Temukan Pantai yang Cocok untuk Camping

Posted on

Berlibur dan bermain di pantai memang menyenangkan. Ada ragam kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berada di pantai, salah satunya dengan berkemah. Lalu, pantai apa saja yang cocok dijadikan tempat berkemah bersama keluarga dan teman-teman, ya? Cari tahu bersama BP-Guide, yuk!

Pantai akan Selalu Menjadi Destinasi Wisata Favorit bagi Setiap Orang

Sumber gambar

panamajack.com

Siapa yang bisa menolak keindahan panorama di tepi pantai? Terutama ketika matahari terbit dan tenggelam. Belum lagi panorama bawah lautnya yang sangat unik dengan terumbu karang dan ikan berwarna-warni berenang mengelilinginya.

Itu sebabnya, pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan, mulai dari berenang, bermain pasir, selfie, snorkeling, bahkan kemping bersama keluarga.

Berbagai Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Pantai

Sumber gambar

www.beachguide.com

Bermain dan bersenang-senang, itulah yang bisa Anda lakukan bersama teman atau keluarga di pantai. Ini dia berbagai aktivitas bermain dan bersenang-senang yang bisa Anda lakukan.

Berenang

Sumber gambar

vietnamculturaltours.com

Tentunya, liburan Anda di pantai tidak akan seru bila tidak berenang. Bila ingin melihat terumbu karang di kedalaman, Anda bahkan bisa melakukan kegiatan diving dan snorkeling. Bayangkan rasanya berenang dikelilingi ikan-ikan yang menarik! Seru sekali, bukan?

Akan tetapi, perhatikan pula kesehatan kulit Anda. Sebaiknya gunakan pakaian renang yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan iritasi dari air laut. Gunakan pula sunblock agar kulit terlindungi dari sinar matahari. Lihat pula kondisi air laut. Bila kotor atau telah tercemar sebaiknya jangan berenang agar tidak terkena penyakit kulit.

Berselancar

Sumber gambar

eurail.com

Untuk yang suka olahraga ekstrem, berselancar tentu menjadi kegiatan yang seru. Terutama bila dilakukan di pantai yang ombaknya cukup tinggi. Namun, Anda harus punya kemampuan yang mumpuni dan bisa berenang untuk melakukannya. Akan tetapi, bila ingin berselancar, Anda harus mencari pantai dengan ombak yang cukup tinggi. Di mana tidak setiap hari Anda bisa mendapatkan ombak yang bagus, namun hanya pada musim tertentu saja.

Kemping

Sumber gambar

nicerioadventures.blogspot.com

Tahukah Anda, bila pengalaman kemping di pinggir pantai adalah salah satu momen yang lebih mengesankan daripada menginap di hotel mewah. Memang, bila kemping di pantai, Anda tidak akan menemukan kasur empuk, AC, bathub, serta fasilitas lainnya. Akan tetapi, Anda akan menikmati indahnya pemandangan laut dan langit di malam hari yang sangat menakjubkan. Hidup di alam bebas dengan aroma laut yang meskipun sedikit amis namun segar.

Kemping di pinggir pantai akan lebih menyenangkan dilakukan bersama para sahabat atau keluarga. Kegiatan mendirikan tenda bersama bisa mempererat hubungan Anda. Anda juga bisa membakar api unggun, membuat barbekyu serta bernyanyi dan menari bersama. Kegiatan berpesta Anda akan lebih berkesan. Akan tetapi, jangan lupa membersihkan semua sampahnya ketika akan pulang, ya!

Kegiatan Beach Camping di Pinggir Pantai bisa jadi Alternatif Refreshing di Akhir Pekan yang Seru dan Menyenangkan

Sumber gambar

www.parentmap.com

Menghilangkan kepenatan tentu bisa dilakukan dengan kemping di pantai. Pikiran Anda bisa lebih refresh dengan tidur di alam bebas. Esok harinya, Anda bisa bermain dan berlarian di pantai, berenang, surfing serta melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Hilangkan sejenak pikiran mengenai masalah Anda, jauh dari rutinitas membosankan. Dan yang terpenting, Anda tidak harus mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk menginap semalam atau dua malam di pinggir pantai.

Beach Camping Bisa Dilakukan di Pantai Berikut Ini

Sumber gambar

datenightguide.com

Tidak semua pantai bisa dijadikan tempat untuk kemping. Baik dikarenakan tingkat keamanannya, ataupun keasriannya yang telah rusak. Namun, BP-Guide punya rekomendasi berbagai pantai yang tentunya akan seru bila dijadikan lokasi untuk kemping.

Pantai Teluk Hijau

Sumber gambar

reservasi.com

Pantai Teluk Hijau berada di Banyuwangi dan merupakan salah satu pantai yang cocok untuk kemping. Untuk mencapainya memang tidak mudah. Ini karena terbatasnya akses ke kawasan pantai yang berada di Taman Nasional Meru Betiri yang lokasinya terpencil. Akan tetapi, setiba di sana Anda akan mendapatkan pemandangan pantai dengan keindahan air lautnya yang biru.

Dikelilingi oleh hutan dengan aneka pepohonan dan tanaman yang rindang. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Aman dan menyenangkan untuk anak-anak Anda yang ingin bermain air. Terutama karena pasir putihnya yang lembut. Bahkan, Anda bisa menemukan aneka ikan kecil di bibir pantai.

Kegiatan kemping Anda tentu akan lengkap dengan acara memanggang ikan hasil pancingan Anda, yang mudah ditangkap di sekitar pinggir pantai. Untuk masuk ke tempat ini memang harus bayar. Namun tidak mahal, cukup Rp 5000 per orang.

Pantai Klayar

Sumber gambar

jejakpiknik.com

Berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Anda bisa menemukan Pantai Klayar setelah berjalan dari kota Pacitan ke arah barat sekitar 40 km. Anda tidak akan menyesal kemping di pantai ini, karena pemandangan matahari terbenamnya sangat indah.

Belum lagi adanya pohon kelapa di bibir pantai yang menjadi penghias panoramanya. Pilihlah lahan kemping di area atas, yang berdekatan dengan pepohonan untuk menghindari ombak pasang.

Esoknya, Anda bisa menjelajah Pantai Klayar. Di mana terdapat celah batu karang, yang pada saat dimasuki air laut akan memunculkan semburan air seperti air mancur raksasa dengan ketinggian hingga 10 meter. Menuju lokasi Pantai Klayar sangat mudah, karena telah terdapat papan petunjuk ke lokasi.

Pantai Gatra

Sumber gambar

jejakpiknik.com

Pantai Gatra yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, bukan sekadar merupakan tempat wisata. Menjadi wilayah konservasi alam yang dilindungi, pantai yang berada di Kabupaten Malang ini baru dibuka pada 2014 silam. Itu sebabnya, pantai yang berdekatan dengan Pantai Sendang Biru yang terkenal ini, masih belum diketahui oleh banyak wisatawan.

Pada bagian tengah pantai terdapat gugusan batu karang besar. Pemandangan tersebut bahkan sering disebut sebagai “Raja Ampat-nya Jawa Timur” oleh para wisatawan. Untuk kemping, Anda akan dikenakan biaya Rp 25.000. Anda pun tidak perlu repot membawa tenda dan peralatan kemping lainnya, karena telah tersedia tempat penyewaan dengan harga yang terjangkau.

Pantai Siung

Sumber gambar

anekatempatwisata.com

Yogyakarta juga punya pantai indah yang bisa Anda jadikan lokasi untuk kamping. Terapit oleh dua tebing karang yang kokoh, membuat Pantai Siung memiliki banyak karang kokoh untuk climbing. Pantainya pun aman untuk kemping, dan paginya Anda bisa mencoba menjajali tebing-tebingnya.

Bahkan, bila sekadar ingin menikmati sunrise, Anda bisa melihat pemandangan laut dengan matahari terbit yang menakjubkan.

Untuk menginap di tempat ini Anda harus membayar sebesar Rp 10.000 per malam. Akan tetapi, Anda diharuskan memperhatikan dan menjaga kebersihan pantai.

Pantai Buyutan

Sumber gambar

www.pantainesia.com

Pantai Buyutan tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Berada di kota Pacitan, pantai ini tidak hanya terkenal dengan air terjunnya yang indah, akan tetapi juga dongeng tentang mahkota Dewa Narada. Di mana batu karangnya yang unik, konon merupakan mahkota Dewa Narada yang terjatuh ke laut pada saat terbang di atas Pantai.

Bahkan, terdapat sumber air tawar dari mata air alami yang bisa dimanfaatkan wisatawan dan penduduk setempat. Inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan, selain pula untuk berenang, surfing, hingga diving di tempat ini.

Pantai Srau

Sumber gambar

jejakpiknik.com

Satu lagi pantai yang menarik untuk kemping di Kota Pacitan. Pantai Srau, hanya berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Pacitan. Memiliki lokasi yang cukup terpencil, pantai ini belum dijamah oleh banyak wisatawan, sehingga sangat tenang dan keasriannya belum terjamah.

Terdapat pepohonan hijau berpadu dengan pasir putih yang lembut, serta air laut yang jernih dengan deburan ombak yang cukup besar. Itu sebabnya, Pantai Srau sangat cocok untuk surfing, terutama pemula.

Bila Anda tidak ingin ribet membawa tenda dan perlengkapan kemping lainnya, Anda bisa menginap di perumahan penduduk sekitar. Harganya beragam, mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 130.000 untuk tiap malam.

Pantai Jungwok

Sumber gambar

eksotisjogja.com

Akses menuju Pantai Jungwok memang sulit. Akan tetapi setibanya di pantai yang berlokasi di Desa Jepitu, Kelurahan Tepus, Kecamatan Girisobo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini, Anda tidak akan menyesal. Pantai ini dikelilingi pemandangan hijau.

Bahkan terdapat batu karang besar yang ditumbuhi tumbuhan hijau yang disebut watutopi atau batu topi. Anda bahkan dapat memancing dengan santai di batu ini. Sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan, karena lokasinya yang belum ramai. Anda bisa mencapainya dari Yogya sekitar 2 hingga 3 jam.

Pantai Goa Cina

Sumber gambar

wikimedia.org

Sebagai salah satu pantai yang terkenal di Malang Selatan, Pantai Goa Cina memiliki laut berwarna biru yang dipadukan dengan ombak yang cantik. Ditambah dengan pasir putih serta karang unik, sehingga tercipta pemandangan yang indah. Berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Pantai Goa Cina memang selalu menjadi tujuan wisatawan untuk kemping.

Ada cerita tersendiri di pantai ini. Memiliki nama asli Pantai Rowo Indah, dahulu pernah ditemukan jasad seorang Tionghoa di dalam gua yang berada di pantai ini. Untuk mengingat jasad petapa Tionghoa tersebut, akhirnya pantai ini sering disebut sebagai Goa Cina.

Pantai Pangi

Sumber gambar

pulereja.blogspot.com

Berada di Kabupaten Blitar, Pantai Pangi merupakan salah satu pantai favorit untuk kemping dan memancing. Pantai yang berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung ini merupakan sebuah teluk, sehingga meskipun merupakan kawasan pantai selatan, namun ombaknya tidak besar.

Suasananya pun tenang. Terdapat pula aneka fasilitas umum seperti mushala, kamar mandi, hingga warung makan. Bahkan sangat mudah mencapainya. Ikuti saja rute ke arah Pantai Tambakrejo, Anda akan menemukan banyak petunjuk untuk tiba di Pantai Pangi.

Pantai Batu Bengkung

Sumber gambar

www.pantainesia.com

Pantai Batu Bengkung yang berlokasi di Malang Selatan karena memiliki berbagai batu karang unik yang menjadi ciri khasnya. Bebatuan yang berbentuk cekung unik memiliki lubang, sehingga ketika pasang, air laut akan terperangkap. Maka, terbentuklah berbagai kolam air asin yang keindahannya akan membuat Anda takjub. Anda bahkan dapat mandi di kolam tersebut bersama aneka ikan hias yang cantik.

Tepatnya berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Anda bisa mencapai pantai yang terletak di pesisir Selatan pulau Jawa ini dengan melewati rute yang sama dengan Pantai Goa Cina. Bila berkemah di pantai ini, Anda harus berkemah di sebuah bukit yang terletak di Barat Daya untuk melihat sunset yang sangat indah.

Selain itu, Anda bisa menikmati petualangan memanjat tebing dengan kemiringan 90 derajat. Anda bisa menikmati panorama pantai yang indah. Jangan takut, karena pada tebing ini telah disediakan tali untuk membantu memanjat.

    Camping di gunung itu sudah biasa. Bagaimana ya kalau di Pantai? Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat wisata camping di pantai yang bisa Anda gunakan untuk camping dengan teman-teman dan keluarga. Memang camping di gunung sangat berbeda dengan di pantai, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika anda ingin merasakan camping di pantai anda bisa mencoba beberapa tempat wisata pantai di Jogja yang bisa kami hadirkan dibawah ini yang bisa anda coba. Dimana saja itu? Berikut ulasannya.

  1. Pantai Greweng
  2. Pantai Greweng Jogja

    Ngecamp di pantai sendiri, hmm. Bisa kok Anda rasakan di Pantai Greweng. Rasakan camping dengan suasana super damai dan indah di atas pasir putih yang dikelilingi karang-karang raksasa. Dan pastinya tidak banyak yang tau pantai ini. masih sepi. Ngecamp Anda benar-benar private. Ada air tawar yang bisa Anda temukan dengan mudah untuk mandi dan memasak. Untuk datang kesini cukup mudah. Pantai Greweng berada di timur pantai Wedi Ombo. Ikutilah rute ke Wedi Ombo. Dengan berjalan kaki melalui bebatuan karang Anda bisa menemukan pantai greweng. Karena memang masih sepi, pantai ini tersembunyi. Anda membutuhkan 40 menit dari pantai Wedi Ombo dengan berjalan kaki.

    Baca Juga Pantai Tersembunyi Di Jogja Yang Keindahan Alamnya Masih Terjaga

  3. Pantai Jungwok
  4. Pantai Jungwok Jogja

    Tak jauh juga dari pantai Wedi Ombo, terdapat Pantai Jungwok. Pantai ini termasuk pantai landai dilengkapi dengan karang-karang besar yang mengelilinginya sehingga Anda bisa memanjakan mata dan jiwa Anda. sayangnya pantai ini sudah banyak diketahui orang. Datanglah ketika weekday bukan weekend. Karena banyak yang camping di tempat ini ketika weekend.

  5. Pantai Kecil Wohkudu
  6. Pantai Kecil Wohkudu Jogja

    Jika pantai Greweng membuat Anda merasakan nikmatnya ngecamp di atas pasir putih, Pantai Kecil Wohkudu memberikan Anda kenikmatan camping diatas hamparan rumput hijau. Ya memang terdengar seperti penggunungan. Tapi ini pantai. Walaupun terbilang kecil dengan ukuran 25 meter, pantai ini sangat mempesona dan indah pemandangannya. Terletak di Ngalos, Wiroso, Gilikerto, Panggang, Anda akan camping diapit batuan karang.

  7. Puncak Giri Sarangan
  8. Puncak Giri Sarangan Jogja

    Selain instagramable, puncak Giri Sarangan juga cocok sekali untuk damping lho. Berada di sebelah pantai Krakal, dari atas sini Anda bisa menikmati indahnya laut dan sunset di sore hari. Sangat indah bukan. Di sini julukan sebagai kota mistis tetapi romantis terbukti. Karena puncak Giri Sarangan ini romantis sekalli untuk menikmati sunset atau sunrise dan camping bersama pasangan.

    Jangan lupa baca info Pantai Indah di Jogja yang Jadi Favorit Para Wisatawan

  9. Pantai Sanglen
  10. Pantai Sanglen Jogja

    Jika Anda menginginkan camping dengan lokasi yang sangat luas, datanglah ke Pantai Sanglen. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Watu Kodok dan masih sepi lho. Walaupun luas, ini termasuk pantai yang masih tersembunyi, tidak banyak yang tahu. Akan ada dua pemandangan yaitu hamparan pasir putih di depan dan hamparan rumput hijau di belakang Anda camping.

  11. Bukit Kosakora
  12. Bukit Kosakora Jogja

    Pantai bukan berarti tidak memiliki bukit atau dataran tinggi. Anda bisa menikmati pemandangan pantai dan ngecamp di atas bukit di Bukit Kosakora. Hanya ada di Paket wisata pantai Jogja. Bayangkan Anda berada di ketinggian Anda menikmati hamparan laut dari atas. Sangat menakjubkan bukan. Bukit Kosakora tidak sulit untuk ditemukan. Lakukanlah perjalanan ke sisi timur dari pantai Drini dan naiklah ke Bukit Kosakora. Hanya membutuhkan waktu 20 menit.

    Lihat Juga 8 Destinasi Wisata Kuliner Populer di Jogjakarta

  13. Pantai Ngrumput
  14. Pantai Ngrumput Jogja

    Tak jauh dari Bukit Kosakora dan pantai Drini terdapat paket wisata pantai Jogja yang sangat tersembunyi dan sepi cocok untuk ngecamp yaitu Pantai Ngrumput. Pantai ini dipisahkan oleh tebing dari pantai Drini. Anda harus menunggunya surut untuk bisa datang ke pantai ini.

  15. Bukit Pengilon
  16. Bukit Pengilon Jogja

    Selain di Bukit Kosakora, Anda juga bisa camping di atas bukit dengan pemandangan laut di Bukit pengilon. Nikmatilah hamparan laut luas nan biru diatas bukit hijau. Bukit ini sangat alami. Sayangnya karena ditemukan belum lama, fasilitas yang tersedia belumlah lengkap. Persiapkan perlengkapan camping selengkap mungkin dan jangan lupa alat kesehatan. Jangan lupa juga latihan fisik terlebih dahulu, karena untuk sampai ke Bukit Pengilon Anda harus berjalan. Kendaraan bermotor belum memiliki akses ke daerah ini.

  17. Pantai Wohkudu
  18. Pantai Wohkudu Jogja

    Camping di antara dua bukit? Datang saja ke Pantai Wohkudu. Pantai yang berlokasi di baratnya Pantai Gesing ini masih terbilang sepi lho. Sangat cocok untuk camping dengan keluarga atau teman-teman. Anda tak hanya menikmati camping dengan pasir putih saja tetapi padang rumput yang luas. pantainya sangat asri. Refresing pikiran dengan datang ke tempat ini sangatlah tepat.

  19. Pantai Lolang
  20. Pantai Lolang Jogja

    setelah puas jalan-jalan ke pantai Kukup dan Pantai Sepanjang, yuks bercamping di pantai Lolang. Pantai yang termasuk masih sepi ini adalah pilihan terbaik untuk camping. Apalgi Anda yang ingin menenangkan diri dan merefresh pikiran. Tempat ini tidak terlalu sulit jalannya. Walaupun termasuk pantai yang sepi, tetapi tidak tersembunyi. Sehingga mudah di temukan. Ikuti saja alur ke pantai kukup dan sepanjang.

  21. Pantai Siung
  22. Pantai Siung Jogja

    Pantai ini sudah sangat terkenal akan pemandangannya. Tidak ada yang tidak ketagihan datang kesini. Karena pantai ini sangat cocok untuk camping. Banyak orang berburu camping di pantai Siung. Jangan heran jika ketika Anda datang ke pantai ini telah banyak tenda warna-warni yang berjejeran. Di pantai Siung fasilitasnya sangat lengkap. Jika Anda ingin camping di lokasi yang dengan fasilitas lengkap walaupun ramai disini tempatnya.