Wisata air yang ada di semarang

Gundana

Semarang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa. Kota ini memiliki udara yang cukup panas, namun tetap seru untuk dijadikan destinasi liburan.

Meskipun tidak seramai Jogja dan Solo, Semarang juga menyimpan pariwisata yang menarik, dan lengkap. Mulai dari wisata alam, pantai, kuliner, budaya, hingga wahana permainan pun tersedia di sini.

Terkenal dengan Lawang Sewu, di Semarang terdapat wisata air yang bisa dijadikan tempat wisata keluarga ataupun destinasi liburanmu selanjutnya. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 10 wisata air di Semarang yang akan mengisi liburan lebih seru.

1. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Ingin main air di tempat dengan nuansa pegunungan di Semarang? Kamu bisa datang ke Kawasan Wisata Umbul Sidomukti. Di sini terdapat fasilitas seperti outbond, adrenaline games, dan yang paling istimewa ada kolam renang alam. Di sini kamu bisa berenang di ketinggian dengan view pegunungan.

Di Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, kamu tidak hanya berenang, di sini terdapat banyak fasilitas wisata lainnya, seperti Pondok Kopi yang cocok untuk kamu para pecinta kopi.

  • Alamat : Blanten Lor, Jetis, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang
  • Nomor Telepon : 0828-9203-1261
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp15.000/orang

2. Pantai Maron

Pantai Maronn Tempat Wisata Alam di Semarang

Berada di pesisir utara Pulau Jawa, Semarang tentu memiliki pantai yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata ke kota The Port Of Java ini, salah satunya adalah Pantai Maron. Meski tidak seindah pantai selatan karena pasirnya yang berwarna coklat-kehitaman, Pantai Maron tetap bisa dikunjungi bagi kamu yang suka berwisata pantai.

Lokasinya tidak jauh dengan Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang. Jadi, meskipun lokasinya berada di ujung utara, Pantai Maron cukup mudah diakses dari pusat Kota Semarang.

  • Alamat : Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Gratis

3. Rawa Pening

Rawa Pening

Suka bersantai di pinggir danau dengan pemandangan gunung yang gagah? Datang saja ke Rawa Pening. Di sini, kamu bisa melihat pemandangan danau yang cantik berlatar gunung yang gagah. Rawa Pening merupakan salah satu sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar. Karena di sini bisa memancing, dan juga bisa sebagai pengontrol banjir.

Rawa Pening berada di Dusun Sumurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang. Lokasinya sebelah selatan Semarang. Jika kamu berkendara dari Kota Semarang, kamu bisa melintasi jalur ke arah Salatiga. Letaknya tidak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa.

  • Alamat : Dusun Sumurup, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 21.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.000/orang, Sewa Perahu Rp30.000/30 menit

4. Pantai Marina

Pantai Marina

Satu lagi pantai di Semarang yang cukup terkenal di utara Jawa Tengah. Terkenal dengan sunset-nya yang cantik, Pantai Marina kerap ramai dikunjungi pengunjung saat sore hari. Bagi kamu pecinta wisata kuliner terutama seafood, di sini kamu bisa menikmati ragam sajian olahan makanan laut yang lezat dan merupakan hasil tangkapan dari nelayan setempat.

Lokasi Pantai Marina cukup mudah dijangkau dari pusat Kota Semarang. Jika kamu menggunakan kereta, hanya sekitar 6 km dari Stasiun Semarang Poncol. Kamu bisa datang ke sini mulai pagi hingga malam hari.

  • Alamat : Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari, Semarang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 19.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000/orang

5. Jungle Toon Waterpark

Jungle Toon Waterpark

Jungle Toon Waterpark merupakan salah satu waterpark yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar Kota Semarang. Di sini terdapat kolam renang yang didesain sangat unik, dan memiliki banyak wahana permainan, salah satunya waterboom. Tempat ini cocok dijadikan destinasi wisata ketika libur di akhir pekan.

Jungle Toon Waterpark sangat mudah dijangkau karena letaknya di Kota Semarang. Fasilitasnya yang lengkap dan memiliki banyak wahana, kamu bisa kunjungi waterpark ini bersama keluarga. Jika membawa anak kecil, di sini juga disediakan wahana untuk anak-anak yang seru.

  • Alamat : Jalan Bukit Wahid Boulevard, Gedongsongo, Manyaran, Kota Semarang
  • Nomor Telepon : (024) 76635999
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 17.30
  • Harga Tiket Masuk : Senin – Jumat Rp20.000, Sabtu & Minggu Rp30.000

6. Embung Sebligo

Embung Sebligo

Meski terkenal dengan udaranya yang panas, Semarang juga memiliki  udara sejuk di selatan Kota Semarang. Masuk ke daerah Ungaran, Kabupaten Semarang, Embung Sebligo semula difungsikan untuk irigasi sawah dan perkebunan. Lalu diubah menjadi Kawasan wisata. Memiliki kedalaman 5 meter, kamu bisa menikmati pemandangan menggunakan perahu karet.

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM — Tahukah kalian bahwa Semarang adalah kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia?

Tidak akan ada habisnya jika membahas pesona yang disuguhkan oleh Semarang, termasuk wisata air yang dimilikinya.

Meskipun Semarang cukup terkenal karena suhunya yang panas, tapi hal ini tidak menghalangi para wisatawan untuk menjadikannya destinasi saat liburan.

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Terindah di Jawa Tengah, Bikin Betah Berlama-lama, Traveler Wajib Tahu!

balik hiruk pikuk kehidupan kota yang tiada hentinya, ternyata Semarang juga memiliki banyak wisata air.

BACA JUGA:   Alamat bukit aslan bandar lampung

Meskipun wisata air tersebut kebanyakan tidak terletak di tengah kota, tapi tak butuh waktu lama untuk menyambanginya.

Nah, bagi kalian yang bosan melihat gedung-gedung megah dan ingin refreshing dan healing, wisata air di Semarang ini bakal jadi pilihan tepat buatmu!

Ada apa saja kira-kira? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Kekinian di Jogja yang Nggak Bikin Kantong Kempes, Pemandangannya Bagus Banget!

Mengelola potensi wisata alam di daerah – Saat ini banyak sekali wisata alam yang baru bermunculan. Hal tersebut tidak luput dari peran masyarakat setempat bersama dengan pemerintah daerah bahu membahu untuk mengembangkan potensi wisata alam yang ada. Jika dulu hanya ada satu dua saja jenis pantai maka saat ini banyak sekali jenis pantai yang bisa dikunjungi, selain itu wisata air terjun atau curug juga semakin banyak dikarenakan masyarakat setempat berhasil mengelolanya. Potensi wisata alam yang dimiliki bisa mendatangkan keuntungan karena menghasilkan pendapatan daerah, selain itu masyarakat juga akan mendapatkan rezeki dari pengunjung yang datang. Berikut ini adalah tips mengelola potensi wisata alam di daerah yang bisa dilakukan:

mengelola potensi wisata alam di daerah

Berembuk dengan Komponen Desa

Potensi wisata alam bisa dari berbagai macam aspek, misalnya saja ada wisata alam buatan dan juga wisata alam alami. Untuk bisa menarik minat masyarakat potensi wisata alam yang diunggulkan harus menjadi komoditas utama.  Sebagai contohnya adalah dulu di Mangunan Dlingo Yogyakarta komoditas utama wisatanya adalah Kebun Buah Mangunan. Barulah setelah kebun buah tersebut sudah banyak peminatnya, masyarakat setempat berembuk potensi alam apa lagi yang bisa dijadikan wisata, akhirnya terciptalah wisata seribu batu songgo langit. Ide tersebut muncul dikarenakan banyaknya bebatuan besar di lokasi tersebut sehingga masyarakat setempat menambahkan sarana penunjang lainnya seperti jembatan kayu, rumah kayu dan lain-lain.

Masalah yang Terjadi

Selain memutuskan potensi wisata alam apa di desa tersebut , langkah selanjutnya adalah merumuskan hambatan apa saja yang bisa terjadi. Hambatan bisa berupa hambatan fisik, non fisik, sosial dan masih banyak lagi lainnya. Setiap hambatan harus dipecahkan dengan cara yang baik dan benar dan tentunya mufakat  atau disetujui oleh komponen desa.

Memupuk Komitmen

Sulit sekali untuk menyamakan pemikiran dan pendapat. Oleh sebab itu dibutuhkan komitmen yang kuat untuk bisa menyamakan pendapat, menyatukan tujuan dan juga menyatukan persepsi.

Pelatihan

Mengelola potensi wisata alam di daerah yang penting adalah melakukan pelatihan yang dilakukan oleh seluruh komponen desa. Saat melakukan pelatihan ini sangat penting untuk melibatkan pemerintah desa tentang manajemen pariwisata, cara mengelola pariwisata sesuai dengan peraturan pemerintah desa, manajemen tamu dan lain sebagainya. Yang tidak boleh dilupakan adalah wisata alam tersebut harus mendapatkan perizinan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat. Misalnya potensi wisatanya ada di Gunungkidul maka meminta izinnya di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul setempat.

Promosi Wisata

Agar potensi wisata alam menjadi berkembang, sebaiknya aktif untuk melakukan promosi melalui media sosial. Saat ini banyak tempat wisata yang sedang ngehits dikarenakan tempatnya begitu instagramable. Semakin banyak pengguna instagram yang mengupload fotonya ketika sedang berada di tempat wisata tersebut maka semakin mudah wisata alam itu akan ngehits dan terkenal. Buatlah akun media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lain sebagainya dengan nama tempat wisata yang sedang dikembangkan. Memang untuk promosi wisata, foto adalah daya tarik utama. Sehingga fokuslas dahulu ke instagram. Barulah beralih ke media sosial lainnya.

mengelola potensi wisata alam di daerah

Demikianlah tips mengelola potensi wisata alam di daerah yang paling efektif, semoga informasi ini bermanfaat.

KOMPAS.com – Semarang, Jawa Tengah mempunyai banyak tempat wisata alam. Saat libur panjang, akhir pekan, dan long weekend, mengunjungi tempat wisata alam di Semarang bisa jadi pilihan untuk disinggahi. 

Wisata alam itu meliputi wisata gunung, dataran tinggi, danau, wisata edukasi bertema alam, air terjun, hingga pantai. Lokasinya tersebar di kota maupun kabupaten Semarang. 

Berikut 15 wisata alam Semarang yang cocok untuk libur panjang.

Baca juga: 25 Tempat Wisata di Semarang, Mulai dari Alam Sampai Sejarah

Tempat wisata alam di Semarang

1. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran merupakan wisata alam terintegrasi di Kabupaten Semarang. Wisatawan bisa menikmati panorama alam, menjelajah kebun kopi, menikmati kegiatan outdoor, makan di restoran, dan camping. 

Mengutip Kompas.com (08/04/2022), tempat wisata ini dikelilingi panorama tujuh gunung. Ada Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran, Telomoyo, dan Ungaran. 

Coffe Camp bagi yang ingin berkemah di perkebunan kopi, kawasan Kampoeng Kopi Banaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Dok. Kampoeng Kopi Banaran

Coffe Camp bagi yang ingin berkemah di perkebunan kopi, kawasan Kampoeng Kopi Banaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Coffe Camp bagi yang ingin berkemah di perkebunan kopi, kawasan Kampoeng Kopi Banaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung bisa menikmati pemandangan langsung ke Rawa Pening. 

Kampoeng Kopi Banaran menawarkan fasilitas lengkap, mulai dari kebun kopi, penginapan, restoran, fasilitas pertemuan, camping, arena bermain anak, jogging track, kolam renang, gazebo, mushala, offroad, kereta wisata, dan lainnya.

Baca juga: Panduan Wisata di Kampoeng Kopi Banaran Kabupaten Semarang, Aktivitas, Tarif, dan Rute 

Kampoeng Kopi Banaran terletak di Area Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan. Lokasinya cukup strategis di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo Km 35.

Meski terletak di tengah kota, Kampoeng Kopi Banaran berada di ketinggian ketinggian 480-600 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu udara sejuk antara 23 sampai 27 derajat Celcius. 

2. Rawa Pening

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini berada di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu Kecamatan Bawen, Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru. 

BACA JUGA:   Pemandian air panas alam tirta lebak buana

Bukit Cinta Rawa Pening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Kementerian PUPR

Bukit Cinta Rawa Pening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Bukit Cinta Rawa Pening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Mengutip Kompas.com (27/12/2021), dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan  Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar.

Baca juga: Bukit Cinta Rawa Pening yang Instagramable di Kabupaten Semarang

Patung naga berukuran besar itu, menggambarkan wujud naga dalam legenda asal usul Rawa Pening, yakni Baru Klinthing.

Lokasi Rawa Pening cukup strategis karena berada di pinggir jalan utama, sehingga cocok menghabiskan waktu libur panjang. 

3. Taman Bunga Celosia Bandungan

Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel (23/12/2021). Selain bunga celosia, terdapat jenis bunga lainnya seperti lavender dan krisan.

Taman Bunga Celosia Bandungan, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Shutterstock

Taman Bunga Celosia Bandungan, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Bunga Celosia Bandungan, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable, seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion.

Taman Bunga Celosia juga menyediakan Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. 

Baca juga: Wisata Andalan Baru di Bandungan Kabupaten Semarang, Wahana Tangkap Ikan Koi

Obyek wisata ini berada di kaki Gunung Ungaran sehingga udaranya masih sejuk. Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo km 0,5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

4. Cimory on The Valley 

Cimory on The Valley merupakan wisata edukasi bertema alam. Wisata satu ini cocok untuk liburan bersama keluarga, khususnya jika ada anak kecil. 

Cimory on the Valley, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Shutterstock

Cimory on the Valley, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Cimory on the Valley, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Sembari melepas penat, kamu bisa mengenalkan edukasi tentang alam dan hewan kepada anak-anak. Wahana edukasi itu meliputi menunggang kuda, memerah susu sapi, dan memberi makanan ternak. 

Ada pula beragam spot foto Instagramable di Cimory on The Valley, yakni ikon dari sejumlah negara di dunia.

Baca juga: 8 Wisata Malam Semarang yang Terkenal dan Murah

Lokasinya cukup strategis tepatnya di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. 

5. Candi Gedong Songo 

Candi Gedong Songo merupakan wisata budaya, sekaligus wisata alam di Semarang yang menawarkan panorama indah.

Mengutip Kompas.com (18/03/2022), candi bercorak Hindu ini berada di ketinggian 1.200 mdpl, sehingga memiliki udara yang sejuk di samping pemandangannya yang memukau.

Candi Gedong Songo, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Shutterstock

Candi Gedong Songo, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Candi Gedong Songo, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Tak sedikit pencinta foto yang mengabadikan panorama matahari terbit dari Candi Gedong Sonong.

Keunikan memotret matahari terbit dari Candi Gedong Songo adalah terdapat gugusan awan, gunung-gunung di Jawa Tengah, dan matahari terbit di antara candi, sehingga terlihat lebih sakral.

Baca juga: 8 Pantai Semarang dan Sekitarnya, Ada Pantai dengan Hutan Mangrove

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan kolam pemandian air panas yang memiliki kandungan belerang. Lokasinya berada di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

6. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Tempat wisata alam selanjutnya adalah Agrowisata Kopeng. Dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Telomoyo, Gunung Sumbing, dan Rawa Pening seperti dikutip dari Kompas.com (02/08/2021). 

Panorama sisi utara Merbabu dari Agrowisata Kopeng Gunungsari, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Panorama sisi utara Merbabu dari Agrowisata Kopeng Gunungsari, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Panorama sisi utara Merbabu dari Agrowisata Kopeng Gunungsari, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Obyek wisata ini memadukan keindahan taman bunga, pemandangan pegunungan, dan udara sejuk. Tak jauh dari lokasi Agrowisata Kopeng Gunungsari, terdapat Gardu Panjang Kopeng. 

Dari gardu pandang, wisatawan bisa menikmati pemandangan beberapa gunung, yakni Sindoro, Sumbing, Andong, dan Telomoyo.

Baca juga: 4 Aktivitas Menarik saat Berwisata ke Agrowisata Kopeng Gunungsari

Agrowisata Kopeng Gunungsari berlokasi di Jalan Umbul Songo, Kopeng, Kecamatan Getasan, Semarang. 

7. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti berada di lereng Gunung Ungaran, sehingga memiliki pemandangan khas pegunungan dan udara segar. 

Kolam Renang Umbul Sidomukti, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Dok. Umbul Sidomukti

Kolam Renang Umbul Sidomukti, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Kolam Renang Umbul Sidomukti, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Mengutip Tribun Travel, (19/1/2022), ikon wisata ini adalah kolam renang yang bernama Taman Renang Alam. Keunikan dari kolam renang ini adalah pemandangan langsung menghadap ke gunung dan air dari mata air alami pegunungan. 

Baca juga: 10 Wisata di Kota dan Kabupaten Semarang, Danau sampai Air Terjun

Fasilitas lainnya yang ada di Umbul Sidomukti adalah penginapan, restoran, kafe, area outbond, dan spot foto Instagramable. 

8. Watu Gunung 

Obyek wisata ini berada di Bandungan, Kabupaten Semarang. Mengutip Tribun Travel (3/4/2021), Watu Gunung merupakan obyek wisata yang mengusung konsep wisata alam, pegunungan, dan budaya.

Pengunjung akan dimanjakan dengan udara sejuk selama berada di Watu Gunung. Selain itu, terdapat sungai, pepohonan asri, danau buatan, dan gazeobe yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai.

BACA JUGA:   Taman pintar alat peraga

Baca juga: 9 Tempat Wisata Gratis di Semarang, Lihat View Kota dari Ketinggian

9. Eling Bening

Eling Bening taman rekreasi bertema alam. Mengutip Kompas.com (17/10/2020), Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau.

Eling Bening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Shutterstock

Eling Bening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Eling Bening, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Selain panorama alam, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan.

Baca juga: Dipandang dari Eling Bening, Rawa Pening Begitu Indah…

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga pada libur panjang. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. 

10. Gunung Telomoyo

Bagi pecinta wisata gunung, Gunung Telomoyo merupakan salah satu wisata alam di Kabupaten Semarang yang menjadi favorit banyak orang.

Puncak Gunung Telomoyo, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA

Puncak Gunung Telomoyo, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Puncak Gunung Telomoyo, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Mengutip Kompas.com, Gunung Telomoyo dapat dijangkau dengan mudah oleh wisatawan dengan berkendara. Gunung setinggi 1.894 mdpl ini mempunyai sejumlah aktivitas yang bisa dijajal pengunjung.  

Baca juga: Itinerary 1 Hari di Semarang, Wisata Religi dan Kuliner Simpang Lima

Ada spot foto dari ketinggian, flying fox, gardu pandang, dan area kemah. Dari puncak Gunung Telomoyo, wisatawan bisa melihat panorama indah Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Rawa Pening.

11. Bukit Gombel 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (17/10/2020), Bukit Gombel disebut sebagai tanah tertinggi di kota Semarang. Sebab, bukit ini menjadi tempat berdirinya menara pemancar radio, televisi, dan telekomunikasi.

Bukit Gombel Ungaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Shutterstock

Bukit Gombel Ungaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Bukit Gombel Ungaran, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Wisata alam ini menawarkan panorama indah dari ketinggian. Saat berkunjung malam hari, wisatawan bisa melihat hamparan bintang yang berkilau di langit dan cahaya lampu kota.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Semarang Dekat Stasiun, Kota Lama sampai Pantai

Pengunjung dapat menikmati udara sejuk dari atas Bukit Gombel. Terdapat sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti penginapan, tempat parkir, dan rumah makan. Lokasinya berada di Ngesrep, Banyumanik, Kota Semarang.

12. Pantai Marina

Mengunjungi Semarang, tak lengkap rasanya tanpa berwisata ke pantai. Salah satu pantai favorit di Kota Atlas adalah Pantai Marina. 

Pantai Marina, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Shutterstock

Pantai Marina, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Marina, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan hutan bakau di sekitar Pantai Marina. Selain itu, wisatawan bisa menyewa kapal untuk menikmati keindahan pantai. 

Baca juga: 10 Tempat Ngopi di Semarang, Ada Kafe dengan Bangunan Benteng

Sepanjang pantai terdapat beberapa warung kuliner yang menjajakan aneka seafood alias makanan laut. Pantai Marina terletak di utara Kota Semarang dekat dengan Bandara Ahmad Yani, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Tawang Sari, Kota Semarang. 

13. Air Terjun Kali Pancur 

Berbicara tentang wisata alam, tak lengkap tanpa membahas air terjun. Salah satu wisata air terjun di Semarang yang terkenal adalah air terjun Kali Pancur. 

Mengutip Kompas.com (17/10/2020), air terjun Kali Pancur merupakan air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian mencapai 100 meter. Lokasinya berada di lereng Gunung Telomoyo, tepatnya di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. 

Baca juga: 10 Wisata Bandungan Semarang Berhawa Sejuk, Ada Tempat Baru yang Hits 

Sekeliling air terjun dipenuhi pepohonan hijau sehingga wisatawan dapat menikmati suasana asri, alami, dan sejuk. Selain itu, wisatawan dapat bermain air di kolam, bersantai menikmati pemandangan, dan mengambil foto Instagramable.

13. Pantai Maron 

Pantai Maron terkenal dengan hutan mangrove di area sekitar pantai, seperti dikutip dari Kompas.com (6/5/2022). Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang hutan yang mangrove maupun berjalan di atas jembatan bambu yang tersedia. 

Dari Pantai Maron, wisatawan bisa melihat berbagai aktivitas nelayan salah satunya mengolah hasil tambak udang untuk dijadikan terasi atau olahan lainnya.

Baca juga: Dusun Semilir Semarang: Jam Buka, Harga Tiket, dan Aktivitas Wisatanya

Selain itu, ada sejumlah gazebo yang tersedia bagi wisatawan. Lokasi Pantai Maron berada di Tugu Rejo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

14. Curug Lawe

Selain air terjun Kali Pancur, Kabupaten Semarang juga memiliki Curug Lawe Benowo Kalisidi (CLBK) atau lebih dikenal sebagai Curug Lawe. Lokasinya berada di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. 

Mengutip Kompas.com (04/01/2022), akses menuju Curug Lawe cukup mudah. Dari alun-alun lama Ungaran, wistawan membutuhkan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Curug Lawe, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

KOMPAS.com/Dian Ade Permana

Curug Lawe, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Curug Lawe, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, kondisi jalannya terhitung bagus. Selama perjalanan, wistawan akan disuguhi pemandangan hamparan sawah, pepohonan rindang, dan perkebunan cengkeh.

Baca juga: Asal-usul Nama Semarang, Ternyata dari Pohon Asam 

Namun, untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih satu jam dari tempat parkir. Curug Lawe yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang lumayan deras. 

15. Brown Canyon

Obyek wisata satu ini cukup tenar di kalangan pemburu wisata alam Instagramable. Sebab, Brown Canyon menawarkan pesona tebing-tebing yang curam seperti di Grand Canyon, AS. 

Brown Canyon di Tembalang, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

KOMPAS.com / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA

Brown Canyon di Tembalang, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Brown Canyon di Tembalang, salah satu wisata alam Semarang yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 7 Masjid Unik di Semarang, Ada yang Bentuk Kapal dan Pakai Kontainer  

Brown Canyon merupakan bekas galian tambang yang dialihfungsikan sebagai tempat wisata. Selain pesona tebing curam, wisatawan juga bisa berfoto di tepi kolam bekas tambang. Lokasinya berada di Rawosari, Tembalang, Kota Semarang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Also Read

Bagikan: