Tempat wisata keluarga jawa timur

Posted on

Mulai dari wisata alam hingga edukasi tersedia di Jawa Timu!

Jawa Timur adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia, maka dari itu tak mengeherankan bila Jawa Timur seringkali dipilih menjadi destinasi wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Provinsi Jawa Timur memiliki banyak sekali lokasi wisata yang populer dan menarik untuk dikunjungi Mama dan keluarga. Wisatanya pun lengkap, mulai dari gunung, pantai, budaya, dan museum, terdapat di sini.

Bagi Mama yang sedang ingin merencanakan liburan di daerah Jawa Timur, dibawah ini Popmama.com akan memberikan 11 rekomendasi tempat liburan keluarga di Jawa Timur yang khas banget dan nggak boleh dilewatkan.

1. Candi Penataran

1. Candi Penataran

lensaindonesia.com

Ingin mengenalkan anak pada Budaya Indonesia yang indah dan beragam? Maka cobalah mengajaknya ke Candi Penataran yang terletak di Kabupaten Lebar, dan tidak jauh dari Gunung Kelud. Kompleks candi yang dibangun oleh tiga generasi kerajaan ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur.

Yang menarik dari Candi Penataran ini adalah relief yang ada. Ada beberapa cerita pada relief yang mengisahkan Anoman Obong, kehidupan zaman kerajaan, dan beberapa relief bergambar bangsa asing.

Untuk masuk ke kawasan tempat wisata di Jawa Timur ini, tidak diberlakukan biaya masuk. Mama dan keluarga cukup memberikan donasi dan mengisi buku tamu.

Pada malam-malam purnama setiap empat bulan sekali, kerap diadakan pertunjukan seni di tengah candi dengan mendatangkan seniman dari pelosok negeri dan mancanegara.

Lokasi Candi Penataran ini terletak di Desa Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, 66181.

2. Desa Jodipan

2. Desa Jodipan

jejakpiknik.com

Desa Jodipan adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur yang populer di Malang, Jawa Timur.

Terletak tidak jauh dari Alun-Alun Kota Malang, Mama dan keluarga bisa mengunjungi Desa Jodipan dengan mudah saat liburan di kota yang identik dengan apel malangnya ini

Yang membuat Desa Jodipan ini menjadi populer adalah bangunan-bangunan warganya yang tinggal di sana, dicat berwarna-warni dengan lukisan mural di dinding serta dihiasi payung berwarna warni yang menjadi spot foto instagramable dan kekinian.

Maka tak heran, bila desa ini juga banyak disebut sebagai Kampung Pelangi.

Lokasi Desa Jodipan ini terletak di Gang 1, Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

3. Gunung Bromo

3. Gunung Bromo

malang.ayoindonesia.com

Membahas tentang tempat wisata Jawa Timur, tak akan lengkap jika tidak menyebut wisata alam Gunung Bromo. Menyaksikan pemandangan terbitnya matahari di Gunung Bromo harus termasuk pada rangkaian perjalanan di Jawa Timur

Bromo adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur paling populer dan jadi favorit banyak orang, karena pemandangannya yang indah dan akses yang cukup mudah.

Tak seperti naik gunung pada umumnya, di Bromo Mama dan keluarga bisa naik mobil jeep ke sana, lalu baru jalan menanjak sedikit ke puncak. Bahkan masyarakat lokal juga menyewakan kuda yang bisa Mama sewa untuk naik ke puncaknya.

Secara adminitratif, Gunung Bromo terletak di Podokoyo, Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

4. Jatim Park 1,2, dan 3

4. Jatim Park 1,2, 3

datawisata.com

Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 adalah taman bermain yang berada di Kota Batu, Malang. Taman bermain ini menawarkan beragam wahana yang unik dan cocok untuk anak-anak dan orang dewasa.

Ketiga area tersebut memiliki nuansa yang berbeda. Jika Mama mengunjungi Jatim Park 1, di sana Mama dan keluarga bisa bermain di aneka wahana yang disajikan.

Selanjutnya di Jatim Park 2, ada dua atraksi yang menarik. Pertama ada Batu Secret Zoo yang berisi banyak satwa dari berbagai dunia dan yang kedua adalah Museum Satwa yang berisi koleksi hewan yang telah mati dan diawetkan untuk keperluan edukasi.

Sedangkan di Jatim Park 3 ada beberapa zona di dalamnya, yaitu Little Amsterdam, Kampung Jepang, India, Korea, Forbidden City China, Dino Park, Zombie World dan masih banyak lagi. Selain berfoto, beberapa area memiliki atraksi permainan khusus.

Lokasi Jatim Park ini terletak di:

  • Jatim Park 1: Jl. Kartika No. 2. Kota Wisata Batu, Jawa Timur
  • Jatim Park 2:  Jl. Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Wisata Batu, Jawa Timur
  • Jatim Park 3: Jl. Raya Ir. Soekarno No.144, Beji Junrejo. Kota Batu, Jawa Timur 

Editors’ Picks

  • 10 Ciri-Ciri Anak Kurang Gizi, Jangan Abaikan Jika Gusi Mudah Berdarah
  • Cara Mengatasi Gigi Berlubang pada Anak Usia 3 Tahun
  • Kebutuhan Gizi Balita dan Anak Usia Sekolah yang Perlu Dipenuhi

5. Monumen Simpang Lima Gumul

5. Monumen Simpang Lima Gumul

tripadvisor.co.id

Mama mungkin sudah tak asing dengan monumen Arc de Triomphe yang menjadi ikon kota Paris, bukan? Nah jangan salah, di Indonesia juga ada monumen yang mirip dengan ikon kota Paris tersebut lho!

Yaitu Monumen Simpang Lima Gumul, yang kini menjadi ikon pariwisata Kediri. Bangunan ini diresmikan pada 2008 dan kini menjadi salah satu tempat nongkrong favorit keluarga dan anak-anak muda yang berlibur atau tinggal di Kediri.

Jika datang di sore atau malam hari, Mama dan keluarga dapat mengambil foto yang instagramable dan kekinian dengan latar belakang Monumen simpang lima Gumul yang dihiasi oleh lampu-lampu di sekitarnya.

Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul ini terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kediri Kabupaten, Jawa Timur.

6. Museum Angkut

6. Museum Angkut

baturafting.co.id

Museum Angkut adalah sebuaht pusat wisata di kawasan Kota Batu yang menunjukkan aneka koleksi kendaraan, mulai dari angkutan dari zaman kuno hingga modern. Di sana juga ada aneka sepeda, motor, mobil, hingga miniatur pesawat terbang.

Selain menawarkan aneka koleksi kendaraan, museum ini juga memiliki bagian bertema. Misalnya ada bagian yang didesain seperti kawasan Hollywood hingga Eropa Kuno.

Pada beberapa kesempatan Mama juga dapat menyaksikan parade yang mirip seperti karnaval.

Dengan koleksi kendaraan lebih dari 300 buah, kawasan Museum Angkut cocok untuk dijadikan tempat foto-foto bersama keluarga. 

Lokasi Museum Angkut ini terletak di  Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

7. Pantai Pasir Putih

7. Pantai Pasir Putih

indonesiakaya.com

Jika di atas sudah membahas tempat wisata pegunungan, museum, dan budaya, tak lengkap bila belum menambahkan tempat wisata pantai. Pantai Pasir Putih di Situbondo Jawa Timur, adalah destinasi wisata favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara

Pasir yang putih dan bersih membuat Mama beserta keluarga merasa nyaman berlama-lama di pantai ini. Selain itu, karena pasirnya putih, maka airnya terlihat sangat jernih. Sehingga si Kecil bisa mandi-mandi, bermain pasir, dan orangtua dapat menyegarkan kembali pikiran.

Lokasi Pantai Pasir Putih ini terletak di di kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

8. Pantai Plengkung

8. Pantai Plengkung

pantainesia.com

Selain Pantai Pasir Putih, di provinsi Jawa Timur juga ada Pantai Plengkung yang populer dengan ombaknya. Pantai ini seringkali menjadi pilihan bagi pengunjung yang menyukai kegiatan selencar, karena merema bisa menguji kemampuannya dengan menaklukan ombak besar di pantai ini. 

Dengan keindahan alam yang mempesona, Pantai Plengkung atau yang disebut sebagai G-Land ini menjadi salah satu pantai favorit di Jawa Timur. 

Pantai Plengkung berada di wilayah Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) yang merupakan taman nasional yang berada di wilayah bagian selatan Kabupaten Banyuwangi.

Lokasi Pantai Plengkung ini terletak di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

9. Situs Trowulan

9. Situs Trowulan

gojakarta.id

Selain Candi Panataran, kawasan purbakala paling menarik di Jawa Timur terletak di Trowulan Mojokerto. Dahulu kala, kawasan ini merupakan ibukota dari Majapahit hingga akhirnya hancur.

Di sini Mama dan keluarga akan melihat cukup banyak peninggalan situs budaya mulai dari candi, kolam segaran, hingga gapura yang konon menunjukkan rumah Gajah Mada.

Selain memiliki aneka situs budaya, pemerintah Mojokerto juga menjadikan desa di dekat candi menjadi kawasan wisata.

Bagian depan rumah penduduk dibangun sebuah ruangan mirip bangunan zaman kuno yang bisa digunakan sebagai toko atau tempat wisatawan bersantai saat lelah menjelajahi Trowulan.

Lokasi Situs Trowulan ini terletak di Jl. Candi Wringin Lawang No.26, Jatipasar, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur 61362

10. Taman Nasional Baluran

10. Taman Nasional Baluran

Nativeindonesia.com

Banyuwangi saat ini menjadi destinasi wisata yang populer selama beberapa tahun terakhir, dan Taman Nasional Baluran menjadi salah satu tempat liburan yang wajib dikunjungi bagi Mama dan keluarga yang berlibur ke Banyuwangi.

Di Taman Nasional Baluran, Mama akan menemukan lanskap alam yang berbeda dari yang biasanya dilihat di bagian Indonesia lainnya. Alih-alih hutan tropis yang lebat dengan barisan pepohonan, Taman Nasional Baluran punya padang sabana yang bakal mengingatkan pada lanskap Afrika.

Taman Nasional Baluran ini berada di area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Banyuputih, Kota Situbondo, Jawa Timur.

11. Telaga Sarangan

11. Telaga Sarangan

wisatabagus.com

Tempat wisata di Jawa Timur yang populer lainnya di kalangan wisatawan adalah Telaga Sarangan. Telaga ini memiliki pemandangan yang indah kerena di kelilingi bukit-bukit yang hijau, sehingga membuat suasananya jadi lebih sejuk dan asri.

Mama dan keluarga juga bisa naik kapal untuk mengitari danau yang mempunyai luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman kira-kira 28 meter. Selain menyajikan keindahan alamnya, fasilitas di kawasan Telaga Sarangan cukup lengkap.

Seperti tempat penginapan, rumah makan, area bermain anak-anak, pasar wisata belanja, tempat ibadah, taman, dan lain sebagainya.

Lokasi Telaga sarangan ini terletak di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Indonesia, 63361.

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat liburan keluarga di Jawa Timur yang harus banget Mama dan keluarga kunjungi ketika sedang berlibur di kawasan ini. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, agar liburannya tetap sehat dan menyenangkan ya!

Inilah berbagai tempat wisata Jawa Timur yang perlu kamu kunjungi!

Ketika membicarakan

destinasi wisata di Indonesia

, kamu mungkin akan langsung berpikir ke

Bali

Jogja

, atau

Labuan Bajo

, tiga destinasi wisata paling populer saat ini. Tetapi Klook juga sangat merekomendasikan kamu untuk mengeksplor berbagai tempat wisata Jawa Timur, yang ternyata punya banyak banget hidden gems yang seru untuk dikunjungi saat liburan!

Ada banyak banget objek wisata Jawa Timur seru yang bisa kamu kunjungi, baik di

Surabaya

, Madura,

Malang

, atau

Banyuwangi

. Mana aja yang Klook rekomendasikan untuk masuk dalam wishlist kamu dan kamu kunjungi untuk liburan selanjutnya?

Berikut daftarnya!

1. Gunung Bromo

Kredit Foto: Azhar Galih via Unsplash

Menyebut tempat wisata Jawa Timur enggak akan pernah lengkap kalau gak menyebut

Gunung Bromo

. Gunung ini adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur paling populer, dan jadi favorit banyak orang karena pemandangannya yang indah dan akses yang cukup baik.

Gak seperti naik gunung pada umumnya,

kamu gak perlu trekking hingga berjam-jam untuk sampai ke Kawah Bromo

karena kamu bisa naik mobil jeep ke sana, lalu baru jalan menanjak sedikit ke puncak.

Bahkan masyarakat lokal juga menyewakan kuda yang bisa digunakan wisatawan yang ingin ke puncak namun tidak cukup kuat untuk trekking ke atas.

Pastikan kamu melihat sunrise yang indah di Bromo, setidaknya sekali seumur hidup!

2. Kawah Ijen

Kredit Foto: Maksym Ivashchenko via Unsplash

adalah salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur sejak lama, tetapi tempat ini tengah naik popularitasnya dalam dua tahun terakhir. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen kini semakin ramai dikunjungi wisatawan karena akses yang sudah semakin baik.Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata populer di Jawa Timur sejak lama, tetapi tempat ini tengah naik popularitasnya dalam dua tahun terakhir. Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Kawah Ijen kini semakin ramai dikunjungi wisatawan karena akses yang sudah semakin baik.

Daya tarik utama Ijen tentu saja kawah birunya dan aktivitas penambangan belerang yang ikonik di sini. Belum lagi dengan daya tarik api biru – fenomena alam yang tak banyak bisa dilihat di tempat lainnya di dunia.

Untuk mengunjungi Kawah Ijen, cara terbaiknya adalah dengan tur dari Banyuwangi. Jarak Banyuwangi-Kawah Ijen yang relatif dekat (hanya sekitar 2 jam perjalanan) membuat kota di ujung timur Jawa ini pilihan yang lebih baik daripada Surabaya atau Malang.

Tetapi kalau kamu ingin mengunjungi Ijen dari Surabaya atau Malang pun, sekarang sudah ada tur yang bisa membawamu ke sana. Bahkan kamu bisa memesannya secara online melalui aplikasi Klook, lho!

3. Taman Nasional Baluran

Satu lagi alasan mengapa Banyuwangi menjadi begitu terkenal dalam beberapa tahun terakhir adalah

Taman Nasional Baluran

. Bersama Kawah Ijen, Baluran menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berlibur ke Banyuwangi. Meski berada di Kabupaten Situbondo, Baluran kini lebih dikenal sebagai destinasi wisata Banyuwangi karena letaknya yang hanya sekitar 1,5 jam perjalanan darat dengan mobil dari kota tersebut.

Di Taman Nasional Baluran, kamu akan menemukan lanskap alam yang bener-bener beda dari yang biasa kamu lihat di bagian Indonesia lainnya: alih-alih hutan tropis yang lebat dengan barisan pepohonan, Taman Nasional Baluran punya padang sabana yang bakal mengingatkan kamu pada lanskap Afrika.

Video klip Raisa yang berjudul Jatuh Hati juga syuting di Taman Nasional Baluran lho!

Cara terbaik mengunjungi Baluran adalah dengan mengikuti tur dari Banyuwangi. Tertarik mengunjungi Baluran?

Kamu juga bisa memesan paket turnya di Klook!

4. Air Terjun Tumpak Sewu

Memandangi air terjun adalah salah satu pengalaman yang akan membuat hati tenang, dan

Air Terjun Tumpak Sewu

adalah salah satu tempat wisata air terjun terbaik yang bisa kamu temukan di Jawa Timur!

Agak berbeda dengan air terjun pada umumnya, Tumpak Sewu cukup unik karena berbentuk lebar seperti tirai, karena aliran air Sungai Glidik yang melebar. Gak heran kalau banyak orang kemudian menyebut Air Terjun Tumpak Sewu seperti Niagara di Amerika Utara.

Terletak di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Air Terjun Tumpak Sewu bisa dicapai dengan berkendara mobil baik dari Malang maupun dari Surabaya. Jika kamu dari Surabaya, kamu juga bisa

mengikuti tur privat dari Klook

, yang akan mengajak kamu mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu dan Desa Jodipan di Malang.

5. Bukit Jaddih

Madura ternyata juga punya banyak tempat wisata alam yang menarik lho. Salah satunya adalah Bukit Jaddih, tambang kapur yang meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir karena pemandangannya yang Instagrammable.

Berada di wilayah Kabupaten Bangkalan, Bukit Jaddih berjarak sekitar 27 km dari Surabaya. Kalau kamu lagi liburan ke Surabaya, Klook saranin sih luangkan waktu satu hari untuk mengeksplor Pulau Madura dan berkunjung ke Bukit Jaddih!

Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti

Day Tour ke Madura dari Surabaya

. Diantar oleh pemandu lokal yang udah fasih banget sama wilayah Madura, kamu juga akan diajak makan siang di restoran lokal Madura untuk mencicipi kuliner lokal. Yumm!

6. Air Terjun Madakaripura

Selain Tumpak Sewu, tempat wisata air terjun lainnya di Jawa Timur yang populer adalah

Air Terjun Madakaripura

. Berbeda dengan Tumpak Sewu yang airnya berasal dari Gunung Semeru, aliran air di Air Terjun Madakaripura berasal dari Gunung Bromo, karena letaknya hanya sekitar 1 jam di utara Bromo.

Ada banyak legenda menyoal air terjun ini. Ada yang menyebut ini adalah tempat Patih Majapahit, Gajah Mada, bersemedi. Ada juga yang menyebut air terjun ini adalah tempat Gajah Mada menikmati masa-masa terakhir dalam hidupnya. Yang pasti, kamu akan melihat patung Gajah Mada di area pintu masuk air terjun yang terletak di Probolinggo ini.

Oya, Air Terjun Madakaripura ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa lho dengan ketinggian mencapai 200 meter.

Kamu bisa mengunjungi Air Terjun Madakaripura di hari yang sama dengan trip melihat sunrise di Bromo! Agar gak repot,

kamu bisa mengikuti open trip ataupun private trip dari Klook berikut ini

7. Arosbaya Pelelangan

Satu lagi hidden gem di Pulau Madura! Berbeda dengan Bukit Jaddih yang masih aktif sebagai tambang batu kapur, Bukit Arosbaya adalah bekas tambang kapur yang sudah lama tidak aktif. Tapi mirip seperti Bukit Jaddih, Bukit Arosbaya juga merupakan tempat wisata Madura yang Instagrammable banget!

Kamu bisa mengunjungi Bukit Arosbaya dalam day trip ke Madura dari Surabaya bersama Klook.

Cek di sini untuk melihat paket tur yang ditawarkan

. Dijamin gak akan rugi!

8. Gili Ketapang

Wisata Jawa Timur juga punya pulau kecil atau Gili yang punya area snorkeling yang indah lho! Namanya

Gili Ketapang

. Hanya terletak sekitar 4 jam dari Surabaya dengan penyeberangan dari Pelabuhan Probolinggo, kamu bisa banget mengunjungi Gili Ketapang saat lagi liburan di Surabaya.

Di pulau kecil ini, kamu akan menemukan pantai yang cantik dan area snorkeling yang masih dipenuhi ikan-ikan kecil termasuk Ikan Giru yang lucu seperti di film Finding Nemo!

9. Museum Sampoerna

Museum yang juga dikenal dengan nama House of Sampoerna ini adalah museum tembakau di Surabaya, yang bisa kamu kunjungi dengan gratis! Kamu hanya perlu menulis nama di buku tamu, dan bisa menghabiskan waktu di museum ini sampai puas.

Selain bisa belajar sejarah kretek, kamu juga bisa berburu banyak foto dengan latar cantik karena museum ini masih mempertahankan bangunan asli yang bergaya Belanda!

Museum Sampoerna juga menjadi salah satu tempat wisata Jawa Timur yang dikunjungi dalam

Surabaya Heritage Tour

yang bisa kamu pesan di Klook.

10. Desa Jodipan

adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur yang populer di Malang. Terletak enggak jauh dari Alun-Alun Kota Malang, kamu bisa mengunjungi Desa Jodipan dengan mudah saat liburan ke kota ini!Desa Jodipan adalah salah satu tempat wisata Jawa Timur yang populer di Malang. Terletak enggak jauh dari Alun-Alun Kota Malang, kamu bisa mengunjungi Desa Jodipan dengan mudah saat liburan ke kota ini!

Yang membuat Jodipan menjadi populer adalah bangunan-bangunannya yang dicat berwarna-warni. Gak heran, desa ini juga banyak disebut sebagai Kampung Pelangi.

Btw, kalau kamu mengikuti tur ke Air Terjun Tumpak Sewu dari Surabaya, kamu juga akan mampir ke Desa Pelangi Jodipan ini.

11. Museum Angkut Malang

Foto: Faisal Adi Kurniawan on Unsplash

Foto: Faisal Adi Kurniawan on Unsplash

Di antara objek wisata dalam Jawa Timur Park di kota Batu, Malang, Museum Angkut bisa dibilang merupakan yang paling populer. Maklum aja, koleksi mobil-mobil tuanya sangat lengkap, dan penataan Museum Angkut memang dibuat dengan baik.

Enggak salah kalau museum ini bisa mengklaim sebagai museum transportasi terbesar di Asia!

Manfaatkan Promo KOLAK untuk Pembelian Tiketmu!

Menyambut Lebaran tahun 2021 ini, Klook mempersembahkan

KOLAK: Kejutan Promo Lebaran Klook

! Promo yang berlangsung dari 30 April – 16 Mei 2021 ini akan memberikan kamu diskon total sampai 17% atau RP 150.000 untuk semua produk Klook yang kamu butuhkan.

Caranya mudah:

  • Gunakan kode promo LEBARANBARU untuk mendapatkan diskon sebesar 7% hingga Rp 50.000 tanpa minimum pembelian.

  • Gunakan kode promo KEJUTANKLK untuk mendapatkan diskon sebesar 10% hingga Rp 100.000 dengan minimum pembelian Rp 500.000.

Lumayan banget kan? Kode promo ini bisa digunakan oleh 100 pembeli pertama, jadi segera kamu manfaatkan!