Wisata Alam Sekitar Magelang: Menikmati Keindahan Alam di Jawa Tengah

Jelita Anggraini

Magelang adalah kota yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya yang kaya serta wisata alamnya yang menakjubkan. Jika Anda ingin menikmati alam yang eksotis dan mempesona, wisata alam sekitar Magelang adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di artikel ini, kita akan membahas beberapa tempat wisata alam yang wajib dikunjungi di sekitar Magelang.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah danau buatan yang terletak di kaki Gunung Merbabu. Danau ini memiliki air jernih yang cocok untuk berenang dan snorkeling. Di sini, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari pegunungan sekitar. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati beberapa aktivitas seperti berkuda, flying fox, dan rafting. Umbul Sidomukti sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan penat dari kegiatan sehari-hari.

Taman Nasional Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung yang terkenal dan terbesar di Jawa Tengah. Selain sebagai objek wisata pendakian, di sekitar Gunung Merbabu juga terdapat Taman Nasional Gunung Merbabu yang menjadi tempat wisata alam yang populer di daerah ini. Taman nasional ini memiliki berbagai macam flora dan fauna langka yang hanya dapat ditemukan di kawasan pegunungan. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan melihat beberapa satwa seperti jalak suren, lutung jawa, dan burung perkutut.

Curug Silawe

Curug Silawe adalah air terjun yang terletak di Desa Jambewangi, Magelang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki air yang jernih dan sejuk. Di sekitar air terjun ini terdapat hutan pinus yang memberi suasana yang asri dan segar. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berenang, memancing, dan camping.

BACA JUGA:   21 Objek Wisata Gunung Salak

Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah gua alam yang terletak di Wonosari, sekitar 50 km dari Magelang. Gua ini terkenal dengan adanya keindahan alam yang luar biasa dan terkenal dengan istilah "Heaven’s Light". Di sini, Anda bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang hanya dapat ditemukan di goa alam. Namun untuk mencapai goa ini Anda harus menuruni tebing yang curam dan juga harus memakai alat keselamatan.

Candi Borobudur

Tidak bisa dipungkiri, Candi Borobudur adalah tempat wisata di Magelang yang paling terkenal. Meski menjadi objek wisata budaya dan sejarah, Candi Borobudur juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Di sekitar Candi Borobudur terdapat bebatuan, vegetasi, dan keindahan alam yang luar biasa. Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit atau terbenam dari atas Candi Borobudur. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi beberapa wisata alam seperti air terjun dan gua-gua di sekitar Magelang.

Kesimpulan

Bagi Anda yang mencari petualangan dan ingin menikmati keindahan alam yang luar biasa, wisata alam sekitar Magelang dapat menjadi pilihan yang tepat. Dari umbul Sidomukti yang menenangkan hingga Goa Jomblang yang menakjubkan, Anda bisa menemukan berbagai macam tempat wisata alam yang menawarkan keindahan alami yang eksotis. Jangan lupa untuk mengunjungi salah satu dari tempat wisata alam sekitar Magelang ketika Anda berkunjung ke sana.

Also Read

Bagikan: