Wisata air terjun dekat jakarta

Gundana

Jakarta, CNN Indonesia

Bagi yang sudah tak sabar ingin bermain air, berikut sejumlah curug alias air terjun yang dekat dari Jakarta yang bisa didatangi untuk berwisata singkat pada akhir pekan atau libur nasional.

Cek tingkat kesulitan akses masuk sebelumnya, terutama jika ingin membawa anak kecil atau orang tua.

Jangan lupa untuk selalu untuk mematuhi protokol kesehatan selama berwisata di tengah pandemi virus corona.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Curug Bidadari

Curug BidadariCurug Bidadari. (Bekti/Detik Traveler)

Curug Bidadari. (Bekti/Detik Traveler)

Bagi yang ingin main air sekaligus wisata kuliner di kawasan Sentul, silakan datang ke air terjun ini.

Terletak di belakang perumahan mewah Sentul City, curug ini juga menawarkan pemandangan indah di tengah hawa yang sejuk.

2. Curug Baliung

Masih berada di kawasan Sentul, untuk menuju air terjun ini turis harus melakukan pendakian singkat menuju Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang.

Sepanjang perjalanan, pemandangan alam yang asri bakal setia menemani.

3. Curug Luhur

Kalau Curug Cilember dirasa sudah terlalu ramai turis, silakan ajak keluarga datang ke sini.

Air terjun ini berlokasi di Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Anak kecil pasti senang diajak datang ke sini, karena ada wahana waterboom yang seru.

4. Curug Leuwi Hejo, Curug Bengkok, dan Curug Barong

Curug Leuwi HejoCurug Leuwi Hejo. (AGUS SUPRATMAN via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))

Curug Leuwi Hejo. (AGUS SUPRATMAN via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))

Air terjun dengan air bening biru kehijauan ini berada di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengakses curug ini, turis bisa melewati jalan raya Sentul City sampai ke perempatan Jungle Land hingga bertemu papan nama ‘Wisata Alam Curug Bengkok, Leuwi Hejo, Curug Barong’.

Sesuai namanya, ada tiga air terjun yang bisa dikunjungi di sini.

Selain Curug Leuwi Hejo, turis juga bisa mengunjungi Curug Bengkok dan Curug Barong. Hanya saja akses menuju dua air terjun tersebut bakal lebih jauh.

5. Curug Cibulao

Curug CibulaoCurug Cibulao. (Muhdito via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))

Curug Cibulao. (Muhdito via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0))

Air terjun jernih berwarna biru kehijauan ini berlokasi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Objek wisata alam ini sudah ditata rapi, sehingga fasilitas dan layanan wisatanya cukup lengkap.

6. Curug Putri Kencana

Curug Putri KencanaCurug Putri Kencana. (Idris_aje/Detik Traveler)

Curug Putri Kencana. (Idris_aje/Detik Traveler)

Akses menuju air terjun yang berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, ini terbilang cukup mudah.

Jangan lupa meloncat ke dalam air dari jembatan bambu setinggi 10 meter yang telah dibangun.

7. Curug Mariuk

Butuh pendakian singkat melintasi Perbukitan Masigit, Desa Sukamakmur, Kabupaten Bogor, demi menjangkau air terjun ini.

BACA JUGA:   Memukau 12 Wisata Kabupaten Semarang Yang Sudah Buka

Walau tak terlalu dalam, namun jernihnya air dan keasrian alam sekitar membuat curug ini amat menyenangkan untuk didatangi bersama teman-teman dekat.

8. Curug Cigamea

Curug Cigamea memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air yang jatuh merambat dulu di batu-batu berwarna hitam dan membuat efek yang terlihat indah. Di bawah curug ini terdapat batu-batu besar berwarna hitam juga.Curug Cigamea. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni)

Curug Cigamea. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni)

Air terjun ini masuk ke dalam kawasan Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sebenarnya ada enam air terjun dalam kawasan ini, namun Curug Cigamea yang paling populer didatangi, karena aksesnya mudah.

9. Curug Sawer

Waterfall curug sawer, sukabumiCurug Sawer. (iStockphoto/Abe Latif)

Curug Sawer. (iStockphoto/Abe Latif)

Air terjun ini berada di kawasan pegunungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Akses menuju kawasan wisata alam ini makin mudah dengan kehadiran jembatan gantung (suspension bridge) penghubung Blok Kaliandra ke Blok Puspa yang diklaim terpanjang di Asia, yakni 240 meter.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]

AKHIR pekan bersama keluarga memang paling cocok jika berlibur ke tempat wisata yang bertema alam, seperti menikmati pesona air terjun.

Nah, bagi Okezoners yang tinggal di Jakarta atau sekitaran Jabodetabek, tak perlu jauh-jauh untuk merasakan pemadangan air terjun indah dengan panorama alam yang asri. Karena di dekat Ibu Kota ada beberapa air terjun yang bisa kamu nikmati.

Baca juga: Jakarta PSBB Total, Ini 5 Tempat Wisata Sejarah Paling Beken di Ibu Kota

Lokasinya strategis dan mudah dijangkau dengan kendaraan kamu. Silakan ajak teman, keluarga atau bahkan pasangan. Kamu juga bisa berfoto ria di sini loh.

Berikut 5 wisata air terjun yang lokasinya dekat dengan Jakarta :

1. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo berada di Sentul, Bogor, Jawa Barat, memiliki air yang jernih kehijauan bersumber dari pegunungan. Pemandangannya sangat indah, dengan perbukitan hijau yang asri dan cukup memanjakan mata. Jarak tempuh dari Jakarta ke Curug Leuwi Hejo sekitar 1 jam, yuk jadikan list Okezoners sekarang juga.

Ilustrasi

Ayu Ting Ting mandi di Curug Leuwi Hejo (Instagram)

2. Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk terletak di Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini sering disebut sebagai kembarannya Curug Leuwi Hejo, karena lokasinya yang berdekatan serta keindahannya sama–sama menarik. 

Keindahan bawah airnya jadi daya tarik bagi wisatawan. Curug atau air terjun ini diapit oleh dua tebing, sangat eksotis. Tapi, jika pergi saat cuaca hujan agak menguras stamina. Namun, lelah kamu akan dengan pesona lukisan alam yang memukau.

3. Curug Leuwi Ciung 

Masih di sekitaran Bogor. Ada Curug Leuwi Ciung di Cibaduk, Sukamakmu. Air terjun terjih yang mengalir di antara tebing bebatuan dan pepohonan rindang sangat eksotik. Lokasi ini dijuluki Green Canyon-nya Sentul.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Curug Cigamea

Curug Cigamea di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Bogor. Dari beberapa air terjun di Bogor, tempat ini paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berasal dari Jabodetabek. Keunikan dari Curug Cigamea adalah memiliki dua air terjun atau kembar.

Selain itu, ketika kamu tiba di pintu masuk hingga sampai ke Curug Cigamea, akan terdapat monyet–monyet lucu yang berasal dari hutan Gunung Salak. Akses jalan ke sini sangat mudah.

BACA JUGA:   Tiket masuk the hills vaganza

5. Curug Parigi 

Tak hanya di Bogor, Bekasi juga punya air terjun yang tak kalah indah. Ya, Curug Parigi namanya, berlokasi di Bantar Gebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Keindahan alamnya sangat menawan, tempat ini terbilang instagramable lho guys.

Sebelumnya

1

2

Selanjutnya

Sedang kangen liburan karena bosan melihat gedung perkantoran? Kamu bisa melakukan short escape untuk melihat pemandangan alam yang indah. Salah satu pilihannya adalah air terjun sekitar Jakarta yang indah, menyuguhkan udara segar, dan layak dikunjungi.

Khawatir kejauhan? Tenang saja! Air-air terjun ini berada di wilayah Jabodetabek yang jelas masih terjangkau. Jangan hanya liburan ke Kebun Raya Bogor atau Danau Setu Babakan, ya, sesekali kamu harus coba ke air terjun.

Kamu bisa menikmati wisata di berbagai air terjun sekitar Jakarta ini bersama keluarga. Selain untuk berpiknik atau main air dan berenang santai, kamu juga bisa foto-foto juga karena air terjunnya indah dan pas buat di-post di Instagram. Ayo, pergi sama Rukita melihat air terjun ini!

Beberapa Air Terjun di Sekitar Wilayah Jakarta yang Layak untuk Dikunjungi karena Kecantikannya

Tujuan utama untuk berlibur sebenarnya, kan, bukan posting foto di Instagram. Namun, nggak ada salahnya juga, sih, kalau kamu mau sedikit pamer bermain ke alam dan menunjukkan keindahannya.

1. Curug Leuwi Lieuk

Air terjun di sekitar Jakarta - curug leuwi lieukSource: bobobox.com

Di daerah Jawa Barat air terjun sering disebut curug. Untuk air terjun di sekitar Jakarta yang pertama ini lokasinya di wilayah Bogor. Lokasi curug ini sekitara 30 menit dari simpang Jungle Land, jadi diimbau untuk menggunakan kendaraan umum.

Walau jauh, ya, kamu bakal puas setelah melihat kejernihan air di sini dan bebatuannya pun bersih. Curug ini diimpit oleh dua buah tebing sehingga terlihat indah dan terasa sejuk.

Kolam Curug Leuwi Lieuk ini memiliki kedalaman 4 meter. Jadi, kalau mau berenang, ya, pastikan kamu memiliki kemampuan yang baik. Kalau ada keponakan atau adik kecil lebih baik ajak main di tepian saja, ya. Tiket masuknya Rp10.000 dengan parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Alamat: Curug Leuwi Lieuk Kampung Cibereum Jln. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 

2. Curug Leuwi Ciung

Air terjun di sekitar Jakarta - curug leuwi ciungSource: jejakwisata.com

Curug ini namanya memang hampir mirip dengan air terjun yang sebenarnya. Tak lain tak bukan, lokasi air terjun ini masih berada di dalam satu kompleks dengan Curug Leuwi Lieuk. Ada banyak sekali curug di sekitar sini, namun Leuwi Ciung merupakan salah satu yang baru dan sedang hits.

Leuwi Ciung letaknya tidak begitu strategis dan masih sangat alami. Tidak banyak orang yang mau mengunjunginya karena rutenya cukup sulit. Tempat ini sempat viral karena terlihat sangat indah di foto, hingga disebut Green Canyon-nya Sentul.

Air terjun di curug ini tidak begitu tinggi, namun panoramanya indah sekali dengan air sangat jernih dan segar. Ditambah lagi tidak ada banyak pengunjung, ya, jadi terasa seperti surga. Siapa mengira ada Grand Canyon di sekitar Bogor?

Alamat: Curug Leuwi Ciung Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 

3. Curug Parigi

Image result for curug parigiSource: liputan6.com

Beralih dari Bogor, nih, kita menuju air terjun di Bekasi. Kamu pasti nggak akan percaya bahwa air terjun yang indah ini berada di Kota Bekasi. Air terjun ini terletak di Kali Cileungsi yaitu di Bantargebang.

BACA JUGA:   Karya tulis taman pintar yogyakarta

Kalau kamu melihat air terjun ini tentu berbeda dari yang lain karena bentuknya melebar. Jadi, air terjun ini tidak tinggi seperti Niagara. Untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja. Mobil akan dipatok harga sebesar Rp10.000 dan motor sebesar Rp5.000.

Air terjun ini sebenarnya pemandangannya indah, namun sayang kadang ada banyak sampah di sekelilingnya. Kalau mau main ke sini, kamu nggak akan selalu beruntung mendapatkan air terjun yang bersih, ya.

Alamat: Curug Parigi Cikiwul, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat

4. Curug Cilember

Image result for curug cilemberSource: Alampriangan.com

Bergeser kembali ke Bogor, kita akan ke Cisarua untuk menikmati Curug Cilember. Di dalam kompleks air terjun ini ternyata ada 7 lokasi air terjun berbeda dengan ketinggian yang beragam, mulai dari yang pendek sampai 40 meter!

Curug yang menjadi favorit pengunjung adalah Curug 7 yang letaknya sangat strategis. Keenam curug lainnya berada di atas Curug 7 dan semakin kecil angkanya semakin sulit aksesnya.

Curug 7 ini memiliki pemandangan cantik dengan air terjun utama yang tinggi. Selain curug utama, ada juga curug kecil yang melebar dan pendek. Selain main di air terjun, nih, kamu juga bisa mengunjungi Taman Konservasi Kupu-kupi maupun out bond di sekitar curug. Tiket masuknya sebesar Rp25.000/orang, ya!

Alamat: Curug Cilember Raya Puncak Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

5. Curug Leuwi Hejo

Image result for curug leuwi hejosource: rutemu.com

Arti nama dari Leuwi Hejo adalah kolam hijau. Namun, curug ini berwarna biru jernih dan indah. Air terjun yang satu ini berada di Kabupaten Bogor. Seperti curug-curug indah lainnya, kamu harus menempuh perjalanan cukup jauh sebelum sampai. Yang pasti, nih, semuanya indah sekali!

Curug ini memiliki kedalam 5-7 meter sehingga cocok untuk berenang, khususnya untuk orang dewasa yang memang sudah pandai berenang. Ada banyak bebatuan juga yang memungkinkanmu untuk terjun ke tengah curug, namun harus hati-hati ya.

Memang jika dilihat, tuh, airnya agak kehijauan namun jernih dan bersih. Curug ini masih satu wilayah dengan Curug Bengkok dan Curug Barong. Untuk tiket masuk kamu hanya perlu bayar Rp10.000 saja!

Alamat: Curug Leuwi Hejo Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

6. Curug Cigamea

Image result for curug cigameaSource: bisniswisata.co.id

Air terjun terakhir ini berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Pemandangan Curug Cigamea sangat indah dan aksesnya tidak sulit sehingga banyak pengunjung suka datang ke sini.

Kalau kamu masuk menuju curug ini masih bisa melihat banyak satwa hutan seperti monyet. Ada enam curug di dalam sini, namun primadonanya memang Curug Cigamea karena aksesnya mudah dan pemandangan air terjun tingginya yang indah.

Kamu bisa mencoba bermain flying fox jika datang di akhir pekan, lho. Kamu pun bisa menikmati keindahan Gunung Salak dan Curug Cigamea dari ketinggian.

Alamat: Curug Cigamea Jln. Raya Gn. Salak Endah Jln. Curug Cigamea, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 

Seru juga, kan, sepertinya main ke beberapa air terjun yang ada di sekitar Jakarta ini? Sekarang kalau ke Jabodetabek, tuh, kamu ada alasan buat main di alam saja! Biasanya kalau ke Bogor sama Bekasi kamu main ke mana? Ayo, bagikan di kolom komentar!

Tambahan, nih, karena sebagian besar dari air terjun ini berada di Bogor, sebelum pulang kamu bisa mampir dan mencoba beberapa es kopi kekinian di Bogor.

Categories

Tak Berkategori

Also Read

Bagikan: