Skip to content
Home » Wisata Lain-Lain » Tiket masuk bukit sanjaya selo boyolali

Tiket masuk bukit sanjaya selo boyolali

  • by

Bukit Sanjaya Selo Boyolali menjadi tempat wisata yang populer di Jawa Tengah karena keindahan pemandangannya yang menakjubkan. Lokasinya yang berada di Dusun IV, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, membuat Bukit Sanjaya Selo Boyolali menjadi salah satu titik pendakian Gunung Merbabu via Boyolali yang ramai dikunjungi.

Di Bukit Sanjaya Selo Boyolali, pengunjung dapat menikmati pesona pemandangan pegunungan di sekelilingnya, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pemandangan ke arah lereng dan lembahnya bisa terlihat jelas dari lokasi ini, membuat para pengunjung tak akan melewatkan momen berfoto di tempat ini.

Harga Tiket dan Jam Buka Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Saat berkunjung ke Bukit Sanjaya Selo Boyolali, pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang. Jam buka Bukit Sanjaya Selo Boyolali dimulai pada pukul 07.30 – 17.30 WIB. Meski begitu, harga tiket dan jam buka masih dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Daya Tarik Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Bukit Sanjaya Selo Boyolali menawarkan pesona pemandangan pegunungan yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan ke puncak gunung maupun ke arah lereng dan lembahnya yang bisa terlihat jelas dari lokasi ini.

Selain itu, ada sebuah spot foto yang paling diminati yaitu sebuah gerbang yang sangat mirip dengan gapura di Pura Lempuyang Bali. Pengunjung dapat mengambil foto seakan-akan tengah berlibur ke Pulau Dewata di tempat ini.

Menjelang malam, pengunjung juga dapat menikmati keindahan semburat kekuningan di langit senja yang akan diganti dengan gemerlap lampu dari rumah-rumah dan jalanan di lereng bukit.

Kuliner di Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Di tempat ini juga terdapat sajian kuliner sederhana dengan harga yang terjangkau. Kuliner berkonsep angkringan menjadi salah satu hal yang menarik pengunjung di Bukit Sanjaya Selo Boyolali. Pengunjung dapat menikmati hidangan sederhana dengan harga terjangkau sambil menikmati pemandangan yang menawan.

Homestay di Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Bagi kalian yang ingin menghabiskan malam di lokasi wisata ini, Bukit Sanjaya Selo Boyolali menyediakan homestay yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Homestay ini dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menikmati suasana pedesaan yang tenang.

Daya Tarik Wisata Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Bukit Sanjaya selo yang merupakan objek wisata baru di Boyolali Jawa Tengah ini sukses menarik perhatian para wisatawan. Dengan pesona pemandangan yakni view Gunung Merapi dan Merbabu membuat foto yang anda ambil di lokasi wisata ini menjadi sangat indah. lokasinya yang terletak di bawah kaki Gunung Merbabu juga menjadi daya tarik, karena membuat udara di lokasi wisata ini terasa begitu sejuk dan sangat menyegarkan. Tak heran jika wisatawan yang mendatangi Bukit Sanjaya mengatakan bahwa mereka menyukai pemandangan alam dan memburu spot foto untuk selfie yang terlihat begitu instagramable.

BACA JUGA:   Liputan Seru Jelajah Wisata Offroad 2017 di RCTI: Menelusuri Keindahan Alam Indonesia yang Tersembunyi

Selain pemandangan alam yang menawan, Wisata Bukit Sanjaya Selo juga memiliki berbagai macam spot foto selfie yang dapat anda gunakan. Salah satunya yang paling menarik dan populer adalah Gapura atau Gerbang khas Jawa yang memiliki bentuk mirip dengan wisata pura lempuyangan luhur yang ada di Bali. Di spot foto gapura ini Anda juga bisa mendapatkan view landscap gunung dan perbukitan yang membuat hasil jepretan anda semakin indah.

Setelah lelah berkeliling menikmati pemandangan serta berfoto ria, Anda dapat langsung menuju cafe untuk bersantai sejenak dan mengisi perut anda dikala lelah dan lapar. Menikmati sejuknya hawa pegunungan yang sejuk serta pesona alam yang menawan serta ditemani dengan secangkir kopi dan aneka makanan tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas Umum Yang Ada di  Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Walau beberapa fasilitas umum masih dalam tahap pembangunan namun telah tersedia fasilitas umum yang bertujuan menunjang aktivitas para wisatawan seperti :

Area Parkir, Toilet, Mushola, Gazebo, Spot Foto, Café, Penginapan serta berbagai macam fasilirtas umum lainnya.

Tiket Masuk Bukit Sanjaya Selo Boyolali

Bagi anda yang tertarik dan ingin berkunjung ke Bukit Sanjaya Selo tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai informasi Harga Tiket Masuk Bukit Sanjaya agar dapat mengperhitungkan budget berwisata. Untuk dapat memasuki lokasi wisata ini, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk Bukit Sanjaya Selo Boyolali sebesar Rp 10.000 untuk 1 orang. Harga tiket tersebut tergolong murah jika dibandingkan dengan apa yang akan anda dapatkan di wisata tersebut.

Harga Sewa Homestay Bukit Sanjaya Selo

Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama dan bermalaman di Bukit Sanjaya Selo, anda dapat menyewa penginapan di lokasi tersebut.  Terdapat homestay sanjaya yang dapat anda sewa dan berlokasi dekat dengan wisata tersebut.

Untuk biaya menginap di homestay sanjaya ini anda tidak perlu khawatir harga mahal, karena biaya menginap di tempat ini sangatlah murah. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 50.000 saja per hari dengan fasilitas 3 kamar, karaoke, air hangat, Free breakfast atau geratis sarapan. Harga homestay ini dapat berubah sewaktu-waktu

Lokasi Bukit Sanjaya Selo Jawa Tengah

Alamat wisata Bukit Sanjaya ini berada di Dusun IV, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Untuk akses jalan menuju lokasi wisata sudah cukup bagus, dan bagi Anda yang pernah mendaki di gunung merbabu tentu tidak akan kesulitan untuk sampai lokasi, mengingat lokasinya yang searah dengan basecamp selo. Sedangkan untuk Rute menuju Bukit Sanjaya bisa ditempuh dari kota Jogja dengan perjalanan menuju arah kota Boyolali – Selo. Hanya berjarak sekitar 5,4 km dari Selo dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih sekitar 14 menit. berikut kami berikan peta lokasi bukit sanjaya yang dapat anda buka melalui link berikut, guna menentukan rute perjalanan dari lokasi anda menuju lokasi wisata tersebut. GoogleMaps

Jam Buka Bukit Sanjaya Selo Boyolali Jawa Tengah

Sebagai informasi tambahan bahwasannya wisata bukit sanjaya selo yang ada di boyolali ini buka dari jam 07.30 hingga jam 17.30 WIB pada setiap harinya.  Jadi pastikan bagi kalian yang ingin berkunjung ke objek wisata tersebut untuk berkunjung di jam operasional atau jam bukanya yah guys.

BACA JUGA:   Rawa gede agrowisata kopi

Galeri Foto Wisata Bukit Sanjaya Boyolali

Berikut merupakan beberapa foto suasanya yang ada di lokasi bukit sanjaya selo yang dapat anda lihat pada gambar di bawah ini guna memberikan anda gambaran visual yang siapa tau menambah ketertarikan anda untuk dapat berkunjung.

Bukit Sanjaya Selo Boyolali, Image From @jalikartaBukit Sanjaya Selo Boyolali, Image From @jalikartaIcon Spot Foto di Bukit Sanjaya, Image From @_bukitsanjayaIcon Spot Foto di Bukit Sanjaya, Image From @_bukitsanjayaSuasana Pengunjung di Bukit Sanjaya, Image From @_bukitsanjayaSuasana Pengunjung di Bukit Sanjaya, Image From @_bukitsanjayaBerfoto di Salah Satu Spot Foto Terbaik di Bukit Sanjaya @wasis_uBerfoto di Salah Satu Spot Foto Terbaik di Bukit Sanjaya @wasis_uSpot Foto Love di Bukit Sanjaya, Image From @ekoiriyanto02Spot Foto Love di Bukit Sanjaya, Image From @ekoiriyanto02Salah Satu Cafe yang Berada di Bukit Sanjaya, Image From @_bukitsanjayaSalah Satu Cafe yang Berada di Bukit Sanjaya, Image From @_bukitsanjaya

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai bukit sanjaya selo yang ada di boyolali. Kami harap informasi ini berguna bagi anda yang sedang membaca dan dapat menambah rasa penasaran anda untuk dapat berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Pastikan untuk menjaga lingkungan wisata tiap anda berkunjung dan juga ajak keluarga dan kerabat untuk berlibur besama, karena liburan sendiri itu kurang seru guys. Sampai bertemu di artikel kami lainnya…

TRIBUNTRAVEL.COM – Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata alam berhawa sejuk sangat pas untuk membuat tubuh dan pikiran kembali rileks.

Nah, tempat wisata alam berhawa sejuk ini bisa kamu jumpai saat liburan ke Boyolali.

Jika traveler berencana liburan ke Boyolali, ada tempat wisata alam berhawa sejuk yang menarik untuk dikunjungi yaitu Bukit Sanjaya.

Bukit Sanjaya lokasinya di Dusun IV, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Lalu, berapa harga tiket masuk Bukit Sanjaya Selo terbaru 2021 dan hal menarik apa saja yang bisa dinikmati di sana?

Kali ini TribunTravel telah merangkum harga tiket masuk Bukit Sanjaya Selo terbaru 2021 dan beragam waisata menarik di dalamnya.

Sebelum membahas harga tiket masuk Bukit Sanjaya Selo terbaru 2021, ketahui daya tarik wisata Bukit Sanjaya Selo Boyolali.

Tempat wisata di Boyolali yang baru dibuka akhir Juli 2021 ini menawarkan keindahan pemandangan utama yaitu Gunung Merapi dan Merbabu serta pedesaan di lerengnya.

Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Bukit Sanjaya Selo bisa foto dengan latar Gunung Merapi dan Merbabu yang gagah.

Tak hanya itu, saat ini sudah banyak beredar foto-foto Bukit Sanjaya Selo di media sosial yang memperlihatkan orang berpose di gapura mirip gapura Lempuyang di Bali.

Gapura ini juga menjadi spot foto favorit di Bukit Sanjaya Selo dan cukup ikonik.

Foto di gapura Bukit Sanjaya Selo juga berlatar Gunung Merapi dan Merbabu.

Selain gapura Bukit Sanjaya Selo yang mirip Gapura Lempuyang Bali, di Bukit Sanjaya Selo juga dipenuhi patung unik yang tersebar di beberapa titik.

Ada juga rangkaian kayu berbentuk hati yang berlatar Gunung Merapi.

Hal yang membuat Bukit Sanjaya membuat penasaran pengunjung adalah karena konsep yang berbeda dibandingkan objek wisata lainnya.

SOLOPOS.COM – Suasana Bukit Sanjaya di Selo Boyolali. (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, BOYOLALI — Bukit Sanjaya yang berlokasi di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali, merupakan objek wisata yang belum lama berdiri. Namun keunikan tempat piknik yang berada di pegunungan, tepatnya di lereng Gunung Merbabu ini telah memikat banyak pengunjung untuk mendatanginya.

Objek wisata Bukit Sanjaya di Selo menyuguhkan suasana Bali dengan latar keindahan Gunung Merapi. Hal itu didukung dengan banyaknya patung dan gapura yang terpasang disana. Fasilitas yang ada di Bukit Sanjaya di antaranya adalah area parkir, toilet, musala, gazebo, spot foto beragam, penginapan, dan juga resto dengan tiket masuk Rp10.000 per orang.

BACA JUGA:   Tempat wisata air terjun bogor

Pemilik Bukit Sanjaya, Sulis Sugiarto Sanjaya, mengatakan pendirian Bukit Sanjaya dikarenakan ketidaksengajaan. “Awalnya karena ditolak kepulangan saya dari berlaut oleh tetangga sekitar rumah saya [Boyolali Kota], karena dianggap pelaut itu yang pembawa virus [corona],” katanya saat dijumpai Solopos.com di Bukit Sanjaya, Selo, Boyolali, Rabu (23/2/2022).

Pria yang akrab disapa Sulis itu menambahkan karena penolakan tersebut dirinya akhirnya kembali ke tempat asal di Samiran, Selo, dan merencanakan pembangunan Bukit Sanjaya.

“Kebetulan rumah saya di atas sini [satu lokasi dengan Bukit Sanjaya], sehingga di atas itu juga saya bikin vila, dulu karena ditolak di sana itu [Boyolali Kota] akhirnya saya balik ke sini [Samiran, Selo] saya akhirnya tergugah pikirannya bikin usaha, karena merasakan titik jenuh berlayar,” katanya.

Dia menyatakan Bukit Sanjaya berdiri pada 1,5 tahun lalu. “Kan waktu itu masih berat-berate mbak, waktu itu dua tahun yang lalu [2020] sekitar satu minggu sebelum Lebaran, itu pas lagi semua tempat dipalang-palang,” ujarnya.

Jadi Viral dan Ramai Pengunjung

Dia menyatakan hanya butuh waktu tiga bulan akhirnya Bukit Sanjaya menjadi viral di media sosial. “Ini gak tau juga kalau akhirnya malah jadi viral, dan rame seperti ini, tapi ya saya yakin, optimis ini [Bukit Sanjaya] akan tetap jalan, karena saya lihat tempat wisata itu tidak ada matinya karena saya lihat juga view-nya juga bagus,” tambahnya.

bukit sanjaya selo

Pada awal berdiri, Sulis menyatakan ketika ada pengunjung naik ke Bukit Sanjaya tidak ditarik tiket masuk tapi malah diberi air mineral 600 ml dan uang Rp10.000. Hal itu karena dia menilai para pengunjung lelah setelah menaiki 225 anak tangga di Bukit Sanjaya.

“Lama kelamaan saya dapat tawaran kerja sama [dari pihak lain] dengan memberikan air mineral [kepada pengunjung] yang ukurannya lebih kecil, tapi dampaknya banyak sampah yang berceceran, lha itu saya pusing lagi,” kata Sulis.

Kemudian dia mengganti strategi marketing dengan memberikan stiker kepada para pengunjung. “Kalau stiker kan disimpan di tas ya, jadi tidak menimbulkan sampah baru,” katanya.

Menurut pria yang sudah melakoni pekerjaan berlayar selama 15 tahun ini, hal yang membuat Bukit Sanjaya membuat penasaran pengunjung adalah karena konsep yang berbeda dibandingkan objek wisata lainnya. Selain itu, para pengunjung banyak yang membagikan momen ketika berada di Bukit Sanjaya di laman Instagram dan Youtube mereka.

Lebih lanjut, Sulis mengaku mempekerjakan pegawai yang diutamakan dari warga sekitar, sehingga Bukit Sanjaya juga bisa bermanfaat untuk yang lain. “15 Tahun [berlayar] itu bukan waktu yang sebentar, jadi jenuh dan pengen bekerja di rumah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Pegawai Bukit Sanjaya, Eriana Suryani, 25, menyatakan Bukit Sanjaya tidak hanya dikunjungi masyarakat sekitar tapi juga luar daerah. Bahkan bupati juga pernah singgah di Bukit Sanjaya ini. “Pak Seno [Bupati Boyolali Seno Samodro periode 2010-2021] juga pernah mampir kesini,” jelasnya.

Secara terpisah, salah seorang pengunjung dari Musuk, Boyolali, Giyanti, 35, mengaku tak kecewa datang ke Bukit Sanjaya. “Objeknya memuaskan,” ungkapnya.