Tips Diving : Cara Memilih Pusat Diving, Safety, dan Perlengkapan Terbaik

Ella Puspita

Diving atau menyelam merupakan salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh para pecinta alam bawah laut. Tidak hanya menyenangkan, diving juga dapat memberikan pengalaman yang sangat berharga, yaitu melihat langsung keindahan biota laut dan terumbu karang yang eksotis.

Namun, tentunya tidak semua orang memahami dengan baik tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan diving. Terutama jika Anda adalah seorang pemula dalam hal ini dan ingin mencoba kegiatan diving untuk pertama kalinya, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda.

Memilih Pusat Diving yang Tepat

Pusat diving merupakan tempat yang paling tepat untuk memulai kegiatan diving. Namun, sebelum memilih pusat diving, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan pusat diving yang Anda pilih memiliki sertifikasi khusus dari badan dunia ternama seperti PADI, SSI atau NAUI.
  • Cari tahu secara detail fasilitas yang disediakan oleh pusat diving seperti alat diving, perahu, instruktur dan maskapai.
  • Periksa potensi kawasan tempat diving, pastikan tempat diving yang Anda kunjungi memiliki pemandangan yang indah.

Safety Dalam Kegiatan Diving

Tidak hanya ketika kita melakukan kegiatan olahraga yang biasanya berada di atas permukaan laut saja yang berbahaya, namun diving pun begitu. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan safety dalam kegiatan diving ini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Selalu konsisten dengan latihan diving Sebelum Mulai Aktivitas Diving.
  • Jangan pernah terburu-buru ketika melakukan kegiatan diving, lakukan dengan santai namun teratur.
  • Pastikan Anda menerapkan teknik breathing yang benar ketika menyelam, ini sangat penting untuk mencegah kecelakaan dan memberikan rasa tenang selama menyelam.
  • Gunakan alat pelindung seperti pakaian tahan air, sepatu khusus, serta pelampung atau life jacket. Jangan mengambil risiko yang tidak perlu.
BACA JUGA:   Camping di Pantai Santolo: Pengalaman Mengesankan yang Tak Terlupakan

Perlengkapan Terbaik Untuk Diving

Tidak hanya keamanan kita saja, perlengkapan diving juga perlu diperhatikan. Perlengkapan diving yang terbaik dan sesuai akan membuat Anda lebih nyaman dan aman saat melakukan diving. Berikut beberapa perlengkapan yang perlu disiapkan:

  • Baju Wetsuit, baju khusus untuk diving yang tahan air dan cukup pas di badan.
  • Masker, sangat penting digunakan agar Anda bisa melihat bola mata ikan yang indah saat diving.
  • Fins, sepatu khusus yang membuat kita dapat bergerak dengan mudah di dalam air.
  • Regulator, digunakan untuk mengatur tekanan udara yang akan masuk ke paru-paru pada saat melakukan kegiatan diving.
  • Tank, alat ini digunakan untuk memberikan udara bagi para penyelam.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan diving. Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan jasa penyedia perlengkapan diving terpercaya seperti Mares, Cressi, Tusa, Aqua Lung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh perlengkapan yang tepat dan nyaman untuk kegiatan diving Anda. Selamat mencoba!

Also Read

Bagikan: