Wisata Kesenian Khas Surabaya: Menikmati Sejarah dan Budaya Indonesia

Hairyanto Dongoran

Surabaya, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Wisata kesenian khas Surabaya adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati kekayaan budaya dan sejarah kota ini.

Menikmati Seni Lukis

Museum Mpu Tantular adalah tempat yang tepat untuk menikmati seni lukis khas Surabaya. Museum ini menyimpan Karya-karya seni dari pelukis terkenal seperti Raden Saleh dan Affandi. Koleksi seni yang luar biasa ini menjadikan Museum Mpu Tantular sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati seni rupa di Surabaya.

Mengunjungi Pusat Kerajinan di Pabean

Pabean adalah sebuah pusat kerajinan terkenal di Surabaya. Di sini, pengunjung dapat menemukan kerajinan tangan khas Surabaya seperti batik, tenun, dan anyaman. Pabean juga terkenal dengan pasar tradisionalnya yang menawarkan berbagai produk kerajinan tangan unik dan menarik.

Menonton Pertunjukan Tari Khas Surabaya

Pertunjukan tari khas Surabaya sangat menarik untuk disaksikan. Tarian tradisional seperti tari ketuk tilu dan tari gambyong banyak diadakan di Surabaya. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan di berbagai lokasi seperti Gedung Teater Surabaya atau Taman Budaya Jawa Timur.

Keliling Museum Sejarah Surabaya

Museum sejarah Surabaya adalah tempat yang sempurna untuk belajar tentang sejarah kota ini. Pengunjung dapat melihat koleksi artefak sejarah kota seperti prasasti dan benda-benda peninggalan masa kolonial Belanda. Museum ini juga menawarkan tur untuk mengunjungi beberapa situs bersejarah di kota Surabaya.

Mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan

Monumen Tugu Pahlawan adalah saksi sejarah penting dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di sini, pengunjung dapat melihat patung-patung pahlawan yang dipajang dengan gagah di atas plangtan monumen. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kota Surabaya dari atas monumen.

BACA JUGA:   Keragaman Budaya Indonesia: Menghargai Perbedaan yang Ada

Menyaksikan Pertunjukan Wayang Kulit

Pertunjukan wayang kulit adalah bagian dari kebudayaan tradisional Indonesia. Di Surabaya, pengunjung dapat menikmati pertunjukan wayang kulit Jawa di Teater Kuliner di Sutos atau di Gedung IPTN Surabaya. Pertunjukan ini tidak hanya menyajikan cerita epik, tetapi juga mantra-mantra dan musik khas Indonesia.

Wisata Kuliner Khas Surabaya

Kuliner khas Surabaya memiliki cita rasa yang khas dan unik. Ada banyak restoran dan warung yang menawarkan hidangan khas Surabaya seperti rawon, nasi campur, dan sate khas Surabaya. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner khas Surabaya adalah di Pasar Atomseperti kubah.

Wisata Belanja di Surabaya

Surabaya adalah kota perdagangan dan pusat perbelanjaan di Jawa Timur. Ada banyak tempat belanja di Surabaya, mulai dari pasar tradisional hingga mal modern. Beberapa tempat terbaik untuk berbelanja di Surabaya adalah Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, dan Galaxy Mall.

Kesimpulan

Wisata kesenian khas Surabaya adalah cara yang luar biasa untuk menikmati sejarah dan budaya Indonesia. Dari museum seni rupa hingga pertunjukan tari khas, Surabaya menawarkan banyak hal untuk dinikmati. Sementara itu, kuliner khas Surabaya dan wisata belanja menambah kekayaan wisata kesenian khas Surabaya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kebudayaan dan sejarah yang kaya di kota terbesar kedua Indonesia ini.

Also Read

Bagikan: