Wisata Kebun Teh Cikajang: Menikmati Pesona Alam di Tengah Hektaran Teh Hijau

Hairyanto Dongoran

Jika Anda seorang pecinta alam dan ingin menikmati keindahan hijau hijauan, wisata kebun teh Cikajang adalah destinasi yang tepat. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga budaya teh yang khas dari wilayah ini. Terletak di daerah Nagreg, Kabupaten Bandung, wisata kebun teh Cikajang bisa dicapai dengan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari pusat kota Bandung.

Mengenal Sejarah Kebun Teh Cikajang

Kebun teh Cikajang dibuka pada tahun 1870 oleh sebuah perusahaan Inggris bernama Nederlandsch-Indische Thee Onderneming (NITO). Di masa itu, kebun teh ini memiliki lahan seluas 3.800 hektar dan menjadi salah satu kebun teh terbesar di kawasan Asia Tenggara. Namun, setelah Indonesia merdeka, luas lahan kebun teh Cikajang menjadi semakin berkurang, hingga kini hanya tinggal 400 hektar yang masih berfungsi sebagai lahan pertanian teh.

Mengapa Harus Berkunjung ke Wisata Kebun Teh Cikajang?

Selain keindahan alam hijau yang menyegarkan, kebun teh Cikajang juga menawarkan pengalaman unik tentang bagaimana teh diproduksi. Saat berkunjung ke wisata kebun teh Cikajang, Anda akan diajak mengelilingi kebun teh dan mempelajari kapan waktu panen, bagaimana memetik daun teh, dan bagaimana proses pengeringan dan pengolahan daun menjadi produk teh yang siap dikemas. Tidak sedikit pengunjung yang merasa terinspirasi setelah belajar tentang proses produksi teh yang kompleks di tempat yang memproduksi teh terbaik di Indonesia.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Kebun Teh Cikajang

  1. Berjalan-Jalan di Kebun Teh
BACA JUGA:   Tips Mendaki Gunung Semeru

Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh pengunjung wisata kebun teh Cikajang adalah berjalan-jalan di kebun teh. Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang menenangkan mata dan pikiran, sambil berjalan-jalan menyusuri jalan setapak di kebun teh.

  1. Mencoba Berkebun Teh

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman langsung memetik daun teh, Anda bisa mencoba aktivitas berkebun teh di kebun teh Cikajang. Di sini, Anda bisa belajar cara memetik daun teh dan mencicipi teh segar yang baru saja dipetik.

  1. Menikmati Teh Menggunakan Perangkat Teh Khas

Wisata kebun teh Cikajang juga menawarkan pengalaman unik dalam menyeduh dan menikmati teh. Pengunjung bisa mencoba menyeduh teh menggunakan alat khas seperti celengan teh, yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk seperti kendi berkepala sapi.

  1. Foto-Foto Instagramable

Wisata kebun teh Cikajang juga menawarkan banyak spot foto yang Instagramable. Pengunjung bisa berfoto di tengah-tengah kebun teh atau di tepi sungai yang mengalir di sekitar kebun teh.

Tips Berkunjung ke Wisata Kebun Teh Cikajang

  1. Pakai Pakaian yang Nyaman

Kebun teh Cikajang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.400 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di sana biasanya lebih dingin dari suhu di pusat kota Bandung, sehingga penting untuk memakai pakaian hangat yang nyaman.

  1. Pakai Sepatu yang Nyaman

Kebun teh Cikajang juga memiliki jalan setapak yang cukup menantang. Oleh karena itu, penting untuk memakai sepatu yang nyaman dan aman untuk berjalan-jalan di kebun teh.

  1. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Wisata kebun teh Cikajang adalah kawasan alam yang masih asri. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

  1. Datang di Musim Panen teh
BACA JUGA:   Wisata air terjun ponot asahan

Jika Anda ingin merasakan sensasi memetik daun teh sendiri, sebaiknya datang ke wisata kebun teh Cikajang saat musim panen teh. Musim panen teh di sini biasanya terjadi pada bulan Juli hingga Agustus.

Kesimpulan

Wisata kebun teh Cikajang menawarkan pengalaman yang unik bagi pecinta alam dan teh. Selain menikmati keindahan alam hijau, pengunjung juga bisa belajar proses produksi teh yang kompleks dan mencoba aktivitas berkebun teh. Wisata kebun teh Cikajang juga menawarkan banyak spot foto yang Instagramable dan pengalaman unik dalam menyeduh dan menikmati teh. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke wisata kebun teh Cikajang, pastikan untuk memakai pakaian dan sepatu yang nyaman, dan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selamat menikmati pesona alam di tengah hektaran teh hijau!

Also Read

Bagikan: