Wisata dekat air terjun dlundung

Gundana

Review kali ini, kita akan bergeser sedikit mas bos…. Setelah menggali keindahan Kota Malang, sekarang kita menuju Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur.

Hiperbola untuk menggambarkan destinasi wisata yang satu ini kayaknya cocok jika disebut sebagai “Sepotong Surga” di Mojokerto.

Air Terjun Dlundung

Namanya Air Terjun Dlundung. Sebuah air terjun yang elok yang terletak di Gunung Penanggungan dengan hamparan pesona keindahan dari mulai jalur pertama sampai ke lokasi air terjun.

Tanpa basi-basi lagi, kita langsung saja melihat “sepotong surga” di Kabupaten Mojokerto tersebut.

Pesona Keindahan Air Terjun Dlundung

Letaknya di Gunung Penanggungan menjadikan Air Terjun Dlundung dipebuhi ragam keindahan alam yang mampu mengobati seluruh penat para pengunjungnya.

Pesona Pegunungan Di Air Terjun Dlundung Trawas

Kecuali mungkin bagi yang jomblo hanya akan menambah kepedihan, karena yang datang ke sana banyak juga yang berpasang-pasangan. Ingat iri hati dapat menyebabkan nangis sambil guling-guling di tanah. Hehehe….

Awal aktivitas di lokasi Air Terjun Dlundung pagi-pagi dibuka dengan pesona kabut yang turun menyelimuti kawasan tersebut.

Begitupun saat sore sebagai penutup aktivitas  ditutup juga dengan pemandangan kabut lagi, udara dan pemandangannya masih sangat natural, jauh berbeda dengan udara kota.

Air Terjun Dlundung memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan air yang sanagt jernih. Bahkan jernihnya air di lokasi ini menjadi bagian dari mitos dan misteri di Air Terjun Dlundung.

Arus Air Terjun Dlundung tidak terlalu kuat, serta kedalaman yang dangkal. Sehingga di lokasi air terjun bisa melakukan keseruan bermain air atau bererenang.

Ketinggian Dan Kolam Air Terjun Dlundung

Pesona keindah terhampar dari mulai menapaki jalur menuju Air Terjun Dlundung. Para pengunjung akan disuguhkan jalan setapak yang sudah berbentuk tembok, bebatuan bercampur semen dan pasir, serta di jalur lain dipasangi paving block.

Jalur Menuju Lokasi

Selain itu, jalur tersebut sudah diberukan sentuhan warna-warni yang kian mempercantik perjalanan. Ada juga sebuah jembatan yang sangat bagus, bahkan sering juga dijadikan spot selfie oleh para wisatawan.

Di samping jalur perjalanan adalah taman yang sudah tertata rapih, serta pepohonan yang menambah keteduhan serta keasrian lokasi wisata ini.

Jalur Yang Dihiasi Taman

Dan sebagai tambahan, lokasi wisata Air Terjun Dlundung cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga dan edukasi. Namun sedikit kurang cocok bagi mereka yang jomblo, perih mas bos…. hehehe.

Ragam Aktivitas Di Lokasi Air Terjun Dlundung

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para traveler saat berkunjung ke lokasi wisata Air Terjun Dlundung, yaitu :

1. Bermain Air

Yang pertama, tentu saja bermain air di lokasi Air Terjun Dlundung. Airnya sangat bersih, dan di titik yang dangkal anak-anak juga dapat merasakan kesegaran air terjun ini.

Bermain Air Di Air Terjun Dlundung

2. Hunting Foto

Jalur perjalanan yang bagus dan warna-warni, hamparan pesona alam, serta keelokan air terjun menjadi latar keindahan adalah surga bagi mereka yang sangat suka dengan dunia fotografi.

BACA JUGA:   Tempat penangkaran rusa di jonggol

Hunting Foto

3. Camping

Bagi mereka yang ingin menginap, bisa melakukan aktivitas camping di lokasi yang dekat dengan Air Terjun Dlundung. Namun masih belum tersedia tempat penyewaan tenda, sehingga kalian mesti bawa sendiri dari rumah.

Camping Di Area Air Terjun Dlundung

4. Bermain Bersama Keluarga Dan Rumah Kelinci

Terdapat hamparan rumput dekat lokasi Air Terjun Dlundung yang cukup luas, sehingga bisa dijadikan aktivitas untuk melepas lelah, bermain bersama keluarga, atau outbond.

Bertambah keseruannya saat anak-anak anda berada di area rumah kelinci. Spot ini bisa menjadi wahana edukasi untuk anak supaya peduli terhadap alam sekitar.

Rumah Kelinci Dlundung

Misteri Dan Mitos Di Air Terjun Dlundung

Selain pesona keindahan, kebanyakan dari objek wisat memiliki sisi lain yang menarik perhatian wisatawan juga, yaitu dimensi misteri atau mitos.

Misteri dan mitos di Air Terjun Dlundung yang pertama adalah lokasi Air Terjun Dlundung konon sebagai tempat mandinya para bidadari.

Entah dari mana asalanya, dari sejak kecil cerita tentang air terjun, curug, atau coban selalu dikaitkan dengan cerita mandinya para bidadari. dan pelangi sebagai selendang yang dipakai para bidadari tersebut.

Misteri dan mitos Air Terjun Dlundung yang ke dua adalah terkait pesona airnya yang sangat jernih. Konon karena kejernihan Air Terjun Dlundung, memikat para raja-raja nusantara untuk mandi di lokasi tersebut.

Misteri Dan Mitos Di Air Terjun Dlundung

Hal tersebut diperkuat dengan beberapa kesaksian masyarakat sekitar yang pernah menemukan barang-barang antik khas jaman dahulu, salah-satunya piring emas.

Ingin mandi di tempat raja-raja nusantara? Atau ingin mandi di tempat para bidadari mandi? Ya di objek wisata Air Terjun Dlundung lokasinya.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Dlundung

Lokasi dan alamat Air Terjun Dlundung berada di Dusun Ketapang, desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Dlundung

Rute atau jalan menuju Air Terjun Dlundung bisa dengan dua opsi, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan kendaraan umum. Inilah rincian rutenya :

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

  • Jika dari Sidoarjo bisa melalui Pandaan kemudian masuk ke Jalan Raya Trawas, lalu belok ke arah Dlundung. Adapun total waktu tempuhnya sekitar 45 menit perjalanan.
  • Lalu lanjutkan perjalanan di jalur tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju Air Terjun Dlundung. Jarak dari jalan raya hingga sampai ke pintu utama objek wisata Air Terjun Dlundung sekitar dua kilometer.
  • Setelah sampai di area parkir, lanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Dlundung dengan melewati jalur yang telag disediakan. Jalurnya sangat bagus, cocok juga sebagai spot selfie.

2. Jika menggunakan Kendaraan Umum

  • Rute yang pertamana adalah menuju terminal Pandaan.
  • Setelah itu naik bus jurusan Trawas, kemudian turun di Trawas
  • Lanjutkan perjalanan anda dengan naik ojeg

3. Ongkos Menuju Air Terjun Dlundung

  • Ongkos bus dari terminal Pandaan menuju Trawas adalah Rp. 6.000 per orang
  • Ongkos ojeg dari Trawas ke lokasi wisata adalah Rp. 5.000 per orang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung

  • Harga tiket masuk hari-hari biasa untuk dewasa                    : Rp. 10.000 per orang
  • Harga tiket masuk hari-hari biasa untuk anak-anak               : Rp. 7.500 per orang
  • Harga tiket masuk weekend untuk dewasa                            : Rp. 12.500 per orang
  • Harga tiket masuk weekend untuk anak-anak                       : Rp. 10.000 per orang
  • Harga Tiket Camping                                                             : Rp. 18.000 per orang
  • Asuransi                                                                                 : Rp. 500 per orang
  • Parkir Motor                                                                           : Rp. 2000 per unit
  • Parkir Mobil                                                                            : Rp. 3.000 per unit
BACA JUGA:   Wisata Air Panas Alam Perhutani Gonoharjo: Keajaiban yang Menyegarkan

Jam Operasional Air Terjun Dlundung

Jam operasional Air Terjun Dlundung buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Dlundung

Lokasi penginapan di Air Terjun Dlundung berjarak sekitar 5 kilometer dari kawasan tersebut dengan harga atau tarif yang berbeda-beda.

Perbedaan harga ditentukan oleh jenis penginpan serta fasilitas yang disajikan.

Tips Wisata

Bagi kalian yang berencana mengisi liburan di sana, maka inilah tips wisatanya :

  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, serta perlengkapan mandi.
  • Jangan lupakan kamera anda, karena lokasinya sangat instagrammable.
  • Selalu mematuhi protokol kesehatan dan keamanan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan jangan merusak lingkungan.
  • Selalu berpatokan pada kenyamanan dan kemanan dalam berwisata.

Penutup

Itulah review lengkap tentang Air Terjun Dlundung yang ada di Kabupaten Mojokerto, semoga bisa menjadi referensi awal bagi kalian yang belum pernah ke sana.

Selamat berlibur, dan tetap bersyukur ya…

Air Terjun Dlundung Harga Tiket Masuk : Rp7.500-Rp12.500. Jam Buka : 08.00 – 16.00 WIB. Nomor Telepon : +62 813-3222-7773. Alamat : Wisata Dlundung Desa Ketapnrame, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61375.

Jawa Timur menyimpan banyak pesona alam yang begitu memukau. Salah satu pesona yang memukau adalah air terjun. Kali ini, pesona air terjun berada di Kabupaten Mojokerto, yaitu Air Terjun Dlundung.

Lokasinya yang berada di gunung membuatnya tampak begitu memesona. Ditambah dengan lingkungan sekitar yang dingin berkabut ala pegunungan. Tentu akan memanjakan dan membuat segar siapa pun yang datang berkunjung.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dlundung Mojokerto

Harga tiket masuk Air Terjun Dlundung memang masih terjangkau. Meskipun ada perbedaan untuk anak dan dewasa namun harganya masih tetap murah.

Harga Tiket MasukTiket Masuk Weekday DewasaRp10.000Tiket Masuk Weekday AnakRp7.500Tiket Masuk Weekend DewasaRp12.500Tiket Masuk Weekend AnakRp10.000Tiket Camping/MalamRp5.000Spot SelfieRp5.000Asuransi (Weekday dan Weekend)Rp500Tiket Parkir KendaraanTiket Parkir MotorRp2.000Tiket Parkir MobilRp3.000

Baca: Claket Adventure Park Mojokerto Tiket Masuk & Wahana

Syarat masuk ke Air Terjun Dlundung: 

  • Mempunyai aplikasi PeduliLindungi.
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Jam Operasional

Kawasan objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari dalam seminggu. Dari mulai pukul 8 Pagi hingga 4 sore.

Jam OperasionalJam Buka08.00-16.00 WIBSabtu24 Jam

Pesona Alam Air Terjun Dlundung Mojokerto

Air Terjun Dlundung Mojokerto

Baca: Pesona Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Dlundung berlokasi di kawasan Gunung Penanggungan. Udaranya sangat sejuk, bahkan cenderung dingin pada saat malam hari. Tak heran jika kabut sering turun di pagi atau sore hari menyelimuti kawasan air terjun. Kabut ini membuat areanya tampak mistis namun tetap memesona.

BACA JUGA:   Wisata Alam Pinus Ciherang (Curug Ciherang) Tasikmalaya Jawa Barat

Dikelilingi hutan yang masih sangat asri, suasana air terjun begitu sejuk. Suara derasnya air terjun berpadu dengan hewan-hewan bersahutan di dalam hutan. Menciptakan irama damai yang begitu menenangkan, membuat siapa pun akan betah menghabiskan waktu di sini. Apalagi, menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang tersayang.

Sementara Air Terjun Dlundung sendiri memiliki ketinggian 50-60 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Dengan airnya yang begitu jernih jatuh tepat di atas kolam di bawahnya. Menciptakan genangan air yang tidak terlalu dalam, di musim hujan hanya mencapai lutut orang dewasa. Sehingga, aman bagi wisatawan untuk bermain dan berenang di kolam air terjun.

Perjalanan Menuju Air Terjun Dlundung

keindahan taman menuju lokasi air terjun

Baca: Pacet Mini Park Mojokerto Tiket Masuk & Aktivitas

Untuk menuju air terjun, wisatawan akan melewati jalur naik turun dan berkelok. Namun tenang, karena jalanan yang dilewati sudah halus dan rata dengan aspal. Di kanan kiri jalan, wisatawan bisa menikmati hijau dan lebatnya pepohonan hutan.

Tidak perlu trekking jauh, wisatawan sudah dapat berjumpa dengan Air Terjun Dlundung. Air terjun yang tingginya mencapai puluhan meter ini meluncur santai menuju kolam di bawahnya. Dinding batu air terjun tampak begitu kokoh meskipun sudah ditumbuhi lumut. Di sekitarnya pun banyak ditumbuhi tanaman rambat yang berpadu dengan hitamnya bebatuan.

Pengunjung dapat menceburkan diri ke dalam kolam dan menikmati guyuran air terjun. Bermain di air terjun cocok dilakukan saat siang, karena air dingin akan lebih segar dinikmati. Jika tidak ingin berbasah-basahan, pengunjung juga dapat hanya berfoto di tepian air terjun. Dengan latar belakang air terjun yang begitu menawan.

Berkemah di Air Terjun Dlundung

area perkemahan air terjun dlundung mojokerto

Baca: Coban Rondo Malang Tiket Masuk & Aktivitas

Air Terjun Dlundung memiliki kawasan dengan hamparan rumput hijau yang begitu luas. Kawasan ini dikhususkan bagi yang ingin berkemah. Letak area berkemah tidak jauh dari air terjun, sehingga tetap bisa menyaksikan air terjun. Bahkan, sepanjang malam akan terdengar suara air terjun dan hewan-hewan hutan.

Pada saat pagi hari, pengunjung dapat menyaksikan indahnya pemandangan sekitar air terjun. Kawasannya yang masih berselimut kabut yang cukup tebal. Tidak hanya itu, dari sini juga dapat menyaksikan pemandangan Gunung Penanggungan di pagi hari. Tampak gagah menjulang dengan kontur yang begitu jelas.

Sayangnya, pengelola air terjun tidak menyediakan fasilitas sewa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya. Sehingga, harus membawa perlengkapan sendiri untuk berkemah di sini. Yang terpenting, bawalah makanan dan perlengkapan api unggun karena di sini sangat dingin. Selain itu pastikan tenda tahan air karena alas rumput akan berembun di pagi hari.

Kuliner Hangat di Air Terjun Dlundung

Menikmati Kuliner di Pagi Hari

Baca: Sendi Adventure Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Pada saat pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan air terjun dengan santai. Namun tentunya, perut sudah kosong dan keroncongan sehingga perlu diisi. Tidak perlu khawatir, karena di pagi hari pedagang makanan sudah siap menjajakan dagangannya. Beberapa warung sudah tampak buka dan siap melayani pelanggan.

Makanan hangat seperti gorengan dan mi instan siap mengisi perut di pagi hari. Ditambah dengan minuman hangat seperti teh, kopi, serta susu pun menjadi pelengkap kehangatan. Menikmati sajian kuliner hangat sambil menyaksikan indahnya air terjun menjadi kombinasi yang tepat. Tapi jangan lupa selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Area Permainan & Taman Di Sekitar Air Terjun

Kawasan Air Terjun Dlundung saat ini belum memiliki fasilitas outbond. Namun, pengunjung dapat membuat permainan outbond sendiri di kawasan ini. Pengelola memberikan kebebasan untuk membuat arena permainan outbond. Biasanya acara sekolah atau kampus yang menggunakan kawasan ini untuk acara outbond.

Selain itu jalan menuju ke air terjun ini sudah terkelola dengan baik. Pengunjung akan melewati berbagai taman-taman cantik dan tematik. Seperti jembatan bambu, bale-bale, hingga taman bunga.

Baca: 5 Objek Wisata Menarik di Mojokerto

Lokasi Air Terjun Dlundung

Objek wisata air terjun ini berlokasi di Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Berjarak kurang lebih 38 Kilometer dari pusat Kota Mojokerto. Kawasan wisata ini bisa dicapai dalam waktu 1,5 Jam berkendara.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 27

Berikan Rating

Also Read

Bagikan: