Wisata dekat air terjun sri gethuk

Gundana

Air Terjun Sri Gethuk merupakan bagian dari wisata Gunung Kidul yang menawarkan pesona, dan adventure ke lokasi utama air terjun yang lain daripada yang lain.

Bahkan, penulis sendiri ingin mengatakan bahwa pesona keindahan kawasan Air Terjun Sri Gethuk layaknya Verdon Gorge yang ada di Perancis.

Memang tidak sepanjang, dan sedalam Verdon Gorge sungainya. Namun view sepanjang Sungai Oyo Gunung Kidul sungguh mengagumkan.

air terjun sri gethuk

Simak juga: daftar tempat wisata di Yogya yang populer

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul mampu menjadi destinasi wisata keluarga juga, terutama saat akhir pekan, maupun libur nasional. Dengan catatan hindari kunjungan disaat cuaca tidak bersahabat ya…

Dan inilah deskripsi Air Terjun Sri Gethuk yang sudah kami persiapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat liburan di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sri Gethuk

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk terletak di samping Sungai Oyo, Kabupaten Gunung Kidul. Adapun alamat Air Terjun Sri Gethuk berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Jalan menuju Ekowisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul bisa diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya saja belum tersedia angkutan umum, kecuali menyewa jasa ojek.

Jarak Air Terjun Sri Gethuk dari Jogja sekitar 33 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1 – 1 jam 30 menit perjalanan.

Setelah sampai di area parkir, para pengunjung mendapatkan dua opsi untuk bisa sampai di lokasi utama Air Terjun Sri Gethuk, yaitu :

  • Dengan cara trekking, atau berjalan kaki.
  • Dengan cara menggunakan rakit khusus.

Cara trekking akan menempuh jalur sejauh 450 meter. Adapun dengan menggunakan rakit, akan memakan waktu sekitar 15 menit perjalanan hingga sampai di lokasi utama Air Terjun Sri Gethuk.

perahu rakit

Baca: review wisata Merapi Park

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

  • Htm Air Terjun Sri Gethuk jika menggunakan rakit Rp. 10.000 / per orang.
  • Sewa pelampung Rp. 20.000 per orang.
  • Flying fox Sri Gethuk Rp. 35.000 per orang.

Jam Buka Air Terjun Sri Gethuk

  • Jam operasional Air Terjun Sri Gethuk dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Penjemputan terakhir dengan menggunakan rakit pukul 16.30.
  • Air Terjun Sri Gethuk buka setiap hari (Di Saat normal, di luar kebijakan PPKM)

cantiknya air terjun sri gethuk

Simak juga: info seputar Taman Sari Jogja

Fasilitas Di Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas wisata di Air Terjun Sri Gethuk adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Kantin,
  • Rakit khusus,
  • Souvenir,
  • Flying Fox Sri Gethuk.

Nama Lain Air Terjun Sri Gethuk

Seperti halnya objek wisata lainnya yang ada di Indonesia, Air Terjun Sri Gethuk mempunyai nama atau penyebutan lain. Di antaranya:

  • Air Terjun Sri Gethuk,
  • Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Jogja,
  • Wisata Air Terjun Sri Gethuk,
  • Ekowisata Air Terjun Sri Gethuk, dan
  • Air Terjun Slempret
BACA JUGA:   Tempat wisata di bukit pelangi bogor

bermain segarnya air

Simak; review wisata Pantai Ngobaran

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Kita tidak perlu tabu dengan cerita mitos, legenda, misteri, hingga sejarah, disebuah tempat wisata yang ada di Indonesia, termasuk mitos di Air Terjun Sri Gethuk.

Yang paling penting adalah bagaimana pengunjung mampu menghormati, serta mengmbil hikmah positif dari sebuah narasi, atau cerita-cerita yang berkembang. Salah-satunya adalah pesan moral.

Mitos di Air Terjun Sri Gethuk terkait dengan Anggo Meduro, pemimpin para jin, dan Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat berkumpulnya para jin.

Di waktu – waktu tertentu, terkedang suka terdengar suara tabuhan musik gamelan. Namun saat dicari sumber suara tersebut tidak ditemukan. Masyarakat percaya bahwa tabuhan gamelan tersebut dilakukan oleh Anggo Meduro.

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk

1. Air Terjun Cabang 3

air terjun cabang tiga

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan Air Terjun Sri Gethuk. Sumber mata airnya berasal dari beberapa mata air, kemudian mengalir menjadi Air Terjun Sri Gethuk. Adapun mata air tersebut adalah sebagai berikut:

  • Mata Air Ngumbul,
  • Mata Air Dong Poh,
  • Mata Air Ngandong.

Air Terjun Sri Gethuk tidak pernah surut, serta memiliki 3 cabang aliran air yang mengalir dari atas ke bawah. Saat debit airnya tinggi, bahkan bisa memiliki 5 cabang air terjun.

Air yang turun tidak langsung membentuk kolam, airnya langsung mengalir melalui bebatuan, kemudian langsung menuju Sungai Oyo. Ada juga kolam dangkal di sebuah batu besar sebelum mengalir ke sungai tersebut.

Air Terjun Sri Gethuk memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Para pengunjung disarankan untuk menggunakan alas kaki yang tepat, supaya tidak licin saat menginjakkan kaki di atas bebatuan.

2. Sungai Oyo

hijaunya sungai oyo

Keberadaan Sungai Oyo yang menjadikan Wisata Air Terjun Sri Gethuk berbeda dengan objek wisata air terjun lainnya. Terutama cara menempuh ke lokasi utamanya.

Pesona keindahan Sungai Oyo layaknya Verdon Gorge Canyon di Perancis. Sebuah sungai yang dikelilingi oleh tebing bebatuan kokoh, yang berpadu dengan warna air hijau Sungai Oyo yang tenang.

Para pengunjung disediakan rakit khusus yang nyaman, menyusuri keindahan Sungai Oyo Gunung Kidul. Rakit tersebut akan menunggu para pengunjung hingga puas bermain. Meskipun dibatasi hingga jam 16.30.

3. Flying Fox Sri Gethuk

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul adalah wahana Flying Fox Sri Gethuk, yang memiliki panjang lintasan 350 meter.

Para pengunjung akan meluncur di atas Sungai Oyo. Dan untuk kembalinya, bisa menggunakan fasilitas rakit yang telah didesign khusus.

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul. Apa yang kamu lakukan saat kamu merasa jenuh? Apakah jawabannya refreshing menikmati keindahan alam yang menyejukkan mata dan pikiran? Jika itu jawabannya, maka destinasi wisata alam Air Terjun Sri Gethuk ini sangat rekomended untuk kamu kunjungi! wisata jogja

Belum pernah mendengar nama objek wisata gunung kidul ini? Tenang, karena pada ulasan ini, akan kami kupas selengkapnya terkait destinasi Air terjun Sri Gethuk yang mempesona ini.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Penasaran kan dimana si cantik Air Terjun Sri Gethuk ini berada? Nah jika kamu tertarik mengunjunginya, kamu bisa langsung meluncur ke Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini juga terletak di tepi Sungai Oyo dan berada di arah tenggara Kota Yogyakarta rental mobil jogja

Baca 11 Pantai Menarik di Gunung Kidul

air terjun sri gethuk

Rute Menuju ke Air Terjun Sri Gethuk

Untuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk, kamu bisa melewati jalur utamanya yang dimulai dari Kota Yogyakarta menuju ke arah Jl. Wonosari hingga sampai ke Piyungan. Dari Piyungan ini terus lanjutkan perjalanan menuju ke Patuk, kemudian ke Sambipitu hingga kamu bertemu pertigaan Lanud TNI AU yakni Lapangan Gading. Nah, di pertigaan ini, kamu bisa mengambil arah ke kanan menuju ke Playen hingga perempatan Pasar Playen, dan disini ini kamu bisa bertanya pada orang-orang sekitar yang ada di sana soal jalan menuju ke Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

BACA JUGA:   Apakah air aqua bagus untuk wajah

Kalaupun kamu malas bertanya, kamu bisa meneruskan perjalanan karena sekitar 500 meter dari Pasar Playen ini akan ada papan petunjuk menuju ke Air Terjun Sri Gethuk. Nah, kamu bisa mengikuti arah yang ditunjukkan oleh papan petunjuk itu (map lokasi)

Baca juga Cave Tubing Seru di Goa Kalisuci

air terjun sri gethuk

Selanjutnya, kalau kamu berhasil mencapai tempat area parkir dan memarkirkan kendaraan yang kamu gunakan, kamu akan dihadapkan pada dua pilhan jalur menuju ke lokasi. Jalur yang pertama adalah dengan tracking di jalanan yang diapit oleh hamparan sawah yang jauhnya sekitar 450 meter dan ditambah dengan anak tangga sekitar 96 undakan air terjun sri gethuk gunung kidul

Jalur yang kedua adalah menyusuri Sungai Oyo menggunakan rakit sederhana dengan bahan utamanya adalah papan dan drum bekas kira-kira selama 7 menit dengan biayanya adalah sekitar Rp 10.000 untuk perjalanan pulang dan pergi.

Baca juga Goa Jomblang yang Populer di Gunung Kidul

Berapa Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Soal tiket masuk, kamu tidak perlu memikirkannya, karena harganya cukup terjangkau, tak beda jauh seperti objek wisata lainnya yang ada di Jogja, yang memang terkenal murah. Kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 15.000 (yang sekaligus juga merupakan tiket masuk untuk ke Gua Rancang Kencono). Tapi kalau kamu ingin menyewa berbagai perlengkapan yang ditawarkan di sana, tentu kamu harus menyiapkan uang lebih.

wisata air terjun jogja

Baca juga Pendakian di Gunung Api Purba Nglanggeran

Air Terjun Sri Gethuk Jogja ini juga menawarkan paket wisata yang lengkap loh, dimana untuk bisa menikmatinya Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 30.000 dan itu sudah lengkap dengan pemandu wisatanya terjangkau kan?

Tapi, kamu juga harus tahu bahwa harga tiket ini bisa berubah kapan saja, tergantung pada kebijakan pihak pengelola. Jadi, kalau ternyata nanti saat kamu ada di sana dan kamu malah menemukan harga yang berbeda, jangan kaget. Tetapi bisa dipastikan seumpama naik pun , tak jauh-jauh dari angka diatas.

Jam Buka Air Terjun Sri Gethuk

Soal jam operasional Air Terjun Sri Gethuk, kamu bisa datang ke sini setiap hari antara jam 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Rentangan waktu yang cukup lama ini pastinya sudah bisa membuat kamu puas dong menyesapi keindahan Grand Canyon ala Gunungkidul ini.

Biaya Parkir Air Terjun Sri Gethuk

Masalah biaya parkir, jangan khawatir, karena sudah dijadikan satu dengan biaya tiket masuk.

Fasilitas yang Ada di Air Terjun Sri Gethuk

Sedangkan beberapa fasilitas yang ada di Air Terjun Sri Gethuk ini antara lain:

  1. Mushola
  2. Warung
  3. Tempat penyewaan rakit
  4. Tempat penyewaan ban dan pelampung
  5. Tempat penitipan barang, toilet umum
  6. Area parkir
BACA JUGA:   Wisata bekasi barat

Nah, cukup menarik bukan? Terus, kira-kira kapan kamu berencana liburan ke Air Terjun Sri Gethuk ini? Asik lho buruan! dan ajak temen – temen kamu biar makin seru air terjun sri gethuk gunung kidul

5/5 – (2 votes)

AIR TERJUN SRI GETHUK
Gemuruh Air Pemecah Hening di Tanah Kering

Jl. Air Terjun Sri Gethuk, Bleberan, Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta

Lihat peta

Terletak di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi areal persawahan nan hijau, Air Terjun Sri Gethuk selalu mengalir tanpa mengenal musim. Gemuruhnya menjadi pemecah keheningan di bumi Gunungkidul yang terkenal kering.

Bagikan di

sri gethuk

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk 2018
Rp 10.000 (tiket naik perahu)
Rp 35.000 (terusan ke Gua Rancang Kencono)

Jam Buka Air Terjun Sri Gethuk
Senin – Minggu: pukul 08.00 – 16.00 WIB

Eksotisme Grand Canyon di daerah utara Arizona, Amerika Serikat tentunya tak bisa disangkal lagi. Grand Canyon merupakan bentukan alam berupa jurang dan tebing terjal yang dihiasi oleh aliran Sungai Colorado. Nama Grand Canyon kemudian diplesetkan menjadi Green Canyon untuk menyebut obyek wisata di Jawa Barat yang hampir serupa, yakni aliran sungai yang membelah tebing-tebing tinggi. Gunungkidul sebagai daerah yang sering diasumsikan sebagai wilayah kering dan tandus ternyata juga menyimpan keindahan serupa, yakni hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Sri Gethuk.

Terletak di Desa Wisata Bleberan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai tempat ini Anda harus naik kendaraan melewati areal hutan kayu putih milik PERHUTANI dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Memasuki Dusun Menggoran, tanaman kayu putih berganti dengan ladang jati yang rapat. Sesampainya di areal pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat parkir, terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah nan hijau berhiaskan nyiur kelapa, sedangkan pilihan kedua adalah naik melawan arus Sungai Oya. Tentu saja YogYES memilih untuk naik rakit sederhana yang terbuat dari drum bekas dan papan.

Perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk pun dimulai saat mentari belum naik tinggi. Pagi itu Sungai Oya terlihat begitu hijau dan tenang, menyatu dengan keheningan tebing-tebing karst yang berdiri dengan gagah di kanan kiri sungai. Suara rakit yang melaju melawan arus sungai menyibak keheningan pagi. Sembari mengatur laju rakit, seorang pemandu menceritakan asal muasal nama Air Terjun Sri Gethuk. Berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat, air terjun tersebut merupakan tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Oleh karena itu disebut dengan nama Air Terjun Sri Gethuk. Konon, pada saat-saat tertentu masyarakat Dukuh Menggoran masih sering mendengar suara gamelan mengalun dari arah air terjun.

sri gethuk

Tak berapa lama menaiki rakit, suara gemuruh mulai terdengar. Sri Gethuk menanti di depan mata. Bebatuan yang indah di bawah air terjun membentuk undak-undakan laksana tepian kolam renang mewah, memanggil siapa saja untuk bermain di dalam air. YogYES pun turun dari rakit dan melompati bebatuan untuk sampai di bawah air terjun dan mandi di bawahnya. Kali ini rasanya seperti berada di negeri antah berantah di mana air mengalir begitu melimpah. Air mengalir di sela-sela jemari kaki, air memercik ke seluruh tubuh, air mengalir di mana-mana. Seorang kawan tiba-tiba berteriak “Ada pelangi!”. Saat menengadah, selengkung bianglala nan mempesona menghiasi air terjun. Sesaat YogYES merasa menjadi bidadari yang berselendangkan pelangi.

Baca juga:

  • 87 Guest House Murah di Jogja, Mulai 250 Ribu/Rumah
  • 10 Penginapan Murah di Jogja di Bawah 100 Ribu/Kamar
  • 13 Homestay & Kost Harian di Jogja yang Lebih Murah dari Hotel

semua harga

Galeri Foto Air Terjun Sri Gethuk

  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk
  • sri gethuk

Also Read

Bagikan: