Wisata di Aceh Tenggara

Dimaz Nainggolan

Aceh Tenggara adalah kabupaten yang berada di provinsi Aceh. Kabupaten ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Dalam artikel ini, kami akan membahas wisata-wisata di Aceh Tenggara yang pantas Anda kunjungi.

Pantai Meurudu

Pantai Meurudu adalah pantai yang berada di Kecamatan Lawe Alas. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan ombaknya yang tenang. Pantai ini cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar terletak di Kecamatan Lut Tawar dan merupakan danau terbesar di provinsi Aceh. Danau ini memiliki panorama alam yang begitu indah dan menenangkan. Anda dapat menikmati keindahan alam dengan menyewa perahu dan menyeberangi danau.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam adalah air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 30 meter. Air terjun ini berada di Kecamatan Lawe Sigala-gala dan dapat dijangkau dengan melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari ibu kota Aceh Tenggara. Keindahan alamnya yang memukau akan membuat Anda kagum.

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda terletak di Kecamatan Babussalam dan memiliki luas sekitar 4.500 hektar. Taman ini memiliki banyak hewan dan tumbuhan yang dilindungi sehingga Anda dapat menikmati keindahan flora dan fauna yang beragam.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus merupakan situs bersejarah yang terletak di Kecamatan Babussalam. Candi ini dibangun pada abad ke-11 oleh Kerajaan Sriwijaya dan menjadi tempat peribadatan Buddha. Candi ini masih terawat dengan baik dan menjadi situs bersejarah yang sangat terkenal.

BACA JUGA:   Pemandian air panas di indonesia

Gunung Burni Telong

Gunung Burni Telong adalah gunung dengan ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di Kecamatan Ketambe dan menjadi destinasi wisata pendakian yang populer. Anda dapat menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan naik ke puncak gunung.

Oleh-Oleh Khas Aceh Tenggara

Anda tidak boleh pulang tangan kosong setelah berlibur di Aceh Tenggara. Kabupaten ini memiliki oleh-oleh khas yang bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Beberapa oleh-oleh khas di Aceh Tenggara adalah Kopi Gayo, Keripik Bawang Merah, Kain Tenun, dan Batik Aceh.

Kesimpulan

Aceh Tenggara memiliki banyak destinasi wisata yang pantas Anda kunjungi. Dari pantai yang indah hingga gunung yang menantang, semuanya bisa Anda temukan di kabupaten ini. Jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Aceh Tenggara sebagai kenang-kenangan Anda. Selamat berlibur!

Also Read

Bagikan: