Wisata Dekat Masjid Raya Al Jabbar: Menikmati Pesona Budaya Aceh yang Mengagumkan

Gundana

Aceh, provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Sumatera, memiliki sejarah yang kaya dan unik. Provinsi ini juga menjadi titik penting bagi Islam di Indonesia dan menjadi pusat budaya Aceh yang kaya. Hal ini terlihat dari keberadaan Masjid Raya Al Jabbar di Banda Aceh, yang menjadi salah satu tempat wisata yang paling populer di Aceh.

Masjid Raya Al Jabbar sendiri memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Masjid yang berdiri megah ini, awalnya dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Iskandar Muda, sebagai pengganti masjid tua yang terbakar hebat pada tahun 1612. Sejak itu, Masjid Raya Al Jabbar telah menjalani beberapa renovasi dan perluasan, termasuk pembangunan menara yang megah pada tahun 1879.

Dalam kunjungan ke Masjid Raya Al Jabbar, pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan yang megah ini dengan sangat lengkap. Selain itu juga dapat merasakan kekuatan spiritual yang mempesona dan dapat melihat kehidupan sosial masyarakat Aceh yang tenang dan religius.

Tak hanya Keindahan bangunan Masjid Raya Al Jabbar yang dapat dinikmati saat berkunjung ke sini. Terdapat banyak tempat wisata dekat Masjid Raya Al Jabbar yang tentunya akan membuat wisatawan senang untuk mengunjunginya. Berikut adalah beberapa tempat wisata dekat Masjid Raya Al Jabbar yang layak untuk dikunjungi.

1. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh, terletak 5,9 km dari Masjid Raya Al Jabbar, merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Museum ini dibangun setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami dahsyat pada tahun 2004 yang menghancurkan bagian barat Aceh. Bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan bencana alam, museum ini wajib dikunjungi.

BACA JUGA:   Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata Masjid Kali Pasir yang Mempesona

Museum Tsunami Aceh memiliki koleksi yang luas dan menyentuh hati. Anda akan menemukan berbagai benda yang ditemukan di daerah terdampak seperti baju, foto, gambar, dan video yang memperlihatkan kesengsaraan masyarakat Aceh saat terjadi bencana. Selain itu, terdapat juga area yang menampilkan surat kabar dan artikel yang membahas tentang hal itu.

2. Taman Sari Gunongan

Terletak 2,2km dari Masjid Raya Al Jabbar, Taman Sari Gunongan adalah tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi. Taman Sari Gunongan terdiri dari taman dan kolam yang tenang. Di sini wisatawan dapat menikmati suasana yang damai dan juga keindahan alam Aceh yang memukau.

Tak hanya itu, Taman Sari Gunongan juga memiliki bangunan kuno yaitu bangunan Gunongon yang terletak di tengah kolam. Bangunan ini merupakan bekas istana dari pemimpin Aceh pada masa lalu. Wisatawan juga dapat mengambil foto yang indah dengan latar belakang bangunan yang megah ini.

3. Museum Muhammad Daud Beureu’eh

Museum Muhammad Daud Beureu’eh, terletak hanya 1,1 km dari Masjid Raya Al Jabbar, merupakan museum sejarah yang menampilkan kehidupan sosial masyarakat Aceh pada masa lampau. Dalam kunjungan ke museum ini, wisatawan dapat melihat benda-benda kuno dan mesin uang kuno, serta berbagai lukisan tentang Aceh dan pemimpinnya.

Selain itu, museum ini juga menampilkan informasi tentang sejarah Aceh serta hubungannya dengan negara Islam lain di dunia. Hal ini tentunya dapat memberikan wawasan baru bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah Aceh.

4. Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue terletak 6,6 km dari Masjid Raya Al Jabbar. Pantai ini menyuguhkan pesona pemandangan alam yang indah dengan pasir putih, air laut yang bening dan selalu terdapat ombak yang memukau. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan menikmati berbagai aktivitas di sana, seperti berenang, menikmati wisata kuliner serta menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

BACA JUGA:   22 Wisata Religi Jawa Timur

5. Rumah Aceh

Rumah Aceh terletak hanya 1,4 km dari Masjid Raya Al Jabbar. Tempat ini menampilkan seni, budaya dan tradisi setempat. Pengunjung dapat melihat berbagai ornamen yang memukau yang mencerminkan kebudayaan Aceh seperti pakaian adat, perhiasan, hingga peralatan rumah tangga khas Aceh. Selain itu, di sini juga menyajikan berbagai kuliner khas Aceh yang sangat menggugah selera.

Kesimpulan

Aceh memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Masjid Raya Al Jabbar hanyalah salah satu dari banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di Aceh. Di sekitar Masjid Raya Al Jabbar, terdapat banyak tempat wisata dekat Masjid Raya Al Jabbar yang juga menarik untuk dikunjungi. Semua tempat wisata yang kami sebutkan di atas memiliki pesona budaya Aceh yang mengagumkan. Dengan demikian, jangan lewatkan kesempatan menjelajahi tempat-tempat tersebut saat berkunjung ke Aceh.

Also Read

Bagikan: