Wisata Edukasi di Blitar: Menikmati Pesona Alam dan Sejarah yang Menarik

Gundana

BABAD.ID – Di Blitar ada pantai apa? Selain wisata budaya, Kota Patria ini juga terkenal dengan pantainya.

Jangan salah, ada pantai yang sudah terbuka untuk wisata, tapi juga ada pantai yang belum terjamah lo. Alias kamu perlu menempuh medan yang agak tricky untuk menikmati keindahannya.

Warna pasir pantainya pun bermacam-macam, ada yang putih dan ada yang hitam. Kamu punya preferensi yang mana? Hehe

Berikut babad.id rekomendasikan sederet wisata pantai yang ada di Blitar.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Menarik di Karanganyar Jawa Tengah, Rekomendasi untuk Isi Liburan

  1. pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo Blitar (Google Local Guide/JOYO ENDO CORP)

pantai Tambakrejo ini adalah pantai andalan yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain pantainya yang indah dan bersih, untuk mencapainyapun pengunjung tidak perlu repot-repot berjalan jauh.

Setelah memarkir kendaraan, pengunjung akan langsung disambut suara deburan ombak dan perpaduan warna laut dan pasir yang menyegarkan mata.

Di pantai ini, pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut sembari menikmati ikan bakar.

Akses tempat ibadah dan kamar mandi juga mudah lo.

HTM: 7 ribu untuk tiket masuk, dan 5 ribu untuk parkir.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Kota Blitar, Mau Belajar Sejarah Atau Alam?

  1. pantai Pangi

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar (Google Local Guide/Rifky Bidha Syarandhi)

pantai Pangi adalah salah satu pantai yang mudah diakses karena jalannya sudah diaspal, baik dengan motor ataupun mobil – setelah parkiran, langsung disamput pantai.

Fasilitasnya pun juga cukup lengkap dan mudah diakses, seperti kamar mandi, warung makan, dan tempat ibadah.

Warna pasir pantai Pangi adalah putih dan halus. Jadi tempatnya ramah untuk bermain anak-anak.

BABAD.ID – Blitar, Malang, dan Tulungagung menjadi salah satu jujukan wisata di sekitar Eks Karesidenan Kediri.  Mulai dari pantai, taman, hingga wisata budaya lainnya.

Saat mengunjungi Kota Blitar, tempat wisata apa yang terbesit di benak mu? Bung Karno? Candi Penataran?

Sebenarnya ada beberapa tempat wisata edukasi yang ramah keluarga di Blitar. Berikut rekomendasi dari babad.id.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Low Budget di Dekat Simpang Lima Gumul Kediri, Mau Wisata Alam atau Budaya?

  1. Kampung Coklat

Halaman depan Kampung Coklat Blitar

Halaman depan Kampung Coklat Blitar (Google Local Guide/Wisata Edukasi Kampung Coklat)

BACA JUGA:   Villa agrowisata gunung mas

Kampung Coklat ini dibangun di atas lahan seluas 6,2 hektar.

Mulanya pada tahun 2005, si pemilik, Pak Cholid hanya menanam 120 pohon kakao saja, namun seriing berjalannya waktu, beliau juga belajar pembudidayaan dan pengolahan cokelat.

Hingga akhirnya, kini Kampung Coklat bisa menghasilkan 3000 ton biji cokelat per bulan.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Terpopuler dan Spot Menarik di Demak, Pilih Wisata Religi atau Taman Bermain?

Jadi, Kampung Coklat itu semacam tanah lapang yang sudah diberi atap penutup, dan di dalamnya ada cafe yang menyediakan berbagai olahan cokelat, wahana bermain, toko cokelat, cooling class, galeri oleh-oleh dan sebagainya.

Untuk masuk ke area wisata ini kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 20 ribu, dan untuk menikmati wahana tertentu juga diperlukan tiket lagi. Jangan khawatir, masih ada spot-spot gratis juga kok.

Baca Juga: Kisah Rohmah, Kuliah Nyambi Kerja Lulus S2 UIN Walisongo Cuma 3 Semester

  1. Makam Bung Karno

Galeri di Makam Bung Karno Blitar

Galeri di Makam Bung Karno Blitar (Google Local Guide/Coretan_err Ummu Adzkia)

Bung Karno. Bila kamu menemukan bangunan pendopo, nah itu adalah tempatnya.

Siapapun diperbolehkan naik ke areal makam Bung Karno, namun alas kakinya harus dilepas. Tidak ada kewajiban apapun, yang penting tenang dan tidak berisik.

Usai berziarah, kamu juga bisa mengunjungi perpustakaan dan galeri Bung Karno.

Ada banyak sekali spot foto menarik yang sangat instagramable di Kampung Coklat. Terdapat pula wahana seru seperti wisma, kolam renang dan aula besar untuk menyelenggarakan acara. Kalau beruntung, Anda bisa menemukan pertunjukan nyanyian dari artis-artis lokal Blitar di panggung yang telah disediakan. 

3. Penangkaran Rusa Maliran

Ingin mengajak anak mengenal rusa dari dekat? Silakan datang ke Penangkaran Rusa Maliran. Saat ini, Penangkaran Rusa Maliran disebut juga sebagai Kesambi Trees Park. 

Wisata ini dikelola langsung oleh perhutani sehingga masih terjaga baik hingga sekarang. Berbagai fasilitas pendukung pun selalu di upgrade, seperti halnya taman bermain, toilet, toko souvenir, dan camping deck. 

4. Makam Bung Karno

Mengenalkan anak pada sejarah Indonesia adalah langkah yang tepat agar si kecil belajar soal semangat patriotisme. Nah, Anda bisa ajak anak datang ke Makam Bung Karno yang terletak di Jalan. Ir. Soekarno, No 152. 

BACA JUGA:   Deskripsi tentang taman pintar yogyakarta

Tak hanya berziarah ke Bapak pendiri bangsa, Anda dan keluarga bisa juga menikmati pemandangan sambil berfoto bersama. Di area makam juga terdapat banyak sekali penjaja makanan dan souvenir sebagai oleh-oleh. 

5. Bukit Teletubies

Mulanya, Bukit Teletubies adalah area berdirinya Tower Sumbersari. Nah, seiring berkembangnya waktu, area tersebut dibangun dengan berbagai spot selfie dan fasilitas lain seperti toilet dan musala. 

Dinamakan bukit Teletubies sebab pemandangan di sekitar lokasi mirip dengan pegunungan di animasi anak berjudul Teletubbies. 

6. Hutan Pinus Loji

Bila Bunda dan Ayah tertarik mengajak anak lebih dekat dengan alam, bisa datangi Hutan Pinus Loji yang ada di Desa Tulungrejo, Gandusari, Blitar. 

Berkunjung ke Hutan Pinus Loji akan membuat Anda dan anak betah karena suasananya yang sejuk dan dikelilingi pegunungan. Fasilitasnya pun sudah sangat lengkap, mulai dari flying fox, mini trail, dan beragam wahana lainnya. 

7. Fish Garden

Berkunjung ke Fish Garden adalah pilihan tepat bagi orang tua yang ingin mengajak anak belajar seputar ikan. Di sini ada banyak sekali jenis-jenis ikan yang cantik di beberapa kolam yang disediakan. 

Selain melihat ikan, bisa juga bermain di kolam renang anak, wisata perahu hingga spot foto yang instagenic dan masih banyak wahana seru lainnya. 

8. Omah Djadoel

Omah Djadoel adalah salah satu warisan keluarga besar yang menggemari berbagai barang antik semacam peralatan perang hingga perlengkapan dapur. Pemiliknya adalah seorang wanita berusia 65 tahun bernama Ida Suhardja. 

Letak museum ini ada di Jl. Borobudur 101, Desa Bendogerit, Kota Blitar. Bangunannya sangat mudah ditemukan karena terletak 200 meter dari makam Bung Karno. 

9. Rambut Monte

Rambut Monte adalah nama telaga asri yang berlokasi di Desa Tirtomoyo, Gandusari, Kabupaten Blitar. Lokasinya sangat rindang dan sejuk sebab banyaknya pohon besar yang mengelilingi. 

Terdapat telaga di bagian bawah dengan sumber mata air yang cukup unik. Pasalnya, di dalam air terdengar semacam semburan gunung berapi yang ternyata sebuah sumber mata air. 

10. Istana Sakura

Sesuai namanya, Istana Sakura adalah lokasi wisata dengan pemandangan khas ala negeri Jepang. Terdapat banyak sekali bunga Sakura di lokasi yang bisa digunakan sebagai spot berfoto. 

BACA JUGA:   Wisata edukasi lontar sewu

Pengunjung pun bisa meminjam kostum Jepang seperti Kimono lengkap dengan aksesorisnya. Nah, untuk sewa kostum akan dikenakan biaya tambahan. 

Berbagai destinasi wisata ramah anak di Blitar dapat Anda jadikan opsi jika ingin liburan murah dan tetap seru. Tak kalah dengan kota tetangga, Malang, Blitar nyatanya memiliki pesona alam dan tempat liburan yang berkualitas. 

Jika ingin berlibur rombongan dengan keluarga besar, bisa pesan tiket bus mulai dari sekarang. Ada banyak tiket bus murah yang dijual di Traveloka, pasti untung banyak!

Mengerti.id – blitarmemiliki sejumlah wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan karena menawarkan pesona pemandangan yang menakjubkan.

Ada berbagai pilihan untuk berlibur dalam memilih wisata alam di Blitar, diantaranya ada perkebunan teh, hutan pinus, serta telaga.

Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam yang dibalut dengan sejarah, cagar budaya, selain itu bisa sejenak mengistirahatkan diri dari rutinitas kesibukan sehari-hari.

Baca Juga: Healing Anti Mahal, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hits Gratis di Malang

Meskipun kota yang luasnya paling kecil nomer 2 di Jawa Timur ini lebih sering dikenal dengan ikon makam Bung Karno yang terletak di Kota Blitar, tetapi pesona alamnya juga tak kalah seru untuk dijelajahi.

Berbagai destinasi wisata alam blitaryang bisa dikunjungi diantaranya: Penangkaran Rusa Alas Maliran, Hutan Pinus Loji, dan lain-lain.

Inilah rekomendasi wisata alam di blitaryang patut untuk dikunjungi untuk sejenak berlibur dari kesibukan

1. Hutan Pinus Loji Tulungrejo

Wisata Hutan Pinus Loji merupakan wisata alam dengan panorama ketinggian. Suasana di sini cukup sejuk dan asri. Pohon-pohon pinus tumbuh di kanan kiri jalan beraspal dan tampak tertata rapi.

Sekadar diketahui, lokasi wisata Hutan Pinus Loji juga tidak jauh dari wisata Rambut Monte di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari.

Baca Juga: Profil Biodata Abun Sungkar, Lengkap: Pendidikan, Film, Serial Web, Umur, sampai Instagram

2. Penangkaran Rusa Alas Maliran atau Kesambi Tree’s Park

blitarjuga memiliki sebuah penangkaran rusa berlokasi di kawasan hutan Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Di kawasan penangkaran rusa ini, selain digunakan untuk penakaran rusa, para pengunjung yang datang juga bisa menikmati kesejukan dan keindahan hutan yang cukup luas.

Also Read

Bagikan: