain itu Sunset di Puncak Becici merupakan salah satu yang tercantik dan terbaik di Yogyakarta.

  • 2. Pinus Pengger

    Tarif Rp 3 ribu sampai Rp 20 ribu

Bantul punya satu hutan pinus yang Instagramable. Namanya Pinus Pengger. Tak hanya menawarkan pemandangan alam dari ketinggian, Pinus Pengger juga memiliki banyak spot foto yang Instagramable.

Untuk mencapai tempat wisata yang berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, pengunjung hanya perlu melakukan perjalanan darat sejauh 23 kilometer dari jantung Kota Yogyakarta ke Desa Mangunan, Dlingo.

Sesampainya di Mangunan, pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk arah ke kawasan hutan pinus. Pinus Pengger sendiri berlokasi tidak jauh dari puncak Becici. Pinus Pengger baru dibuka sejak bulan April tahun 2016.

Selain menawarkan pemandangan alam, di sini (Pinus Pengger) ada 7 spot foto dengan beragam bentuk telapak tangan, jempol, jembatan setengah lingkaran.

Objek wisata Tangan Raksasa Pinus Pengger di BantulObjek wisata Tangan Raksasa Pinus Pengger di Bantul Foto: Usman Hadi

Objek wisata Tangan Raksasa Pinus Pengger di Bantul Foto: Usman Hadi

  • 3. Bunker Kaliadem

Tempat wisata alam Jogja yang terletak di Sleman ini menyuguhkan keindahan alam yang sejuk, dingin serta seru. Di sini kamu bisa melihat langsung view keindahan di bawah Gunung Merapi.

Pencarian orang hilang di Bunker Kaliadem, Sleman, Jumat (23/2/2018).Bunker Kaliadem Foto: Ristu Hanafi/detikcom

Bunker Kaliadem Foto: Ristu Hanafi/detikcom

  • 4. Bukit Klangon

Bukit Klangon ini termasuk wisata yang baru yang sedang terkenal baru-baru ini. Meski baru dikenal obyek wisata ini sebenarnya sudah dibuka untuk umum pada tahun 2011 yang lalu, wisata ini menyajikan keidahan alam bawah lereng merapi dan bisa buat ngecamp juga loh.

Untuk biaya masuk anda hanya akan dikenakan biaya Rp 2.000 untuk kendaraan motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan mobil. oke cukup murah, bukan?

  • 5. Tirta Budi

Tempat wisata alam Jogja berikutnya adalah Pemandian Tirta Budi alias Blue Lagoon. Disebut Blue Lagoon karena airnya biru dan bening layaknya oase di padang pasir. Pemandian ini sendiri berupa kolam yang tidak begitu besar,ada pancuran kecil di tengahnya mengalir air dari batang bambu

Dulunya Pemandian ini biasa digunakan oleh warga sekitar untuk aktivitas sehari-hari, namun karena keindahan dari tempat ini akhirnya banyak orang yang berminat untuk berkunjung dan ikut mandi di sana.

Walau ukuran kolam di Blue Lagoon tidak besar, ada keunikan disini, yaitu adanya ikan-ikan kecil di dalamnya. Jika tubuh kita masuk dalam kolam ini, bersiaplah pasukan ikan-ikan kecil tersebut menghampiri. Eits, tapi tenang saja, ikan tersebut tidak mengerikan seperti ikan piranha lho, malah kita akan merasakan sensasi kulit kita digigit lembut mirip seperti terapi spa ikan.

Blue LagoonBlue Lagoon Foto: (Deva Septian/d’travelers)

Blue Lagoon Foto: (Deva Septian/d’travelers)

Pastinya mendapatkan pengalaman yang luar biasa jika berendam di Blue Lagoon. Selain merasakan airnya yang dingin dan menyegarkan, rimbun pepohonan di sekitar kolam makin menambah kesejukan dan keteduhan, cocok sekali menghilangkan lelah setelah seharian berkeliling Yogya.

Segarkan harimu di Blue Lagoon, surga tersembunyi ini ini adalah cara baru menikmati keindahan alam kota Yogyakarta. Jika tertarik untuk berkunjung, lokasi Blue Lagoon atau Pemandian Tirtabudi ada di Widodomartani, Ngemplak, Sleman.

Untuk menuju kesana bisa dilalui dari Jalan Kaliurang km 13 lalu di sekitaran Indomaret Besi, langsung belok kanan atau menuju timur, dari sana perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 5 km lagi untuk bisa menemukan Oase cantik tersembunyi ini di Yogya.

  • 6. Pantai Parangtritis

Menyebut wisata alam Jogja tak lengkap rasanya jika tak menyebut Pantai Parangtritis, di sini traveler bisa menikmati suasana pantai dansunsetnya yang asyik.

Pantai ini mempunyai keunikan dengan ombak ombak besar dan adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai, yang biasa disebut gumuk pasir. Konon, Pantai Parangkusumo yang berada di dekat Pantai Parangtritis menjadi lokasi pertemuan antara Raja Yogyakarta dengan Nyi Roro Kidul. Dipercayai, ada larangan untuk mengenakan baju hijau bagi turis saat mendatangi pantai itu.

Sunset di Pantai Parangtritis.Sunset di Pantai Parangtritis. Foto: (alvinzipo/d’Traveler)

Sunset di Pantai Parangtritis. Foto: (alvinzipo/d’Traveler)

  • 7. Tebing Breksi

Penikmat senja, cocok nih datang ke Tebing Breksi. Dari puncaknya, traveler dapat melihat matahari yang kembali pulang ke peraduan sambil menikmati kerlap-kerlip lampu Kota Yogyakarta di malam hari. Selain itu, traveler juga dapat berfoto dengan latar batu kapur besar yang di dindingnya diukir tersebut.

Tebing Breksi terletak di Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Traveler dapat datang setiap hari mulai pukul 06.00-20.00 WIB. Harga tiketnya Rp 5-10 ribu.

  • 8. The Lost World Castle

Di sekitar Gunung Merapi terdapat objek wisata kekinian yaitu The Lost World Castle. Sama seperti namanya, traveler akan disuguhi pemandangan berbagai jenis benteng, mulai dari Benteng Takeshi hingga Tembok Besar China.

Selain itu, traveler juga akan merasakan sensasi berada di luar negeri karena di sana terdapat kebun bunga sakura khas Jepang. Kemudian traveler juga dapat menemukan rumah suku Indian serta berbagai kapal ikonik.

Objek wisata ini terletak di Jalan Patung Merapi, Desa Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. The Lost World Castle buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Harga tiketnya adalah Rp 30 ribu.

  • 9. SvargaBumi

Destinasi wisata SvargaBumi Borobudur tengah menarik perhatian publik. Di sana wisatawan disuguhi pemandangan sawah serta pegunungan. Objek wisata ini terletak tak jauh dari kawasan Candi Borobudur, Magelang. Yup, apalagi kalau bukan SvargaBumi. Di sini traveler dapat melihat hijaunya sawah sejauh mata memandang.

Serunya lagi, SvargaBumi ini menyediakan lebih dari 20 spot selfie. Selain itu ada pula gazebo dan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai.

SvargaBumi terletak di Dusun Ngaran dan Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Traveler cukup membayar Rp 25 ribu untuk dapat menikmati wisata ini sepuasnya.

SvargaBumi buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB di hari biasa. Sementara untuk Sabtu dan Minggu mulai pukul 06.30-18.00 WIB.

  • 10. Jurang Tembelan Kanigoro

Di kawasan Mangunan di Dlingo, Bantul, Anda bisa menyambangi tempat wisata lainnya yang punya banyak selfie spot. Jurang Tembelan Kanigoro, begitu namanya, berlokasi di dekat Kebun Buah Mangunan dan memiliki panorama lembah hijau.

Pihak pengelola telah membangun anjungan pandang (sekaligus selfie spot) berupa perahu yang menjorok ke jurang. Panorama matahari terbit di sini tak ada duanya!

Wisata Jurang Tembelan yang InstagramableWisata Jurang Tembelan Foto: Sri Wahyuni/d’traveler

Wisata Jurang Tembelan Foto: Sri Wahyuni/d’traveler

Nah itu dia 10 rekomendasi wisata alam Jogja, sebelum ke sana, perhatikan dulu jam operasionalnya ya.

Simak Video “

Saat Yogyakarta Macet Dikepung Wisatawan Libur Nataru


[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)

Also Read

Bagikan: