Skip to content
Home » Wisata Cagar Alam » Wisata Alam di Jogja

Wisata Alam di Jogja

Jogja memang terkenal dengan wisata budayanya yang kental, namun jangan salah, kota ini juga memiliki wisata alam yang indah dan menawan. Jika kamu lelah dengan keramaian kota, tempat-tempat berikut bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Simak yuk!

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger terletak di lereng Gunung Merapi yang menawarkan panorama hutan pinus yang begitu indah dan memukau. Kawasan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati udara segar yang berbeda dengan udara di kota. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable. Oh iya, kamu juga bisa melakukan camping di sini loh!

Kedung Pedut

Kedung Pedut adalah wisata air terjun yang berlokasi di sekitar lereng Gunung Merbabu. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati kesegaran air terjun sambil menikmati pemandangan yang indah. Di sini juga tersedia tempat parkir, warung makan dan juga penginapan.

Puncak Suroloyo

Bagi kamu yang suka hiking, Puncak Suroloyo bisa menjadi tujuan wisata alam yang menarik. Kamu akan mendaki sekitar 1,5 jam dari basecamp menuju ke puncak, namun pemandangan yang disajikan dibayar dengan setimpal. Kamu bisa menyaksikan keindahan pegunungan yang menakjubkan di atas sana.

Goa Jomblang

Goa ini memang cukup terkenal di kalangan traveler, terutama para pecinta fotografi. Goa Jomblang menyajikan keindahan alam yang memukau, terutama saat sinar matahari menjelang siang yang menembus masuk ke dalam goa. Namun, jangan lupa, untuk keselamatan kamu disarankan untuk menggunakan alat pelindung keamanan ya.

BACA JUGA:   Memukau Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Dengan 7 Foto

Tebing Breksi

Tebing Breksi bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menikmati indahnya panorama kota Jogja dari ketinggian. Kamu bisa menikmati keindahan tebing batu kapur yang dipotong dengan rapi dan membentuk kombinasi bentuk yang cantik sekaligus unik.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor adalah salah satu pantai yang indah dan menarik yang terletak di sebelah selatan Jogja. Pantai ini masih terjaga dengan keindahan dan kebersihan air laut dan pasir putihnya. Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti snorkeling dan juga diving, atau hanya melepas penat di bibir pantai sembari menikmati sunset.

Karst Gombong

Karst Gombong adalah lokasi speleologi yang menakjubkan di kawasan Wonosari, Jogja. Tempat ini memiliki beberapa gua dan lubang besar yang masih asli dan belum terjamah oleh tangan manusia. Kamu bisa mengeksplorasi gua dan lubang besar yang ada di sini dengan bantuan guide yang terpercaya.

Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun ini adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di Jogja. Terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter dan derasnya debit air yang cukup besar. Tidak hanya menikmati air terjun, kamu juga bisa mengeksplorasi gua-gua yang ada di sekitar area air terjun.

Kesimpulan

Itulah beberapa wisata alam di Jogja yang menarik untuk kamu kunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan hamparan alam yang indah di kota ini. Semoga perjalanannya menyenangkan ya!