Wisata Alam yang Sepi: Keindahan Tersembunyi yang Layak Dikunjungi

Iriana Kusmawati

Apakah kamu mencari destinasi wisata yang tidak terlalu ramai dan masih menyimpan keindahan alam yang asli? Jangan khawatir, Indonesia adalah negeri yang kaya akan destinasi wisata alam yang begitu memikat. Tapi jangan berfikir bahwa wisata alam hanya tentang pantai atau gunung yang populer dikunjungi. Wisata alam bisa berupa tempat-tempat yang jauh dari keramaian dan masih asri seperti hutan belantara, danau terpencil, bukit hijau atau bahkan desa terpencil yang mempesona.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata alam yang tidak terlalu ramai dan menyimpan keindahan yang masih alami di Indonesia:

Pantai Pulau Ketawai, Raja Ampat

Raja Ampat memang sudah tak asing lagi bagi para pecinta diving. Namun, di antara sekian banyak pulau yang ada di sana, Pulau Ketawai mungkin masih sepi dari keramaian. Terletak di ujung selatan Kabupaten Raja Ampat, Pulau Ketawai memiliki pantai dengan pasir putih yang halus dan laut dengan terumbu karang yang eksotik. Kamu bisa snorkeling, diving, atau hanya menikmati keindahan alam di sekitar pantai sambil menikmati udara segar dan jernih.

Danau Biru Kelimutu, Flores

Danau Biru di Kelimutu pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pemudik yang sering melintas di jalur Flores. Namun, bukan berarti destinasi ini tak layak dicoba. Terletak di tengah-tengah hutan tropis Kelimutu, danau ini memiliki air yang berbeda-beda warna (biru tua, hijau atau merah), sehingga membuatnya menjadi salah satu tempat yang paling fotogenik di Indonesia.

BACA JUGA:   Wisata Di Aceh Utara

Sabangau National Park, Palangka Raya

Tak jauh dari ibukota Kalimantan Tengah, Sabangau National Park menyimpan keindahan alam yang masih asli. Hutan Sabangau merupakan bagian dari hutan Dataran Tinggi Kapuas Hulu – Mendalam dengan luas 6,4 juta hektar. Di kawasan ini terdapat banyak satwa liar seperti owa-owa, musang, kera, dan monyet yang bisa ditemukan di antara rimbunnya pohon hijau yang menjulang tinggi.

Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Bagi kamu yang mencari ketenangan dan kedamaian di desa terpencil yang masih asri, Wae Rebo bisa menjadi pilihan yang tepat. Desa ini terletak di atas sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut, dan hanya bisa diakses melalui perjalanan panjang dari Ruteng, Flores. Di sana, kamu bisa menikmati keindahan alam yang masih asli seperti perkebunan kopi dan sawah terasering, serta berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah.

Bukit Teletubbies, Nusa Tenggara Timur

Siapa yang tidak kenal Bukit Teletubbies? Bukit ini terletak di Pulau Flores, tepatnya di desa Sembalun. Uniknya, di sana terdapat bukit hijau dengan lembah yang cocok untuk dijadikan lahan pertanian. Bentuknya yang menyerupai bukit di serial anak-anak Teletubbies, menjadikannya destinasi yang cocok untuk fotografi.

Desa Jomblang, Yogyakarta

Tersembunyi di bawah tiga lubang doline yang besar di Gunung Kidul, Yogyakarta, Desa Jomblang merupakan destinasi wisata alam yang masih belum terlalu diketahui. Di bawah permukaan tanah terdapat jurang dengan air laut yang biru kehijauan dan stalaktit yang menjulang tinggi. Kamu akan merasa seperti sedang berkeliling di alam bawah tanah.

Bukit Lawang, Sumatera Utara

Sekitar 90 kilometer dari Medan, Bukit Lawang merupakan destinasi wisata alam yang terkenal dengan kawasan hutan yang asri dan menawan. Selain itu, Bukit Lawang juga dikenal dengan Center for Orangutan Rehabilitation, sehingga kamu bisa melihat banyak sekali orangutan yang berkeliaran di sekitar hutan.

BACA JUGA:   6 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sulawesi Utara 2020

Wisata Alam Pulau Padar, NTT

Sekali lagi, Nusa Tenggara Timur menawarkan destinasi wisata alam yang memukau. Pulau Padar menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan kompleks bukit berpasir putih dan laut dengan air biru kehijauan yang begitu jernih.

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata alam yang masih sepi dari keramaian. Mungkin bagi beberapa wisatawan, tempat-tempat ini terdengar kurang populer. Namun, keindahan yang tersimpan di dalamnya rasanya tidak kalah dengan destinasi wisata yang lebih ramai dikunjungi. Jangan ragu untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut dan nikmati keindahan alam asli yang mereka tawarkan. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan: