Wisata Alam di Tasikmalaya dan Ciamis

Wani Mandasari

Tasikmalaya dan Ciamis adalah daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Dari pegunungan yang hijau hingga air terjun yang menakjubkan, daerah ini memiliki semua yang dibutuhkan pengunjung untuk bersantai dan menenangkan diri. Berikut adalah beberapa wisata alam yang bisa dikunjungi di Tasikmalaya dan Ciamis.

Air Terjun Panjalu

Air Terjun Panjalu adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Tasikmalaya. Terletak di lereng Gunung Cikuray, air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dan air yang jernih. Ada banyak spot foto yang bagus di sekitar air terjun, termasuk batu besar yang menonjol dan area hijau yang luas. Banyak pengunjung yang datang ke Air Terjun Panjalu untuk berenang atau memanjat tebingnya.

Gunung Cikuray

Selain Air Terjun Panjalu, Gunung Cikuray juga menjadi tempat wisata populer di Tasikmalaya. Meskipun menantang, pendakian ke puncak Gunung Cikuray adalah pengalaman yang tak terlupakan. Selama pendakian, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari pegunungan, lembah, dan hutan yang mengelilingi.

Situ Cigugur

Situ Cigugur adalah tempat wisata yang ideal untuk keluarga dan teman-teman. Danau ini dikelilingi oleh hutan pinus dan memiliki sejumlah fasilitas seperti perahu sewa, tempat bermain anak-anak, dan warung makan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang tenang dan menenangkan sambil menikmati suasana yang cukup sepi.

Air Terjun Kamojang

Air Terjun Kamojang terletak di Ciamis dan memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Terletak di tengah-tengah hutan yang hijau, air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan sejuk. Ada beberapa trekking yang bisa dilakukan di sekitar air terjun, dan pengunjung dapat berenang di kolam yang dihasilkan oleh aliran air yang deras.

BACA JUGA:   Wisata Alam Menurut Para Ahli

Lawangwangi Creative Space

Selain keindahan alam, Tasikmalaya dan Ciamis juga memiliki atraksi indoor yang menarik. Lawangwangi Creative Space adalah galeri seni dan ruang kreatif yang menawarkan pameran seni kontemporer dan tempat belajar untuk seniman muda. Pengunjung dapat menikmati karya seni yang indah atau mengikuti kelas seni di sini.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey adalah objek wisata alam yang paling terkenal di daerah ini. Terletak di selatan Bandung, kawah ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan danau dan lingkungan sekitar yang putih. Kawah putih ini berada di ketinggian sekitar 2.430 mdpl dan suhu di sekitar kawah sangat dingin.

Curug Malela

Di tengah-tengah hutan Ciamis, terdapat air terjun yang indah dan menenangkan yang bernama Curug Malela. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, tapi tetap sangat menarik untuk dikunjungi karena panorama hutan yang hijau dan dipenuhi air.

Itulah beberapa wisata alam yang dapat dikunjungi di Tasikmalaya dan Ciamis. Selain menikmati keindahan alam, kunjungi juga beberapa tempat tujuan indoor seperti galeri seni Lawangwangi Creative Space untuk mengisi liburan Anda. Jangan lupa untuk membawa kamera Anda dan berbagi momen seru Anda di media sosial!

Also Read

Bagikan: