Skip to content
Home » Wisata Cagar Alam » Wisata air terjun duyung trawas hill

Wisata air terjun duyung trawas hill

Duyung Trawas Hill Harga Tiket Masuk : Rp120.000-Rp250.000. Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB. Nomor Telepon : 0822 3000 0960. Alamat : Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61375.

Duyung Trawas Hill merupakan salah satu kawasan wisata lengkap untuk gathering, training dan refreshing. Berada di Desa Duyung, destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam dengan panorama pegunungan. Tempat ini juga memiliki waterpark, arena outbond, spot foto, mini zoo, air terjun, dan hotel.

Berbagai wahana permainan juga tersedia. Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga dan kegiatan wisata komunitas.

Harga Tiket Masuk Duyung Trawas Hill

Untuk memasuki kawasan wisata pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket atau gratis. Wisatawan hanya perlu membayar jika ingin bermain berbagai wahana yang tersedia.

Harga Kegiatan OutboundPaket LDKS/SchoolRp120.000Paket FamgetRp100.000Paket MeetingRp155.000Paket SleepRp250.000

Baca: PUTHUK PANGGANG WELUT Mojokerto Tiket Masuk & Wahana

Jam Buka

Jam BukaJam Operasional08.00 – 17.00 WIB

Berbagai Aktivitas & Wahana di Duyung Trawas Hill

hijau dan sejuknya area perbukitan duyung trawas hill

Lokasinya berada di kawasan hijau dengan panorama alam pegunungan Jawa Timur. Selain wahana dan spot-spot menarik, tempat ini sudah lengkap dengan fasilitas seperti area parkir luas serta mushola.

Berdiri pada tahun 2013, karena namanya yang unik membuat wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Berbagai aktivitas dapat dilakukan di tempat wisata yang menyediakan banyak ragam fasilitas ini.

Baca: Claket Adventure Park Mojokerto Tiket Masuk & Ragam Wahana

Berenang dan Bermain di Waterboom

wahana kolam renang di pegunungan

Selanjutnya setelah memasuki area waterpark, wisatawan akan melihat payung warna-warni tergantung di atasnya. Di tepi kolam renang juga terdapat gazebo-gazebo tersedia bagi wisatawan.

Kolam renangnya memiliki bagian dengan kedalaman masing-masing. Berenang di sini akan memberikan sensasi menyegarkan dengan udara sejuk dan panorama alam khas pegunungan.

Selain itu ada juga dua buah seluncur air menjadi daya tarik utama di area ini. Wisatawan akan menyukai meluncur dan berputar untuk kemudian mendarat di permukaan kolam. Selain seluncur air, untuk anak-anak juga tersedia area bermain yang dengan berbagai wahana untuk anak.

Baca: WATERLAND MOJOKERTO Tiket Masuk & Wahana

Kegiatan Outbond di Duyung Trawas Hill

wahana outbond jembatan tali

Duyung Trawas Hill memiliki area untuk aneka ragam aktivitas outbond yang tersedia untuk wisatawan. Berada di daerah pegunungan dengan udara sejuk, lokasinya sangat cocok untuk kegiatan luar ruang. Tersedia banyak pengalaman untuk aktivitas pendidikan atau pelatihan kepemimpinan maupun team building.

BACA JUGA:   Wisata kuliner masjid agung surabaya

Outbound training diantaranya flying fox, low rope, jembatan gantung, hingga arung jeram. Selain itu olahraga panahan pun tersedia sebagai salah satu wahana melatih fokus. Sedangkan untuk anak-anak dan siswa usia sekolah pun dapat turut melakukan aktivitas seru dan menantang ini.

Baca: Pacet Mini Park Mojokerto Tiket Masuk & Aktivitas

Berkemah

tenda-tenda di area perkemahan duyung trawas hill

Selain wahana outbond, taman rekreasi ini juga menyediakan area berkemah bagi wisatawan yang ingin menginap. Camping ground tersedia lengkap dengan tenda yang dapat disewa serta perlengkapannya. Berkemah memberikan waktu lebih leluasa untuk menikmati keindahan alam, seperti menanti momen sunrise menjelang pagi.

Menikmati Panorama Pegunungan

Menikmati indahnya panorama pegunungan

Letak Duyung Trawas Hill sedikit masuk ke area hutan dan jauh dari keramaian. Tempat wisata ini memang ingin menyuguhkan kenyamanan udara pegunungan yang sejuk dan segar.

Berada di tengah-tengah daerah pegunungan, lokasi ini dikelilingi panorama tiga gunung sekaligus. Gunung Penanggungan di utara, serta Gunung Welirang dan Gunung Arjuna di sisi selatan. Wisatawan benar-benar dimanjakan dengan keindahan alam dan ketenangan yang tersaji.

Baca: Sendi Adventure Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Bermain ke Air Terjun

air terjun yang ada di Duyung Trawas Hill

Berjalan sekitar 500 meter dari lokasi outbond, wisatawan dapat menemui sebuah air terjun. Air terjun ini bernama Air Terjun Duyung Trawas Hill sesuai nama kawasan wisata.

Pada musim kemarau, ketinggian air terjun sekitar delapan meter dengan aliran tidak terlalu deras. Di bawah air terjun terdapat kolam cukup dangkal untuk sekedar bermain air. Khususnya wisatawan anak-anak dapat bermain di air terjun ini dengan aman tanpa khawatir terseret arus.

Air terjun tersebut juga memiliki beberapa spesies ikan yang menambah kesan asri alaminya. Sedang tak jauh dari air terjun juga disediakan kamar bilas seusai mandi di air terjun.

Baca: AIR TERJUN DLUNDUNG Tiket Masuk & Aktivitas

Wahana Foto Unik

wahana sepedang gantung

Duyung Trawas Hill memiliki banyak latar foto menarik, terutama dengan panorama pegunungannya. Hampir setiap sudutnya menyuguhkan keindahan alamnya yang hijau dan asri.

Tempat ini juga menyediakan banyak spot foto khusus bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan. Karena itu lokasinya sangat cocok bagi wisatawan penggemar swafoto, hobi fotografi bahkan lokasi prewedding.

Di sekitar area sentra kuliner terdapat patung-patung untuk background foto bagi wisatawan. Seperti patung berpakaian khas jawa maupun tokoh superhero seperti Hulk, Batman, dan Spiderman. Salah satu yang menarik adalah berfoto dari sepeda gantung yang sekaligus menjadi wahana menantang keberanian.

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Mojokerto

Melihat Koleksi Mini Zoo

Duyung Trawas Hill juga mempunyai wahana edukasi, khususnya bagi wisatawan dengan anak-anak. Sebuah Mini Zoo memiliki koleksi hewan yang melengkapi aktivitas bermain sekaligus belajar.

Berbagai hewan koleksinya antara lain marmot, kelinci, dan berbagai jenis spesies burung. Seperti Burung Merak, Burung Kakak Tua, Ayam Kalkun, ayam pejantan, serta banyak lainnya. Di sini juga terdapat kolam ikan dengan berbagai koleksi ikan yang dipelihara.

BACA JUGA:   Wisata outbound kuningan jawa barat

Keseruan Taman Bermain Anak

Tempat wisata Duyung Trawas Hill sangat cocok untuk wisata keluarga termasuk bersama anak-anak. Banyak keluarga yang mengunjungi tempat wisata ini untuk berjalan-jalan melepas penat.

Selain hawanya yang sejuk dan tempat yang nyaman, di sini juga disediakan taman bermain anak. Playground tersebut dilengkapi berbagai mainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, mobil-mobilan, arena bermain pasir,dan kereta kelinci.

Santap Kuliner

Area wisata Duyung Trawas Hill menyediakan fasilitas cukup lengkap, termasuk di dalamnya area kuliner. Tempat yang tersedia untuk sentra kuliner ini dibangun cukup luas dan nyaman. Tersedia pilihan tempat makan dengan area lesehan maupun area tempat duduk di tenda.

Di samping area kuliner terdapat patung buah durian yang seringkali dijadikan latar berfoto oleh wisatawan. Patung tersebut sekaligus sebagai simbol bahwa kecamatan Trawas merupakan salah satu penghasil durian. Empat jenis durian asli Duyung yaitu jenis Mrico, Lurik, Kendil dan Bajol.

Bagi wisatawan pecinta durian, dapat bersantai menikmati durian yang dijual di rumah-rumah penduduk. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau. Buah ini juga sekaligus dapat menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Duyung Trawas Hill.

Lokasi Duyung Trawas Hill

Taman rekreasi ini berlokasi di jalan Raya Duyung Trawas Hill, Dusun Bantal Desa Duyung, Kec. Trawas, Mojokerto, Jawa Timur 61375. Telp/wa : 0822 3000 0960, E-mail : [email protected].

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 18

Berikan Rating

Beberapa bulan yang lalu, Mama mengikuti ibu-ibu PKK rekreasi ke Trawas, Mojokerto. Dalam rekreasi tersebut rombongan mengunjungi beberapa tempat wisata, salah satunya adalah Duyung Trawas Hill (DTH). DTH sendiri merupakan salah satu destinasi liburan keluarga di Trawas yang mengutamakan kegiatan outbond.

Dari cerita Mama dilokasi ini terdapat sebuah air terjun yang menuju ke sana harus treking dulu. Karena rombongan ibu-ibu yang tidak ingin treking, maka Mama juga tidak mengunjungi air terjun tersebut. Dari cerita Mama tersebut saya penasaran dan memutuskan untuk mengunjungi pada awal Oktober lalu.

Dari Surabaya waktu tempuh yang saya lalui sekitar 2 jam. Rute yang saya pilih adalah melalui Pandaan melewati Tretes hingga tembus ke Trawas. Rute ini saya pilih karena tergolong lebih mudah. Apalagi jika melalui Tretes saya ditemani dengan pemandangan 2 gunung yang indah, yaitu Gunung Arjuna dan Gunung Welirang.

Letak DTH sendiri terbilang sedikit masuk ke area hutan dan jauh dari keramaian. Hal ini memang yang ingin disuguhkan oleh DTH, yaitu kenyamanan udara pegunungan yang sejuk dan segar. Namun tidak perlu khawatir, petunjuk jalan menuju ke DTH ini sangat mudah untuk diikuti.

Tiket perorang yaitu Rp. 10.000,00 untuk memasuki kawasan wisata. Saya tidak tau apakah jika ingin mengikuti outbond atau kolam renang harus membayar lagi atau tidak. Saya memutuskan untuk langsung saja ke lokasi air terjun karena memang itulah tujuan saya ke sini. Dari lokasi outbond menuju ke air terjun saya harus berjalan kurang lebih 500 meter.

BACA JUGA:   Tempat playground anak di bogor

Karena masuk ke dalam lokasi wisata, trek menuju ke air terjun sudah disiapkan dengan baik oleh pengelola. Di beberapa titik yang memiliki tanjakan/turunan curam disediakan pegangan dari besi ataupun kayu. Setiap 100 meter juga diberi papan penujuk jalan sehingga pengunjung tau berapa jauh lagi mereka akan sampai ke tempat lokasi.

Setelah melewati 400 meter yang melelahkan, akhirnya saya sampai di lokasi air terjun. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Duyung Trawas Hill (DTH), sesuai dengan nama dari kawasan wisata ini. Air terjun DTH memiliki ketinggian kurang lebih 8 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Mungkin karena saat itu sedang musim kemarau dan saya juga tidak tau apakah sungai di atasnya besar atau kecil.

Di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup besar yang bisa digunakan wisatawan untuk bermain air. Saya rasa kolam ini tidak terbentuk secara alami dan sengaja dibentuk oleh pengelola wisata. Kolam tersebut terbilang dangkal, dalamnya hanya sebatas pinggang orang dewasa. Bagi anak kecil bermain di air terjun ini tergolong aman tanpa perlu khawatir terseret arus.

Saat saya mengunjungi air terjun DTH, tidak ada wisatawan lain selain saya dan teman saya. Air terjun DTH tersebut seolah-olah dikhususkan bagi kami pada hari itu. Jadilah kami bermain cukup lama di sana. Sedang asyik bermain, saya dikagetkan dengan munculnya 3 ekor ikan di dalam kolam. Dari penglihatan saya, ikan tersebut sejenis ikan koi. Mungkin sengaja ditaruh oleh pengelola atau mungkin saja juga alami untuk meramaikan kolam air terjun DTH. Kehadiran ikan tersebut menambah kesan asri dari air terjun DTH ini.

Sejauh yang saya lihat dilokasi kolam air terjun DTH ini tidak ada sampah hasil dari limbah manusia. Dibeberapa titik juga dapat ditemui tempat sampah. Tak jauh dari air terjun disediakan juga kamar mandi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bilas seusai puas mandi di bawah air terjun. Untuk kenyamanan pengunjung pengelola dari lokasi wisata ini sudah melakukannya dengan baik.

Beri peringkat:

Share this:

Menyukai ini:

Suka

Memuat…

Penulis:

egieligius

Love laugh, sleep, eat, and travelling. “Make it simple” it’s not easy than i thought, it’s complicated. Lihat semua pos milik egieligius