Wisata Alam Kabupaten Sidoarjo

Sari Hasanah

Jawa Timur memang memiliki potensi keindahan alam yang tak kalah mempesona di bandingkan daerah lain di Indonesia. Salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan ketika berlibur di Jawa Timur adalah wisata alam Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten yang berlokasi di sebelah utara Surabaya ini memiliki pesona wisata alam yang memukau dengan nuansa pedesaan yang asri dan menenangkan.

Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo yang menjadi ikon kota Malang, ternyata letaknya yang berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo memberikan keuntungan bagi para traveler. Kita dapat menikmati keindahan gunung Bromo tanpa harus menginap di kota Malang. Tidak hanya dijadikan tempat berfoto yang instagramable, tapi juga tersedia beragam wisata petualangan di antaranya berjalan menyusuri lautan pasir, menghirup udara segar di view point Penanjakan, hingga menikmati keindahan matahari terbit yang memukau.

Keunikan Wisata Mangrove

Kabupaten Sidoarjo juga terkenal dengan keunikan wisata Mangrove. Wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menenangkan, tapi juga memberikan edukasi bagi pengunjung mengenai pentingnya menjaga keberlangsungan ekosistem mangrove. Aktivitas yang disediakan sangat mengasyikan, seperti adventure bridge yang memacu adrenalin, menyeberang sungai dengan boat yang lucu, hingga mengelilingi areal mangrove dengan sepeda air. Wisata Mangrove sangat cocok bagi keluarga dan grup teman.

Wisata Air Terjun Kakek Bodo

Mau merasakan sensasi berenang di air terjun yang jernih mengalir dari pegunungan? Wisata Air Terjun Kakek Bodo wajib kamu masukkan ke dalam list wisata mu. Terletak di desa Pryangan, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Destinasi wisata ini menyediakan kolam renang dan fasilitas lengkap seperti mushola, kamar mandi hingga lapangan parkir yang luas. Kolam renang yang ada di wisata ini dibuat dengan menggunakan sumber air langsung dari pegunungan, sehingga sangat jernih dan segar. Indahnya alam sekitarnya akan membuat kamu merasa dekat dengan alam.

BACA JUGA:   Favorit 12 Rekomendasi Wisata Air Terjun Randusari

Keunikan Desa Wisata Keboen

Jika kamu ingin merasakan suasana pedesaan yang damai, maka harus berkunjung ke Desa Wisata Keboen. Wisata ini adalah salah satu desa terunik di Kabupaten Sidoarjo karena memiliki julukan Kampung Adat Kraton. Berbagai budaya Jawa masih terpelihara dengan baik di sini, warga desa masih menjalankan adat istiadat dan kegiatan tradisional Jawa seperti wayang kulit, tari-tarian, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat belajar membuat berbagai kerajinan tangan dan berkebun di sini. Udara segar dan suasana yang tenang membuatmu betah berlama-lama di desa wisata yang satu ini.

Wisata Religi Sunan Prapen

Wisata religi? Ya, di Kabupaten Sidoarjo juga tersedia wisata religi yang sangat menarik. Wisata Sunan Prapen dapat kamu kunjungi untuk mengenal sejarah Islam di Sidoarjo. Sunan Prapen adalah salah satu dari walisongo yang memperkenalkan agama Islam di Jawa Timur. Kamu dapat mengunjungi makam Sunan Prapen yang dipercaya sebagai tokoh agama yang memiliki kedudukan tinggi di kalangan masyarakat setempat. Selain itu, di sini juga terdapat taman tematik yang menyimpan nilai-nilai religi Islam yang menyenangkan bagi anak-anak.

Kesimpulan

Wisata alam di Kabupaten Sidoarjo sangatlah beragam dan menarik. Mulai dari keindahan Gunung Bromo, keunikan Wisata Mangrove, sensasi berenang di Wisata Air Terjun Kakek Bodo hingga merasakan suasana pedesaan damai di Desa Wisata Keboen, dan tidak lupa wisata religi di Wisata Sunan Prapen. Wisata di Kabupaten Sidoarjo ini cocok untuk semua kalangan, baik itu bersama keluarga, pasangan atau pun bersama teman. Jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata alam di Kabupaten Sidoarjo dan nikmati pesona keindahannya.

Also Read

Bagikan: