Wisata air terjun sentul bogor

Gundana

BOGOR masih menjadi destinasi wisata favorit untuk berlibur bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Wilayah penyangga Ibu Kota ini punya banyak tempat wisata. Bisa jadi yang terkenal adalah Puncak. Tapi, selain itu ada lagi loh.

Sebut saja Sentul. Daerah berjuluk Kota Pegunungan ini juga bertabur spot menarik seperti air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut curug. Curug ini jadi daya tarik wisatawan domestik, sangat cocok buat melepas penat dan membuang stres.

Baca juga: 5 Wisata Danau Bernuansa Alam nan Sejuk di Jakarta

Berikut 6 destinasi wisata air terjun alias curug di Sentul, Bogor dirangkum dari beberapa sumber.

Curug Bidadari

Salah satu curug yang sangat populer di kawasan Sentul adalah curug bidadari yang memiliki pesona tersendiri di mata para pengunjung. Debit air yang cukup tinggi serta pesona alamnya yang sangat asri menjadi daya pikat tersendiri bagi para penikmat alam.

ilustrasi

Curug Bidadari (Foto Aneka Tempat Wisata)

Curug yang satu ini memang cukup terkenal keindahannya, dengan ketinggian air terjun sekitar 50 meter. Selain menikmati kesegaran air terjunnya, pengunjung juga bisa bermain air di kolam buatan yang memang sengaja disediakan oleh pengelola.

Kolam ini sendiri memiliki kedalaman yang cukup pendek jadi aman untuk dijadikan tempat bermain anak-anak. Lokasinya terletak di Jalan Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Curug Leuwi Hejo

Curug yang satu ini cukup terkenal di kalangan anak muda bogor. Curug Leuwi Hejo Sentul ini menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Keindahan curug ini terletak pada posisinya dan keadaan lingkungan yang berada disekitarnya karena diapit oleh dinding batuan kapur yang semakin mempercantik suasana.ilustrasi

Ayu Ting Ting di Curug Leuwi Hejo (Instagram)

Namun yang paling menarik perhatian pengunjung adalah warna aliran air yang sangat jernih dan berwarna biru kehijauan.

Curug Putri Kencana

Saat berkunjung ke wisata Curug Putri Kencana, maka Okezoners akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Hal ini karena para pengunjung bisa bermain di sebuah kolam alami dengan kesegaran air yang dapat menjernihkan badan sekaligus pikiran.

Perpaduan antara asrinya alam serta kesegaran airnya merupakan perpaduan yang sangat lengkap. Apalagi Okezoners akan menemukan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Curug ini terletak Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Curug Cibaliung

Curug terbaik di Sentul yang satu ini bisa dikatakan merupakan sebuah curug yang masih baru. Letaknya yang berada di Babakan Madang, Sentul ini sendiri sering di datangi oleh anak-anak muda Bogor. Curug yang satu ini sendiri hampir memiliki kesamaan seperti Curug Leuwi Hejo.

Namun yang menjadi perbedaannya adalah untuk ukuran curug ini memang tak terlalu besar, selain itu suasana alamnya lebih terasa di tempat yang satu ini. Jika Okezoners datang ke tempat yang satu ini maka akan di sambut oleh suasana alam yang sangat asri dan nyaman. Udara masih sangat segar dan dingin, sangat menyejukkan serta membuat rileks pikiran dan badan sejenak.

Follow Berita Okezone di Google News

Curug Cikuluwung

Meskipun tergolong sebagai tempat wisata baru, namun air terjun yang satu ini sudah berhasil menyita perhatian masyarakat sekitarnya. Pasalnya curug satu ini menawarkan keunikan yang berbeda dengan curug lainnya. Letaknya yang berada di tebing bebatuan alam akan terlihat sangat rapi seakan sengaja disusun untuk mengelilingi curug.

Apalagi Okezoners bisa berenang di area curug tersebut dan merasakan kesegaran alami dari air curug. Lokasi curug ini terletak di Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Curug Ciburial

Satu lagi curug yang tak kalah indah yang ada di daerah Sentul, lebih tepatnya berada di desa Cibeureum, Sentul. Curug yang satu ini juga biasa disebut sebagai Curug Kembar Ciburial. Hal ini karena jika Okezoners berkunjung ke lokasi ini, maka Okezoners akan di sambut oleh dua buah curug yang sama-sama indahnya.

Meskipun kedua aliran curugnya tak bersebelahan tapi keduanya sama-sama indah. Selain itu ketinggan setiap curug satu dengan yang lain juga berbeda-beda.

BACA JUGA:   Tempat main anak di cibubur junction

Sebelumnya

1

2

Selanjutnya

Curug di Sentul Bogor – Halooo sobat tiket! Lagi cari wisata alam di Bogor? Pas banget, ada 17 curug di Sentul Bogor yang bisa kamu kunjungi nih. Bayangin aja, keindahan alam, air curug yang jernih, dan udara sekitar yang segar pasti bikin rileks seketika!

Bisa banget nih untuk kamu jadikan sebagai penghilang penat, sobat tiket. Langsung simak aja ya artikel dari tiket.com berikut ini. Siap-siap terkesima deh dengan segala pemandangan yang menakjubkan dari curug yang ada di Bogor! Hihihi.

Baca juga:

Ayo Kepoin Gimana Mantapnya View Curug di Sentul Bogor Ini

Ini dia deretan curug di Sentul Bogor buat sobat tiket semua. Cocok buat kamu yang berjiwa petualang dan suka berenang nih. Ayo kepoin satu-satu dan jangan lupa abadikan dirimu ketika berada di sana ya.

PESAN VILA MURAH DI BOGOR

1. Air Terjun Bidadari, Curug di Sentul Bogor yang Mempesona

Curug di Sentul Bogor

Yuhuuu, curug di Sentul Bogor pertama adalah Curug Bidadari. Sesuai dengan namanya, keindahan alam dan aliran curugnya emang cantik bak bidadari lhooo. 

Air terjun dengan ketinggian hampir 80 meter ini juga punya fasilitas kolam renang dan flying fox. Selain itu, fasilitas seperti toilet dan kedai makanan juga sudah tersedia. Pokoknya mantap deh!

Harga: tiket masuk Rp30.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 06.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

2. Curug Leuwi Hejo, Green Canyonnya Bogor

Air terjun di Sentul Bogor kedua yang nggak kalah cakepnya adalah Curug Leuwi Hejo. Wisata alam satu ini juga kerap dijuluki Green Canyon Bogor saking indahnya penampakan air dari curug ini. Jernih kehijauan, sobat tiket!

Nggak jauh dari curug ini masih ada banyak curug-curug lain yang bisa turut kamu kunjungi lho. Jaraknya aja hanya berkisar 10-15 menit perjalanan. Mantap nih buat kamu yang pengin hemat waktu.

Harga: tiket masuk Rp15.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Leuwi hejo trip trekking, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830 (Cek di Google Maps)

3. Curug Leuwi Cibaliung, Curug di Sentul Bogor yang Tenang

Nah, salah satu curug yang dekat dengan Curug Leuwi Hejo adalah curug ini nih. Lokasinya yang tersembunyi juga jadi alasan banyak wisatawan berkunjung. Sebab, keindahan Curug Leuwi Cibaliung masih sangat asri, sepi, dan bersih. 

Kamu perlu trekking dan berjalan kurang lebih 1 jam lho untuk melihat dan berenang di curug satu ini. Jadi, jangan lupa membawa bekal ya selama perjalanan.

Harga: tiket masuk Rp25.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Sukamakmur, Kec. Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830 (Cek di Google Maps)

BACA JUGA:   Makam keramat di panjalu ciamis

4. Curug Putri Kencana, Merasakan Segarnya Curug di Sentul Bogor

Kalau sobat tiket nggak pengin trekking terlalu jauh, rasanya Curug Putri Kencana bisa jadi pilihan. Kamu cukup berjalan sejauh 500 meter untuk sampai di air terjun indah Bogor satu ini. Jangan khawatir bosan, ada pemandangan persawahan subur dan hijau yang menemani selama perjalanan.

Apalagi buat kamu yang berencana mendirikan tenda dan camping semalam, di Curug Putri Kencana sudah disediakan fasilitas camping ground yang luas dan juga kedai makanan di sekitarnya. 

Harga: tiket masuk Rp20.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

5. Curug Nangka, Air Terjun di Bogor yang Masih Asri & Alami

Curug Nangka, salah satu curug di Bogor yang berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Keindahan alam sekitar curug sudah barang tentu masih asri dan sejuk banget. Kamu bisa berenang dan juga camping selama di sana.

Oiya, karena masih dalam kawasan taman nasional, ada banyak hewan seperti monyet liar yang berkeliaran. Jadi, selalu waspada dan amankan barang bawaan saat ketika berkunjung ke air terjun satu ini.

Harga: tiket masuk Rp22.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-17.00 WIB

Alamat: Sukajadi, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370 (Cek di Google Maps)

6. Curug Love, Curug di Sentul Bogor yang Hits Abis

Curug di Sentul Bogor

Lagi liburan bareng pasangan? Hm, sepertinya Curug Love bakal jadi wisata alam menarik yang pas buat kalian. Curug ini juga kerap disebut Grand Canyon Mininya Bogor lho. 

Keunikannya terletak dari airnya yang berwarna biru muda dengan sisi kanan dan kiri kolam berupa tebing, mirip Grand Canyon. Wah, pastinya bakal jadi spot foto ciamik yang susah untuk dilewatkan deh.

Harga: tiket masuk Rp15.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: 9H77+854, Bantar Karet, Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16650 (Cek di Google Maps)

7. Curug Pangeran, Air Terjun Ganteng Buat Kamu yang Suka Berenang

Kalau tadi deretan curug di Bogor sudah dibuka dengan keindahan Curug Bidadari, ada lagi nih curug ganteng yang bisa kamu kunjungi, yaitu Curug Pangeran. Pemandangan alam dan juga airnya yang jernih emang cakep banget.

Suasananya tenang, cocok buat melepas penat. Berenang di kolamnya yang jernih dan berwarna kebiruan ketika terkena cahaya matahari emang bikin langsung hepi.

Harga: tiket masuk Rp20.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

8. Curug Cibeureum, Serunya Trekking & Bertemu Satwa Liar

Curug Cibeureum, salah satu curug di Bogor yang cantiknya juga nggak main-main. Lokasinya yang berada di kawasan Gunung Gede Pangrango juga jadi alasan mengapa keindahan alamnya masih sangat terjaga. 

Selain mengunjungi curug, selama trekking kamu juga bisa menemukan beragam satwa liar seperti kera hitam dan aneka burung. Nggak ketinggalan beberapa spot foto keren seperti Telaga Biru.

Harga: tiket masuk Rp16.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-13.00 WIB

Alamat: JL. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Kec. Cisarua, Puncak, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253 (Cek di Google Maps)

9. Curug Goa Lumut, Berenang Sambil Nikmati Suasana Asri Bogor

Curug Goa Lumut, salah satu curug di Bogor yang juga menyenangkan untuk dikunjungi. Lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak yang asri. Tepat di bawah air terjun, terdapat kolam berwarna kebiruan yang cocok buat berenang dan berendam.

Harga: tiket masuk Rp10.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

10. Curug Batu Gede, Tempat Camping Seru di Bogor

Curug di Sentul Bogor

Curug Batu Gede, air terjun yang sempurna buat foto-foto keren dengan latar alam Bogor yang indah. Air terjun satu ini memiliki batu karang besar yang berundak dengan aliran air yang tidak begitu deras. 

BACA JUGA:   20 Wisata Gunung Halimun Sukabumi

Selain itu, tersedia juga fasilitas camping ground, toilet, dan kedai makanan. Jadi, buat kamu yang pengin bermalam di tengah alam, bisa nih mampir ke sini.

Harga: tiket masuk Rp25.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukuol 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jl, Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750 (Cek di Google Maps)

11. Curug Cikuluwung, Air Terjun dengan Tebing Berundak yang Cantik

Curug di Sentul Bogor

Lagi cari curug estetik dan instagramable? Curug Cikuluwung nih salah satunya. Curug ini memiliki deretan tebing berundak yang cantik dengan kolam biru jernih di tengahnya. 

Rasanya bakal jadi spot tersembunyi yang cocok buat healing dan menenangkan deh, sobat tiket. Apalagi ada gua yang punya aliran sungai jernih juga lhooo.

Harga: tiket masuk Rp35.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 09.00-15.00 WIB

Alamat: 9J5V+37G, Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

12. Curug Balong Endah, Tempat Free Diving Terbaik di Bogor

Curug Balong Endah ini lokasinya dekat lho dengan beberapa curug lainnya, salah satunya adalah Curug Pangeran yang udah tiket.com jabarin tadi. 

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung seperti camping, berenang, hingga free diving di kolamnya yang jernih dan sepi ini. Jangan lupa bawa kamera underwater-mu ya, sobat tiket.

Harga: tiket masuk Rp15.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Curug Pangeran, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

13. Curug Cipeuteuy, Air Terjun di Hutan Konservasi Bogor

Curug Cipeuteuy, air terjun yang berada di tengah hutan konservasi yang masih asri. Meski berada di hutan, kamu nggak perlu khawatir. Aksesnya cenderung mudah dan tentunya ditemani keindahan alam di sepanjang perjalanan. Ada banyak saung juga lho buat beristirahat.

Harga: tiket masuk Rp20.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: 8PH7+F8J, Tapos I, Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370 (Cek di Google Maps)

14. Curug Cariu, Air Terjun Cantik yang Tersembunyi

Curug Ciomas, atau kerap disebut Curug Cariu ini memang berada di daerah Cariu Bogor. Lokasi curug satu ini berada sedikit tersembunyi dan punya keindahan alam mirip Green Canyon di Pangandaran. Kamu bisa berenang dan bersantai di kolamnya yang jernih kehijauan sampai puas deh.

Harga: tiket masuk Rp15.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-18.00 WIB

Alamat: Cikutamahi, Kec. Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16840 (Cek di Google Maps)

15. Curug Ciherang, Mengabadikan Diri di Spot Air Terjun Terbaik di Bogor

Curug di Sentul Bogor

Curug Ciherang, air terjun yang jadi salah satu wisata alam populer di Bogor. Uniknya, air terjun ini memiliki 3 tingkatan yang cantik dan jadi spot foto andalan untuk wisatawan yang berkunjung. 

Fasilitasnya pun juga sudah sangat lengkap seperti tempat makan, kolam renang, hingga spot instagramable. Bakal betah banget deh liburan di Curug Ciherang.

Harga: tiket masuk Rp40.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Alamat: Sirnajaya, Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830 (Cek di Google Maps)

16. Curug Cigamea, Segarnya Bikin Betah!

Curug Cigamea, curug yang punya arti gemuruh ini memang memiliki air terjun yang cukup deras hingga suara alirannya terdengar dari kejauhan. Selain itu, curug satu ini juga kerap disebut Curug Kembar karena memiliki 2 aliran air yang bersebelahan. 

Curug ini masih berada di kawasan taman nasional lho. Pantas aja kalau pemandangan alamnya masih asri dengan ragam satwa seperti monyet yang berkeliaran di sekitarnya. 

Harga: tiket masuk Rp20.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Curug Cigamea, Gn. Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810 (Cek di Google Maps)

17. Curug Cipamingkis, Wisata Alam yang Cocok Buat Liburan Keluarga

Curug di Sentul Bogor

Lagi cari curug yang cocok buat liburan bareng keluarga? Berkunjung aja ke Curug Cipamingkis deh, sobat tiket. Aksesnya lumayan mudah dengan fasilitas lengkap juga. 

Ada banyak spot instagramable yang bisa kamu dapatkan juga lho. Jadi, nggak hanya bisa berenang, si kecil juga bisa banget bermain di daerah air terjun. Bahkan, tersedia vila untuk menginap. Wah, menarik ya~

Harga: tiket masuk Rp40.000/orang*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Wargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16830 (Cek di Google Maps)

Wisata Alam ke Curug Emang Jagonya Sentul Bogor! 

Waaah, ternyata keindahan alam di Bogor emang nggak main-main ya. Pastinya kamu udah pilih nih mana curug di Sentul Bogor yang bikin kamu langsung kepincut. 

Nah, biar lebih mudah dan praktis, kamu bisa sewa mobil di Bogor di tiket.com. Acara liburan dan wisata alam bareng kesayangan bakal lebih efisien deh. Oiya, jangan lupa pastikan kamu memakai alas kaki yang nyaman ya sebelum berpetualang ke alam.

Yuk eksplor Bogor dan abadikan keindahannya!

mau ke mana? Semua ada tiketnya!

*Informasi valid saat artikel ini ditulis. Harga dan ketentuan lainnya dapat berubah sewaktu-waktu.

Also Read

Bagikan: