Wisata air terjun bedegung muara enim

Gundana

Destinasi wisata air terjun memang sering kali dikenal sebagai tempat yang memiliki jalur tracking yang menantang dan kurang cocok bagi wisata keluarga. Namun, tidak semua air terjun memiliki kondisi seperti itu. Air Terjun Bedegung, yang berlokasi di Muara Enim, Sumatera Selatan, merupakan salah satu air terjun yang memiliki ketinggian 99 meter, namun dapat diolah menjadi sebuah destinasi wisata yang sesuai bagi keluarga.

Jalur Menuju Air Terjun Bedegung

Mencapai Air Terjun Bedegung tidaklah sulit. Lokasi wisata tersebut terletak tidak jauh dari jalan utama dan memiliki tracking yang bagus. Pertama-tama, Anda akan melewati sebuah taman yang indah dan tertata dengan baik, yang dilengkapi dengan spot-spot yang berwarna-warni, yang menjadi pembuka saat menuju lokasi air terjun.

Air Terjun Bedegung juga dikenal dengan nama Curup Tenang. Maka tak heran, jika landmark yang ada di dekat lokasi parkiran bertuliskan Curup Tenang. Selanjutnya, Anda hanya perlu menyusuri jalur yang sudah dicor, tepat berada di samping sungai dengan aliran air yang tidak terlalu deras dan jernih.

Menikmati Keindahan Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung memiliki ketinggian yang cukup tinggi, sekitar 99 meter, sehingga membuat suara air yang jatuh sangat memukau. Ketinggian air terjun juga membuat air yang jatuh membentuk sebuah kolam yang dalam, sehingga sangat cocok untuk berenang atau bermain air.

Di sekitar lokasi air terjun juga terdapat beberapa spot yang sangat indah dan menawan, seperti spot berfoto, spot beristirahat, dan spot untuk berkemah. Semua fasilitas tersebut sangat memudahkan para pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun.

Air Terjun Bedegung di Muara Enim, Sumatera Selatan, adalah destinasi wisata air terjun yang sangat cocok bagi keluarga. Lokasinya yang tidak jauh dari jalan utama dan tracking yang bagus membuat para pengunjung mudah mencapainya. Keindahan air terjun dan fasilitas yang tersedia di sekitar lokasi membuat pengalaman wisata semakin menyenangkan

Perjalanan Menuju Air Terjun Bedegung

Selama di perjalanan, pemandangan alam pegunungan, serta kesejukan udara adalah teman setia di perjalanan menuju lokasi Air Terjun Bedegung. Oh iya, track nya cukup lebarm sehingga leluasa untuk dilalui.

Setelah itu, mulailah menaiki anak tangga yang sudah berbentuk tembok. Anak tangga tersebut tidak terlalu miring, sehingga anak anda juga aman untuk naik anak tangga tersebut.

Tracking selanjutnya, menuruni anak tangga sebagai tanda lokasi Air Terjun Bedegung Muara Enim sudah tidak jauh lagi.

Tracking Menuju Air Terjun Bedegung

Saat menuruni anak tangga, pemandangan pertama yang dapat dilihat adalah deretan gazebo, serta para pedagang yang menjajakan makanan.

Dan kemudian lihatlah di samping kiri depan anda, sebuah air terjun setinggi 99 meter mulai memanjakan mata anda.

 Keistimewaan Atau Pesona Keindahan Air Terjun Bedegung Muara Enim

Keistimewaan Air Terjun Bedegung atau Curup Tenang terletak pada ketinggiannya. Memiliki ketinggian 99 meter, menjadi sebuah penegasan bahwa Air Terjun Bedegung bertengger di antara deretan air terjun tertinggi yang ada di Indonesia.

Pesona Air Terjun Bedegung

Selain karena ketinggian, lokasi wisata Curup Tenang juga sudah dikelola secara baik. Sehingga menjadi sebuah destinasi wisata alam yang cocok juga sebagai wahana liburan keluarga.

Hanya saja, selalu ada pengunjung yang belum memiliki kesadaran tentang alam dan kesadaran menjaga kebersihan lokasi wisata. Padahal lokasi wisata Air Terjun Bedegung sudah sedemikian indah.

Air Terjun Bedegung Selalu Dipadati Pengunjung

Meskipun mampu menjadi wisata keluarga, bukan berarti diperbolehkan mandi atau berenang tepat di palung Air Terjun Bedegung. Larangan tersebut mengingat kuatnya arus air yang jatuh dari ketinggian, tepat ke dasar kolam.

Bagi yang ingin berenang atau bermain air, bisa dilakukan di aliran air atau sungai yang berada di depan air terjun tersebut.

BACA JUGA:   23 Wisata Gunung Salak Takengon

Terdapat anak tangga di samping jalur tracking yang menurun ke bawah, di antara tembok penyangga tebing yang langsung menuju sungai.

Pesona keindahan selanjutnya adalah sebuah jembatan panjang yang berada di depan Air Terjun Bedegung, yang menghubungkan sisi kiri dengan sisi kanan jalur tracking.

Menikmati Keindahan Air Terjun Bedegung dari Atas Jembatan

Sehingga saat berdiri di jembatan tersebut para pengunjung bisa langsung berhadapan dengan air terjun dengan ketinggian 99 meter tersebut.

Ragam Aktivitas Di Air Terjun Bedegung Atau Curup Tenang

Terdapat berbagai macam ragam wisata atau ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi wisata tersebut, diantaranya :

1. Bermain Air

Bagi anda yang tidak bisa berenang, cukup bermain air saja di titik aliran air yang tidak terlalu dalam diantara bebatuan.

Menikmati Air Terjun Bedegung

2. Berenang

Terdapat titik yang bisa dipakai untuk mereka yang sudah pandai berenang. Airnya dingin dan menyejukan.

3. Hunting Foto

Bukan hanya pemandangan alamnya saja yang sangat mempesona, namun spot yang ada di lokasi wisata Air Terjun Bedegung sangat instagramable.

Spot Foto Terbaik

4. Hunting Kuliner

Di sepanjang jalur tracking tedapat para penjaja makanan. Sehingga setelah lelah melakukan aktivitas wisata, para pengunjung bisa menikmati jajanan sambil duduk di gazebo.

Legenda Di Air Terjun Bedegung Atau Curup Tenang

Dibalik keindahan Air Terjun Bedegung Muara Enim, terdapat legenda seorang putri cantik yang enggan dinikahi oleh seorang raja.

Penolakan tersebut berujung pembunuhan terhadap sang putri cantik oleh sang sang raja. Nama Curup Tenang juga diambil dari nama lain putri tersebut.

Lokasi Air Terjun Bedegung Muara Enim

Lokasi Air Terjun Bedegung terletak di Sumatera Selatan. Adapun alamat Air Terjun Bedegung berada di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Bedegung Muara Enim

Rute atau akses jalan menuju Air Terjun Bedegung sangatlah mudah, karena lokasinya tidak jauh dari jalan utama dan memiliki lokasi parkir yang leluasa.

Jarak Palembang ke Air Terjun Bedegung sekitar 235 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute tercepat dari Palembang bisa melalui Jalan Tol Palembang – Indralaya

Setelah melewati Jalan Nusantara, di bundaran ambil arah menuju Jalan Raya Lintas Timur Palembang – Prabumulih

Di bundaran ke dua, ambil jalur keluar pertama menuju Jalan Ahmad Yani, untuk selanjutnya masuk ke Jalan Lintas Sumatera.

Nanti terdapat penunjuk arah untuk belok ke kiri menuju Jalan Air Terjun Bedegung. Di jalan tersebutlah lokasi wisata yang anda tuju.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bedegung Muara Enim

Harga tiket masuk Air Terjun Bedegung Muara Enim adalah sebagai berikut :

  • Harga tiket masuk / HTM / Hari biasa                       : Rp. 5.000 per orang
  • Harga tiket masuk / HTM / Libur Nasional                : Rp. 10.000 – Rp. 25.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Bedegung Muara Enim

Jam operasional Air Terjun Bedegung Muara Enim buka dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 dari hari Senin sampai dengan Hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Bedegung Muara Enim

Penginapan di sekitar Air Terjun Bedegung Muara Enim bisa kalian dapatkan dengan mudah karena jaraknya tidak jauh dari lokasi wisata.

Adapun harga yang ditawarkan bervariatif, tergantung jenis penginapan dan jenis fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Bahkan terdapat rumah joglo sebagai penginapan yang diperuntukan bagi para wisatawan sebagai bagian dari ragam wisata di Air Terjun Bedegung Muara Enim..

Tips Wisata Menuju Air Terjun Bedegung Muara Enim

Bagi anda dan keluarga yang mempunyai rencana berwisata ke Air Terjun Bedegung Muara Enim, maka inilah tips wisatanya :

  • Jika anda ingin bermain air bersama anak – anaj, cukup bermain di lokasi aliran air yang ada di pinggiran, dan tidak dalam.
  • Berlibur ke sana pastikan di saat cuacanya mendukung. Supaya anda bersama keluarga dapat menikmati seluruh spot yang ada di sana.
  • Jangan membiarkan anak – anak anda luput dari pengawasan anda ya…
  • Patuhi protokol keamanan dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola dan pemerintah.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, apalgi membuang sampah plastik ke aliran sungai.
  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, serta kamera.
BACA JUGA:   Outbond taman pintar

Penutup

Sebuah sensasi tak terlupakan saat berwisata ke Air Terjun Bedegung Muara Enim, karena mampu menyaksikan secara dekat air terjun dengan ketingian 99 meter.

Buatlah suasana nyaman, aman, dan bahagia selama di perjalanan dan di lokasi wisata. Dan selamat menikmati keindahan Air Terjun Bedegung Muara Enim bersama keluarga anda.

Selamat berlibur…

Pertama menginjakkan kaki ke tempat ini kt langsung melihat keindahan air terjun yang masih alami. Apalagi bila Anda berkunjung di musim penghujan, anda akan di sambut oleh percikan air dari air terjun bedegung. Dan aliran air dari air terjunpun akan mengalir deras pada saat musim penghujan. untuk menjumpai air terjun ini, anda harus melewati anak tangga yang jumlahnya cukup banyak, dan cukup menguras tenaga untuk sampai ke air terjun ini. Tetapi lelah anda akan segera hilang menyaksikan keindahan air terjun ini, apalagi bila anda ikut berendam di aliran sungai di bawah air terjun ini.
Tetapi seperti kebanyakan tempat wisata di Indonesia, keadaan di tempat ini agak kurang terurus. Terutama tempat untuk mengganti pakaian. Tapi selebihnya tempat ini bisa dijadikan salah satu tempat untuk liburan bersama keluarga atau teman anda.

Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan. Air terjun dengan ketinggian 99 meter ini bersumber dari mata air yang tidak pernah kering di celah Bukit Barisan dan turun di sungai kecil yang berat, berbatu dan memiliki udara yang sangat sejuk.

Curug Tenang Bedegung Curug terletak di desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan.

Jaraknya sekitar 56 km ke arah selatan Muara Enim dan sekitar satu jam atau 210 km dari kota Palembang. Dapat dijangkau oleh semua jenis kendaraan. Untuk memudahkan pengunjung yang datang dari luar kabupaten, pemerintah setempat telah membangun jalan baru dari Prabumulih ke Simpang Meo sepanjang 87 km melalui kawasan hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit. Dengan demikian jarak dari Palembang ke desa Curup Tenang Bedegung hanya sekitar 2 jam atau sekitar 177 km. Jarak ini lebih pendek daripada melalui Muara Enim yang berarti harus menempuh 239 km.

Selanjutnya, untuk mencapai air terjun ini, ada jalan setapak sepanjang 600 meter yang dibangun di tepi sungai dan jembatan yang melintasi sungai kecil.

Fasilitas arung jeram juga tersedia di kawasan wisata ini. Para pengunjung dapat menjelajahi sungai Curup Tenang Bedegung yang membutuhkan sekitar dua jam untuk menyusuri sungai. Oleh karena itu, Anda juga dapat menemukan pemandian alami dengan air dingin segar dan dilengkapi dengan area memancing, lengkap dengan fasilitas, sehingga pengunjung memiliki lebih banyak kegiatan di daerah ini.

Kekayaan alam Sumatera seolah tak terhitung. Keajaiban Air Terjun Dua Warna bukanlah akhir dari nostalgia air terjun. Masih ada banyak air terjun hebat lainnya yang wajib Anda datangi. Salah satu yang memiliki kesan istimewa adalah objek air terjun yang terdapat di selatan Pulau Sumatera, yaitu Air Terjun Bedegung.

Objek Wisata

Barangkali jika Anda belum pernah berkunjung ke Sumatera, Anda merasa kurang familiar dengan tempat-tempat indah yang dimiliki oleh Provinsi Sumatera Selatan. Jika ya, pastikan mulai saat ini Anda sudah mencari tahu seluk beluk objek wisata yang tersimpan di provinsi ini. Salah satu hamparan keajaiban alam di Provinsi ini adalah Air Terjun Bedegung. Hingga kini, masih banyak orang yang belum akrab dengan tujuan wisata yang satu ini.

Air Terjun Bedegung

Ketinggian Air terjun Bedegung mencapai 99 meter. Dengan demikian, air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertingi di Indonesia setelah Air terjun Sigura gura (250 meter), Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter), dan Air terjun Curug Citambur (100 meter). Sepanjang rute menuju Air Terjun Bedegung, Anda akan disambut hijaunya pepadian dan suasana alam yang sangat kental. Anda harus menempuh jarak 56 km menuju perbatasan Batu Raja – Muara Enim. Kali ini, Anda dapat menggunakan mobil pribadi dengan waktu sekitar 1 jam. Setelah itu, Anda masih akan berkelana demi menuju lokasi utamanya dan kali ini Anda hanya dapat mencapainya dengan berjalan kaki.

BACA JUGA:   18 Foto Wisata Curug Tonjong Foto Yang Menakjubkan

Pastikan Anda menggunakan sepatu yang tidak merepotkan saat dibawa berjalan melewati tangga di atas aliran sungai dan menaklukkan sebuah jembatan besi yang sudah berlubang beberapa bagian pijakannya. Kewaspadaan harus terus dijaga agar Anda terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terjadinya kecelakaan. Meskipun demikian, jembatan itu masih cukup kokoh untuk dilalui. Semakin mendekati air terjun, telinga Anda akan semakin menangkap suara gemericik airnya ynag membuat hati berdegup tidak sabar ingin segera menapakkan kaki di hadapan Air Terjun Bedegung.

Jembatan Air Terjun Bedegung Muara Enim

Di sekitarnya, Anda dapat menempati pondok-pondok tak berpenghuni secara cuma-cuma untuk bersantai sejenak memulihkan tenaga. Bebatuan besar juga terhampar sehingga Anda bisa duduk-duduk di atasnya seraya menikmati dahsyatnya panorama alam pada Air Terjun Badegung ini. Kesejukan air nya berasal dari mata air di celah Bukit Barisan yang sama sekali tidak pernah kering. Aliran di bawahnya membentuk sungai kecil yang cukup deras dan bebatuan besar juga terhampar di sana. Anda dapat berfoto ria di atas bebatuan ini dengan latar air terjun yang mengucur dengan sangat deras.

Lokasi

Air Terjun Bedegung berlokasi di Sumatera Selatan, tepatnya di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim. Beranjak dari Kabupaten Muara Enim, Anda akan menghabiskan waktu 1,5 hingga 2 jam menempuh jarak 56 kilometer menuju objek wisata andalan Sumatera Selatan ini. Melewati jalan setapak terlebih dahulu sebagai akses utama untuk tiba di Air Terjun Bedegung.

Akses

Jalur darat untuk sampai di Air Terjun Bedegung bisa dilewati oleh bus ataupun kendaraan pribadi. Selain itu, kereta api juga bisa menjadi transportasi pilihan Anda. Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga telah membangun jalan dari Kota Prabumulih menuju Simpang Meo. Panjang jalanan ini sekitar 87 kilometer dan juga melalui areal hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit.

Dari Ibukota Provinsi, Palembang, Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam dengan jarak sekitar 177 kilometer menuju tempat wisata indah ini. Artinya, lebih singkat jika dibandingkan rute dari Muara Enim dengan jarak 239 km.

Harga Tiket

Memasuki area air terjun unggulan Sumatera Selatan ini, Anda diminta membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Seperti tempat wisata lainnya, pada hari libur nasional atau hari besar agama, biayanya akan bertambah mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp. 25.000,- per orang.

Fasilitas Dan Akomodasi

Pemerintah setempat tidak tinggal diam menanggapi adanya tempat wisata Air Terjun Bedegung ini. Pembenahan senantiasa dilakukan dalam hal sarana dan prasarana di sekitar lokasi wisata, seperti perbaikan toilet dan kamar mandi, lapangan untuk parkir kendaraan, serta pembangunan jalan setapak sebagai akses utama yang akan memudahkan Anda. Villa untuk menginap juga tersedia apabila Anda ingin bermalam menikmati suasana air terjun lebih lama. Warung-warung juga mudah ditemui, hanya saja mayoritas hanya menyediakan mie instan sebagai menu santapan Anda.

(written by Ika Wahyuni)

Also Read

Bagikan: