Tempat wisata keluarga medan

Gundana

Akhir pekan telah tiba, tinggalkan sejenak kesibukan bekerja, kini saatnya menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Tujuh tempat wisata anak di Medan berikut ini dapat menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga dan si kecil.

Mau tahukah Parents apa saja tempat wisata terbut? Daripada penasaran, inilah 7 tempat wisata di Medan untuk anak dan keluarga rekomendasi dari theAsianparent Indonesia.

7 Wisata anak di Medan yang wajib Parents dan keluarga kunjungi

wisata anak di medan

1. Dusun Kreatif

Dusun kreatif merupakan area outbound camp seluas 3 hektar di Jalan Leman Harahap Gang Viola/Nabila Desa III B Kecamatan Marendal I, Kabupaten Deli Serdang. Jaraknya sekitar 9 kilometer dari Kota Medan.

Berbeda dengan outbound camp biasa, wisata ini menyediakan konsep liburan yang unik, yaitu permainan tradisional Indonesia dalam suasana asri alam terbuka. Tiket masuk ke sini dibandrol dengan harga Rp 125 ribu per-orang.

Dengan harga segitu, Parents dan keluarga sudah mendapatkan paket lengkap berupa fasilitas instruktur dan fasilitator yang akan mendampingi anak-anak untuk bermain aneka permainan. Seperti permainan tradisional, kelas kreatifitas, kelas memasak, dan berkebun.

Tak luput, wisatawan yang datang pun akan mendapatkan snack dan makan siang, serta dokumentasi selama kegiatan. Sungguh sangat menarik, ya.

2. Pasar Malam Pajak Kedan

Terletak di kawasan Pancing, Medan Tembung, wisata yang terletak di dalam komplek MMTC Jalan Willem Iskandar, Pancing, ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Beragam pilihan kuliner dan wahana bermain anak-anak khas pasar malam membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Tiket masuk wisata ini gratis, harga untuk bermain beragam wahana di dalamnya pun sangat terjangkau. Pasar Malam Pajak Kedang memang sangat cocok untuk Parents yang mencari tempat wisata dengan biaya ramah di kantong.

3. Avros Park sebagai wisata anak di Medan

Avros Park merupakan paket wisata anak di Medan lengkap yang menyediakan semua kebutuhan liburan keluarga. Mulai dari out bound camp, wahana bermain, guest house, area memanah, hingga pengalaman kuliner dengan beragam menu yang menggugah selera.

Wisata Avros Park terletak di Jalan Avros nomor 60 B, Kampung Baru, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan. Lokasinya relatif dekat dengan pusat kota.

Hal yang membuat Avros Park unik dan berbeda dari tempat wisata lain yaitu Parents dan si kecil dapat mencoba wisata sungai yang dimulai dari dermaga Avros hingga Sei Mati. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu cukup membayar Rp 20 ribu untuk merasakan sensasi menyusuri sungai Deli kebanggan Kota Medan.

Selain itu, ada juga buggy tour untuk mengelilingi area Avros Park dengan tarif Rp10 ribu per-orang. Dengan harga segitu, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas buggy car yang keren.

4. Istana Maimun

wisata anak di medan

Wisata Istana Maimun sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga sambil melihat peninggalan sejarah kesultanan Deli yang cantik dan apik. Halaman yang luas di depan istana juga menjadi tempat bermain yang asyik bagi anak-anak.

Ada banyak food court berjejer di samping Istana Maimun untuk pilihan makan bersama keluarga, dan toko-toko souvenir apabila ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bagi yang ingin merasakan suasana istana dan potret keluarga kerajaan berusia ratusan tahun, maka bisa beli tiket masuknya dengan harga Rp 10 ribu per-orang.

BACA JUGA:   Taman kota di jakarta timur

Penasaran dengan indahnya Istana Maimun? Segera kunjungi tempat wisata ini yang terletak di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan.

Artikel terkait : 5 Curug di Bogor wajib dikunjungi saat liburan keluarga

5. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat Gallery merupakan satu-satunya museum pengawetan satwa liar di Asia. Di sini terdapat 2.600 satwa koleksi yang diperoleh dari perburuan yang legal di berbagai negara.

Masing-masing satwa telah diawetkan dan ditampilkan dalam tema-tema sesuai asal satwa tersebut. Salah satunya African Big Five, yakni tema yang menampilkan 5 mamalia terbesar berupa gajah, badak putih, singa, banteng dan macan tutul.

Rahmat Gallery terletak di Jalan S. Parman nomor 309, Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru. Untuk masuk ke dalamnya, pengunjung dewasa dan anak-anak dikenakan biaya Rp 50 ribu per-orang. Sedangkan pelajar dan mahasiswa cukup membayar Rp 25 ribu saja.

6. Hairos Water Park

wisata anak di medan

Hairos Water Park merupakan pilihan berlibur yang menyenangkan. Bagaimana tidak, di sini Parents dan keluarga dapat menikmati fasilitas wahana air terlengkap di Kota Medan. Anak-anak dapat bermain air sepuasanya karena ada beragam wahana yang tersedia.

Mulai dari water dancing, kolam air terjun, kolam ombak, lazy pool, kolam seluncur dan lainnya. Hal yang paling penting, ada kiddie pool, yakni kolam khusus anak-anak dengan keamanan khusus agar terhindar dari kecelakaan saat anak-anak bermain wahana air.

Untuk pengalaman main air yang tak terlupakan bersama keluarga di Hairos Water Park, Parents cukup membayar tiket masuk seharga Rp 40 ribu pada hari biasa, dan Rp 60 ribu saat akhir pekan dan hari libur Nasional. Hairos Water Park terletak di Jalan Let Jend. Jamin Ginting Km. 14,5 Pancur Batu, Medan.

7. Taman Wisata Merci sebagai wisata anak di Medan

7 Rekomendasi wisata anak dan keluarga di Medan yang wajib Parents kunjungi

Wisata Merci memadukan konsep taman, restoran, outbound camp, sekaligus water park dalam satu lokasi, sangat cocok untuk pilihan berlibur bagi keluarga. Terletak di jalan Pahlawan Deli Tua- Medan, Suka Makmur, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang.

Merci Barn sempat viral karena salah satu spot foto di dalamnya mirip gudang-gudang di perkebunan Belanda. Bahkan, lengkap dengan kincir angin raksasanya, seperti di luar negeri gitu lho!

Tiket masuk ke wisata Merci yaitu Rp 40 ribu pada hari biasa, Rp 50 ribu di hari Sabtu, dan Rp 55 ribu di hari Minggu. Harga paket outbound di wisata Merci mulai dari Rp 180 ribu per-orang dengan fasiltas yang lengkap mulai dari tempat, instruktur, snack, makan siang dan lainnya.

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata anak di Medan yang bisa Parents kunjungi di akhir pekan ini atau saat musim liburan tiba. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

Baca juga :

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Tempat Wisata Keluarga di Medan – Sobat tiket tau nggak sih, kalau selain menjadi ibu kota dari Sumatra Utara, Medan juga merupakan kota terbesar di provinsi-nya juga, lho! Makanya, nggak heran lagi deh kalau Medan selalu menjadi destinasi wisata masyarakat lokal maupun dari luar kota Medan.

Mau eksplor Kota Medan? Harus bangeeet! Karena, kamu akan menjumpai banyak tempat wisata seru di kota ini. Mau wisata alam, theme park, museum, dan lain sebagainya bisa kamu temukan dengan mudah di sini. Liburan bareng keluarga? Tenang, tiket.com punya rekomendasi tempat wisata keluarga di Medan kok buat kamu. Kuy, cek di bawah ini! 

Baca juga:

Tempat Wisata Keluarga di Medan, Ini Rekomendasinya!

Pergi liburan di akhir pekan bersama keluarga memang menyenangkan ya, sobat tiket. Supaya nggak memakan waktu untuk menentukan pilihan tempat wisata, kamu bisa menjadikan tempat wisata keluarga di Medan berikut ini sebagai referensi. Waktunya berangkaaat~

1. Menikmati Lanskap Danau Toba yang Indah dan Mempesona

Family Trip in Medan

Nah, tentu saja kamu nggak boleh meninggalkan Danau Toba! Dijuluki sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba adalah salah satu tujuan wisata utama ketika kamu mengunjungi Sumatra Utara.

BACA JUGA:   Apakah taman pintar sudah buka

Toba Lake

Dari suasana yang menenangkan hingga panorama yang mempesona, semuanya bisa kamu temukan di Danau Toba! Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan langsung budaya Sumatra Utara berupa hasil kerajinan tangan dan rumah-rumah tradisional yang ada di sepanjang jalan.

Toba Lake

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini, seperti berkeliling danau menggunakan perahu atau kayak. Serta, nikmati keindahan langit Danau Toba ketika sunset menyapa. Kamu akan benar-benar dibuat jatuh cinta deh, sobat tiket!

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Sumatra Utara (Cek di Google Maps)

2. Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja yang Menyerupai Vihara

Family Trip in Medan

Saat kamu ke Medan dan melihat bangunan satu ini, pastinya kamu nggak akan menyangka bahwa Graha Maria Annai Velangkanni merupakan sebuah gereja. Yup, hal ini dikarenakan Graha Maria Annai Velangkanni lebih terlihat seperti bangunan vihara. Tempat ini bisa menjadi destinasi wisata religi juga nih, sobat tiket.

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Selain itu, Graha Maria Annai Velangkanni juga dijuluki sebagai gereja Bhineka Tunggal Ika. Kenapa? Karena dari bangunan gereja ini terlihat berbagai nuansa dari agama lain. Pertama, bagian luar gereja ini terlihat seperti vihara, lalu atapnya yang berbentuk kubah menyerupai masjid, dan patung Bunda Maria yang terdapat di bagian depan gedung.

Graha Maria Annai Velangkanni

Harga: gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-20.00 WIB

Alamat: Jl. Sakura III No.7-10, Tj. Selamat, Medan Tuntungan, Medan, Sumatra Utara 20135 (Cek di Google Maps)

3. Kisah Cinta yang Romantis di Istana Maimun

Family Trip in Medan

Pernah mendengar tentang Kerajaan Deli Serdang? Istana Maimun dibangun oleh Raja ke-9 dari kerajaan ini, yaitu Sultan Mahmoed Al Rasyid. Pada tahun 1800-an, Sultan Mahmoed Al Rasyid membangun istana ini dengan bantuan seorang arsitek Italia. Istana yang bernama Istana Maimun ini didedikasikan untuk sang istri yang bernama Maimunah.

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Banyak orang menyebut istana ini sebagai salah satu istana kerajaan kuno yang paling indah di negara ini. Bagaimana tidak? Desain luarnya yang megah, dilengkapi kubah hijau dan atap kuning yang menyerupai masjid agung. Saat masuk ke dalamnya, kombinasi warna kuning dan hijau lebih menonjol dan dilengkapi dengan sentuhan emas di beberapa titiknya.

Saat ke Medan, kamu nggak boleh melewatkan untuk datang ke Istana Maimun ini ya, sobat tiket!

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Harga: mulai dari Rp5.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Brigjend Katamso No.66, AUR, Medan Maimun, Medan, Sumatra Utara 20151 (Cek di Google Maps)

4

. Tjong A Fie Mansion, Bangunan Bersejarah yang Indah

Family Trip in Medan

Dibangun pada tahun 1900-an, rumah ini milik seorang saudagar Cina bernama Tjong A Fie. Semasa hidupnya, Tjong A Fie dikenal sebagai saudagar kaya raya dan dermawan yang memiliki usaha di berbagai bidang.

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Mansion ini dibuka untuk umum pada tahun 2009, dan karena desainnya yang unik, Tjong A Fie Mansion ini menarik banyak perhatian dari para turis. Arsitekturnya dipengaruhi oleh gaya Cina, Melayu, dan Eropa. Meski menggunakan desain interior vintage, namun sangat terawat lho, sobat tiket.

Tjong A Fie Mansion Museum

Nah, sebelum kamu berkunjung ke Tjong A Fie Mansion, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan. Pertama, pakai OOTD terbaik kamu dan jangan lupa siapkan kamera! Sayang banget kalau kamu nggak mengabadikannya sambil bergaya dengan latar bangunan indah ini!

5. Belajar Tentang Hewan di Central Park Zoo & Resort

Family Trip in Medan

Destinasi selanjutnya yang mau tiket.com rekomendasikan untuk liburan keluarga di Medan yang menyenangkan adalah Central Park Zoo & Resort. Selain memiliki banyak kegiatan rekreasi, biaya masuknya juga cukup terjangkau lho, sobat tiket!

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Central Park Zoo & Resort dibagi menjadi 5 bagian, yaitu kebun binatang, kandang burung, akuarium, waterpark, dan pusat permainan. Di sini, kamu bisa menyapa semua mamalia, burung, reptil, dan ikan. Untuk beberapa spesies, Central Park Zoo & Resort bahkan menawarkan kesempatan untuk berinteraksi dengan hewan secara dekat. Selain itu, kamu juga bisa datang ke museum kebun binatang yang ada di area kebun binatang ini. Seru, ya?

BACA JUGA:   Wisata religi sumber nyolo

Central Park Zoo & Resort

Setelah berjalan-jalan di kebun binatang, saatnya mendinginkan tubuh di waterpark! Kolam renang di sini aman untuk anak-anak dan orang dewasa kok. Bahkan, kamu bisa menyewa ban karet yang bikin renang makin terasa aman. Tempat Wisata Keluarga di Medan

Harga: weekdays: mulai dari Rp30.000/orang* | weekend: mulai dari Rp40.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 09.00-17.00 WIB

Alamat: 20, Jl. Jamin Ginting, Sugau, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara 20353 (Cek di Google Maps)

6. Berenang dan Bermain di Pantai dan Water Park, Pantai Cermin

Family Trip in Medan

Selanjutnya, ada Pantai Cermin yang merupakan tempat wisata keluarga di Medan yang jadi favorit warga lokal. Selain pantainya yang indah, di dalamnya juga terdapat theme park! Memang unik banget ya, sobat tiket?! Di mana lagi kamu bisa menemukan pantai dengan theme park di dalamnya!

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Berbicara soal pantai, panorama menakjubkan di sekitar area ini yang menjadi sorotan nih, sobat tiket. Meskipun bukan pantai berpasir putih, tanahnya masih terasa lembut sehingga anak-anak bisa leluasa berlarian dengan nyaman.

Pantai Cermin

Taman hiburan ini memiliki area berenang yang luas yang dapat dinikmati oleh semua kalangan usia. Di sini terdapat kolam kastil untuk anak-anak dan seluncuran raksasa di tengah kolam untuk dewasa. Gimana, tertarik mencoba nggak, sobat tiket?

Harga: weekdays: mulai dari Rp35.000/orang* | weekend: mulai dari Rp45.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Alamat: Dusun 1, Pantai Cermin Kanan, Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Sumatra Utara 20152 (Cek di Google Maps)

7. Bermain Seluncuran di Taman Wisata Merci

Family Trip in Medan

Rekomendasi tempat wisata keluarga di Medan selanjutnya adalah Taman Wisata Merci, waterpark di area Medan Johor! Dari luar, kamu mungkin mengira Taman Wisata Merci adalah taman bertema Belanda, karena memiliki arsitektur Eropa yang unik.

taman wisata merci

Tidak seperti waterpark-waterpark dari list sebelumnya, Taman Wisata Merci ini berbeda, sobat tiket. Karena tempat wisata ini nggak cuma memiliki satu ataupun dua, tetapi tujuh seluncuran raksasa dan empat area berenang! Waaah, terbayang nggak betapa kerennya?

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Dapatkan momen liburan tak terlupakan bersama keluarga tercinta dengan mencoba salah satu dari tujuh seluncuran di sini. Siap memacu adrenalin kamu? Buruan datang ke Taman Wisata Merci!

Harga: weekdays: mulai dari Rp55.000/orang* | weekend: mulai dari Rp60.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 10.00-18.00 WIB

Alamat: komp.Medan Resort City, Jl. Perjuangan, Deli Tua, Namorambe, Deli Serdang, Sumatra Utara 20143 (Cek di Google Maps)

Informasi tambahan: karena pembatasan COVID-19, Taman Wisata Merci hanya buka selama akhir pekan*

8. Bermain dan Mengenal Banyak Hewan di Rahmat Zoo and Park

Family Trip in Medan

Meskipun Rahmat Zoo and Park baru berdiri selama 4 tahun, popularitasnya di kalangan wisatawan dan penduduk lokal terus meningkat. Dengan konsep kebun binatang terbuka, Rahmat Zoo and Park, atau dikenal juga dengan R Zoo & Park, memberikan cara unik untuk bertemu dengan satwa. 

Rahmat Zoo and Park

Beberapa jenis hewan dibebaskan untuk berkeliaran di sekitar taman. Jadi, buat sobat tiket yang ingin berinteraksi secara langsung dengan hewan-hewan ini bisa banget! Ada berbagai jenis hewan yang bisa kamu lihat di R Zoo & Park, mulai dari primata, aviary, reptil, rodent, dan mamalia.

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Cocok banget untuk menjadi destinasi tempat wisata keluarga nih, sobat tiket. Jadi, weekend kamu dan keluarga bisa lebih berwarna dengan bermain ke Rahmat Zoo & Park.

9. Sensasi Seru Memandikan Gajah di Tangkahan Sumatra

Family Trip in Medan

Menghabiskan sepanjang hari di alam sambil tetap melestarikannya? Dengan mengunjungi Tangkahan Sumatra, salah satu eco-travel di Taman Nasional Gunung Leuser, kamu bisa melihat sekilas alam liar dan turut belajar menjaganya, sobat tiket!

Tangkahan Sumatra

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari trekking, cave adventure, rafting, hingga river tubing. Tapi, hal favorit yang bisa kamu lakukan di sini adalah bergabung dengan penjaga untuk memandikan gajah! Selain gajah, ada beberapa spesies lain, seperti orangutan Sumatra yang berayun dari pohon ke pohon. Seru, ya?

Tempat Wisata Keluarga di Medan

Oh iya, satu lagi nih yang istimewa dari Tangkahan Sumatra ini. Ternyata, Tulus, Yovie, dan Glenn Fredly merekam video musik mereka untuk Adu Rayu di Tangkahan Sumatra, lho! Yup, salah satu scene saat di jembatan kayu adalah di sini. Siapkan kamera untuk foto-foto, ya!

Harga: mulai dari Rp726.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Tangkahan, Medan, Sumatra Utara 20251 (Cek di Google Maps)

Paket termasuk: transportasi pergi dan pulang ke hotel, makan siang, asuransi, pemandu wisata, dll*

Klik di sini untuk pesan tiket 1 Day Tour Tangkahan by WeTravel di tiket.com

Saatnya Packing dan Berlibur ke Medan Bersama Keluarga!

Sudah menemukan tempat wisata keluarga di Medan yang ingin kamu kunjungi dan jelajahi? Kalau sudah, ini saatnya beli tiket pesawat ke Medan di tiket.com! Tentunya dengan harga dan rute terbaik, tiket.com mampu merealisasikan pengalaman liburanmu yang berkesan. Dengan Free Protection, kamu juga bisa mendapatkan asuransi gratis* yang bikin liburan terasa lebih nyaman!

Mask on, tiket on!

 

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu

Also Read

Bagikan: