Wisata kebun buah terdekat

Posted on

Liputan6.com, Jakarta Berlibur merupakan salah satu momen menyenangkan yang selalu ditunggu banyak orang. Banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata religi, budaya, kuliner hingga wahana permainan. 

Salah satu provinsi yang menyimpan banyak tempat wisata adalah Jawa Timur. Tak hanya kawasan Gunung Bromo saja, di wilayah ini kamu bisa mencoba wisata petik buah yang seru dan menyenangkan, sehingga memberikan sensasi liburan yang berbeda dari biasanya.

Selain menikmati alam perkebunan yang indah, pengunjung akan merasakan bagaimana serunya memetik buah-buahan langsung dari pohonnya. Di wisata petik buah ini kamu bisa mengajak keluarga atau kerabat terdekat.

Jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Timur jangan lewatkan wisata seru ini. Berikut 5 wisata petik buah di Jawa Timur yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/10/2019).

Berlibur memang tak hanya melulu soal jalan-jalan di pantai atau mendaki gunung yang tinggi. Saat lo menjelajahi Nusantara, kebun buah pun juga bisa dijadikan alternatif tempat berlibur, bro. Salah satu daerah yang memiliki sejumlah wisata petik buah yaitu Semarang, Jawa Tengah.

Selain menawarkan pemandangan indah, lo juga bisa pulang dengan kenyang karena dibebaskan memetik buah sepuasnya di tempat-tempat tersebut. Berikut ini beberapa destinasi wisata petik buah di sekitar daerah Semarang yang harus lo jelajahi, bro!

[readalso url=21956]

1. Kebun Buah Agro Purwosari Mijen

Image source: instagram.com/nabila_kipz

Meskipun baru dibuka pada tahun 2018, Kebun Buah Agro Purwosari Mijen di Kel. Purwosari, Kec. Mijen, Kota Semarang, nggak kalah menarik dengan agrowisata petik buah di Semarang. Di sini tersedia banyak buah yang bisa dipetik sesuai musimnya, seperti jambu kristal, jeruk, durian, markisa, kelengkeng, sirsak, dan lain-lain, bro.

Lo juga bisa memetik sayuran yang ada di sini, seperti selada, kangkung, sawi sendok, dan lain-lain. Ditambah lagi, lo bisa belajar bagaimana menanam secara hidroponik. Panorama kebun yang Instagramable ini bisa banget lo jadi background buat berfoto lho, bro!

2. Hortimart Agro Center

Image source: instagram.com/hortimartagrocenter

Destinasi wisata petik buah di sekitar daerah Semarang yang pertama yaitu ada Hortimart Agro Center di Jl. Gatot Subroto no. 55, Kel. Gembol, Kec. Bawen, Kab. Semarang. Objek wisata yang berdiri sejak tahun 1970 ini awalnya diperuntukkan sebagai tempat budidaya buah-buahan lokal lho, bro.

Ada banyak buah-buahan yang disediakan di sini, mulai melon, durian, buah naga, mangga, jeruk, jeruk Bali, dan masih banyak yang lainnya. Lo bisa langsung merasakan sensasi memetik buah dari kebunnya. Kalau nggak mau memetiknya, lo bisa langsung membeli buah-buahan tersebut di Agro Mart, bro.

Hiburan yang nggak kalah menarik adalah lo bisa mengelilingi objek wisata ini dengan mobil tur yang disediakan. Cukup membayar Rp100.000 per mobil, lo bisa mengajak teman-teman atau keluarga lo sampai dengan 12 orang, bro.

3. Kebun Durian Watu Simbar

Image source: instagram.com/watusimbardurian

Bagi pencinta durian, datang saja ke Kebun Durian Watu Simbar. Kebun ini menyediakan lebih dari 50 spesies durian lokal, seperti durian Gemblong, durian Glawer, durian Bawang, dan masih banyak yang lainnya. Lo pasti bakal puas memetik dan mencicipi durian yang ada di sini deh, bro.

Uniknya lagi, lo bisa menikmati durian dari ketinggian di tempat ini. Sebab, ada beberapa kanopi kayu yang dipasang pada pepohonan. Suasana sejuk dan takjub saat memandang hijaunya pepohonan pasti bakal membuat lo semakin betah ada di sini, bro.

Berada di Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kel. Pakintelan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Kebun Durian Watu Simbar juga memiliki harga tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp5.000 di hari biasa dan Rp7.500 di akhir pekan, bro.

Tempat ini dibuka pada pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB. Sebaiknya, lo mengunjungi tempat ini saat musim durian berlangsung biar mendapatkan banyak durian dengan kualitas terbaik, bro.

[readalso url=22414]

4. Cepoko Garden Seed UPTD Semarang

Terletak di Jl. Cepoko Raya, Kel. Cepoko, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Cepoko Garden Seed atau Kebun Buah Cepoko merupakan agrowisata milik Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pertanian Kota Semarang, bro.

Awalnya, kebun seluas 3,2 hektare ini didirikan sebagai pusat pelatihan untuk para petani buah. Seiring berjalannya waktu, kebun ini dikembangkan menjadi salah satu agrowisata petik buah di Semarang, bro.

Komoditas utama kebun ini adalah jambu kristal dan kelengkeng Itoh. Lo juga bisa menemukan buah lainnya di kebun ini, seperti sirsak madu, durian, plum, markisa, cherry guava, dan sebagainya. Selain itu, lo juga bisa membelinya mulai dari harga Rp15.000 per kilogram saja, bro.

Lo juga bisa belajar bagaimana membudidayakan tanaman yang langsung diajarkan oleh ahli pertanian. Namun, kalau lo ingin berkebun di rumah, lo bisa membeli bibitnya seharga mulai dari Rp20.000 saja, bro.

 

Referensi: https://www.idntimes.com/travel/destination/nuraina-fika-lubis/5-objek-wisata-petik-buah-di-semarang-c1c2/5

Liputan6.com, Jakarta Konsep wisata berbasis agrowisata di Jawa Timur tak kalah menarik perhatian pengunjung. 

Wisata petik buah di Jawa Timur ini menjadi salah satu pilihan pengujung berwisata bersama keluarga. Selain bisa memetik buah langsung, agrowisata ini juga menjadi sarana edukasi pengelola kepada pengunjung.

Para pengunjung juga bisa mendapat pengetahuan tentang cara menanam buah. Bahkan, pengunjung bisa membeli bibit untuk ditanam dirumah. 

Dirangkum dari berbagai sumber Liputan6.com, berikut enam wisata petik buah di Jawa Timur:

Kusuma Agro Wisata Batu

Kusuma Agro Wisata Batu sangat terkenal di Jawa Timur, apalagi bagi warga Batu, Malang dan sekitarnya. 

Wisata ini menjadi wisata petik apel yang bisa dilakukan oleh wisatawan. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati pemandangan dan udara dingin yang dihadirkan oleh Kota Batu.

Kusuma Agro Wisata juga menghadirkan petik buah lain seperti Strawberry, Jambu, Jeruk yang juga sama serunya dengan Apel. 

Terdapat beberapa wahana lain Seperti waterboom dan edupark. Lokasinya berada di Jalan Abdul Gani, Kota Batu, tidak jauh dari Jatim Park 1 dan Museum Angkut.

Strawberry Highland Pujon

Strawberry Highland adalah salah satu wisata petik buah yang ada di Malang. Wisata ini berada di daerah Pujon yang terkenal oleh parlayang dan kafe Pujon Kidul. 

Wisata ini tergolong baru, sambil menikmati hawa dingin yang ada di ketinggian.

Tempat wisata ini buka dari jam 08.00 – 17.00 dengan tiket masuk seharga Rp 15.000 dan bisa membawa buah hasil petikan seharga Rp 8.000 per ons. Lokasinya berada di antara jalan raya Malang-Kediri. 

Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan

Bagi penyuka durian wajib sekali untuk mengunjungi salah satu petik kebun satu ini. Agrowisata Bhakti Alam menyediakan fasilitas yang sangat lengkap, seperti penginapan dan kolam renang bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan alam dan spot keren.

Selain buah durian, wisata ini juga menghadirkan buah yang lain yaitu kelengkeng, jambu air, melon, dan buah naga. 

Durian yang ada disini juga bisa langsung dipetik sendiri dari pohonnya. Selain itu Agrowisata juga menyediakan taman bermain bagi anak anak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Wisata Buah Apel

Wisata apel jadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan bersama si kecil. Kota mana yang terkenal dengan wisata apelnya? Malang jawabannya. Di sepanjang kota Batu, Malang, Anda akan menemui banyak sekali wisata apel. Anda dapat memilih sendiri paket wisata buah yang ditawarkan sesuai keinginan. Saat memasuki area perkebunan apelnya, Anda akan disuguhi pemandangan indah pepohonan apel yang rindang dengan dahan yang menjuntai pendek. Memudahkan si kecil untuk turut serta memetik apel yang sudah ranum. 

Biasanya ada tiga jenis apel yang dibudidayakan, yaitu apel Manalagi, apel Rome Beauty, dan apel hijau. Anda bisa memilih sendiri yang Anda sukai. Sebelum memetik, Anda juga akan diajari cara memetik apel yang benar. Misalnya, Anda ingin memetik apel yang manis, pilih yang memiliki warna kecokelatan di bagian atas dekat tangkainya. Petik dengan cara menahan buah apel menggunakan satu tangan, putar ke arah berlawanan hingga buahnya terlepas dari tangkai. Untuk bisa memetik buah apel sepuasnya, Anda harus membayar Rp. 25.000, dan bisa makan sepuasnya di area kebun. Jika hendak dibawa pulang, Anda akan dikenakan biaya per kilonya.

Wisata Buah Stroberi

Memetik stroberi adalah salah satu kegiatan berkebun sekaligus bertamasya yang mengasyikan untuk keluarga, terutama si kecil. Kenikmatan memetik buah berwarna merah muda ini, hingga menikmatinya secara langsung, memberikan sensasi baru untuk anak-anak. Tak perlu pergi jauh untuk menikmati wisata ini. Di Bandung, tersedia aneka wisata buah stroberi yang berpusat di Ciwidey, Lembang. Anda bisa mencoba keseruan memetik stroberi lewat wisata Kebun Strawberry Lembang petik sendiri yang terletak di Ciwidey Kabupaten Bandung atau sekitar 61 km dari pusat Kota Bandung, dan tersebar mulai dari kawasan Cihideung, Kayu Ambon, hingga Jalan Raya Tangkuban Perahu. Anda bisa mengunjungi aneka lokasi wisata yang konsepnya biasa disebut Strawberry Walk ini sesuka hati. 

Baca juga:

Anda bebas memetik buah stroberi sepuasnya, tapi Anda harus membayar biaya per kilogram buah yang sudah Anda petik. Harganya berkisar antara 30-50 ribu. Jadi, sebaiknya petik stroberi secukupnya saja. Jika ingin belanja stroberi dengan harga lebih murah, Anda bisa membeli yang sudah dikemas dan dijual khusus di toko. Karena bentuk pohonnya tidak terlalu tinggi, si kecil jadi cukup mudah untuk memetik buah stoberi. Tidak hanya memetik buahnya, anak-anak juga bisa belajar cara membudidayakan stroberi dengan baik dan benar, di Terminal Wisata Grafika Cikole yang masih berada di area Lembang, Bandung.

Wisata Buah Naga

Wisata buah kurang lengkap jika tidak menikmati wisata buah buah naga. Si kecil pasti akan takjub melihat pohon buah naga yang tinggi, besar, dan bentuknya menyerupai kaktus raksasa. Sebaiknya Anda datang menikmati wisata buah ini di saat musim panen. Sebab, jika bukan musim panen, kemungkinan Anda hanya bisa berfoto di tengah kebunnya yang luas dan belanja aneka olahan buah naga yang tersedia di toko. Untuk menikmati wisata buah ini, ada banyak tempat yang bisa Anda datangi. Antara lain, Pantai Pandansari, Yogyakarta, Waras Farm, Cilegon, Keboen Nogo, Bululawang, Malang, Desa Sambirejo, Banyuwangi, Warso Farm, Bogor, dan Taman Agrowisata Buah Naga Kusuma Wanadri, Yogyakarta.

Di musim panen, Anda bisa memetik langsung buah naga menggunakan tangan. Ada dua jenis buah naga yang dibudidayakan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Namun, sebaiknya Anda mendampingi anak-anak selama wisata buah ini, sebab untuk memotong buah naga diperlukan alat bantu berupa gunting atau pisau. Pemotongannya juga harus dilakukan dengan tepat, yaitu pas di tangkainya sehingga tidak melukai kulit buah atau percabangan buahnya. Si kecil bisa membantu membungkus buah naga yang sudah dipotong dan menyimpannya ke dalam keranjang. Jika ingin membawa pulang buah naga sebagai oleh-oleh, Anda akan dikenakan biaya per kilo, yang tentu lebih murah dari harga di pasaran.

Baca juga:

Wisata Buah Jambu Biji

Jika ingin wisata buah yang dekat di daerah Jakarta, Taman Buah Mekarsari, Bogor adalah pilihan terbaik. Taman Buah Mekarsari sering memberikan paket khusus untuk rombongan sekolah hingga keluarga yang ingin berkeliling dan menikmati wisata buah. Anda bisa memilih wisata buah jambu biji yang menarik. Lewat wisata ini, si kecil bisa mengenal aneka jenis jambu biji yang dibudidayakan, mulai dari yang berukuran sebesar bola bekel hingga buah yang tidak berbiji (seedless). Koleksi jambu biji milik Mekarsari antara lain jambu biji Merah Getas, Super Red, Bangkok, Khmer, Sukun, Susu, dan Varigata. Koleksi tanamannya dapat ditemukan di areal Family Garden, Kebun Buah Blok A, Blok B dan Blok C.

Biasanya, Anda hanya boleh memetik dua buah jambu dan dapat langsung dinikmati dengan bumbu rujak yang sudah disediakan. Jika ingin membawa pulang, Anda harus membayar sesuai harga yang ditentukan per kilonya. Kalau ingin belanja aneka buah lainnya, mampirlah ke toko buah yang ada di dalam area Mekarsari. Di sana terdapat aneka jenis buah lainnya yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran. Pastikan dulu paket wisata buah yang ingin Anda lakukan, sebab Mekarsari sering memberikan aneka paket yang berbeda di setiap kesempatan, misalnya saat liburan sekolah atau akhir tahun.

Tinggal di daerah perkotaan yang jarang lahan hijau membuat liburan ke daerah perkebunan buah menjadi pengalaman yang seru, terlebih untuk anak-anak. Saat ini sudah banyak tempat yang memberikan pilihan wisata buah. Tak hanya bersenang-senang, si kecil juga bisa belajar banyak hal baru saat wisata buah. Misalnya, ia mengenal aneka jenis buah secara langsung, mengetahui cara memetik buah yang benar, hingga ciri-ciri buah yang belum dan sudah masak. Yuk, ajak si kecil berwisata buah!Wisata apel jadi salah satu pilihan untuk mengisi liburan bersama si kecil. Kota mana yang terkenal dengan wisata apelnya? Malang jawabannya. Di sepanjang kota Batu, Malang, Anda akan menemui banyak sekali wisata apel. Anda dapat memilih sendiri paket wisata buah yang ditawarkan sesuai keinginan. Saat memasuki area perkebunan apelnya, Anda akan disuguhi pemandangan indah pepohonan apel yang rindang dengan dahan yang menjuntai pendek. Memudahkan si kecil untuk turut serta memetik apel yang sudah ranum.Biasanya ada tiga jenis apel yang dibudidayakan, yaitu apel Manalagi, apel Rome Beauty, dan apel hijau. Anda bisa memilih sendiri yang Anda sukai. Sebelum memetik, Anda juga akan diajari cara memetik apel yang benar. Misalnya, Anda ingin memetik apel yang manis, pilih yang memiliki warna kecokelatan di bagian atas dekat tangkainya. Petik dengan cara menahan buah apel menggunakan satu tangan, putar ke arah berlawanan hingga buahnya terlepas dari tangkai. Untuk bisa memetik buah apel sepuasnya, Anda harus membayar Rp. 25.000, dan bisa makan sepuasnya di area kebun. Jika hendak dibawa pulang, Anda akan dikenakan biaya per kilonya.Memetik stroberi adalah salah satu kegiatan berkebun sekaligus bertamasya yang mengasyikan untuk keluarga, terutama si kecil. Kenikmatan memetik buah berwarna merah muda ini, hingga menikmatinya secara langsung, memberikan sensasi baru untuk anak-anak. Tak perlu pergi jauh untuk menikmati wisata ini. Di Bandung, tersedia aneka wisata buah stroberi yang berpusat di Ciwidey, Lembang. Anda bisa mencoba keseruan memetik stroberi lewat wisata Kebun Strawberry Lembang petik sendiri yang terletak di Ciwidey Kabupaten Bandung atau sekitar 61 km dari pusat Kota Bandung, dan tersebar mulai dari kawasan Cihideung, Kayu Ambon, hingga Jalan Raya Tangkuban Perahu. Anda bisa mengunjungi aneka lokasi wisata yang konsepnya biasa disebut Strawberry Walk ini sesuka hati.Baca juga: Anak Berwisata  Sambil Berbagi Anda bebas memetik buah stroberi sepuasnya, tapi Anda harus membayar biaya per kilogram buah yang sudah Anda petik. Harganya berkisar antara 30-50 ribu. Jadi, sebaiknya petik stroberi secukupnya saja. Jika ingin belanja stroberi dengan harga lebih murah, Anda bisa membeli yang sudah dikemas dan dijual khusus di toko. Karena bentuk pohonnya tidak terlalu tinggi, si kecil jadi cukup mudah untuk memetik buah stoberi. Tidak hanya memetik buahnya, anak-anak juga bisa belajar cara membudidayakan stroberi dengan baik dan benar, di Terminal Wisata Grafika Cikole yang masih berada di area Lembang, Bandung.Wisata buah kurang lengkap jika tidak menikmati wisata buah buah naga. Si kecil pasti akan takjub melihat pohon buah naga yang tinggi, besar, dan bentuknya menyerupai kaktus raksasa. Sebaiknya Anda datang menikmati wisata buah ini di saat musim panen. Sebab, jika bukan musim panen, kemungkinan Anda hanya bisa berfoto di tengah kebunnya yang luas dan belanja aneka olahan buah naga yang tersedia di toko. Untuk menikmati wisata buah ini, ada banyak tempat yang bisa Anda datangi. Antara lain, Pantai Pandansari, Yogyakarta, Waras Farm, Cilegon, Keboen Nogo, Bululawang, Malang, Desa Sambirejo, Banyuwangi, Warso Farm, Bogor, dan Taman Agrowisata Buah Naga Kusuma Wanadri, Yogyakarta.Di musim panen, Anda bisa memetik langsung buah naga menggunakan tangan. Ada dua jenis buah naga yang dibudidayakan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Namun, sebaiknya Anda mendampingi anak-anak selama wisata buah ini, sebab untuk memotong buah naga diperlukan alat bantu berupa gunting atau pisau. Pemotongannya juga harus dilakukan dengan tepat, yaitu pas di tangkainya sehingga tidak melukai kulit buah atau percabangan buahnya. Si kecil bisa membantu membungkus buah naga yang sudah dipotong dan menyimpannya ke dalam keranjang. Jika ingin membawa pulang buah naga sebagai oleh-oleh, Anda akan dikenakan biaya per kilo, yang tentu lebih murah dari harga di pasaran.Baca juga: 3 Tempat Wisata Alam untuk Anak Jika ingin wisata buah yang dekat di daerah Jakarta, Taman Buah Mekarsari, Bogor adalah pilihan terbaik. Taman Buah Mekarsari sering memberikan paket khusus untuk rombongan sekolah hingga keluarga yang ingin berkeliling dan menikmati wisata buah. Anda bisa memilih wisata buah jambu biji yang menarik. Lewat wisata ini, si kecil bisa mengenal aneka jenis jambu biji yang dibudidayakan, mulai dari yang berukuran sebesar bola bekel hingga buah yang tidak berbiji (seedless). Koleksi jambu biji milik Mekarsari antara lain jambu biji Merah Getas, Super Red, Bangkok, Khmer, Sukun, Susu, dan Varigata. Koleksi tanamannya dapat ditemukan di areal Family Garden, Kebun Buah Blok A, Blok B dan Blok C.Biasanya, Anda hanya boleh memetik dua buah jambu dan dapat langsung dinikmati dengan bumbu rujak yang sudah disediakan. Jika ingin membawa pulang, Anda harus membayar sesuai harga yang ditentukan per kilonya. Kalau ingin belanja aneka buah lainnya, mampirlah ke toko buah yang ada di dalam area Mekarsari. Di sana terdapat aneka jenis buah lainnya yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran. Pastikan dulu paket wisata buah yang ingin Anda lakukan, sebab Mekarsari sering memberikan aneka paket yang berbeda di setiap kesempatan, misalnya saat liburan sekolah atau akhir tahun.