Wisata Gunung Alam Bandung: Menjelajahi Keindahan Alam di Bandung

Vicky Astuti

Bandung dikenal sebagai kota dengan banyak destinasi wisata. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata gunung alam yang ada di sekitar Bandung. Destinasi ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa serta pengalaman mendaki yang menantang. Berikut ini beberapa gunung alam di sekitar Bandung yang dapat menjadi pilihan tempat wisata Anda.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu destinasi wisata gunung alam yang paling populer di Bandung. Gunung ini terletak di Lembang, Bandung Barat dan memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter di atas permukaan laut. Banyak turis yang datang ke sini untuk menikmati keindahan alam danau kawah yang berada di puncak gunung ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi gua dan air terjun di sekitar kawah.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Garut, sekitar 70 kilometer dari Bandung. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.665 meter di atas permukaan laut dan dikenal sebagai salah satu gunung api paling aktif di Jawa Barat. Namun, meskipun bahaya masih ada, para pendaki dengan antusias tetap datang menikmati keindahan alam di sekitar gunung ini.

Pendakian Gunung Papandayan

Untuk pendakian Gunung Papandayan, pengunjung bisa dimulai dari basecamp Cagar Alam Situ Patengan di Garut Selatan. Jarak dari sana ke puncak gunung sekitar 4-5 jam. Pendakian dilakukan mulai dari pagi hari dan dapat dinikmati keindahan alam yang luar biasa sepanjang jalan. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan danau di puncak gunung dan tiga kawah aktif yang sangat indah.

BACA JUGA:   Tempat Wisata Alam untuk Anak di Bandung

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray terletak di daerah Garut bagian selatan dan memiliki ketinggian sekitar 2.821 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan tempat yang cukup populer di kalangan pendaki lokal dan memiliki pemandangan yang sangat asri dan alami.

Pendakian Gunung Cikuray

Pendakian Gunung Cikuray bisa dilakukan melalui dua jalur yakni jalur Bayongbong dan jalur Linggarjati. Namun, jalur Bayongbong menjadi jalur yang direkomendasikan bagi pendaki pemula. Waktu tempuh menuju puncak yakni kira-kira 8-10 jam. Tetapi, saat seseorang mencapai puncak, akan mendapatkan bayangan layaknya dipegunungan Himalaya yang sangat indah.

Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango terletak di kawasan Cibodas, kabupaten Cianjur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Dalam sebuah ekspedisi pendakian, seorang traveler bisa menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Pendakian Gunung Gede Pangrango

Pendakian Gunung Gede Pangrango bisa dilakukan melalui beberapa rute pendakian yang sudah disediakan oleh pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Rute yang diambil umumnya yakni Cibodas ke Cibeureum ke Kandang Badak ke Surya Kencana hingga ke puncak Gede Pangrango.

Temukan Keindahan Alam di Bandung

Bandung memiliki banyak destinasi wisata gunung alam yang dapat dijelajahi oleh para traveler. Selain empat destinasi yang telah dijelaskan, masih ada banyak destinasi lain yang tidak kalah menarik seperti Gunung Batu Tangkupan, Gunung Galunggung, Gunung Burangrang dan banyak lagi. Dalam perjalanan ke destinasi ini, pengunjung akan menemukan keindahan alam yang luar biasa serta pengalaman yang tidak terlupakan.

Also Read

Bagikan: