Wisata edukasi ulat sutera bandung

Posted on

Liburan Sambil Belajar Pembudidayaan Ulat Sutera di Bandung

Direktori Wisata – Menikmati liburan sambil belajar mengenai pembudidayaan ulat sutera di Padepokan Dayang Sumbi di Bandung, jawa Barat.

Bandung tidak hanya dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang memberikan sejuta pesona keindahan alam yang sangat menakjubkan. bahkan beberapat tempat wisata bandung memiliki destinasi wisata edukasi pembudidayaan ulat sutra yang diknela sebagai salah satu habitat sebagai pembuatan kain sutera yang banyak diminati masyarakat lokal maupun mancanegara.

Wisata Budidaya Ulat Sutera Dayang Sumbi Bandung

Halus indah dan mahal merupakan dua identitas umum yang dikenal masyarakat luas tentang kain sutera. Konon informasi yang Direktori Wisata peroleh tentang kain sutra, produksi kain sutera yang pernah menjadi ikon perdagangan negeri Tiongkok, kini kita bisa saksikan di Padepokan Dayang Sumbi yang berlokasi di Jl. Arcamanik Sindanglaya KM 4, Kampung Pamoyanan, Mekarmanik, Cimenyan, Mekarmanik, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat.

Padepokan Dayang Sumbi merupakan pelopor wisata ilmu sutera pertama di Indonesia. Uniknya tempat wisata ulat sutera bandung ini berada lokasinya di daerah pegunungan yang memiliki udara yang masih asri dan sejuk.

Setelh sampai di lokasi, sahabat Direktori Wisata indonesia dapat merasakan udara sejuk alam pegunungan. Konon nfromasi yang kami terima di lokasi, situasi udara dingin inilah yang sangat cocok untuk ulat sutera berkembang biak.

Lanjut informasi berikutnya……..

Selain sejuk, ulat sutera harus dipelihara dengan suasana yang tenang dan yang paling penting cukup pasokan panganan utamanya yaitu daun murbei. Nah, sahabat Direktori jadi tahu kan makanan utama untuk ulat sutera ? he,, he, he,,,

Setibanya di lokasi Pedepokan Dayang Sumbi, sahabat Direktori Wisata juga di sambut dengan pemandangan perkebunan tanaman daun murbei yang menjadi makanan utama dari ulat sutera.

Tidak jauh dari lokasi pintu masuk kita akan menemukan rumah ulat sutera yang digunakan sebagai tempat pembudidayaan ulat sutera itu sendiri.

Di dalam rumah ulat sutera ini sahabat Direktori Wisata Indonesia juga dapat mengetahui secara langsung proses mulai dari penetasan hingga siap untuk di produksi atau pada saat panen kepompong ulat setera tersebut dengan dipandu oleh para petugas yang ada di lokasi.

Konon informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, ulat sutera itu terbagi dalam 4 (lima) tahapan hidup atau instar. Dari tahapan satu ketahapan yang lainnya ulat setera selalu berganti kulit. Untuk rumah kecil ulat sutera di Padepokan Dayang Sumbi Bandung, ulat sutera instar 1 hingga 3 di letakan di rumah ulat kecil.

Lanjut informasi…….

Setelah mengalami proses periode instar 1, 2, 3ulat-ulat sutera di pindahkan ke rumah ulat sutera besar. Di tempat ini ulat-ulat tersebut mengalami instar 4 hingga 5.

Konon, untuk konsumsi ulat sutera itu sendiri mereka makan hingga 4 kali sehari darun murbei. bahkan untuk ulat sutera jenis dewasa mampu mengkonsumsi 18 karung daun murbei dalam sehari.

Meski sepintas terlihat agak menjijikan, ulat sutera ini bukan jenis ulat yang berbahaya. Di mana tubuh ulat sutera tersebut telihat lembut dan tanpa bulu dan yang terpenting tidak menyebabkan gatal bagi siapapun yang menyentuhnya.

Lanjut informasi…..
Pada akhir hidupnya ulat sutera dewasa akan terlihat menguning dan terlihat lebih transparan. Konon, fase perubahan warna tersebut menandakan ulat sutera sudah terlihat, fase ulat sutera tersebut telah siap memuntahkan ulat sutera yang nantinya akan membentuk kepompong. Luar biasa bukan ?…..

Lanjut informasi yang Direktori Wisata terima, dalam sekali muntahan ulat sutera akan mengeluarkan serat hingga mencapai 1.600 meter tanpa terputus. Dan lebih uniknya lagi kekuatan kepompong ulat sutera kekuatannya setengah kali kekuatan baja, dan biasanya pada jaman dulu pernah dipakai sebagai bahan untuk parasut dan juga untuk dipergunakan bahan anti peluru.

Tempat wisata budidaya ulat sutera di Bandung yang buka sejak 2006. Tempat ini memiliki misi untuk mengedukasi mengenai rantai kehidupan ulat sutera. Tidaklah heran berbagai pengetahuan tentang ulat sutera bisa kita dapatkan di Padepokan Dayang Sumbi Bandung ini, termasuk tahapan pengolahan serat sutera hingga menjadi produk jadi.

Untuk menghasilkan benang sutera yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain, serat sutera terlebh dahulu dipintal dengan menggunakan mesin. Konon informasi yang diterima Direktori Wisata Indonesia di lokasi, dalam sehari 1 (satu) buah mesin pengintal yaang ada di Padepokan Dayang Sumbi dapat mampu menghasilkan 1/2 kilo benang sutera.

Benang-benang tenun di tempat ini selnjutnya akan di tenun dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) muali dari sinilah kain sutera terbentuk. Unik dan asyik banget kita bisa melihat kegiatan tenun tradisional di Padepokan Dayang Sumbi di Bandung ini.

Tidak hanya sampai di sana saja, di tempat budidaya ulat sutera di Bandung ini juga memanfaatkan berbagai olahan sutera untuk menjadi produk-produk menarik lainnya. Diantaranya kerajinan tangan berbahan dasar kepompong yang bisa kita jumpati di lokasi. Seperti kain sutera dan souvenir lainnya yang bisa dibawa pulang oleh pengunjung yang hadir di tempat wisata Bandung yang satu ini.

Selain belajar di tempat wisata Bandung di Padepokan Dayang Sumbi, kita juga bisa melakukan kegiatan aneka permainan, seperti permainan dengan menggunakan bakiak, bermain dengan kenlinci, atau mengabadikan gambar foto di tempat photo booth yang telah di sediakan di lokasi.

Padepokan Dayang Sumbi Bandung buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 – 14.30. Sedangkan untuk mengikuti kegiatan porses wisata pembudidayaan ulat sutera di Bandung ini harga tiketnya hanya Rp. 60.000,- / orang. Murah bukan ?….

Intip Kawasan Exclusive Luxury Camping Lembang Bandung, Indonesia

Puas mengikuti kegiatan wisata di tempat pembudidayaan ulat sutera di Bandung, kita bisa melanjutkan perjalanan liburan dengan mengunjungi tempat wisata Lembang Bandung yang sedang populer di kawasan sekitaran wisata Bandung.

Cara untuk sampai ke Padepokan Dayang Sumbi Bandung kita dapat menggunakan jalur akses jalan dari pintu Tol Pasteur Bandung sahabat Direktori Wisata tinggal mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalamgoogle map.

Dari hasil kunjungan di tempat wisata budidaya ulat sutera Bandung kita kana banyak tahu proses dari pembudidayaan ulat sutera hingga sampai hasilnya yang maksimal Semoga informasi salah satu destinasi wisata Bandung yang menarik dikunjungi ini bisa menjadi alternatif tempat liburan yang bisa dinikmati bersama keluarga atau pun rekan.[]

pesona keindahan Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di Cimenyan Bandung jawa Barat

Informasi Umum

Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyan Bandung jawa Barat adalah salah satu tempatwisata yang berada di desa coblong, kabupaten bandung, provinsi jawa barat, negara indonesia.Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyan Bandung jawa Barat adalahtempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hariliburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yangberbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyang Bandung jawa Barat memilikipesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota bandung tidak mengunjungi wisata edukasi yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyan Bandung jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di Coblong Bandung jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapatmengunjungi tempat Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di Coblong Bandung jawa Barat di kota bandung.

Lokasi

Dimana lokasi Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat? seperti yang tertulis di atas lokasi Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di Coblong Bandung jawa Barat terletak di desa pamoyanan, Kecamatan cimenyan, Kabupaten bandung , Provinsi jawa barat.

Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Daya Tarik

Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah cimenyan juga sangat ramah tamah terhadapwisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota bandung juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat ini. Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat adalah pelopor Wisata Ilmu Budidaya Ulat Sutera yang pertama diIndonesia, terletak di Bandung Timur, Kampung Pamoyanan, DesaMekarmanik, Jl. Arcamanik Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung.

Di desa ini kita dapat mengetahui bagaimana Budi daya Sutera, mulaidari penetasan, membuat benang sutera sampai dengan menenun kain sutera. Kita dapat belajar pengetahuan akan ulat sutera sekaligus memahamikebesaran Tuhan, bagaimana seekor ulat sutera dapat menghasilkan sebuahserat yang halus, panjang dan kuat sehingga dapat menjadi produk yangindah dan bernilai tinggi untuk dipakai.

Bagi anak-anak dan masyarakat yang tumbuh besar di kota, pengetahuanbagaimana proses ulat sutera mengeluarkan serat adalah merupakan halyang unik dan menarik serta menjadi pengalaman baru yang berharga.Kegiatan meliputi penjelasan singkat budidaya ulat sutera,dilanjutkan peninjauan ke rumah ulat, melihat bagaimana benang suteradibuat, melihat pembuatan kain sutera dengan ATBM ( Alat Tenun BukanMesin ) dan melihat produk-produk sutera. Kegiatan kemudian dapatdilanjutkan dengan makan siang, menyantap nasi merah dan ikan gorengkering serta sambal lalab daun murbei.

Fasilitas

Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata edukasi yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– Penginapan

– dan masih banyak lainya

Transportasi

Bagi wisatawan asal kota bandung sudah tidak bingung lagi untuk mendatangilokasi Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkanluar negeri, tentu mereka bingung dan takut kesasar. Tapi jangankhawatir bagi wisatawan luar kota bandung saya mempunyai solusinya agar anda semua tidak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apayang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat dengan memakai kendaraanpribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduanarah ke Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karenamemakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakaikendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umumseperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar,pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda.Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraanpribadi anda menuju lokasi Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat tersebut.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat, anda perlu mempersiapkankeperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang tambahan sepertikamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurgaataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik).Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan denganlancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Peta Lokasi

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Pesona Keindahan Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat yang dapat saya informasikan di web https://ihategreenjello.com. Semoga bisa menginspirasi anda semua untukmencoba berwisata ke Wisata Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) – Arcamanik di cimenyanBandung jawa Barat Sebagai referensi inilah kumpulan wisatawisata terindah di kota bandung Semoga informasi yang saya berikan bisabermanfaat untuk anda semua.