Wisata Alam Embung Bagelen: Pengalaman Tak Terlupakan di Alam

Hairyanto Dongoran

Jika Anda adalah penggemar wisata alam, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mengunjungi Wisata Alam Embung Bagelen. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan udara sejuk yang menyegarkan. Bagelen adalah sebuah desa di Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Wisata Embung Bagelen terletak di lereng Gunung Sindoro.

Sejarah dan Fasilitas Wisata

Embung yang terletak di perbukitan itu dulunya adalah sebuah lahan kosong yang biasa digunakan oleh warga sekitar untuk bercocok tanam. Namun, pada tahun 2011, dibangunlah sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro di tempat itu oleh PT Jasa Marga. Untuk membangun pembangkit listrik tersebut, diperlukannya sebuah embung sebagai sumber air untuk turbin. Akhirnya, lahan kosong tadi, yang terletak di perbukitan, dijadikanlah embung oleh PT Jasa Marga untuk menampung air, dan secara tidak langsung memperlihatkan bentuk pemandangan yang estetis.

Pada tahun 2018, pemerintah Kabupaten Purworejo menginisiasi program wisata untuk menjadikan embung ini sebagai lokasi wisata. Beberapa fasilitas wisata telah dibangun, seperti lokasi wisata, pendopo, mushola, toilet, dan tempat parkir kendaraan untuk memudahkan pengunjung.

Keindahan Alam dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Embung Bagelen memiliki panorama yang sangat indah. Anda dapat melihat embung dari atas bukit yang terletak tidak jauh dari lokasi. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam di sekeliling embung. Pohon-pohon besar yang rindang, tanaman-tanaman yang hijau, serta suara ayam hutan dan burung-burung lainnya akan membuat Anda betah berada di sana.

Bagi Anda yang ingin mencicipi sensasi berbelanja, tak ada salahnya jika berkunjung ke pasar tradisional Bagelen yang terkenal dengan berbagai kerajinan khas daerah. Anda juga bisa mencoba untuk memancing atau menikmati kuliner khas daerah, seperti gudeg atau nasi liwet.

BACA JUGA:   Tiket masuk gunung mas puncak 2022

Tips Berkunjung ke Embung Bagelen

Untuk memudahkan Anda dalam berkunjung ke Embung Bagelen, berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna:

  • Pakailah pakaian nyaman dan kain yang menyerap keringat.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pendakian, seperti sepatu gunung, tas carrier, dan minum.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Patuhi peraturan yang berlaku dan jangan merusak lingkungan di sekitar embung.

Kesimpulan

Embung Bagelen adalah destinasi wisata alam yang sangat indah dan menarik. Keindahan alam dan pemandangan yang menawan, serta aktivitas yang bisa dilakukan, membuat embung ini layak menjadi tempat wisata di Purworejo. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, pastikan Anda mengikuti tips berkunjung di atas dan selamat menikmati keindahan alam di Embung Bagelen!

Also Read

Bagikan: