Wisata Alam Citalutug Desa Baros Ulasan

Lamar Napitupulu

Pulau Jawa terkenal dengan keindahannya yang tak terbatas. Tidak hanya memiliki pantai-pantai yang memesona, pulau ini juga menyimpan kekayaan alam yang menyenangkan. Salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Pulau Jawa adalah Wisata Alam Citalutug Desa Baros. Di sana, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan mendebarkan.

Lokasi Wisata Alam Citalutug Desa Baros

Wisata Alam Citalutug Desa Baros terletak di Kecamatan Baros, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Destinasi wisata ini berada di tepi Sungai Citalutug yang membentang sepanjang 5 km. Sungai ini berasal dari Gunung Cikuray dan memiliki air yang jernih dan sejuk. Wisata Alam Citalutug Desa Baros dapat dicapai dari Bandung dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Aktivitas di Wisata Alam Citalutug Desa Baros

Wisata Alam Citalutug Desa Baros menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan bagi para pengunjung. Pertama-tama, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan menyusuri tepian Sungai Citalutug. Selain itu, para pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seperti mendaki, menyebrang sungai dengan perahu, hingga berkemah di kawasan camping ground yang disediakan.

Salah satu aktivitas yang paling menarik di Wisata Alam Citalutug Desa Baros adalah trekking ke Gunung Cikuray. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.821 mdpl dan menyajikan panorama alam yang sangat indah. Trekking ke Gunung Cikuray memerlukan waktu sekitar 12 jam (6 jam naik dan 6 jam turun), sehingga merupakan pilihan yang tepat bagi para pendaki yang sangat menyukai tantangan.

BACA JUGA:   22 Wisata Alam Gunung Puntang

Keindahan Alam di Wisata Alam Citalutug Desa Baros

Wisata Alam Citalutug Desa Baros menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hutan hijau yang rimbun dan air sungai yang jernih. Apabila cuaca sedang cerah, para pengunjung juga akan melihat keindahan alam yang luar biasa seperti Danau Situ Patenggang dan Gunung Gede Pangrango. Sehingga, banyak pengunjung yang memanfaatkan waktu ini untuk berfoto-foto dengan latar belakang alam yang indah.

Fasilitas di Wisata Alam Citalutug Desa Baros

Wisata Alam Citalutug Desa Baros juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Di sana, pengunjung akan menemukan kamar mandi dan tempat parkir kendaraan. Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan tempat penginapan dan warung makan yang menyediakan makanan khas Jawa Barat.

Tips Berwisata di Wisata Alam Citalutug Desa Baros

Bagi para pengunjung yang ingin berkunjung ke Wisata Alam Citalutug Desa Baros, ada beberapa tips yang dapat diikuti. Pertama-tama, pastikan untuk membawa peralatan pribadi seperti baju ganti, alat makan, dan tenda jika ingin berkemah. Selain itu, pastikan untuk membawa peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas seperti mendaki atau menyebrang sungai.

Selain itu, pastikan untuk datang ke Wisata Alam Citalutug Desa Baros di pagi hari agar memiliki waktu yang cukup untuk menikmati keindahan alam dan melakukan aktivitas yang mengasyikkan. Jangan lupa untuk membawa air mineral dan camilan untuk menghindari kehausan dan lapar selama beraktivitas.

Kesimpulan

Wisata Alam Citalutug Desa Baros adalah destinasi wisata alam yang menyenangkan bagi para pengunjung. Destinasi ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di tengah alam. Selain itu, fasilitas yang lengkap juga membuat para pengunjung merasa nyaman selama berada di sana. Oleh karena itu, tidak heran jika wisata alam ini memiliki daya tarik yang besar bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Pulau Jawa.

Also Read

Bagikan: