Wisata air panas mahkota dondang

Gundana

Sumber Foto: Pengunjung biasa hanya mencelupkan kakinya di air untuk mengetahui seberapa panas yang mengalir ke parit pmbuangan.(joe)

TENGGARONG –  Hampir  semua kecamatan  di  Kutai Kartanegara  mulai  wilayah pesisir pantai,  tengah hingga pedalaman memiliki objek wisata. Basisnya beragam mulai sejarah, seni budaya dan alam  hingga wisata  religi. Objek wisata alam menjadi dominan,  namun belum dieksplor dengan baik contohya   objek wisata alam air panas di Kecamatan Muara Jawa. 

Sensasi air panas alami yang disemburkan dari perut bumi banyak ditemui  dari timur hingga ke  barat Pulau Jawa, namun di pulau Kalimantan jumlahnya bisa dihitung jari.  Namun  sumber air panas di Kalimantan yang terbilang langka itu tidak banyak diketahui  wisatawan lokal apalagi  mancaegara.

Ternyata penyebabnya adalah objek wisata alam air panas hanya dikelola setengah hati. Hal ini terjadi pada sumber mata air panas di kelurahan Dondang Kecamatan Muara Jawa Kutai Kartanegara. Keberadaan sumber mata air panas yng dikunjungi hari Minggu (9/9) lalu itu ternyata tidak dikelola dengan baik sehingga terkesan kumuh dan kotor.

Objek wisata  yang jaraknya sekitar 3  kilometer dari ibukota  kecamatan. Untuk  menuju ke objek wisata ini  tidak ditemukan petunjuk keberadaan objek wisata tersebut. Saat memasuki kawasan  sumber mata air panas, pengunjung justru disambut  jalanan penuh kubangan. Sesampai di bibir kolam penampungan air panas  pengunjung disambut bau busuk menyengat. Bau tersebut ternyata  berasal dari  puluhan telur busuk yang dibiarkan mengambang   dipermukaan kolam.

  Menurut   pengelola Fatmawati  bahwa kolam air panas   berada di lahan seluas 20 hektar milik keluarga besarnya  sejak 12 tahun silam. Dikatakan   pengunjung biasa datang ke objek wisata ini  pada hari libur. Jumlahnya paling tinggi pernah mencapai 50 orang dengan biaya masuk  plus mandi air panas Rp 10.000  per orang. 

Sedang bagi pengunjung yang sekadar melihat saja   hanya dipungut Rp 2.000  per orang.  Air panas ini menurutnya mengandung kadar belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal, rematik dan asam urat. Dikatakan pengunjung tidak bisa langsung mencelupkan badan atau kaki langsung di kolam itu karena suhunya terlalu panas. Andik  pengunjung  kolam  air panas mengharapkan agar Pemkab Kukar membenahi objek wisata ini terutam infrastruktur jalannya. Jika  jalkannya saja dibenahi pasti banyak orang dating kesini. 

BACA JUGA:   Wisata Alam Indonesia Yang Mendunia: Edisi Terbaru

Objek wisata air panas di Dondang ini belum menjadi target dunia kepariwisataan di Kukar. Sehingga wajar jika keberadaannya belum difasilitasi  Pemkab Kukar sebagai objek wisata.(hms-di01)

TENGGARONG, tribunkaltim.co.id  – Sumber air panas Kelurahan Dondang, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kukar belum tergarap secara optimal. Padahal lokasi pemandian ini dapat mendongkrak potensi wisata di Kukar, khususnya Muara Jawa, jika ini dikelola dengan baik dan secara profesional.

Saat ini lokasi sumber panas ini dikelola perseorangan. Fatmawati, pengelola sumber air panas mengatakan jumlah pengunjung yang datang 30-50 orang pada hari libur. Pengunjung hanya dipungut Rp 10 ribu per orang. Namun, pengunjung yang sekadar melihat-lihat atau tidak mandi hanya dipungut Rp 2.000 per orang.

Sumber air panas ini berada di lokasi lahan seluas 23 hektare. Air panas ini mengandung kadar belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal-gatal, rematik dan asam urat.

Pihak pengelola juga menyiapkan tempat pemandian umum berupa bilik-bilik sebanyak 10 unit. Bilik-bilik ini dilengkapi dengan bathtub (bak untuk berendam). Sehingga pengunjung bisa menikmati air hangat yang berasal dari sumber air panas tadi. Pasanya, pengunjung tidak bisa langsung mencelupkan badan atau kaki langsung di kolam karena suhu airnya terlalu panas.

Kondisi kolam sumber air panas ini memang tidak terawat. Beberapa telur yang dibawa pengunjung dibiarkan di kolam dan mengeluarkan bau tidak sedap. Airnya juga dipenuhi lumut. “Tiap sore kami selalu membersihkan lumut di kolam. Lumut ini kembali muncul pada pagi hari karena dibawa uap air panas dari bawah kolam,” kata Fatmawati. (*)

Salah satu objek wisata pantai di Handil (sumber: foursquare)

Kalimantan Timur sebagai letak ibukota baru Indonesia terkenal sebagai kawasan wisata pantai yang terdiri dari Pantai Sambera, Pantai, Mangrove Sambera, dan Pantai Mutiara Indah.[1] Nah, bagi Anda yang tertarik mengeksplorasi semua tempat rekreasi bahari tersebut, pastikan sudah mencari akomodasi yang tepat. Namun, jika belum menemukannya, Anda bisa mencarinya di daerah Handil yang konon, penginapan di Handil menawarkan tarif terjangkau dengan fasilitas lengkap.

Penginapan Handayani

Penginapan Handayani berlokasi di Jl. M. Hatta No. 29, Handil, Muara Jawa, Kalimantan Timur dan dekat beberapa tempat wisata. Dari akomodasi, Anda bisa mampir ke Pemandian Air Panas Mahkota Dondang, Pantai Empang H Haya, Sungai Raden, dan Pantai Senipah.

BACA JUGA:   Tempat main anak di taman anggrek

Mengusung konsep hunian yang asri, hampir semua sudut bangunan Penginapan Handayani didekorasi dengan taman mini. Tak hanya itu, terdapat bangku kayu sebagai tempat untuk nongkrong. Hawa di taman ini terbilang sejuk dan segar, tak heran jika para tamu betah bermalam di tempat inap tersebut.

Bagian depan dan tengah akomodasi merupakan area parkir outdoor yang terbagi menjadi beberapa bagian, yakni khusus kendaraan beroda dua, kendaraan beroda empat, dan kendaraan khusus karyawan. Fasilitas publik lainnya yang ada di Penginapan Handayani, di antaranya ruang bersantai, ruang tunggu, tempat khusus merokok, area bebas merokok, spot makan, dan Wifi.

Sementara itu, kamar-kamar di Penginapan Handayani sudah dibekali dengan AC, set meja rias, TV, lemari pakaian, tempat tidur, dan kursi malas. Ada juga kamar mandi dalam dengan shower dan kloset duduk.

Menurut review pelancong yang pernah menginap, setidaknya wisatawan harus merogoh kocek mulai Rp100 ribu per malam jika ingin menginap di Penginapan Handayani. Anda bisa melakukan reservasi di tempat secara langsung atau menghubungi pihak akomodasi melalui telepon di nomor 0821 5832 3199.

Penginapan Hidayah

Penginapan Hidayah berada di Handil, Muara Jawa, Kalimantan Timur dan dekat beberapa tempat wisata. Dari penginapan, Anda bisa mengakses Sungai Mahakam, Pantai Senipah, Pantai Kuala, dan Pantai Pamedas dengan cepat dan mudah.

Termasuk akomodasi yang modern dan asri, hampir setiap bangunan di Penginapan Hidayah didekorasi dengan tanaman anggrek dalam pot yang digantung atau diletakkan di lantai. Ini membuat suasana dan hawa sekitar penginapan menjadi lebih sejuk dan segar. Selain itu, terdapat area bersantai di luar ruangan dengan pemandangan area sekitar yang masih asri.

Fasilitas umum lainnya yang ada di Penginapan Hidayah, antara lain ruang tunggu, ruang bersantai, kafe, tempat khusus merokok, dan area bebas merokok. Sementara itu, kamar-kamarnya sudah dibekali dengan kasur, lemari pakaian, dan set meja rias.

BACA JUGA:   Wisata Alam Garut Karacak Valley: Menikmati Keindahan Alam yang Spektakuler

Untuk reservasi sekaligus mengetahui tarif menginap di Penginapan Hidayah, Anda bisa berkunjung langsung ke lokasi. Anda juga bisa melakukan reservasi dengan menghubungi pihak akomodasi melalui telepon di nomor 0821 5574 2666.

Penginapan Surya/Bachtiar

Penginapan Surya/Bachtiar beralamat di Handil, Muara Jawa, Kalimantan Timur dan dekat Sungai Handil. Selain itu, dari penginapan, Anda bisa mengakses Sungai Mahakam, Pantai Senipah, Pantai Kuala, dan Pantai Pamedas dengan cepat dan mudah.

Terletak di daerah yang masih asri, udara di sekitar Penginapan Surya/Bachtiar terbilang sejuk. Anda bisa melihat pemandangan hijau dari teras akomodasi. Selain itu, terdapat beberapa warung makan di samping kanan dan kiri akomodasi. Nah, fasilitas umum lain yang ditawarkan tempat inap ini, antara lain kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, dan area parkir.

Sementara itu, kamar-kamar di Penginapan Surya/Bachtiar sudah dibekali dengan kasur, kursi malas, lemari pakaian, set meja rias, dan rak untuk menjemur handuk. Menurut review pelancong yang pernah menginap, biaya sewanya mulai Rp200 ribu per malam. Anda bisa melakukan booking kamar dengan datang langsung ke lokasi atau menghubungi pihak akomodasi melalui telepon di nomor 081 2534 1456.

Penginapan Seroja

Penginapan Seroja berada di pinggir sungai Handil, tepatnya di Handil, Muara Jawa, Kalimantan Timur. Selain itu, akomodasi ini tak jauh dari Sungai Mahakam, Pantai Senipah, Pantai Kuala, dan Pantai Pamedas.

Fasilitas umum yang ada di Penginapan Seroja, antara lain ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, tempat khusus merokok, dan area bebas merokok. Sementara itu, kamar-kamarnya sudah dibekali dengan kasur, lemari pakaian, dan set meja rias.

Untuk reservasi sekaligus mengetahui tarif menginap di Penginapan Seroja Anda bisa berkunjung langsung ke lokasi. Anda juga bisa melakukan reservasi dengan menghubungi pihak akomodasi melalui telepon di nomor 0812 5397 8989.

[1] Nugroho, Ardiyanto W. 2022. Pengembangan Wisata Pantai di Kalimantan Timur Berdasarkan Karakteristik dan Pendapat Pengunjung serta Prinsip Kepariwisataan. Jurnal Ilmu Lingkungan Balai Penelitian dan Pengembangan Teknologi Konservasi SDA, Vol. 20(3): 597-608.

Also Read

Bagikan: